Cara Mengatasi Can't Connect to This Network 2022

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Cara mengatasi can't connect to this network
dapat anda lakukan dengan mudah melalui beberapa metode yang akan kami bagikan pada artikel kali ini.

Di era yang serba digital ini, internet telah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak tergantikan baik dari Smartphone, komputer, laptop dan semua yang membutuhkan koneksi internet.

Namun dalam beberapa kondisi tertentu, ketika anda mencoba untuk menghubungkan laptop ke jaringan Wifi atau Hotspot ternyata mengalami kendala atau gagal fungsi.

Salah satunya seperti muncul pesan error Can’t connect to this Network sehingga anda tidak bisa tersambung ke jaringan Wifi tersebut.

Hal tersebut terjadi karena ada beberapa alasan, misalnya terjadi kesalahan pada konfigurasi, masalah driver, atau mungkin terbatasnya akses ke Wifi yang bersangkutan.

Hal seperti ini memang sering ditemukan pada pengguna Windows 10, namun tidak menutup kemungkinan juga jika sistem lainnya seperti Windows 7 atau 8 dapat mengalami error yang serupa.

Lalu, bagaimana cara mengatasi can’t connect to this network?untuk mengetahui jawabannya sebaiknya anda simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.


Penyebab Can’t Connect to this Network


Ada beberapa faktor kemungkinan yang menyebabkan munculnya pesan error can’t connect to this network ketika ingin menggunakan jaringan Wifi atau Hotspot.

Kemungkinan masalah ini ditimbulkan oleh kendala error pada perangkat itu sendiri, atau mungkin dikarenakan oleh ISP yang sedang bermasalah.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan cara mengatasi can't connect to this network, sebaiknya anda simak terlebih dahulu beberapa penyebab jaringan Wifi error yaitu sebagai berikut:
  • Koneksi Wifi atau Hotspot dibatasi. Dalam beberapa kondisi tertentu, masalah ini bisa muncul dikarenakan oleh pihak penyedia Wifi yang membatasi koneksi antar perangkat. Hal ini memang tidak mengherankan, mengingat ada beberapa Wifi yang memang diatur untuk tidak digunakan oleh masyarakat umum atau publik.
  • Adapter WiFi dalam keadaan disable.
  • Penyebab lainnya bisa saja terjadi kita Adapter Wifi anda dalam keadaan disable. Oleh karena itu, untuk memastikannya silakan cek pada fitur Network Connections.
  • Driver Network tidak terinstall, hilang, atau error. Ketika Driver Network pada perangkat anda bermasalah, maka tidak heran jika anda nantinya akan menemukan sejumlah masalah saat mengakses jaringan Wifi. Anda bisa cek melalui Device Manager.
  • ISP mengalami gangguan atau bermasalah. Kendala pada Wifi memang tidak hanya disebabkan oleh kegagalan perangkat komputer atau laptop, pesan error tersebut timbul karena ISP yang sedang mengalami gangguan atau bermasalah. Jadi anda bisa menghubungi provider bersangkutan.
  • Kesalahan pengaturan jaringan. Ada kemungkinan anda salah dalam mengatur jaringan seperti pengaturan Proxy, Alamat IP (Internet Protocol), dan sejenisnya. Atau bisa jadi ada beberapa pengaturan default jaringan yang anda ganti atau ubah sehingga membuat WiFi tidak terhubung.


Cara Mengatasi Can’t Connect to this Network Windows


1. Restart PC atau Laptop

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Restart PC atau Laptop
Ketika anda mengalami masalah tidak bisa connect ke jaringan Wifi, sebaiknya anda jangan terlalu gegabah dalam mengubah setelan jaringan komputer.

Karena kemungkinan besar permasalahan ini hanya dikarenakan oleh service sistem yang tidak berjalan dengan baik atau sedang bertabrakan.

Seperti yang telah dialami beberapa orang, di mana perangkat tidak bisa terhubung dengan Wifi padahal tidak ada kendala pada driver ataupun jaringan internet.

Oleh karena itu, cara mengatasi can't connect to this network kami sarankan untuk coba me-restart perangkat anda terlebih dahulu untuk memastikan hasilnya seperti apa.

Memang metode ini hanya bersifat sederhana, akan tetapi dalam beberapa kasus tertentu dengan melakukan restart dapat memperbaiki masalah Wifi.


2. Pastikan Penyedia Wifi Tidak Membatasi Perangkat

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
 Pastikan Penyedia Wifi Tidak Membatasi Perangkat
Cara mengatasi can't connect to this network selanjutnya adalah dengan memastikan penyedia Wifi atau Hotspot tidak membatasi perangkat.

Karena terkadang munculnya pesan error can’t connect to this network ini biasanya terjadi ketika penyedia Wifi atau Hotspot membatasi koneksi antar perangkat.

Hal ini dilakukan agar perangkat yang terkoneksi tidak terlalu banyak sehingga dapat meminimalisir terjadinya koneksi internet yang lambat atau lemot.

Akan tetapi, kondisi seperti ini jarang sekali terjadi kecuali pada tempat seperti cafe, kantor, mall atau mungkin teman anda sendiri yang memang telah mengatur Wifi tersebut untuk beberapa pengguna saja.


3. Cek Status ISP yang Digunakan

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
 Cek Status ISP yang Digunakan
Selain kedua metode diatas, cara mengatasi can't connect to this network adalah mengecek aapakah provider internet yang digunakan sedang gangguan atau tidak.

Mengingat permasalahan pada Wifi tidak hanya selalu disebabkan oleh perangkat komputer atau laptop anda yang bermasalah, kemungkinan juga bisa disebabkan oleh provider internet yang sedang gangguan.

Sementara itu, ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memastikan apakah provider yang anda gunakan sedang bermasalah atau tidak.

Salah satunya yaitu dengan mengecek menggunakan perangkat lain, bertanya kepada pengguna yang memakai provider sama atau menghubungi secara langsung pihak provider yang bersangkutan.


4. Cek Power Saver Pada Wifi

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Cek Power Saver Pada Wifi
Selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan memastikan pengaturan Power Saver pada adapter WiFi anda dalam keadaan nonaktif.

Hal ini dikarekan pada fitur Power Saver pada Wifi tersebut berfungsi untuk mematikan koneksi Wifi ketika kondisi baterai perangkat anda mulai melemah.

Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kegagalan saat menghubungkan ke Wifi, adapun cara mengatasi can't connect to this network dengan cek fitur power saver yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahka anda cari dan buka "Control Panel" pada "Windows Search".
  • Selanjutnya pilih "Network and Internet".
  • Kemdian klik "Network and Sharing Center".
  • Lalu klik "Change Adapter Settings".
  • Jika sudah, klik kanan pada "Adapter WiFi" lalu pilih "Properties".
  • Setelah itu, silahkan anda klik "Configure".
  • Kemudian klik tab "Power Management" dan hilangkan centang pada keterangan "Allow the computer to turn off this Service to save power" lalu klik "OK".
  • Setelah itu, restart perangkat untuk melihat hasilnya.
  • Selesai.


5. Restart Wifi Adapter

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Restart Wifi Adapter
Selanjutnya untuk mengatasi Wifi yang bermasalah adalah melakukan restart Wifi Adapter, cara yang satu ini memang terlihat mudah dan praktis untuk dilakukan,

Namun, dengan metode ini ada kemungkinan bisa mengatasi masalah can’t connect to this network pada Windows yang bermasalah.

Oleh karena itu, anda bisa coba trik yang satu ini untuk cara mengatasi can't connect to this network dengan langkah-langkah yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda cari dan buka "Control Panel pada Windows Search".
  • Selanjutnya anda pilih "Network and Internet".
  • Klik "Network and Sharing Center".
  • Setelah itu pilih "Change Adapter Settings".
  • Jika sudah, klik kanan pada "Adapter Wifi" lalu pilih "Disable".
  • Silahkan anda tunggu beberapa saat, kemudian klik kanan "Adapter WiFi" kembali lalu klik "Enable".
  • Jika sudah, silahkan anda coba hubungkan kembali ke jaringan Wifi yang anda inginkan.
  • Selesai.


6. Coba Re-connect Jaringan Wifi

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Coba Re-connect Jaringan Wifi
Apabila dengan metode sebelumnya masih tidak memberikan titik terang atas Wifi yang bermasalah, maka langkah selanjutnya adalah dengan melakukan re-connect pada jaringan Wifi tersebut.

Metode ini dilakukan dengan cara mengaktifkan mode pesawat terbang beberapa saat, lalu mematikannya serta di lanjut dengan melupakan jaringan yang disambungkan.

Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk memperbarui preferensi jaringan Wifi, adapun cara mengatasi can't connect to this network dengan coba re-connect yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda klik ikon jaringan WiFi pada Taskbar.
  • Selanjutnya, klik fitur "Airplane Mode" selama beberapa saat saja.
  • Kemudian matikan kembali fitur tersebut.
  • Selesai.
Sementara itu, untuk lupakan jaringan Wifi anda bisa ikuti langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda klik ikon jaringan pada Taskbar laptop.
  • Lalu klik kanan pada jaringan WiFi dan pilih "Forget".
  • Kemudian coba sambungkan kembali jaringan Wifi tersebut.
  • Selesai.


7. Reset Network Settings

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Reset Network Settings
Dengan melakukan reset Network Settings anda juga bisa mengembalikan koneksi jaringan Wifi yang bermasalah dengan mudah tanpa ribet.

Dengan mengaktifkan fitur tersebut sehingga akan menghapus semua preferensi jaringan yang sudah diatur sebelumnya dan memasang ulang komponen adapter jaringan.

Untuk dapat melakukan cara mengatasi can't connect to this network dengan reset Network Settings, dapat anda ikuti langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda klik ikon "Start menu" pada Taskbar laptop anda.
  • Selanjutnya klik "Settings" lalu pilih "Network & Internet".
  • Setelah itu klik "Status".
  • Jika sudah, silahkan anda scroll ke bawah dan klik "Network Reset" lalu klik "Reset Now".
  • Kemudian klik "Yes", untuk mengkonfirmasi Network reset.
  • Setelah itu lakukan restart komputer atau laptop anda.
  • Selesai.


8. Jalankan Network Troubleshooter

Cara Mengatasi Can't Connect to This Network
Jalankan Network Troubleshooter
Selain beberapa metode di atas, anda juga dapat menggunakan Network Troubleshooter untuk mengatasi pesan error can’t connect to this network pada perangkat anda.

Fitur ini berfungsi untuk menjalankan diagnosa dan perbaikan jika terdapat masalah jaringan Wifi atau Hotspot pada perangkat anda.

Setelah proses perbaikan selesai, maka anda bisa melihat letak permasalahan jaringan Wifi, meskipun metode ini tidak menjamin berhasil tetapi tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Nah, untuk lebih jelasnya silahkan anda simak langkah-langkah cara mengatasi can't connect to this network dengan Network Troubleshooter yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda klik ikon "Start menu" pada Taskbar laptop.
  • Selanjutnya klik "Settings" lalu pilih "Network & Internet".
  • Setelah itu klik "Status".
  • Pada bagian Advanced Network Settings, silahkan anda klik "Network Troubleshooter".
  • Jika sudah maka akan tampil dialog "Network Adapter", silakan pilih "Wifi" lalu klik "Next".
  • Tunggu beberapa saat proses diagnosa dan perbaikan.
  • Silahkan anda coba hubungkan kembali ke jaringan Wifi.
  • Selesai.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara mengatasi can't connect to this network.

Jadi, jika jaringan Wifi anda mengalami masalah seperti error anda bisa menggunakan metode yang telah kami bagikan diatas sebagai solusinya.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara mengatasi jaringan Wifi yang error pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel