Cara Mengatasi Ghost Touch 2022

Cara Mengatasi Ghost Touch
Cara mengatasi ghost touch
bisa dilakukan dengan beberapa metode yang akan kami bagikan pada pembahasan kali ini.

Ghost touch ini sering dialami oleh para pengguna Smartphone, terutama bagi yang menggunakan perangkat lawas.

Ghost touch sendiri merupakan sebuah istilah yang digunakan ketika Smartphone mengalami kendala gerak sendiri pada layar Smartphone.

Hal tersebut dapat membuat Smartphone melakukan tindakan yang tidak diinginkan, seperti membuka aplikasi, melakukan panggilan atau hal lainnya tanpa sepengetahuan anda.

Masalah ini memang dinilai tidak membahayakan perangkat, akan tetapi tentu saja adanya ghost touch kerap mengganggu pengguna.

Ada beberapa metode yang bisa anda gunakan sebagai alternatif ketika mencoba untuk mengatasi masalah ghost touch dari Smartphone.

Nah, bagi anda yang mengalami masalah tersebut tidak perlu khawatir karena anda bisa mencoba memperbaikinya sendiri dengan mengikuti tutorial cara mengatasi ghost touch di bawah ini.


Cara Mengatasi Ghost Touch Pada Layar Smartphone Android


1. Baterai Kehabisan Daya

Cara Mengatasi Ghost Touch
Baterai Kehabisan Daya
Baterai yang kehabisan daya menjadi salah satu penyebab terjadinya ghost touch pada layar Smartphone Android anda.

Penggunaan Smartphone Android yang berlebihan sehingga menyebabkan daya baterai habis ini akan menyebabkan layar menjadi ghost touch.

Oleh karena itu, cara mengatasi ghost touch pada Smartphone Android yang telah kehabisan daya maka segera untuk cas agar daya baterai kembali pulih.

Namun, jika pada fisik baterai sudah menggelembung maka sebaiknya anda menggantinya dengan menggunakan baterai yang masih baru atau normal.


2. Lakukan Restart Pada Smartphone Android

Cara Mengatasi Ghost Touch
Lakukan Restart Pada Smartphone Android
Untuk cara mengatasi ghost touch yang terjadi pada layar Smartphone Android, anda juga bisa lakukan dengan restart HP.

Dengan begitu, anda bisa memperbaikinya sendiri tanpa harus membawanya ke tempat servis serta tidak membutuhkan waktu yang lama.

Dengan melakukan restart pada Smartphone Android ini bertujuan agar bisa merefresh penggunaan Smartphone Android menjadi 0.

Tidak hanya itu, anda juga bisa menstabilkan kembali kinerja Smartphone Android seperti pertama kali penggunaan.


3. Layar Smartphone Terlalu Panas

Cara Mengatasi Ghost Touch
Layar Smartphone Terlalu Panas
Penggunaan Smartphone yang berlebihan hingga berjam-jam menyebabkan layar Smartphone panas bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ghost touch pada layar Smartphone Android.

Oleh karena itu, sebaiknya anda atur penggunaan Smarthone agar tidak terlalu lama untuk menghindari masalah ini.

Cara mengatasi ghost touch, jika layar Smartphone terlalu panas maka anda bisa diamkan beberapa menit sehingga suhu Smartphone kembali menjadi normal.

Selain itu, anda juga bisa mencoba menggunakan cara lain yaitu dengan memberikan tembaga pada bagian dalam casing Smartphone anda.

Hal tersebut bertujuan agar bisa meredam panas yang terjadi pada Smartphone Android ketika digunakan dengan waktu yang cukup lama hingga berjam-jam.


4. Bersihkan Pelindung Layar

Cara Mengatasi Ghost Touch
Bersihkan Pelindung Layar
Ghost touch bisa terjadi disebabkan karena beberapa hal, salah satunya karena layar pelindung atau tempered glass yang kotor.

Dengan banyaknya debu yang menempel pada pelindung layar menjadi penyebab permasalahan pada layar Smartphone yang sering bergerak sendiri.

Jdi, cara mengatasi ghost touch adalah dengan membersihkan pelindung layar pada Smartphone Android atau bisa menggantinya dengan menggunakan tempered glass yang baru.


5. Charger Smartphone yang Tidak Sesuai

Cara Mengatasi Ghost Touch
Charger Smartphone yang Tidak Sesuai
Selain beberapa penyebab yang telah kami sebutkan diatas tadi, ghost touch juga bisa terjadi disebabkan karena charger Smartphone yang tidak sesuai dengan HP.

Menggunakan charger Smartphone Android dengan menggunakan charger Smartphone yang memiliki tegangan tinggi akan mengakibatkan baterai tidak bisa menampung daya tegangan dari charger tersebut.

Sehingga hal inilah yang bisa menjadi penyebab kenapa ghost touch terjadi pada Smartphone Android anda.

Oleh karena itu, cara mengatasi ghost touch sebaiknya anda menggunakan charger bawaan jika melakukan pengisian daya baterai pada HP anda.

Pastikan untuk jangan sekali-kali mencoba menggunakan charger kw karena bisa merusak baterai Smartphone Android anda.


6. Mengatur Ulang Kalibrasi Layar

Cara Mengatasi Ghost Touch
Mengatur Ulang Kalibrasi Layar
Cara mengatasi ghost touch pada layar Smartphone Android yaitu dengan mengatur ulang kalibrasi layar HP.

Untuk melakukan kalibrasi ulang pada layar Smartphone Android yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi yang bernama Kalibrasi Layar Sentuh.

Anda bisa install aplikasinya melalui Google Play Store secara gratis, atau melalui link yang telah kami sediakan berikut (Download Aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh).

Jika sudah terinstall, anda tinggal melakukan instruksi yang ada pada aplikasi tersebut hingga proses kalibrasi berhasil.

Jika proses kalibrasi sudah berhasil, maka aplikasi tersebut akan menampilkan nilai kalibrasi tersebut.


7. Kerusakan Layar Atau LCD

Cara Mengatasi Ghost Touch
Kerusakan Layar Atau LCD
Ghost touch pada layar HP juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada layar atau LCD Smartphone.

Dalam hal ini, bisa saja layar Smartphone tersebut rusak karena pernah terkena air yang bisa merembes dan masuk kedalam.

Jika hal ini terjadi pada Smartphone Android anda, cara mengatasi ghost touch karena kerusakan LCD adalah segera mengganti layar atau LCD Smartphone Android tersebut.

Hal ini dilakukan karena agar air yang masuk kedalam LCD tidak masuk dan merusak hardware lainnya yang bisa mengakibatkan kerusakan yang fatal pada Smartphone Android anda.


8. Bersihkan CPU dan RAM

Cara Mengatasi Ghost Touch
 Bersihkan CPU dan RAM
Gost touch sering di alami oleh semua pengguna Android pada semua merk HP seperti Samsung, OPPO, Vivo, Lenovo dan lainnya.

Masalah error pada layar Smartphone Android yang sering bergerak sendiri tentunya hal yang sangat menjengkelkan.

Oleh karena itu, cara mengatasi ghost touch lainnya adalah dengan membersihkan CPU dan RAM pada HP.

Karena membuka aplikasi yang berlebihan pada Smartphone Android hingga CPU dan RAM menjadi penuh bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya ghost touch.

Jadi, anda sebaiknya tidak berlebihan dalam menggunakan aplikasi dan mengurangi multitasking yang mengakibatkan penurunan performa.


9. Melakukan Reset Ulang
Cara Mengatasi Ghost Touch
Melakukan Reset Ulang
Jika semua cara diatas telah anda lakukan namun masih terjadi pada HP anda, maka melakukan reset ulang pada HP anda menjadi satu-satunya cara mengatasi ghost touch.

Perlu anda ketahui bahwa ketika sedang melakukan reset ulang pada Smartphone Android maka semua data dan aplikasi akan terhapus.

Oleh karena itu, sebelum anda akan melakukan reset ulang sebiknya back up terlebih dahulu agar semua data dan aplikasi yang penting tidak hilang.

Dengan melakukan reset ulang ini, maka performa pada Smartphone anda akan kembali seperti baru.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara mengatasi ghost touch.

Setelah mengetahui beberapa metode mengatasi ghost touch di atas, kini anda tidak perlu khawatir jika mengalami masalah layar gerak sendiri pada HP anda.

Informasi ini sangat perlu untuk anda pahami karena masalah ghost touch kerap dialami oleh semua pengguna Smartphone.

Oleh karena itu, anda perlu memahami panduan mengatasi ghost touch yang telah kami bagikan di atas.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai trik mengatasi ghost touch pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel