Cara Membuat Gambar Transparan Online 2022

Cara Membuat Gambar Transparan Online
Cara membuat gambar transparan online
dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya digunakan untuk keperluan seperti desain baju, pas foto KTP, ikon atau logo, stiker, foto media sosial.

Sampai membuat gambar barang yang dijual terlihat lebih menarik, untuk bisa membuat gambar dengan background atau latar yang transparan.

Namun setidaknya kita memerlukan sebuah software atau aplikasi sekelas Photoshop dan Corel Draw, akan tetapi apakah semua orang mengetahui cara menggunakannya?

Tapi sangat disayangkan lebih banyak yang tidak mengetahui ketimbang yang tahu, menyadari akan hal itu banyak pengembang membuat aplikasi atau software yang mempermudah orang-orang awam.

Hanya untuk membuat background transparan pada sebuah gambar entah itu online ataupun secara offline, pada artikel kali ini kami akan jelaskan cara membuat gambar transparan online sebagai berikut.


1. Cara Membuat Gambar Transparan Online dengan Remove.bg

Cara Membuat Gambar Transparan Online
Cara Membuat Gambar Transparan Online dengan Remove.bg
Untuk cara pertama yaitu dengan Remove.Bg, sebab situs ini sudah banyak yang mengetahui dan memang belakang ini sedang populer dikalangan editor foto di media sosial.

Mungkin anda pernah melihat posting tutorial yang sama mengenai cara menggunakan Remove.Bg diinternet, untuk lebih jelasnya simak saja ulasan dibawah ini.

Cara membuat gambar transparan online dengan Remove.bg yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama langsung saja anda buka browser kesayangan anda bisa juga menggunakan Chrome, Brave, UC Browser, Opera Mini atau Firefox. Lalu untuk mengakses situs Remove.bg silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.remove.bg/).
  • Jika anda sudah selesai membukanya, silahkan klik tombol Upload Image dan langsung pilih satu gambar yang ingin anda hilangkan atau membuat backgroundnya menjadi transparan.
  • Pada tahap ini silahkan anda tunggu hingga situs selesai memproses gambar yang sudah anda unggah, jika anda selesai memproses gambarnya sehingga akan muncul tampilan seperti pada gambar.
Gimana, mudah bukan? Remove.bg akan menghapus background dan membuat background gambar anda menjadi transparan secara otomatis dan diproses oleh kecerdasan buatan.

Namun anda jangan berpuas diri dulu, masih ada situs penghapus background keren selanjutnya dan simak penjelasan dibawah ini.


2. Cara Membuat Gambar Transparan Online dengan Stickermule

Cara Membuat Gambar Transparan Online
Cara Membuat Gambar Transparan Online dengan Stickermule
Situs penghapus background gambar yang bernamakan Stickermule bisa dibilang lebih baik daripada Remove.bg kenapa?.

Pasalnya Stickermule anda dapat menyimpan gambar transparan dengan kualitas HD dan disesuaikan dengan kualitas asli gambar.

Namun berbeda dengan Remove.bg yang hanya dapat menyimpan versi previewnya saja, untuk lebih jelasnya simak saja langsung dibawah ini.

Cara membuat gambar transparan online dengan Stickermule yaitu sebagai berikut:
  • Sama halnya dengan Remove.bg anda harus mengaksesnya terlebih dahulu lewat browser untuk bisa menggunakannya. Untuk dapat membukanya silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.stickermule.com/en-in/trace).
  • Namun jika belum pernah menggunakannya sama sekali atau login di Stickermule langsung saja klik tombol Sign in to get started. Akan tetapi kami sarankan gunakan akun Google untuk mendaftar, kemudian login ke Stickermule supaya mempermudah anda. Kalau anda sudah pernah memakai dan login kemudian klik tombol Upload a photo lalu pilih satu gambar yang backgroundnya ingin dibuat menjadi transparan.
  • Silahkan anda tunggu sampai gambar yang anda pilih selesai diunggah, kemudian gambarnya akan langsung diproses sehingga muncul tampilan seperti di bawah ini. Jika sudah klik tombol Download yang terdapat pada bagian bawah kanan gambar yang sudah diproses.
  • Kemudian di halaman selanjutnya akan ditampilkan lagi tombol download, kemudian klik tombol Download full image untuk menyimpan gambar kualitas HD tentunya disesuaikan dengan resolusi gambar aslinya.
Sebab hasil gambar background transparan yang asalnya dari Stickermule mempunyai kualitas di atas, dikarenakan Remove.bg yang dapat dilihat dari resolusi gambarnya.


3. Cara Membuat Gambar Transparan Online Menggunakan PhotoScissors

Cara Membuat Gambar Transparan Online
Cara Membuat Gambar Transparan Online Menggunakan PhotoScissors
PhotoScissors sama seperti situs-situs penghapus background otomatis sebelum-belumnya, dimana situs ini secara online menghapus dan menghilangkan background foto dengan otomatis.

Tentunya tanpa memerlukan skill khusus atau aplikasi profesional, untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasan sebagai berikut.

Cara membuat gambar transparan online menggunakan PhotoScissors yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama langsung saja buka browser dan akses PhotoScissors dengan mengunjungi melalui link berikut ini (https://photoscissors.com/upload).
  • Sehingga akan muncul tampilan seperti di bawah ini kemudian anda klik tombol Upload Image setelah itu pilih fotk yang ingin dihapus, hilangkan dan membuat backgroundnya menjadi transparan.
  • Jika sudah silahkan tunggu sampai proses upload dan rendering foto selesai, setelah itu nantinya akan muncul tampilan mode edit seperti di bawah ini.
  • Nantinya akan segera muncul notifikasi seperti pada gambar di bawah silahkan klik saja tombol Download in Low Resolution. Meskipun yang akan didownload merupakan gambar transparan dengan resolusi rendah sama seperti di Remove.bg.


4. Cara Membuat Background Transparan Secara Offline

Cara Membuat Gambar Transparan Online
Cara Membuat Background Transparan Secara Offline
Jika anda sudah tahu cara membuat gambar transparan online, nah selanjutnya kami akan menjelaskan cara menghapus background transparan secara offline.

Cara membuat background transparan secara offline yaitu sebagai berikut:
  • Mungkin anda sudah tahu Photoshop di perangkat PC masing-masing, disini kami memakai Photoshop CC 2015 bahkan anda juga bisa gunakan Photoshop seri CS.
  • Jika Photoshop-nya sudah terbuka, nantinya dibagian Menu Bar klik File sehingga akan muncul menu dropdown dan pilih Open... atau bisa langsung saja tekan tombol shortcut Ctrl+O pada keyboard.
  • Setelah itu, silahkan pilih foto atau gambar yang ingin background-nya dibuat transparan. Jika sudah maka gambar yang masuk ke Photoshop, pada saat di tambahkan layer baru (bisa juga tidak menggunakan layer bawahnya) dengan cara klik ikon mirip lipatan kertas yang terdapat di pojok kanan bawah.
  • Namun jangan sampai lupa untuk membuka kunci layer gambar yang dimasukkan sebelumnya, lalu atur tumpukan layernya seperti pada gambar di bawah ini supaya layer fotonya berada paling atas.
  • Untuk bisa melakukan seleksi dibagian gambar yang akan dibuat transparan dengan begitu kita akan menggunakan Pen Tool. Pada bagian ToolBox silahkan klik ikon yang mirip ujung pulpen atau bisa juga dengan menekan P pada keyboard.
  • Silahkan buatlah seleksi dengan mengelilingi bagian foto yang akan "dipertahankan" digambar. Namun dalam kasus ini kami membuat seleksi mengelilingi wanita yang menggunakan gaun natal. hal ini akan membutuhkan waktu yang lumayan lama, jika sudah selesai arahkan pointer ke tengah seleksi hingga ekornya berubah jadi bintang (*) kemudian klik kanan dan pilih opsi Make Selection.
  • Kemudian anda langsung saja klik tombol OK yang terdapat di kanan.
  • Pasalnya dibagian Menu Bar yang terdapat di bagian atas, silahkan klik menu Select lalu pilih Inverse atau sama saja kita jika kita menekan Shift+Ctrl+I.
  • Pada tahap ini langsung saja tekan tombol Delete pada keyboard untuk membuat bagian yang terseleksi terbalik (inverse) terhapus dan menjadi transparan. Jika sudah berhasil maka hasilnya akan terlihat berbeda dari sebelumnya.
  • Tinggal simpan ke penyimpanan komputer anda dengan mengklik File pada Menu Bar kemudian pilih opsi File dan pilih PNG untuk format gambarnya.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membuat gambar transparan online yang sudah kami jelaskan untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang sudah kami bagikan diatas tinggal pilih salah satu yang menurutnya mudah dilakukan dalam membuat gambar transparan.

Jika informasi ini sangatlah berguna dan bermanfaat langsung saja bagikan link artikel ini ke sosial media yang anda miliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel