Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk 2022

Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk
Cara mengatasi email yang tidak bisa masuk
dapat anda lakukan dengan beberapa metode yang akan kami bagikan pada ulasan di bawah ini.

Email yang belum tersinkronisasi dengan perangkat akan menyebabkan alamat email tidak bisa bekerja dengan baik.

Seperti yang kita ketahui bahwa email di kenal sebagai nama alamat surat elektronik sehingga menjadi satu tanda pengenal diri di blog anda.

Dalam lingkungan kerja online saat ini sudah banyak ditekuni oleh para pengguna HP Android karena alamat email sudah menjadi syarat wajib untuk dimiliki.

Selain berfungsi sebagai tempat tujuan untuk menerima informasi dan pesan pribadi, email juga dapat digunakan untuk verifikasi yang telah mendaftar sebagai anggota forum di lingkungan bisnis online.

Lalu mengapa email tidak masuk padahal sudah terkirim, terlebih bagi para pekerja yang biasa berkirim pesan melalui email.

Sebagian orang pasti pernah merasakan hal ini, baik email versi desktop maupun mobile, pesan tidak masuk memang sering terjadi sehingga membuat anda bingung.

Apalagi, jika email tersebut berhubungan dengan tugas atau kerjaan penting sehingga anda tentu akan telat untuk mengerjakannya.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara mengatasi email yang tidak bisa masuk yang akan kita bahas pada ulasan di bawah ini.


Penyebab Email Tidak Bisa Masuk


Sebenarnya, email tidak masuk ke Gmail, Yahoo, maupun Outlook memang sering terjadi.

Untuk tahu penyebab dan cara mengatasi email yang tidak bisa masuk di inbox Gmail dan lainnya, anda bisa cari tahu selengkapnya di bawah ini.

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama, ada baiknya anda mengetahui penyebab email tidak masuk ke server inbox saat anda mengeceknya di HP maupun di PC anda.

Lalu, apa saja penyebab email tidak masuk di versi mobile maupun desktop?untuk lebih jelasnya silahkan anda simak beberapa penyebab email tidak bisa masuk yaitu sebagai berikut:

a. Ruang Penyimpanan Email Hampir Habis


Salah satu penyebab utama email tidak masuk ke inbox adalah ruang penyimpanan atau storage Gmail sudah hampir habis.

Saat storage Gmail menipis, maka email baru akan tertahan di server Google sehingga anda tidak bisa menerima email masuk baik Android, iPhone maupun di laptop.

Jika anda pernah mengalami masalah email terkirim tapi tidak masuk ke inbox penerima, bisa saja storage Gmail orang tersebut sudah hampir habis.

b. Ruang Penyimpanan di HP Menipis


Storage Gmail masih lega tapi kenapa tidak ada email masuk di Gmail saat mengeceknya melalui Android atau iPhone, anda bisa cek storage HP terlebih dahulu.

Saat ruang penyimpanan di HP sudah hampir habis, maka fitur sinkronisasi email akan otomatis dinonaktifkan.

Ketika fitur ini nonaktif, maka akan terjadi antrean data ke HP dan email tidak bisa masuk ke inbox aplikasi Gmail yang terpasang di HP anda.

Jika demikian, cara mengatasi email yang tidak bisa masuk karena penyebab ruang penyimpanan di HP anda tentu tidak bisa melihat notifikasi pesan masuk ke Gmail di HP.

c. Fitur Sinkronisasi Tidak Aktif


Seperti yang telah kami singgung, fitur sinkronisasi Gmail di HP memungkinkan anda untuk mendapat notifikasi saat ada pesan masuk.

Biasanya, seteleh membuat akun Gmail dan download aplikasinya kebanyakan orang justru lupa untuk mengaktifkan fitur yang satu ini.

Jika anda memang tidak mengaktifkan fitur sinkronisasi, jangan heran jika anda mendapat notifikasi email masuk dan harus melakukan refresh inbox secara manual.


Cara Mengatasi Email Tidak Masuk


1. Mengosongkan Ruang Penyimpanan HP

Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk
Mengosongkan Ruang Penyimpanan HP
Cara mengatasi email yang tidak bisa masuk pertama adalah dengan mengosongkan ruang penyimpanan pada HP anda.

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, jika memori HP penuh akan membuat fitur sinkronisasi pada email menjadi tidak aktif.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan salah satunya adalah menghapus cache di HP untuk menambah sedikit ruang.

Jika cara ini masih belum berhasil, anda tidak perlu khawatir karena masih ada beberapa cara mengatasi memori HP penuh yang bisa kamu simak di bawah ini.


2. Hapus Email Lama

Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk
Hapus Email Lama
Penyebab kenapa email tidak bisa menerima pesan masuk di Outlook juga bisa saja karena Mail Quota Exceeded, atau space hosting yang anda gunakan sudah penuh.

Oleh karena itu, anda perlu menghapus email di Outlook, Yahoo, maupun Gmail jika memang penyebabnya adalah karena kapasitas yang sudah sangat terbatas.

Cara mengatasi email yang tidak bisa masuk dengan cara pastikan anda menghapus email lama yang tidak penting.

Akan tetapi, jika anda teledor dan malah menghapus email penting anda masih bisa coba mengembalikan email yang terhapus tersebut.


3. Hapus Data di Google Drive

Cara Mengatasi Email yang Tidak Bisa Masuk
Hapus Data di Google Drive
Jika email di akun Gmail milik anda masih tergolong sedikit, anda bisa mencoba cara lain dengan menghapus file di Google Drive.

Bagi anda yang belum tahu saat ini Gmail dan Google Drive berbagi storage yang sama, jika Google Drive penuh maka bisa saja email Gmail tidak masuk ke inbox.

Anda mungkin tidak sadar banyak file yang masuk ke Gmail dan akhirnya menumpuk di Google Drive sehingga kapasitas penyimpanannya semakin sempit.

Untuk cara mengatasi email yang tidak bisa masuk, anda bisa menghapus semua file di Google Drive yang tidak penting


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara mengatasi email yang tidak bisa masuk.

Meskipun sebenarnya masalah ini tidak terlalu berarti, namun tidak sedikit orang yang bingung jika akun emailnya tidak bisa diakses atau tidak bisa dibuka lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya anda pahami solusi mengatasi email yang tidak masuk di atas agar anda dapat memperbaiki email yang bermasalah.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara mengatasi email tidak bisa masuk pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel