Cara Cek Data BDT Online 2022

Cara Cek Data BDT Online
Cara cek data BDT online
sangat penting untuk diketahui bila ingin mengetahui apakah data Anda terdaftar sebagai penerima bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementrian Sosial RI.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau yang sering disebut DTKS pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga Anda, apalagi sejak tahun 2020 lalu dan sedang maraknya bantuan sosial yang digulir pemerintah dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Awalnya Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) disebut dengan Basis Data Terpadu (BDT) yang dikelola oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang sumber datanya didapat dari BPS.

Sedangkan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) yang akan membuat kategori kelompok masyarakat yang masuk dalam BDT, seperti Desil-1, Desil-2. Desil-3 dan Desil-4.

Sehingga setiap bantuan sosial (bansos) yang digulir oleh pemerintah semua datanya bersumber dari data DTKS sebagai basis data utama dan dikelola oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Nah, berikut ini kami akan membagikan informasi tentang cara cek data BDT online dan informasi lainnya yang perlu diketahui.


1. Cara Cek Data BDT Online

Cara Cek Data BDT Online
Cara Cek Data BDT Online
Disini kami akan menjelaskan proses bagaimana melakukan pengecekan nama Anda apakah sudah masuk dalam DTKS atau belum.

Karena masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara untuk mengecek kepesertaan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) secara online.

Untuk cara cek data BDT online yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan kunjungi website berikut ini (Kunjungi Website DTKS).
  • Kemudian isi Form ID yang terdiri dari, NIK, ID DTKS/BDT, Kartu Sembako/BPNT dan nomor peserta PKH;
  • Setelah itu pilih salah satu ID yang admin sebutkan di point 2, namun jika belum pernah mendapatkan bantuan silahkan pilih ID NIK;
  • Lalu isikan NIK sesuai KTP ataupun Kartu Keluarga (KK) kemudian isikan juga nama sesuai KTP;
  • Selanjutnya isi Form Capthcha yang berisikan huruf dan angka kemudian klik Cari.
  • Jika yang bersangkutan terdata dalam DTKS, maka akan muncul nama dan informasi lainnya tetapi jika belum terdata akan muncul pemberitahuan atau keterangan "Data tidak ditemukan".
  • Bagi yang belum terdaftar tidak perlu bersedih hati, karena bisa menempuh jalur-jalur resmi dari tingkat desa hingga ke tingkat kabupaten.

Perlu diingat, bahwa NIK yang digunakan dalam melakukan pengecekan adalah NIK di Kartu Keluarga (KK) terbaru bukan NIK di KK lama yang masih tergabung dengan rumah tangga orang tua karena kebiasaan NIK di KK lama yang digunakan saat pengecekan maka informasinya pun akan tidak valid karena akan mengikuti informasi dari KK yang lama.


2. Cara Daftar DTKS Kemensos

Cara Cek Data BDT Online
Cara Daftar DTKS Kemensos
Setelah mengetahui cara cek data BDT online, maka selanjutnya kami akan membagikan informasi tentang cara daftar DTKS Kemensos.

Untuk cara melakukan pendaftaran pendaftaran DTKS Kemensos dapat dilakukan dengan dua cara yaitu online dan offline atau secara langsung.

Pendaftaran online bisa melalui aplikasi yang diunduh di Play Store dengan nama 'Cek Bansos Kemensos' sedangkan offline bisa menghubungi perangkat desa atau RT/RW setempat dengan membawa kelengkapan seperti KTP dan KK.

Jika sudah melakukan pendaftaran dan sukses, maka Anda bisa melihat jenis Bantuan Sosial atau Bansos jenis apa yang akan didapat, antara PKH atau BPNT.

Sedangkan untuk konfrmasi, bisa dilakukan dengan meminta bantuan petugas kelurahan atau desa setempat.


Jenis Bantuan Sosial 2022

Cara Daftar DTKS Kemensos
Jenis Bantuan Sosial 2022
Tidak hanya cara cek data BDT online dan cara daftar bantuan DTKS Kemensos saja, namun jenis bantuan sosial yang diluncurkan oleh pemerintah juga perlu Anda ketahui guys.

Karena beberapa waktu lalu Presiden Jokowi mengatakan jika bantuan sosial akan dilanjutkan saat berpidato dalam agenda Sidang Tahunan MPR 2022, Sidang Bersama DPR dan DPD RI.

Ia menekankan bahwa berbagai program itu akan dilanjutkan pemerintah dengan sinergi yang lebih baik pastinya.

Berbagai macam bantuan sosial (bansos) akan dilanjutkan dengan sinergi yang lebih baik seperti program pelatihan, dan bantuan untuk para pekerja akan terus ditingkatkan," ucap Presiden Jokowi.

Selain itu, presiden Jokowi juga menyampaikan jika ada program pelatihan, dan bantuan untuk para pekerja akan terus menjangkau nelayan, petani, buruh, pekerja informal, dan penyandang disabilitas.

Untuk jenis bantuan sosial dari pemerintah kepada masyarakat pada tahun anggaran 2022 yaitu sebagai berikut:
  • Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujuakan untuk 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM)
  • Kartu sembako untuk 18,8 juta penerima manfaat.
  • Kartu prakerja sekitar 2,9 juta peserta penerima.
  • Bantuan langsung tunai (BLT) Desa
  • Bantuan Tunai untuk para Pedagang Kaki Lima dan Warung


Manfaat Bantuan Sosial

Cara Daftar DTKS Kemensos
Manfaat Bantuan Sosial
Jika berbicara tentang cara cek data BDT online, maka tak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang manfaat apa saja yang akan didapatkan dari bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah tersebut.

Seperti yang diketahui jika beberapa negara besar seperti Amerika Serikat, Singapura, Korea Selatan, maupun negara-negara di Uni Eropa mengalami resesi ekonomi pada Kuartal II/2020, tak terkecuali Indonesia yang diakibatkan karena dampak pandemi COVID-19.

Resesi ekonomi merupakan sebuah keadaan saat pertumbuhan ekonomi mengalami kemunduran yang ditandai dengan Produk Domestik Bruto (PDB) negatif dalam dua kuartal berturut-turut.

Sesuai dengan data dari BPS, jika pada kuartal kedua konsumsi masyarakat anjlok atau turun sebesar negatif 5,51 persen sehingga memengaruhi pertumbuhan ekonomi hingga menjadi negatif 5,32 persen.

Bila melihat pada kuartal I, konsumsi masyarakat sebesar 2,96 persen dengan angka pertumbuhan ekonomi sebesar 2,97 persen.

Pemberian bantuan sosial tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan ekonomi masyarakat karena terdampak Covid-19 yang melanda beberapa tahun lalu.

Nah, berikut ini kami akan membagikan beberapa manfaat pemberian bantuan sosial baik bagi masyarakat ataupun negara yaitu sebagai berikut:


1. Meningkatkan konsumsi

Berbagai jenis stimulus perekonomian sudah diterbitkan dan dilakukan oleh pemerintah untuk menjaga kestabilan ekonomi.

Karena penetapan Undang-undang No. 2 tahun 2020 dalam mengatur keuangan negara dalam penanganan pandemi COVID-19 dan kebijakan melebarkan defisit anggaran lebih dari 3 persen menjadi langkah berani pemerintah dalam upaya mengatasi krisis.

Dengan kontribusi sebesar 57,85 persen, konsumsi rumah tangga dinilai menjadi komponen yang berkontribusi paling besar dalam struktur ekonomi sekaligus menjadi kunci utama dalam menopang PDB dan mencegah terjadinya resesi ekonomi akibat pandemi.

Saat konsumsi masyarakat tertekan, maka dampaknya akan sangat signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi.


2. Bantuan sosial untuk cegah resesi

Pemerintah pusat juga sudah memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat kurang mampu seperti bansos tunai, bantuan langsung tunai (BLT) desa, subsidi listrik gratis 450 watt, 50 persen diskon listrik pengguna 900 watt.

Selanjutnya pemerintah juga memberikan stimulus bagi pengusaha kecil dan menengah lewat perbankan.

Kemudian pemerintah juga meluncurkan bansos produktif untuk 13 juta UMKM dan pemerintah juga memberikan bantuan melalui kartu prakerja untuk 10 orang pegawai di-PHK lewat program kartu Prakerja.

Ada juga modal kerja darurat dalam bentuk uang tunai Rp2,4 juta kepada 15,7 juta pekerja di luar program Prakerja dan bantuan untuk pekerja sebesar Rp600 ribu yang berasal dari data pekerja di BPJS Ketenagakerjaan sampai pemberian gaji ke-13.

Sedangkan manfaat lain dari pemberian bantuan sosial yaitu sebagai berikut:
  • Meningkatkan daya beli masyarakat
  • Mendorong konsumsi masyarakat
  • Menggenjot pertumbuhan perekonomian Indonesia
  • Mempercepat penyerapan anggaran melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN)


Akhir Kata

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan tentang cara cek data BDT online yang bisa kami sampaikan.

Jika sudah melakukan pendaftaran dan sukses, maka Anda bisa melihat jenis Bantuan Sosial atau Bansos jenis apa yang akan didapat, antara PKH atau BPNT.

Bila sudah sesuai, sistem akan menampilkan hasil pencarian secara lengkap seperti nama KPM, umur, jenis bansos, status hingga periode penyaluran.

Untuk konfirmasi, bisa dilakukan dengan bantuan petugas kelurahan atau desa setempat. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel