Cara Membuat Diagram Garis 2022

Cara Membuat Diagram Garis
Cara membuat diagram garis
ini digunakan untuk menyajikan suatu data yang diperoleh dari waktu ke waktu dalam kurun waktu tertentu.

Diagram garis merupakan diagram berisi plot yang menghubungkan titik-titik data dan menunjukkan kuantitas dari data-data tersebut.

Melansir dari Statistic LibreTexts, diagram garis berawal dari grafik batang yang diwakili oleh titik-titik data lalu dihubungkan dengan garis.

Diagram garis ini paling sering digunakan untuk menggambarkan data yang kontinu atau yang berkesinambungan.

Oleh karena itu, diagram garis sering ditemukan dalam laporan data statistik dan juga populer digunakan karena penggunaannya yang terbilang sederhana dan efektif.

Agar penyajian data anda bisa dipahami dengan mudah, maka anda harus bisa menggunakan diagram garis dalam menampilkan visual yang terbilang praktis.

Penyajian data dalam bentuk diagram bisa anda pelajari dalam mata pelajaran matematika, yaitu Pengolahan Data Statistika.

Nah, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai cara membuat diagram garis yang akan kita bahas pada ulasan selanjutnya.


Pengertian Diagram Garis


Diagram garis adalah penyajian data yang digunakan untuk menggambarkan suatu keadaan berupa data berkala atau berkelanjutan.

Selain itu, diagram garis juga dikatakan berhubungan dengan kurun waktu serta untuk menunjukkan perkembangan dari suatu keadaan.

Dalam diagram ini, terdapat sumbu vertikal (y) untuk menunjukkan frekuensi dan sumbu horizontal (x) untuk menunjukkan variabel tertentu.

Sumbu yang mendatar menyatakan jenis data, sedangkan sumbu tegaknya menyatakan frekuensi data.

Salah satu fungsi dari diagram garis ini adalah untuk menyajikan data tentang keadaan yang berkesinambungan (kontinyu).

Lalu, bagaimana cara membuat diagram garis?anda bisa simak pada ulasan dibawah ini secara lengkap.


1. Cara Membuat Diagram Garis dan Cara Membacanya

Cara Membuat Diagram Garis
 Cara Membuat Diagram Garis dan Cara Membacanya
Seperti yang kita ketahui bawah diagram garis menjadi salah satu elemen penting di dunia marketing, finansial dan berbagai industri lain.

Diagram garis umumnya digunakan di laporan perbankan, riset di lab-lab sains bahkan monitoring pemantauan cuaca.

Dengan syarat memiliki set data periodik yang ingin divisualkan dengan cara yang gampang dicerna, grafik garis bisa jadi solusi terbaik.

Adapun langkah-langkah cara membuat diagram garis yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda buat dua sumbu yang mendatar dan sumbu tegak.
  • Sumbu yang mendatar biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu, sedangkan sumbu tegaknya digunakan untuk menunjukkan frekuensi.
  • Silahkan anda sesuaikan data pada masing-masing sumbu, yaitu titik data yang menunjukkan waktu ditarik garis lurus ke atas yang ditarik dari titik bilangan frekuensi.
  • Setelah semua data sudah disesuaikan, maka akan ada sekumpulan titik.
  • Anda bisa hubungkan titik tersebut sehingga tergambar diagram garis yang diminta.
  • Setelah itu anda bisa memberi nomor diagram dan judul diagram garis yang letaknya simetris di atas diagram, di bawah diagram garis tersebut diberi catatan dan sumber data.


2. Tips Cara Membuat Diagram Garis

Cara Membuat Diagram Garis
Tips Cara Membuat Diagram Garis
Dengan kemajuan teknologi digital yang berkembang pesat, sekarang ini anda tidak perlu repot membuat diagram garis secara manual.

Meskipun demikian, anda juga pantang melewatkan tips cara membuat diagram garis agar bagan yang anda buat bisa tampil prima.

a. Siapkan Data yang Akurat


Untuk memastikan output bagan garis anda bisa tampil akurat dan efisien, siapkan set data yang akurat. Jika menggunakan template, pastikan anda tidak salah memasukkan angka-angkanya.

b. Perhatikan Estetika


Tips cara membuat diagram garis, selanjutnya beri judul dan pilih tema dengan warna serta font yang konsisten.

Pastikan sesuai dengan tujuan maupun brand yang akan direpresentasikan, dengan tools yang tepat maka hal ini tidak akan jadi soal mengingat banyak yang sudah menyediakan fitur kustomisasi komplit.

c. Jangan Berlebihan


Meskipun anda diperbolehkan untuk mengilustrasikan beberapa kumpulan data sekaligus dalam satu grafik garis, namun anda harus tetap ingat audiens anda.

Cara membuat diagram garis adalah pilih dengan bijak agar orang lain tidak kebingungan maupun kehilangan fokus dengan diagram yang anda buat.

Anda hanya perlu memilih satu hingga empat garis masih ideal, namun jika sudah menembus lima ke atas kemungkinan justru akan tampil kusut.

d. Sertakan Legenda


Jika anda memutuskan untuk menampilkan beberapa garis untuk membandingkan item dalam bagan, pastikan juga untuk menyertakan legenda agar memudahkan pembacaan.

Biasanya, pada bagian ini akan menjelaskan bahwa "garis warna biru menerangkan tentang A" dan lainnya.

e. Beri Label Pada Masing-masing Sumbu


Grafik garis yang anda buat tidak akan lengkap tanpa label yang tepat, oleh karena itu beri nama pada setiap sumbu dengan apa yang diwakilinya.

Untuk bagian numerik, anda bisa melakukan penyingkatan jika itu bisa memudahkan pembacaan.


Rekomendasi Tools untuk Membuat Diagram Garis


Selain kami membagikan tips cara membuat diagram garis diatas, kami juga telah menyiapkan anda beberapa rekomendasi tools untuk bisa membuat diagram garis.

Ada beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk membuat diagram garis di antaranya yaitu sebagai berikut:

a. Chartgo


Chartgo merupakan sebuah perangkat untuk membuat grafik yang dinamis dan profesional secara online.

Chartgo bisa membantu anda untuk membuat diagram garis, diagram batang maupun diagram lingkaran secara online serta bisa membagikannya kepada orang lain.

b. Gitmind


Situs Gitmind sebenarnya merupakan perangkat mind mapping, situs Gitmind ini menyediakan perangkat untuk membuat berbagai macam grafik termasuk diagram garis sehingga anda bisa memanfaatkannya.

c. Datawrapper


Situs Datawrapper juga menyediakan berbagai macam pengolahan diagram, mulai dari diagram garis, batang maupun peta hingga tabel.

Dengan begitu, anda bisa memvisualisasikan data dengan apik dan membagikannya secara online melalui situs ini.

d. Meta-Chart


Dikutip dari situs Meta-Chart, situs ini menyediakan perangkat untuk mendesain dan membagikan grafik yang dibuat secara online dan gratis.

e. Rapid Tables


Rapid Tables merupakan situs yang menyediakan perangkat berupa kalkulator, PDF hingga web design.

Di situs Rapid Tables ini anda bisa membuat grafik hingga maksimal enam garis lengkap dengan label kustom di tiap sumbunya.

Lalu, hasilnya bisa anda unduh dalam format PNG dan semua fiturnya bisa anda diakses secara gratis.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara membuat diagram garis.

Setelah dapat membuat diagram garis, tentu saja anda juga harus dapat membaca sebuah diagram garis yaitu dengan membaca judul terlebih dahulu.

Dengan membaca judul, maka anda akan tahu data apa yang disajikan sehingga bisa membuat kesimpulan dari data yang disajikan.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai panduan membuat diagram garis pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel