Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP

Daftar Isi
Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP
Cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP perlu diketahui bagi mereka yang belum pernah mendapatkan bantuan sosial ini.

Kementerian Sosial (Kemensos) sampai sekarang masih menggulirkan BLT BBM kepada masyarakat miskin melalui kantor pos.

Bagi masyarakat yang belum mendapatkan Bansos ini, pendaftaran BLT BBM tahun 2024 masih dapat dilakukan menggunakan HP dan aplikasi Cek Bansos.

Cara daftar BLT BBM 2024 secara online melalui aplikasi Cek bansos itu akan dibahas dengan lengkap dalam artikel ini sampai selesai.

Nanti juga akan ada pembahasan terkait informasi pencairan BLT BBM 2024 sebesar Rp.600.000 yang bisa dilakukan melalui kantor pos.

Pendaftaran bansos sendiri biasanya dilakukan dengan bantuan petugas kelurahan, namun seiring dengan mudahnya tekhnologi.

Kini pemerintah menyediakan platform aplikasi Cek Bansos untuk memudahkan setiap masyarakat dalam mengecek nama mereka.

Aplikasi cek bansos tersebut bisa digunakan untuk mendaftar bansos seperti BLT BBM dengan hanya memanfaatkan HP yang ada.

Selain untuk mendaftar sendiri melalui aplikasi ini, pendaftaran BLT BBM juga hanya membutuhkan berkas-berkas KK dan KTP.

Proses pendaftaran BLT BBM ke DTKS Kemensos dilakukan dengan dua tahapan yaitu membuat akun aplikasi cek bansos dan mengusulkan diri melalui fitur "Tambah Usulan".

Untuk informasi yang lebih jelas tentang cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP, simak pembahasan artikel dibawah ini sampai selesai.


Apa itu BLT BBM?

Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP
Apa itu BLT BBM?
Sebelum lanjut ke pembahasan utama, perlu anda ketahui terlebih dulu tentang apa yang dimaksud dengan BLT BBM Ketenagakerjaan.

Pasalnya, program bantuan sosial semacam ini masih sangat baru sehingga kami yakin bahwa diantara anda masih ada yang belum mengetahuinya.

BLT BBM merupakan salah satu bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk membantu masalah pada krisis ekonomi yang dialami oleh setiap individu masyarakat.

Untuk besaran BLT BBM yang diberikan yaitu 600.000 ribu rupiah untuk setiap orangnya dan diberikan secara bertahap dalam dua kali pembayaran.

Ada dua jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah yaitu BLT Bantuan Subsidi Upah (BSU) dan BLT untuk warga kurang mampu.

Untuk BLT Bantuan Subsidi Upah (BSU) sendiri dibuat oleh Kemnaker, sedangkan untuk BLT kepada orang yang tidak mampu dibuat oleh Kemensos.

Kedua BLT ini diberikan khusus dalam rangka kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang sekarang ini sedang mengalami kenaikan.

Lalu, bagi anda yang memahami cara daftar BLT BBM, maka anda mempunyai peluang yang cukup besar dalam mendapatkan uang dari program BLT ini.

Karena itulah, kami akan menjelaskan untuk anda cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP dengan mudah dan akurat.


Kriteria Masyarakat yang Berhak Menerima BLT BBM Subsidi

Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP
Kriteria Masyarakat yang Berhak Menerima BLT BBM Subsidi
Tujuan dibuatnya sebuah program bantuan sosial adalah agar masyarakat kalangan menengah dan ke bawah bisa terbantu.

Uang yang di dapatkan dari adanya program bantuan tersebut akan sangat berguna untuk membeli beberapa kebutuhan hidup yang anda butuhkan.

Jadi dalam hal ini, ada beberapa kriteria masyarakat yang mendapatkan perhatian khusus untuk penerima bantuan sosial seperti in.

Anda bisa memanfaatkan program ini sekarang ini, khusus bagi anda yang terkena dampak dari kenaikan BBM yang sedang dirasakan sekarang ini.

Hal tersebut karena pemerintah sudah membuat ketetapan untuk memilih masyarakat yang berhak menerima BLT BBM.

Semua itu sudah ditulis, dan dalam ketetapan itu kriteria yang seharusnya menerima bantuan sosial dari pihak pemerintah yang ada di tahun 2024 ini.

Setidaknya ada beberapa kriteria masyarakat yang memang sudah di tetapkan kepada warga Indonesia untuk menerima bantuan sosial tersebut.

Jadi, langsung saja simak beberapa kriteria yang sudah kami uraikan untuk anda dalam ulasan dibawah ini, diantaranya yaitu sebagai berikut:
  • Menjadi warga negera Indonesia (WNI) yang sudah dibuktikan melalui Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Bukan termasuk atau tergolong pada jajaran aparatur sipil negara (ASN), TNI atau Polri.
  • Peserta yang memang aktif mengikuti sebuah program jaminan sosial Ketenagakerjaan BPJS Ketenagakerjaan sampai Juli 2024.
  • Setidaknya peserta atau calon penerima selalu mendapatkan gaji paling banyak sebesar Rp 3,5 Juta.
  • Kalau sampai sekarang tidak mempunyai pekerjaan tetap, peserta akan termasuk dalam ketegori miskin dan harus tercatat datanya.

Dengan menyimak semua kriteria yang dibutuhkan itu, maka mulai sekarang anda juga akan mengerti masalah dibuatnya daftar kriteria yang semacam ini.

Karena itulah, anda perlu memperhatikan semua kebijakan yang sudah di tentukan agar anda bisa lebih paham dengan adanya program bantuan sosial.


1. Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP Termudah

Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP
Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP Termudah
Pendaftaran BLT BBM 2024 bisa dilakukan secara online melalui Handphone yaitu menggunakan aplikasi Cek Bansos.

Adapun cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP dengan menggunakan aplikasi Cek Bansos yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan download aplikasi Cek Bansos yang resmi dengan pembuatnya adalah Kementerian Sosial Republik Indonesia (Download Aplikasi Cek Bansos).
  • Selanjutnya pilih "Buat Akun Baru" dan isi kolom yang tersedia seperti Nomor Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk KTP dan Data sesuai KTP.
  • Pendaftar juga harus melampirkan swafoto dengan KTP dan foto KTP.
  • Setelah berhasil, data akan di verifikasi oleh Kementerian Sosial.
  • Kalau data sudah diverifikasi, maka akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada aplikasi Cek Bansos bisa diakses.
  • Login dengan Username dan Password yang ada.
  • Silahkan pilih meni "Daftar Usulan" dan isilah data sesuai dengan KTP.

Selain dirinya, pemilik akun juga dapat mendaftarkan keluarganya, kerabat atau orang yang tidak mampu dengan menggunakan menu "Tambah Usulan" dan pilih jenis Bansos.

Ketika mendaftarkan penerima BLT BBM, pendaftar juga akan diminta untuk melampirkan foto kondisi rumah.

Setelah berhasil di usulkan, Kemensos akan melakukan validasi dan validasi data.

Masyarakat bisa memeriksa lolos tidaknya menjadi penerima manfaatkan bansos melalui menu "Cek Bansos" di aplikasi cek bansos atau melalui situs "cekbansos,kemensos.go.id".


Cara Cek Penerima BLT BBM 2024 Online

Cara Daftar BLT BBM Online 2024 Lewat HP
Cara Cek Penerima BLT BBM 2024 Online
Setelah mengetahui bagaimana cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP, anda juga perlu tahu cara mengecek siapa saja yang berhak menerima bantuan ini.

Pasalnya, pemerintah sudah menyalurkan bantuan langsung atau BLT bahan bakar minya BBM yang pertama pada bulan September 2024.

BLT BBM adalah bantuan sosial yang diberikan untuk melindungi masyarakat rentan miskin dari gejolak akibat kenaikan harga BBM.

Terdapat 20.65 juta keluarga penerima manfaat yang terdaftar sebagai penerima BLT BBM 2024.

Besaran BLT BBM yang diberikan adalah senilai Rp 600.000 untuk empat bulan dan akan disalurkan sebanyak dua kali.

Untuk daftar penerima manfaat BLT BBM 2024 dapat diakses secara online dan salah satunya adalah melalui laman cekbansos.kemensos.go.id.

Tidak hanya pengecekan penerima BLT BBM 2024 saja, namun masyarakat juga dapat mengajukan usulan penerima melalui aplikasi tersebut.


Akhir Kata

Demikianlah pembahasan seputar cara daftar BLT BBM online 2024 lewat HP dan cara cek penerima bantuan BLT dengan mudah dan akurat.

Semoga dengan adanya pembahasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan anda seputar cara mendapatkan bantuan yang disalurkan oleh pemerintah.

Dengan adanya tutorial diatas, anda bisa melakukan proses pendaftaran dan pengecekan dengan mudah dan tidak membutuhkan waktu lama.

Setelah melalui pendaftaran, anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai mendapatkan informasi pemerintah. Sekian dan semoga bermanfaat.