Cara Mengatasi Laptop Not Responding 2022

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara mengatasi laptop not responding
di Windows 10 bisa diterapkan dengan mudah, banyak faktor yang menjadi penyebab laptop not responding atau berjalan melamban hingga berhenti mendadak.

Pengguna biasa mengatasi laptop lemot dengan cara menyalakan ulang daya, sayangnya hal ini tidak efektif untuk atasi masalah dalam jangka panjang, kemungkinan besar akan lemot kembali.

Notifikasi seperti not responding akan muncul saat laptop tidak mampu memproses aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan, penyebab laptop lemot salah satunya dari aplikasi yang tidak terpakai akan membuat memori dan RAM bekerja sangat berat.

Faktor pembaruan teknologi di laptop seperti software yang selalu baru, membuat laptop lemot Windows 10 semakin termakan usia, sehingga teknologi juga mempengaruhi performa sehingga mempengaruhi penggunaan seperti kebutuhan pembaruan Windows 10.

Selain itu, keberadaan memori yang tidak lagi tersedia juga menjadi faktor terjadi laptop tidak merespon dengan baik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan saat menghadapi kondisi laptop not responding di Windows 10 tersebut.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang beberapa cara mengatasi laptop not responding dan penyebabnya, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mengatasi Laptop Not Responding Lewat Fitur Troubleshoot

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara Mengatasi Laptop Not Responding Lewat Fitur Troubleshoot
Laptop digunakan untuk berbagai kepentingan mulai dari menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah atau kuliah hingga sekedar untuk mencari hiburan saja, salah satu masalah yang sering dihadapi para pengguna laptop adalah laptop lemot atau not responding.

Ada cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop yang not responding pada Windows 10 dengan sangat mudah, menggunakan salah satu fitur yang ada di perangkat laptop tersebut yaitu fitur Troubleshoot.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara mengatasi laptop not responding lewat fitur troubleshoot pada Windows 10 yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Buka Control Panel pada laptop anda.
  • Berikutnya, scroll ke bawah dan pilih Troubleshooting.
  • Setelah itu, klik System and Security.
  • Kemudian, klik System Maintenance.
  • Lalu, klik Next.
  • Selesai.
Fitur ini akan memberikan informasi penyebab Windows 10 not responding pada laptop, dengan begitu anda bisa dengan mudah melakukan pembatasan penggunaan perangkat.


2. Cara Mengatasi Laptop Not Responding Dengan Update Windows 10

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara Mengatasi Laptop Not Responding Dengan Update Windows 10
Kemudian, ada cara untuk mengatasi laptop not responding melalui Windows update terbaru atau belum, dengan begitu permasalahan yang kerap terjadi akan teratasi.

Anda bisa simak langkah-langkah cara mengatasi laptop not responding dengan update Windows 10 pada laptop, dan ikuti tutorial yang akan kami berikan di bawah yaitu sebagai berikut:
  • Masuk ke menu Start pada laptop.
  • Setelah itu, cari menu Windows Update.
  • Kemudian, klik Check for updates.
  • Lalu, klik Download.
  • Dan ikuti petunjuk untuk update Windows 10 yang ada di perintah selanjutnya pada proses pembaharuan perangkat Windows 10 dengan baik, agar proses berjalan dengan lancar tanpa error.


3. Cara Mengatasi Laptop Not Responding Lewat Restart

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Cara Mengatasi Laptop Not Responding Lewat Restart
Bukan saja membuat pekerjaan jadi terbengkalai, laptop yang sering mengalami not responding ini juga sering membuat kesal, tetapi anda jangan buru-buru panik ataupun marah, karena hal tersebut dapat diatasi dengan beberapa langkah.

Ada cara yang aman untuk mengatasi permasalahan ini yaitu dengan restart laptop saat Windows 10 muncul notifikasi not responding, setelah melakukan hal ini kemungkinan besar masalah dapat teratasi dengan aman.

Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah cara mengatasi laptop not responding lewat restart dengan lebih aman, dan ikuti tutorial yang akan ka mi ulaskan di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, klik Alt + F4 pada keyboard.
  • Kemudian, tunggu hingga membuka menu baru.
  • Setelah itu, klik opsi Restart.
  • Lalu, klik Enter.
  • Selesai, tunggu hingga proses restart laptop berlangsung sampai selesai.


Penyebab Laptop Not Responding

Cara Mengatasi Laptop Not Responding
Penyebab Laptop Not Responding
Dari beberapa cara di atas untuk mengatasi laptop not responding di Windows 10 mudah untuk dilakukan, tentu saja selain mengetahui cara mengatasi laptop not responding, anda juga perlu tahu penyebabnya.


1. Harddisk yang Sudah Lama

Penyebab laptop not responding yang pertama yaitu karena harddisk yang sudah lama maka dari itu anda perlu menggantinya, karena Harddisk juga memiliki batasan usia penggunaan.


2. Harddisk Penuh

Penyebab laptop not responding berikutnya adalah karena harddisk penuh, data yang banyak juga memberikan faktor penyebab laptop akan lemot, jika harddisk sudah hampir penuh mencapai 95 persen, sangat besar kemungkinan laptop akan lemot.


3. Banyak Startup Programs

Kalau anda memiliki banyak aplikasi di laptop, hal ini bisa menjadi salah satu penyebab laptop not responding, karena beberapa aplikasi tersebut akan berjalan di background secara otomatis saat anda mulai menyalakan laptop.


4. Banyak Add-ons

Kebanyakan dari para pengguna laptop secara tidak sadar suka menambahkan add-ons pada laman browser, hal ini lah penyebab laptop akan lemot, jadi anda perlu teliti sebelmum memasang add-ons.


5. Banyak Menjalankan Aplikasi

Tidak jarang anda membuka banyak aplikasi dalam satu waktu, hal ini juga adalah penyebab laptop not responding, karena terbatasnya RAM yang membuat laptop tiba-tiba mati mendadak.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara mengatasi laptop not responding 2022 dan beberapa penyebab laptop lemot yang harus anda ketahui, sebelum anda pergi ke jasa servis perlu untuk melakukan cara-cara di atas.

Laptop yang lemot kerap menjadi permasalahan setiap penggunanya, di karenakan berbagai hal dan anda jangan khawatir, karena banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu cara mengatasi laptop lemot yang kerap kali jadi permasalahan.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, tentang cara mengatasi laptop yang not responding yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel