Cara Mengatasi IG Error 2022

Cara Mengatasi IG Error
Cara mengatasi IG error 
cukup mudah dan praktis, Instagram adalah salah satu platform milik Meta yang memiliki banyak fitur untuk berbagi foto dan video.

Sekarang ini Instagram sudah menjadi aplikasi yang wajib dimiliki oleh generasi milenial, aplikasi berbagi foto dan video terbaik ini sudah menawarkan berbagai fitur menarik.

Hal inilah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan aplikasi yang satu ini, namun aplikasi Instagram juga sama seperti aplikasi lainnya.

Terkadang aplikasi mengalami suatu masalah sehingga dengan masalah tersebut dapat menghambat penggunaan aplikasi tersebut.

Salah satu masalahnya, misalnya Instagram bisa saja mengalami error atau dalam tahap pengembangan misalnya seperti tidak bisa login, tidak bisa membuka Instagram, atau memang Instagram down.

Dengan hal tersebut maka anda pasti akan mengeluh atau akan merasa resah karena hal ini akan mengganggu aktivitas anda yang ingin menggunakan Instagram.

Agar anda tidak merasa resah lagi jika mengalami masalah Instagram error, kami akan membagikan beberapa cara mengatasi IG error agar anda bisa bersosial media Instagram dengan lancar.


1. Cara Mengatasi IG Error dengan Melakukan Clear Cache dan Data Aplikasi Instagram

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Melakukan Clear Cache dan Data Aplikasi Instagram
Cara yang pertama untuk cara mengatasi IG error adalah dengan melakukan clear cache dan data aplikasi Instagram, untuk langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama silahkan anda masuk ke menu "Settings" di HP anda.
  • Jika sudah masuk menu setting, silahkan anda lanjutkan dengan tap pada menu "Apps".
  • Kemudian silahkan anda mencari aplikasi Instagram, anda akan menemukan beberapa menu yang lebih detail nantinya.
  • Silahkan anda pilih "Storage" dan anda lakukan Clear data atau Clear Cache dari situ.
  • Berikutnya silahkan anda mencoba login kembali ke Instagram dengan akun anda.
  • Selesai.


2. Cara Mengatasi IG Error dengan Update Instagram Versi Terbaru

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Update Instagram Versi Terbaru
Cara yang kedua untuk mengatasi Instagram Error adalah dengan mengecek apakah software Instagram yang anda gunakan saat ini sudah terinstall aplikasi versi terbaru (Download aplikasi Instagram untuk iPhone).

Biasanya Instagram selalu rutin dalam melakukan pembaruanm, selain adanya fitur-fitur baru, dengan update tersebut bertujuan untuk memperbaiki masalah atau isu yang ada di Instagram.

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara mengatasi IG error dengan update Instagram ke versi terbaru yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mengunjungi Google Play Store, kemudian silahkan anda tap pada tiga garis yang berada di bagian kiri atas.
  • Setelah itu silahkan anda membuka My Apps & Games, lalu silahkan anda mengklik "Updates", Di sini anda akan bisa melihat aplikasi-aplikasi yang harus di update.
  • Apabila Instagram sudah tersedia updatenya, maka silahkan anda tap langsung pada tombol "Update".
  • Jika update sudah selesai, silahkan anda mencoba untuk membuka kembali aplikasi Instagramnya.
  • Selesai.


3. Cara Mengatasi IG Error dengan Restart HP

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Restart HP
Cara yang ketiga untuk cara mengatasi IG error adalah dengan merestart HP anda, karena dengan melakukan restart HP, maka HP akan bekerja fresh kembali tanpa ada beban.

Salah satu fungsi dari restart HP ini adalah untuk menjaga kinerja komponen HP tetap optimal dan juga untuk lebih refresh aplikasi.

Cara untuk melakukan restart HP yang paling mudah adalah dengan menekan tombol power lebih lama (dipendam), setelah itu silahkan anda memilih "Restart", maka selesai.


4. Cara Mengatasi IG Error dengan Memanfaatkan Situs Independen

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Memanfaatkan Situs Independen
Apabila ketiga cara di atas belum berhasil untuk memulihkan Instagram anda, maka anda bisa memanfaatkan situs Independen untuk mengecek status situs tersebut sedang down atau tidak.

Di bawah ini adalah cara mengatasi IG error dengan mengandalkan situs Independen untuk melihat status situs Instagram sedang down (error) atau tidak yaitu sebagai berikut:

Dengan anda menggunakan ketiga situs tersebut dapat anda gunakan secara gratis dan mudah untuk digunakan.

Dan anda akan diberikan kepastian apakah Instagram sedang bermasalah atau error servernya atau memang HP anda yang sedang bermasalah.


5. Cara Mengatasi IG Error dengan Periksa Koneksi Jaringan

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Periksa Koneksi Jaringan
Cara mengatasi IG error selanjutnya adalah dengan memeriksa bahwa koneksi internet apakah baik-baik saja.

Apabila akun Instagram anda gambar yang tidak muncul atau video yang tidak bisa diputar, maka anda harus mencoba untuk mengecek kembali koneksi internet dan kouta internet anda mungkin sudah habis.


6. Cara Mengatasi IG Error dengan Install Ulang Instagram

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Install Ulang Instagram
Cara lainnya lagi untuk cara mengatasi IG error adalah dengan menginstall ulang aplikasi Instagram tersebut.

Karena bisanya Instagram tidak bisa digunakan disebabkan oleh data corrupt, bisasanya hal ini terjadi setelah anda update Instagram terbaru, tetapi Instagram tidak bisa digunakan atau tidak bisa dibuka lagi.

Oleh karena itu silahkan anda mencoba untuk melakukan uninstall aplikasi Instagram dan install kembali aplikasi Instagram anda.


7. Cara Mengatasi IG Error dengan Mengubah Password

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Mengubah Password
Cara mengatasi IG error berikutnya adalah dengan mencoba untuk mengubah password akun Instagram anda.

Karena bisa saja kemungkinan terjadi akun Instagram tidak bisa login atau error karena akun Instagram anda di hack orang lain, dan orang tersebut sudah mengubah password IG anda tanpa anda ketahui.

Untuk melakukannnya silahkan anda mengecek Email yang terhubung dengan akun Instagram tersebut, Apakah ada Email dari Instagram yang menyatakan anda baru saja ada permintaan ganti password.

Jika memang ada hal tersebut, maka bisa jadi akun anda baru saja ada yang menyusupi, apabila hal tersebut terjadi maka solusinya anda bisa melakukan login ke Instagram melalui PC atau laptop.

Jika sudah, maka silahkan mengklik pada "Forgot Password" dan reset kembali password Instagram anda.


8. Cara Mengatasi IG Error dengan Menunggu Instagram Menyelesaikan Masalah Internalnya

Cara Mengatasi IG Error
Cara Mengatasi IG Error dengan Menunggu Instagram Menyelesaikan Masalah Internalnya
Solusi yang terakhir yang dapat kami berikan untuk anda untuk cara mengatasi IG error adalah dengan menunggu Instagram menyelesaikan masalah internalnya.

Apabila masalah error tersebut sudah selesai, maka anda sudah bisa kembali menggunakan Instagram dan login kembali ke akun Instagram anda.


Akhir Kata

Itulah 8 cara yang dapat kami bagikan untuk cara mengatasi IG error, jika anda mengalami masalah IG Error. maka anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan yang sudah kami jelaskan di atas.

Semoga isi dari artikel kali ini bermanfaat untuk ada semua, dan anda tidak bingung lagi cara untuk mengatasi jika akun Instagram anda mengalami error.

Jika menurut anda isi artikel kali ini penting untuk diketahui juga oleh pengguna Instagram lainnya, maka silahkan anda membagikan informasi ini dengan share di IG, Facebook, dan media sosial lainnya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel