Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi 2022

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Cara mengatasi baterai lama terisi
bisa dilakukan dengan mudah melalui beberapa metode yang akan kami bagikan pada artikel kali ini.

Smartphone merupakan salah satu alat elektronik yang dibutuhkan setiap waktu untuk segala aktivitas dizaman milenial seperti sekarang ini.

Sebagian besar pengguna Smartphone pasti sering mengalami yang namanya pengisian baterai yang lama ketika sedang di-charge.

Hal seperti ini memang sudah banyak sekali kasus mengenai kelemahan pada baterai Smartphone, mulai dari baterai yang mengembung, baterai cepat panas hingga baterai yang terisi lama.

Umumnya, orang-orang menganggap jika baterai Smartphone tersebut sudah rusak dan bocor sehingga menjadi lama terisi saat di-charge.

Sebenarnya, banyak sekali faktor yang menyebabkan baterai Smartphone menjadi terisi lama ketika sedang di-charge.

Bahkan, para pakar juga telah banyak yang mengulas tentang penyebab terjadinya baterai Smartphone yang lama terisi saat di-charge.

Bagi anda yang Smartphone-nya belum memiliki fitur fast charging, anda bisa coba ikuti 6 cara mengatasi baterai lama terisi saat anda membutuhkannya.


Faktor Penyebab Charger Lama Mengisi


Baterai HP yang lama penuh saat pengisian daya tidak lepas dari berbagai faktor penyebab sehingga anda harus segera mencari solusi atau cara agar hal ini segera teratasi.

Mungkin ini bukanlah masalah besar bagi anda, namun lamanya proses pengisian daya membuat waktu anda banyak terbuang.

Oleh karena itu, sebelum kita membahas mengenai cara mengatasi baterai lama terisi anda perlu tahu apa saja faktor penyebab kenapa charger lama penuh yaitu sebagai berikut:
  • IC adaptor mulai rusak.
  • Port USB mengalami masalah.
  • Kinerja kabel mengalami penurunan.
  • Kepala charger mengalami kerusakan.
  • Tidak ada fitur fast charging pada Smartphone.
  • Rusaknya lubang port pada Smartphone.
  • Baterai Smartphone mengalami kerusakan.
Sering mengisi daya menggunakan powerbank atau laptop.Silahkan anda lakukan pemeriksaan pada HP atau charger berdasarkan faktor penyebab ini agar anda bisa menemukan solusi yang tepat.


1. Jangan Mengisi Daya di Laptop atau PC

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Jangan Mengisi Daya di Laptop atau PC
Ketika anda sedang sibuk bekerja atau belajar, efisien rasanya untuk sambil mengisi daya HP anda di laptop maupun PC.

Namun, sebenarnya hal inilah yang akan membuat daya pada HP anda semakin lama penuh karena mengisi daya di laptop atau PC.

Oleh karena itu, cara mengatasi baterai lama terisi yakni usahakan untuk selalu mengisi daya dengan mencolokan charger ke steker listrik.

Kecuali jika memang laptop atau PC anda sudah memiliki fitur charger plus sehingga memang memungkinkannya untuk mengisi daya ke HP dengan baik.


2. Matikan Fitur dan Aplikasi yang Sedang Berjalan

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Matikan Fitur dan Aplikasi yang Sedang Berjalan
Ketika anda sedang buru-buru dan ingin mengisi daya HP dengan cepat, sebaiknya anda matikan terlebih dahulu semua fitur-fitur yang memiliki kemampuan untuk menarik daya baterai dengan cepat.

Tanpa disadari, seringkali fitur GPS pada HP berada dalam keadaan menyala dan anda lupa mematikannya sehingga perlahan menyedot baterai pada HP.

Banyaknya aplikasi yang aktif saat sedang mengisi daya juga bisa menyebabkan charger HP lambat terisi dengan penuh.

Maka dari itu, cara mengatasi baterai lama terisi selanjutnya yaitu mematikan aplikasi yang aktif saat HP mengisi daya.

Jadi, akan lebih baik jika melakukan pengisian daya HP dalam keadaan mati hingga baterai terisi penuh.

Apabila saat mengisi daya HP menjadi normal dan berjalan cepat, itu berarti beberapa aplikasi tersebut memperlambat proses charging.

Biasanya aplikasi yang memakan daya besar seperti Google Map, GPS atau aplikasi yang membutuhkan koneksi internet.


3. Bersihkan Port USB

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Bersihkan Port USB
Port USB yang kotor juga bisa menjadi penyebab lambatnya proses mengisi daya sehingga yang harus anda lakukan adalah membersihkan port USB.

Hal yang membuat kotornya USB bisa karena debu atau kotoran lain menempel pada port sehingga anda harus rajin membersihkan port USB yang ada HP dan ujung charger.

Perlu anda ketahui bahwa membersihkan port USB tidak boleh dilakukan sembarangan karena komponen pada port ini sangat sensitif dan rawan rusak.

Cara mengatasi baterai lama terisi yaitu bersihkan port USB dengan menyemprotkan cairan pembersih khusus elektronik.

Anda bisa membeli cairan pembersih ini di toko elektronik terdekat dan segera lakukan penyemprotan sedikit demi sedikit.

Lalu bersihkan dengan kuas make up atau kuas lukis pada bagian dalam port USB, setelah itu lap dengan tisu kering secara perlahan.

Jika sudah selesai membersihkan port USB, cobalah untuk mengisi daya HP anda. Jika proses isi daya berjalan normal dan cepat artinya masalah sudah tertangani dengan benar.


4. Lepas Case

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
 Lepas Case
Smartphone saat ini bergantung pada baterai lithium-ion, sifat kimia di balik cara kerja yang menentukan bahwa proses pengisian daya bekerja jauh lebih efisien saat baterai dingin.

Untuk pengisian optimal, suhu baterai harus antara 5° dan 45° C yang dikendalikan oleh suhu sekitar dan melepaskan casing and akan membantu menurunkannya.

Namun, jika anda berpikir untuk meletakkan HP di atas kulkas untuk mengisi daya sebaiknya jangan coba sekali-kali karena berhaya.

Penurunan efisiensi saat pengisian daya baterai HP bahkan akan lebih parah jika berada pada suhu di bawah kisaran ideal.

Oleh karena itu, cara mengatasi baterai lama terisi dengan cara jangan mengisi baterai di luar ruangan apalagi yang terkena matahari.


5. Hindari Wireless Charging

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Hindari Wireless Charging
Sebenranya wireless charging bukan hal yang buruk, tapi jika kecepatan pengisian daya adalah prioritas nomor satu maka lebih baik menggunakan kabel.

Melakukan pengisian daya tanpa menggunakan kabel jauh lebih lambat daripada yang menggunakan kabel.

Faktanya, pengujian menunjukkan bisa mencapai 50 persen lebih lambat jika mengisi daya tanpa kabel.

Hal ini dikarekan pertama, lebih efisien untuk mentransfer energi melalui kabel daripada melalui kontak sederhana.

Selain itu, energi yang terbuang karena hasil transfer yang tidak menggunakan kabel akan bermanifestasi dalam bentuk panas.

Jadi, cara mengatasi baterai lama terisi pada HP adalah sebaiknya jangan mengisi daya dalam suhu yang panas akan memperlambat pengisian.


6. Gunakan Kabel Berkualitas

Cara Mengatasi Baterai Lama Terisi
Gunakan Kabel Berkualitas
Cara mengatasi baterai lama terisi dengan gunakan kabel charger yang asli, anda juga bisa mencari kabel yang memiliki pengisian daya lebih cepat dari kabel biasanya di toko-toko aksesoris Smartphone.

Terkadang masalah pada durasi pengisian daya HP bisa jadi ada pada kabelnya sehingga anda perlu menggunakan kabel yang ori untuk mengisi daya HP.

Hal ini dikarenakan kabel charge yang mengalami penurunan kinerja akan menyebabkan proses pengisian daya yang lambat.

Untuk mencobanya, anda bisa pinjam kabel data milik teman, apabila dengan mengganti kabel ternyata proses mengisi daya menjadi cepat maka sudah pasti kerusakan ada pada kabel.

Selain mengganti kabel charge, anda juga bisa memperbaiki charger HP yang lambat mengisi dengan cara yang sangat sederhana.

Cara tersebut adalah dengan memotong sebagian kabel charge, lalu menyambungnya kembali dengan cara yaitu sebagai berikut:
  • Memotong tepat di bagian tengah kabel charge, misalnya panjang kabel anda adalah 100 cm maka bisa dipotong menjadi 50 cm.
  • Lepaskan atau kupas bagian luar pembungkus kabel, caranya dengan potong menggunakan gunting lalu kupas pembungkus kabel dengan hati-hati.
  • Anda harus menyambungkan kabel sesuai dengan warnanya, misalnya biru dengan biru atau merah dengan merah.
  • Pisahkan hasil sambungan masing-masing memakai selotip.
  • Tutup hasil sambungan dengan rapi dan rapat.
  • Pastikan tidak ada kabel yang bocor untuk menghindari short, karena pada dasarnya memotong kabel ini akan membuat aliran listrik lebih cepat karena nilai resistensi kabel lebih kecil sehingga membuat arus listrik tak banyak yang terbuang.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara mengatasi baterai lama terisi.

Beberapa solusi cara mengatasi baterai HP yang lama terisi diatas bisa anda coba jika mengalami kendala pengisian daya yang lama penuh pada HP anda.

Oleh karena itu, silahkan anda pahami sebaik mungkin panduan mengenai cara mengatasi baterai HP yang lama penuh diatas.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara mengatasi baterai HP yang lama terisi pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel