Cara Mengatasi IMEI Terblokir 2022

Cara Mengatasi IMEI Terblokir
Cara mengatasi IMEI terblokir
yang akan kami jelaskan pada artikel ini, bagi yang penasaran dengan pembahasan kami ini, silahkan simak terus artikel ini sampai akhir.

Perlu anda ketahui bahwa Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berhak memblokir IMEI semua Smartphone ilegal yang dipasarkan di Indonesia.

Dan jika dilakukan pemblokiran maka akan membuat sinyal hilang karena Smartphone tidak bisa mengakses jaringan seluler di Indonesia.

Lalu apakah anda mengetahui cara untuk mengatasi hal tersebut agar sinyal yang hilang kembali normal, jawabannya akan anda temukan dipembahasan selanjutnya.

Bagi yang mengalami masalah IMEI terblokir, jangan khawatir karena kami akan memberitahu solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa apabila IMEI diblokir maka secara otomatis tidak akan bisa menggunakan jaringan seluler dari berbagai operator seluler di Indonesia.

Namun, Smartphone yang diblokir tersebut tetap bisa mengakses internet, akan tetapi hanya bisa menggunakan Wifi saja.

Dan hal ini anda akan merasa kesusahan dan kebingungan karena tidak selamanya tersedia jaringan Wifi, terutama disaat anda berpergian di luar ruangan yang tidak tersedia jaringan Wifi.

Oleh karena itu anda perlu untuk mengetahui cara untuk mengatasi IMEI yang terblokir agar anda bisa menggunakan Smartphone sebagaimana mestinya

Dan silahkan anda menyimak dengan seksama penjelasan di bawah ini untuk cara mengatasi IMEI terblokir.


1. Cara Mengatasi IMEI Terblokir Menggunakan Jasa Unlock IMEI

Cara Mengatasi IMEI Terblokir
Cara Mengatasi IMEI Terblokir Menggunakan Jasa Unlock IMEI
Cara yang pertama untuk cara mengatasi IMEI terblokir adalah dengan menggunakan jasa unlock IMEI.

Anda bisa mendapatkan jasa tersebut diberbagai marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan yang lainnya, teteapi anda harus berhati-hati agar tidak tertipu oleh jasa unlock IMEI palsu.

Anda harus memstikan reputasi penyedia jasa sudah terpercaya dengan melihat kolom review yang tersedia di setiap marketplace.

Dan untuk masalah biaya berbeda-beda, tergantung dari penyedia jasanya, bahkan biaya unlock IMEI tergantung juga dari durasinya, sebagai gambaran silahkan simak biayanya yaitu sebagai berikut:
  • Untuk 3 bulan, anda akan membayar Rp 90.000.
  • Untuk 6 bulan, anda akan membayar Rp 125.000.
  • Untuk 12 Bulan, anda akan membayar Rp 185.000.
  • Untuk permanen, anda akan membayar Rp 500.000.

Akan tetapi kami tidak menjamin IMEI bisa di unlock secara permanen, karena bisa saja pihak Kemenperin mengetahui soal jasa ini.

Karena kami yakin ada pihak dalam yang mencoba mencari keuntungan dari kasus pemblokiran IMEI tersebut.

Dan untuk prosedur jasa unlock IMEI juga sangat mudah, anda hanya memilih durasi unlock, kemudian memberikan informasi IMEI ke pada penyedia jasa.

Setelah itu proses unlock IMEI akan dilakukan, dan untuk prosesnya juga sangat cepat, maksimal 1×24 jam.

Jika sudah berhasil, maka Smartphone anda bisa langsung digunakan untuk mengakses jaringan seluler dari semua provider di Indonesia.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa jangan lupa untuk memilih jasa unlock IMEI yang terpercaya dari berbagai marketplace ternama.

Selain itu, anda jangan sampai tergiur dengan harga murah jauh dibawah harga pasaran karena biasanya ada indikasi penipuan.


2. Cara Mengatasi IMEI Terblokir dengan Mendaftarkan IMEI

Cara Mengatasi IMEI Terblokir
Cara Mengatasi IMEI Terblokir dengan Mendaftarkan IMEI
Cara yang kedua untuk mengatasi IMEI terblokir adalah dengan mendaftarkan IMEI dengan melalui Bea Cukai.

Karena sudah ada pemberlakuan aturan IMEI di Indonesia, maka HP yang masuk ke pasar tanah air secara ilegal (BM), maka tidak akan bisa digunakan.

Karena secara otomatis diblokir oleh provider atas permintaan dari pemerintah, bagi anda yang sudah terlanjur membeli HP BM ini, tidak perlu khawatir untuk membuka blokiran tersebut.

Langsung saja, silahkan anda menyimak langkah-langkah di bawah ini untuk cara mengatasi IMEI terblokir dengan mendaftarkan IMEI melalui Bea Cukai yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mengunjungi situs Bea Cukai di https://www.beacukai.go.id/register-imei.html dan mengisi formulir pendaftaran IMEI.
  • Jika perangkat HP sudah didaftarkan dan data-data yang diperlukan sudah anda mengisinya, maka proses registrasi sudah selesai.
  • Maka selanjutnya anda akan menerima kode QR dan nomor registrasi.
  • Setelah itu silahkan anda mengunjungi kantor Bea Cukai setempat dan meminta persetujuan.
  • Jika permohonan disetujui, maka anda akan disuruh untuk membayar pajak sesuai dengan undang-undang yang berlaku, dan HP tersebut bisa digunakan sebagaimana mestinya.
  • Selesai.


Apa Itu IMEI?

Di atas sudah kami jelaskan mengenai cara mengatasi IMEI terblokir, untuk lebih lengkapnya, kami juga akan mengulas sedikit maksud dari IMEI itu sendiri.

IMEI adalah singkatan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan nomor identitas khusus dari setiap perangkat ponsel yang berlaku secara internasional.

IMEI ini biasanya terdiri dari beberapa angka yaitu antara 14 sampai 16 digit kode, kode IMEI ini bukan kode biasa yang terdapat di dalam gadget.

Akan tetapi kode ini juga digunakan untuk keperluan dagang dan mengetahui tipe gadget tersebut, selain itu juga kode IMEI berguna sebagai keamanan gadget itu sendiri.

Dan perlu anda ketahui bahwa setiap Smartphone memiliki nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) yang berbeda-beda.,

IMEI tersebut terhubung dengan slot kartu SIM sehingga membuat Smartphone tidak bisa mengakses jaringan seluler apabila diblokir Kemenperin.

Bagi yang membeli Smartphone garansi resmi Indonesia tidak perlu takut IMEI diblokir, karena pemblokiran hanya dilakukan pada Smartphone ilegal yang tidak membayar pajak masuk ke Indonesia.


Akhir Kata

Itulah dua cara yang dapat kami jelaskan untuk cara mengatasi IMEI terblokir, semoga informasi di atas bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sekarang bagi yang mengalami masalah IMEI terblokir tidak perlu khawatir lagi, karena bisa mencoba cara yang sudah kami jelaskan di atas untuk mengatasinya.

Jangan lupa untuk terus mengunjungi situs kami ini agar anda bisa mendapatkan informasi lainnnya, tentunya informasi yang dapat memberikan manfaat untuk anda.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel