Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing 2022

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing
sangatlah mudah, jadi meskipun terhubung keinternet dan lancar membuka berbagai software yang sifatnya online, di browser google chrome ini kadang kala tidak bekerja dan tidak akan menampilkan halaman yang tidak bisa dibuka.

Google Chrome merupakan sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit, dan proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa, dan versi Mac OS X dan Linux sudah dirilis, dan sebelum memperbaiki berbagai masalah error ini harus menganalisi terlebih dahulu.

Karena pengguna Google Chrome cukup banyak namun bukan berarti sempurna, ada banyak masalah misalnya permasalah google chrome error tidak bisa terhubung keinternet ataupun berhenti bekerja.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Signal Internet Lemah

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Signal Internet Lemah
Kadang kala, anda sering lupa dengan memperhatikan signal internet, karena anda terlalu fokus dengan mencari solusi lain saat menghadapi kendala saat membuka browser yang loading lama.

Padahal ternyata memang jaringan internet yang dipakai tidak menunjukan hal yang baik, jaringan lemah, sebelum melangkah lebih jauh baiknya coba periksa koneksi internet terlebih dahulu.

Karena setiap masalah berbeda pula cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing ini, jadi pertama anda perlu memastikan jaringan internet yang dipakai sebelum melakukan hal yang lebih jauh.


2. Google Chrome Tidak Diupdate

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Google Chrome Tidak Diupdate
Versi terbaru selalu memberikan kelebihan dari versi sebelumnya, ada beberapa perbaikan yang dilakukan oleh vendor, begitu juga dengan Google Chrome tersebut.

Biasanya, hal ini bisa menjadi penyebab error-nya pada browser anda, awalnya ditandai dengan loading yang sangat lama saat Chrome dibuka dan cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing yaitu dengan update aplikasi Google Chrome.

Segera update browser Google Chrome anda ke versi terbaru agar masalah ini bisa terselesaikan, karena situasi seperti ini akan menyulitkan kegiatan anda dalam melakukan pencarian pada browser.


3. Clear Browser Data pada Chrome

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Clear Browser Data pada Chrome
Banyaknya sampah history pada browser dapat menjadi penyebab mengapa Google Chrome tidak bisa browsing dengan baik, situasi ini akan membuat anda khwatir maupun marah.

Teorinya, jika pada kebanyakan perangkat terdapat beberapa file tersimpan biasanya memberikan dampak yang kurang baik terhadap perangkat tersebut, bahkan cenderung memberatkan kinerja perangkat itu sendiri.

Menurut kami, sampah history pada browser bisa saja mengganggu kinerjanya pada browser anda,
coba biasakan untuk selalu menghapus browser data penjelajahan pada Google Chrome anda secara berkala.

Simak langkah-langkah cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing dengan clear browser data pada Chrome yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Klik Titik tiga pada pojok kanan atas browser Chrome anda.
  • Kemudian, klik Alat lainnya dan hapus data penjelajahan.
  • Setelah itu, anda akan dibawa pada satu jendela halaman baru.
  • Berikutnya, ceklis beberapa yang ingin anda pilih untuk dihapus dan anda juga dapat menentukan data waktu yang ingin dihapus.
  • Selesai.


4. Tambahkan Kode pada Shortcut Google Chrome

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Tambahkan Kode pada Shortcut Google Chrome
Selain tiga cara di atas, anda juga bisa mencoba cara selanjutnya ini yaitu dengan menambahkan kode pada shortcut Google Chrome, kemungkinan besar Google Chrome anda akan normal kembali.

Simak langkah-langkah cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing dengan tambahkan kode pada shortcut Google Chrome, yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, klik kanan ikon Google Chrome pada desktop komputer anda lalu pilih menu “Properties”.
  • Berikutnya, anda akan menemui jendela Google Chrome Properties.
  • Pada kolom target (panah di gambar atas) anda tambahkan perintah “-no-sandbox” tanpa tanda kutip dengan jarak satu spasi setelah kode utama.
  • Kemudian, klik Apply.
  • Selesai.
  • Pada masalah tertentu cara ini tidak bisa berjalan dengan baik, maka anda bisa coba lagi dengan cara di bawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Ganti tulisan sebelumnya -no-sandbox dengan ––no-sandbox (strip pertama 2x).
  • Setelah itu silahkan anda coba kembali browser tersebut.
  • Restart komputer dan coba jalankan kembali browser Google Chrome, untuk memastikan cara ini bisa atau tidak.


5. Mengosongkan Memori

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa Browsing
Mengosongkan Memori
Perangkat mungkin kehabisan memori dan tidak dapat memuat situs sambil menjalankan aplikasi lain, ekstensi, dan program, jadi perlu anda lakukan penghapusan beberapa data di HP anda.

Simak cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing dengan mengosongkan memori perangkat yang digunakan, yang bisa anda ikuti dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Tutup setiap tab kecuali yang menampilkan pesan kesalahan tersebut.
  • Keluar dari aplikasi atau program lain yang sedang berjalan atau yang sedang dibuka dan jeda proses download file atau aplikasi.
  • Di komputer, copot pemasangan ekstensi yang tidak diperlukan dari Chrome tersebut.
Mulai ulang perangkat, karena program atau aplikasi terkadang membuat laman tidak dimuat dengan benar dan mulai ulang komputer atau perangkat seluler, coba memuat kembali laman tersebut.


Akhir Kata
Itu tadi beberapa cara mengatasi Chrome tidak bisa browsing 2022 karena setiap permasalahan berbeda pula cara mengatasinya, jadi perlu untuk membenahi permasalahan terlebih dahulu.

Seperti langkah pertama mengecek koneksi jaringan internat, apabila hal tersebut dikarena jaringan internet yang tidak baik anda bisa mematikan jaringan dan menghidupkan kembali.

Apabila permasalahannya tidak teratasi baru anda menggunakan cara yang lebih jauh seperti ketempat service, untuk melakukan pengecekan yang lebih dalam ke perangkat anda.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, tentang cara mengatasi Google Chrome tidak bisa browsing. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel