Cara Mengatasi Lampu Los Merah 2022

Cara Mengatasi Lampu Los Merah
Cara mengatasi lampu los merah
, nah pada saat anda pertama kali mendaftar sebagai pelanggan Indihome, pastinya anda akan diberi fasilitas berupa Modem atau Router.

Perangkat tersebut nantinya akan berguna untuk menangkap sinyal Indihome ke rumah anda.

Nah disamping itu juga, Indihome telah menyediakan tiga merk Modem untuk pelanggan, antara lain TP-Link, ZTE dan Huawei.

Namun di setiap merk Modem memiliki fungsi yang sama, akan tetapi dalam penggunaannya mungkin terdapat beberapa perbedaan.

Nah, berbicara tentangl Router Indihome, tahukah anda apabila perangkat tersebut seringkali mengalami masalah berupa los merah.

Namun bagi anda yang belum tahu apa itu Router Indihome los merah, selengkapnya akan kami jelaskan pada bagian pembahasan.

Namun kami juga punya penjelasan seputar penyebab hingga cara mengatasi masalah tersebut.

Baiklah, daripada anda penasaran lebih baik langsung saja simak selengkapnya cara mengatasi lampu los merah yaitu sebagai berikut ini:


Akibat Dari Modem Indihome Los Merah

Cara Mengatasi Lampu Los Merah
Akibat Dari Modem Indihome Los Merah
Sebelum anda masuk ke inti pembahasan, namun tahukah anda apa yang terjadi ketika Router Indihome los merah? Jadi, pada masalah tersebut anda akan mengalami beberapa hal mengenai cara mengatasi lampu los merah yaitu sebagai berikut ini:

  • Pertamaampu indikator pada Modem terus berkedip.
  • Bahkan Internet Indihome tidak bisa digunakan.
  • Dan juga beberapa fitur pada Modem tidak berfungsi.


1. Penyebab Modem Indihome Los Merah

Cara Mengatasi Lampu Los Merah
Penyebab Modem Indihome Los Merah
Setelah anda mengetahui beberapa hal yang akan terjadi apabila Modem Indihome mengalami los merah, sekarang lanjut ke faktor penyebab dari masalah tersebut.

Jadi, masalah seperti itu kerap disebabkan oleh beberapa hal mengenai cara mengatasi lampu los merah yaitu sebagai berikut :

a. Settingan Modem Tidak Tepat

Hal ini berlaku jika anda pernah melakukan settingan lain pada Modem Indihome tanpa bantuan teknisi.

b. Kabel Koneksi Tidak Terpasang Dengan Benar

Router Indihome los merah ini juga bisa disebabkan apabila sambungan kabel ke Modem kurang kencang.

Nah hal ini bisa terjadi apabila Modem jatuh sehingga mengakibatkan kabel koneksi terlepas.

c. Adanya Gangguan Server Indihome

Sedangkan untuk penyebab yang ketiga yaitu adanya gangguan dari Server Indihome itu sendiri.

Faktor yang satu ini mungkin sering terjadi ketika cuaca di Daerah anda sedang buruk.


2. Cara Mengatasi Router Indihome Los Merah

Cara Mengatasi Lampu Los Merah
Cara Mengatasi Router Indihome Los Merah
Nah kemudian untuk solusi dari masalah ini kami mempunyai beberapa cara yang bisa digunakan.

Daripada penasaran, langsung saja simak langkah-langkah di bawah ini mengenai cara mengatasi lampu los merah yaitu sebagai berikut ini:

a. Periksa Kabel Koneksi

Cara yang pertama yaitu memeriksa kabel koneksi, apabila mendapati kabel kendor, maka silahkan pasang dan kencangkan kembali agar modem kembali normal.

b. Restart Modem

Apabila cara yang pertama tidak berhasil, maka anda bisa coba lakukan cara kedua yaitu RESTART MODEM INDIHOME. Proses ini dapat dilakukan dengan cara yaitu sebagai berikut :
  • Pertama tekan tombol Power pada Modem.
  • Kemudian tahan tombol tersebut sampai Modem benar-benar mati.
  • Lalu anda tekan dan tahan tombol Power untuk menghidupkannya kembali.
  • Setelah itu, silahkan anda coba perhatikan lampu indikator pada modem, apabila sudah menyala semua berarti masalah los merah pada perangkat tersebut telah teratasi.

c. Setting Modem Indihome ke Mode Default

Selain kedua cara diatas, anda juga bisa mengubah settingan Modem ke Mode Default untuk mengatasi Modem Indihome los merah.

Di bawah ini adalah cara melakukan setting ulang pada modem Indihome yaitu sebagai berikut ini :
  • Langkah pertama Buka tab Browser pada PC / Hp / Laptop.
  • Kemudian anda akses Alamat IP sesuai merk Modem. Contoh : 192.168.1.1
  • Apabila sudah, maka masukkan informasi Username dan Password -> Login.
  • Dan pada halaman berikutnya silahkan anda ganti pengaturan modem Indihome menjadi mode Default.

d. Hubungi Teknisi Indihome

Cara alternatif untuk anda yang masih belum bisa mengatasi masalah lampu LOS merah di modem IndiHome yaitu dengan lapor gangguan ke Telkom.

Nantinya anda tinggal menunggu saja sampa pihak Telkom memperbaiki koneksi internet anda, biasanya teknisi ini akan mencari dulu penyebab masalahnya.

Apabila ada kabel yang terputus, maka yang diperbaiki adalah jalur kabelnya, namun apabila dari modem, maka nanti perangkat modem anda akan diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Namun untuk cara menghubungi pihak Telkom paling cepat (dan direkomendasikan), yaitu melalui Call Center, sales atau anda bisa mendatangi kantornya langsung.

Dan lama datangnya teknisi ini akan tergantung dari daerah tempat tinggalanda, umumnya 1 hari teknisi sudah bisa datang, tapi jika ada jadwal perbaikan di tempat lain, mungkin bisa sampai 3 hari.

e. Cek Redaman Kabel

Cara yang satu ini anda harus cek redaman kabel terlebih dulu, nah untuk mengeceknya, anda bisa memakai alat Optical Power Meter.

Namun apabila anda tidak punya, maka anda juga bisa lihat nilai redaman dengan masuk ke halaman login Admin IndiHome, kemudian pilih tab Status dan klik Optical Information.

Nilai redaman di modem anda maka akan muncul di kolom RX Optical Power, apabila nilai redaman kamu sebesar -27 ke atas, maka anda bisa segera lapor ke Call Center IndiHome untuk diperbaiki.

f. Lepas Kabel Patch Cord

Kemudian anda juga bisa lepas kabel patch cord yang terpasang di modem IndiHome, untuk yang belum tahu, kabel patch cord ini berwarna kuning dan kepalanya memiliki warna biru.

Kabel ini akan berfungsi sebagai salah satu pengaturan rute koneksi dari perangkat modem, dan setiap modem IndiHome pastinya ada kabel.

Selain melepas pasang kabel cord, namun anda pastikan juga kabel ini tidak bermasalah atau mengalami kerusakan.

g. Cek Kabel Optik (Jangan Tertekuk)

Kabel optik yaitu kabel yang menghubungkan modem ke pusat internet IndiHome, tepatnya ke ODP di tiang IndiHome.

Di sini anda juga harus cek kabel optik yang terpasang di IndiHome, alasannya jika tertekuk, biasanya juga akan membuat lampu LOS menjadi warna merah.

Untuk solusi masalah seperti ini, maka anda bisa lepas dulu kabel optik, lalu cari posisi yang tepat supaya kabel optik yang nantinya dipasangkan tidak tertekuk kembali.

h. Cek Pemasangan Kabel Optik

Setelah memastikan kabel optik tidak rusak atau tertekuk, maka anda bisa cek pemasangannya apakah sudah benar apa tidak.

Apabila pemasangannya tidak benar, maka hal ini bisa membuat modem menjadi LOS, nah kabel optik longgar sendiri sangat sering terjadi.

Penyebabnya karena kebanyakan para pengguna memindahkan posisi modem dengan cara yang tidak benar.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara mengatasi lampu Los merah yang bisa anda pelajari agar tidak terjadi kerusakan.

Tentunya anda tidak ingin hal itu terjadi pada pada Indihome di rumah anda, apabila cara yang diatas berhasil maka anda jangan lupa untuk membagikannya kepada teman atau ke media sosial milikmu.

Itulah pembahasan pada artikel kali ini mengenai cara untuk mengatasi lampu Los merah 2022. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel