Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti 2022

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti
Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti saat ini sedang banyak dicari oleh para pengguna ponsel pintar. Sebagai perangkat seluler, HP atau Smartphone dibekali dengan berbagai macam aplikasi.

Dengan banyaknya aplikasi tersebut berfungsi mempermudah pekerjaan dan memberikan sebuah hiburan, dimana para pengguna ponsel pun kemudian perlu download aplikasi lewat Google Play Store dan App Store.

Disisi lain, terkadang akan muncul sebuah notifikasi "Sayangnya aplikasi telah berhenti" atau "Unfortunately app has stopped". Notifikasi tersebut akan sering muncul dan pastinya mengganggu pengguna.

Mau tahu kenapa dan apa peyebab aplikasi terus berhenti? Apalagi jika kejadiannya pas asyik main game, pastinya sangat menyebalkan bukan.

Pasti banyak yang sudah mengalami kejadian aplikasi HP nya yang tiba-tiba berhenti sendiri? Dan tentunya hal ini sangat menyebalkan sekali bukan.

Apalagi jika aplikasi yang sedang anda gunakan itu adalah aplikasi penting untuk bekerja, main game, download film atau lagu dan lain sebagainya.

Banyak juga yang bertanya-tanya, mengapa hal tersebut bisa terjadi (karena aplikasi berhenti)? Namun nyatanya, hal ini seringkali terjadi bagi para penggunaa sistem operasi Android.

Mungkin sebagian orang pernah kok mengalami kejadian serupa, waktu itu sedang membuka aplikasi Microsoft Office untuk kepentingan kerja.

Namun tanpa diduga, ternyata aplikasi tersebut malah ngeblank atau error dengan sendirinya. HP menjadi error dan tidak bisa membuka apapun, terpaksa pengguna harus me-restart HP nya agar bisa digunakan kembali.

Yang dimana, pesan pertanda aplikasi yang sedang terhenti memang berbeda-beda pada setiap HP nya lho guyss.

Akan tetapi, pada dasarnya isi pesan tersebut semuanya sama yaitu aplikasi tidak bisa beroperasi alias aplikasi berhenti.

Dan terkadang muncul sebuah pertanyaan kenapa aplikasi berhenti? Bagaimana cara mengatasi aplikasi berhenti? Serta apa  saja penyebab aplikasi terhenti dengan sendirinya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langsung ulasan tentang cara mengatasi aplikasi terus berhenti yang ada dibawah ini sampai selesai.


Penyebab Aplikasi Terus Berhenti

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti
Penyebab Aplikasi Terus Berhenti
Pada awalnya para pengguna ponsel merasa bingung, kenapa sih bisa muncul notifikasi pesan error tersebut lho guyss.

Apa hanya dari koneksi atau jaringan internet yang lemot bisa menyebabkan aplikasi berhenti? Tentu tidak yaa guyss, pastinya ada masalah lain yang membuat aplikasi tersebut berhenti tiba-tiba.

Dan kali ini ada beberapa penyebab yang membuat aplikasi terus berhenti, anda bisa menyimaknya yaitu sebagai berikut.

1. Bug pada sistem dan aplikasi


Bug pada sistem dan aplikasi ini menjadi salah satu penyebab yang paling sering dialami oleh pengguna Android.

Masalah error tidak selalu karena kesalahan pengguna, mungkin saja aplikasi tersebut memang bermasalah. Ada bug yang belum diperbaiki oleh pihak pengembang.

Jika tersedia pembaruan sistem atau aplikasi, alangkah baiknya lakukan saja pembaruan untuk mendapatkan perbaikan.


2. RAM Android penuh


Mungkin Smartphone yang anda miliki mempunyai kapasitas RAM yang tidak begitu besar, hanya 2GB. Hal inilah yang menyebabkan aplikasi kadang-kadang sering mengalami (force close atau keluar sendiri) secara tiba-tiba.


3. File cache yang menumpuk


File cache atau file sementara yang tidak pernah dihapus bisa mengakibatkan aplikasi berat dan lemot lho guyss. Karena lemot atau lelet tersebutlah yang mengakibatkan aplikasi force close atau keluar sendiri secara tiba-tiba.

Selain itu, penumpukan file cache yang berlebihan juga bisa menyebabkan memori internal cepat penuh. Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka performa ponsel akan mengalami penurunan dan aplikasi terinstall akan sering bermasalah.


4. Aplikasi tidak kompatibel


Aplikasi yang tidak kompatibel atau aplikasi yang tidak cocok dari segi sistem dan hardware Android bisa menyebabkan aplikasi error.

Misalnya aplikasi kompatibel pada Android Lollipop (5.0), anda paksa install pada Android KitKat (4.4) maka akan terjadi penolakan dari sistem Android yang mengakibatkan aplikasi sering error, berhenti tiba-tiba, tidak bisa dibuka dan lain sebagainya.


Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti dengan Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti
Cara Mengatasi Aplikasi Terus Berhenti dengan Mudah
Setelah anda mengetahui penyebab aplikasi terus berhenti, sekarang saatnya anda mengetahui cara mengatasinya yaa guyss.

Dan untuk mengatasi masalah aplikasi tidak bisa dibuka, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan dengan mudah.

Penasaran? Yuk langsung saja anda ikuti cara mengatasi aplikasi terus berhenti dengan mudah yaitu sebagai berikut:

1. Restart Smartphone


Hal sederhana pertama yang bisa anda lakukan adalah bisa dengan restart atau reboot smartphone Android anda.

Beberapa pengguna ponsel melakukan reboot pada saat terjadi lag atau saat aplikasi bermasalah, hasilnya terbukti mengatasi masalah yang ada.

Mungkin hal ini memang bersifat tidak pasti, namun tidak ada salahnya untuk anda coba. Adapun jika tidak berhasil, maka anda bisa coba metode berikutnya.


2. Bersihkan cache sistem dan aplikasi


Selanjutnya adalah dengan menghapus cache semua aplikasi Android, dimana anda bisa gunakan aplikasi pembersih bawaan atau aplikasi pembersih dari pihak ketiga yaa guyss.

Aplikasi-aplikasi tersebut bisa menghapus tumpukan cache Android dengan mudah dan cepat. Dan Apabila file cache Android sudah anda bersihkan. Cobalah untuk me-restart dan buka aplikasi yang error tersebut, semoga nantinya tidak terjadi masalah lagi.


3. Coba hapus data aplikasi


Cara berikutnya yakni dengan menghentikan dan menghapus data aplikasi. Cara ini biasanya cukup ampuh dalam mengatasi aplikasi yang error, terutama muncul pesan seperti penjelasan di atas.

Melakukan hapus data aplikasi akan menghilangkan data sementara pada aplikasi seperti basis data, file sampah atau cache, history, data login, dan sebagainya.

Namun perlu anda ingat cara ini bukan untuk menghapus aplikasi, tetapi hanya menghapus data aplikasi saja.


4. Update aplikasi


Tips selanjutnya, yang bisa anda coba adalah memperbarui aplikasi. Dengan cara ini akan menghilangkan bug atau kerusakan yang terjadi pada aplikasi.

Untuk update aplikasi, pastikan koneksi internet anda lancar. Dimana, anda bisa langsung update aplikasi dari Google Play Store.


Akhir Kata

Nah itu dia beberapa penyebab dan cara mengatasi aplikasi terus berhenti yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Jika anda mengalami hal serupa, maka anda bisa langsung ikuti salah satu cara diatas dengan benar dan tepat agar prosesnya berhasil.

Perlu anda ketahui, memang cara diatas tidak bisa dikatakan 100% berhasil mengatasi masalah yang ada. Namun, setidaknya coba saja terlebih dahulu dan nantinya anda bisa langsung lihat hasilnya.

Metode diatas bisa anda lakukan pada semua perangkat Android seperti Xiaomi, Samsung, Realme, Oppo, Lenovo, Vivo dan lainnya.

Dan apabila menurut anda informasi ini cukup penting, silahkan anda langsung saja membagikannya kepada teman-teman atau ke akun media sosial yang anda punya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel