Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 2022

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri di Android saat ini bisa langsung anda lakukan dengan mudah lho guyss.

Yang dimana, aplikasi pada perangkat Android memiliki peran yang sangat penting. Tanpa adanya aplikasi yang terinstall, maka Smartphone yang anda gunakan akan terasa sangat membosankan.

Ada banyak sekali aplikasi yang membantu anda dalam menunjang segala aktivitas sehari-hari. Misalnya seperti aplikasi pesan yang digunakan untuk mengirim dan menerima SMS, aplikasi telepon yang digunakan untuk melakukan panggilan dan masih banyak lagi lainnya.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, aplikasi media sosial yang digunakan untuk mengetahui perkembangan apapun diseluruh dunia.

Meskipun sangat berguna dan membantu, terkadang beberapa pengguna Android mengeluh mengenai masalah aplikasi Android yang suka keluar sendiri (Force Close) ketika dijalankan.

Hal semacam ini tentunya sangat mengganggu aktivitas kita sebagai pengguna, terlebih lagi jika aplikasi yang digunakan dirasa sangat penting dalam menunjang semua aktivitas produktif harian anda.

Perlu diketahui, bahwa mengunduh dan menggunakan sebuah aplikasi di ponsel merupakan bagian tidak terpisahkan dari penggunaan Smartphone sehari-hari.

Aplikasi dan ponsel dengan versi terbaik pun tidak terlepas dari berbagai masalah yang menghampirinya lho guyss.

Salah satunya adalah aplikasi yang digunakan tiba-tiba keluar sendiri dan penyebab aplikasi keluar sendiri biasanya disebabkan oleh penyimpanan internal ponsel yang sudah menipis, file cache yang menupuk dan lain sebagainya.

Dan yang lebih menyebalkannya lagi, jika aplikasi yang tiba-tiba keluar tentunya akan menghambat anda ketika menggunakannya.

Lantas bagaimana cara mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri di HP Android? Tenang, anda tidak perlu khawatir karena pada kali ini kami akan membagikan beberapa cara mengatasinya.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa simak langsung ulasan yang ada dibawah ini mengenai beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri.


1. Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Menutup Semua Aplikasi yang Dijalankan

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Menutup Semua Aplikasi yang Dijalankan
Pertama, untuk cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang bisa anda lakukan adalah dengan menutup semua aplikasi yang dijalankan.

Yang dimana, silahkan anda cobalah untuk menutup semua aplikasi (recent apps) yang anda jalankan dilatar belakang.

Hal ini anda lakukan untuk mengurangi penggunaan memori RAM secara berlebihan yang biasanya menjadi penyebab aplikasi sering keluar sendiri.

Setelah menutup aplikasi, silahkan jalankan kembali aplikasi yang bermasalah tersebut. Semoga nantinya normal dan tidak keluar lagi.

Akan tetapi jika masih saja bermasalah, maka silahkan langsung saja anda coba metode selanjutnya dengan memuat ulang perangkat Android anda.


2. Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Restart Perangkat Android

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Restart Perangkat Android
Jika dengan menutup semua aplikasi dilatar belakang tidak berhasil untuk mengatasi masalah, silahkan cobalah untuk memuat ulang atau reboot perangkat Android anda.

Hal ini anda lakukan karena mungkin saja terdapat sebuah service sistem dan aplikasi yang crash dan tidak berjalan stabil yang pada akhirnya menyebabkan aplikasi keluar sendiri.

Yang dimana, anda bisa menekan tombol Power selama beberapa saat lalu langsung saja pilih Reboot atau Muat Ulang untuk memuat ulang perangkat Android anda.

Apabila perangkat Android anda tidak tersedia pilihan Reboot, anda bisa matikan perangkat Android anda kemudian menyelakan kembali.

Bagaimana, cukup mudah bukan untuk cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang kedua ini? Anda bisa melakukanya dengan mudah.


3. Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Update Sistem dan Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Update Sistem dan Aplikasi
Selanjutnya, untuk cara mengatasi aplikasi keluar sendiri adalah anda juga bisa memperbarui sistem dan aplikasi untuk memperbaiki aplikasi yang keluar sendiri.

Mungkin saja aplikasi tersebut memang membutuhkan pembaruan, terkadang pihak pengembang juga mengharuskan para penggunanya untuk memperbarui aplikasi agar aplikasi lebih stabil dan optimal ketika digunakan.

Yang dimana, perbaikan bugs serta penambahan fitur hanya terjadi ketika anda memperbarui aplikasi. Untuk melakukannya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah memperbarui sistem dan aplikasi Android yaitu sebagai berikut:

A. Update Sistem Android

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka menu Setelan pada ponsel Android yang anda gunakan.
  • Lalu pilih Tentang Ponsel > Pembaruan Sistem.
  • Nah jika tersedia versi sistem terbaru, maka anda bisa melakukan update ya guyss.
  • Setelah itu, tunggulah sampai proses update selesai dilakukan.
  • Jika sudah, maka anda bisa restart ponsel Android anda.
  • Selesai.


B. Update Aplikasi Android

  • Pertama-tama, silahkan buka Google Play Store pada ponsel Android anda.
  • Kemudian klik ikon titik tiga garis (menu) yang ada dibagian atas, lalu pilih Aplikasi & Game.
  • Maka dengan begitu, langsung saja anda pilih aplikasi yang terjadi masalah atau error tersebut.
  • Jika tersedia perbaruan, maka anda bisa klik Update dan tunggulah sampai proses update selesai dilakukan.
  • Selesai.


4. Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Membersihkan File Cache Sistem dan Aplikasi

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri dengan Membersihkan File Cache Sistem dan Aplikasi
Penumpukan file sementara pada memori internal yang tidak pernah dibersihkan bisa menyebabkan masalah pada sistem dan aplikasi, seperti: macet, muncul pesan kesalahan, lag, tidak bisa dibuka, keluar sendiri, dan sebagainya

Nah untuk menghindari masalah sistem dan aplikasi, para pengguna disarankan untuk membersihkan file sementara dan mengoptimalkan fungsi perangkat menggunakan aplikasi keamanan atau aplikasi perawatan perangkat yang sudah disediakan oleh produsen perangkat.

Selain itu, anda juga bisa lho guyss membersihkan file cache pada aplikasi yang bermasalah melalui manajemen aplikasi yang ada di Smartphone anda.

Dan cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang terakhir ini bisa anda lakukan dengan mudah lho guyss.


Akhir Kata

Nah itu dia beberapa cara mengatasi aplikasi keluar sendiri yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi yang suka keluar sendiri bisa terjadi karena berbagai macam faktor lho guyss.

Dengan mencoba beberapa tips yang kami berikan diatas, semoga masalah aplikasi pada perangkat Android anda bisa teratasi dengan baik dan aplikasi tersebut bisa digunakan dengan normal kembali.

Dan jika menurut anda informasi ini cukup penting, maka anda bisa membagikannya langsung ke akun media sosial yang anda punya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel