Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan 2022

Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan
Tata cara sholat tahajud perempuan
sangatlah mudah dilakukan, secara bahasa tahajud mempunyai arti terjaga didalam tidur sementara secara istilah.

Tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari dan hendak dilaksanakan setelah tidur dikutip dari buku Tata Cara Sholat Lengkap Oleh Labib.

Hendaknya sebelum tidur seorang muslim sudah mempunyai niat didalam hati untuk melaksanakan tahajud bila sudah bangun maka segeralah mengambil air wudhu.

Waktu yang paling utama untuk mengerjakannya yaitu disepertiga malam yang ketiga dimulai dari pukul 1 pagi hingga masuk ke waktu sholat subuh.

Dikarenakan itu adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa, sebab sholat tahajud dilakukan secara munfarid (tidak berjamaah) dan itu dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal.

Tidak terhingga jumlah rakaatnya, bila anda masih bingung dengan tata cara sholat tahajud perempuan mari simak ulasan sebagai berikut.


1. Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan

Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan
Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan
Tata cara sholat tahajud buat perempuan sebetulnya sama dengan laki-laki dimulai dari rukun, syarat, bacaan niat sampai dengan tata caranya.

Akan tetapi yang perlu diperhatikan bagi kaum perempuan didalam melaksanakan sholat tahajud yaitu batasan menutup auratnya dikuti dari buku Kitab Sholat Empat Mazhab.

Oleh Syeikh Abdurrahman Al-Jaziri dan batasan aurat dari perempuan pada saat sholat yaitu hampir seluruh badan dimulai dari tangan, memelankan suara dan ketentuan lainnya.

Tata cara sholat tahajud perempuan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan membaca niat sebagai berikut:
اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَ جُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى
"Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’ala."
Artinya: Aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala.

  • Jika sudah anda baca Takbiratul ihram yaitu sebagai berikut:
Bacaan Takbiratul Ihram Bahasa Arab
اللَّهُ أَكْبَرُ
اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ
Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang dan sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang sudah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukannya.

  • Lalu dilanjutkan dengan membaca doa iftitah yaitu sebagai berikut:
اَللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِى وَبَيْنَ خَطَايَاىَ كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ . اللَّهُمَّ نَقِّنِى مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ . اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَاىَ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ.
Ya Allah, jauhkanlah antara aku dan kesalahanku sebagaimana engkau menjauhkan timur dan barat. Ya Allah, sucikanlah kesalahanku sebagaimana pakaian yang putih disucikan dari kotoran. Ya Allah cucilah kesalahanku dengan air, salju dan air yang dingin. (HR. Bukhari dan Muslim).

  • Kemudian anda membaca surat Al-fatihah sebagai berikut:
١ bismillāhir-raḥmānir-raḥīm
اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعٰلَمِيْنَۙ - ٢ al-ḥamdu lillāhi rabbil-'ālamīn
الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِۙ - ٣ ar-raḥmānir-raḥīm
مٰلِكِ يَوْمِ الدِّيْنِۗ - ٤ māliki yaumid-dīn
اِيَّاكَ نَعْبُدُ وَاِيَّاكَ نَسْتَعِيْنُۗ - ٥ iyyāka na'budu wa iyyāka nasta'īn
اِهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيْمَ ۙ - ٦ ihdinaṣ-ṣirāṭal-mustaqīm
صِرَاطَ الَّذِيْنَ اَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ ەۙ غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّاۤلِّيْنَ ࣖ - ٧ ṣirāṭallażīna an'amta 'alaihim gairil-magḍụbi 'alaihim wa laḍ-ḍāllīn.
Terjemahan Surah Al Fatihah
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang, Segala puji bagi Allah. Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang yang memiliki hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan. Tunjukanlah kami jalan yang lurus yakni jalan orang-orang yang telah Engkau berikan nikmat kepadanya. bukan jalan orang mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.

  • Jika sudah di rakaat pertama dianjurkan membaca surat Al-Baqarah ayat 284 dan 285 yaitu sebagai berikut:
لِلّٰهِ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الۡاَرۡضِ‌ؕ وَاِنۡ تُبۡدُوۡا مَا فِىۡۤ اَنۡفُسِكُمۡ اَوۡ تُخۡفُوۡهُ يُحَاسِبۡكُمۡ بِهِ اللّٰهُ‌ؕ فَيَـغۡفِرُ لِمَنۡ يَّشَآءُ وَيُعَذِّبُ مَنۡ يَّشَآءُ‌ ؕ وَاللّٰهُ عَلٰى كُلِّ شَىۡءٍ قَدِيۡرٌ
Lillaahi maa fissamaawaati wa maa fil ard; wa in tubduu maa fiii anfusikum aw tukhfuuhu yuhaasibkum bihil laa; fayaghfiru li mai yashaaa'u wa yu'azzibu mai yashaaa u;wallaahu 'alaa kulli shai in qadiir
Milik Allah-lah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Jika kamu nyatakan apa yang ada di dalam hatimu atau kamu sembunyikan maka niscaya Allah memperhitungkannya (mengenai perbuatan itu) bagimu. Dia mengampuni siapa yang Dia kehendaki dan mengazab siapa yang Dia kehendaki. Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.
اٰمَنَ الرَّسُوۡلُ بِمَاۤ اُنۡزِلَ اِلَيۡهِ مِنۡ رَّبِّهٖ وَ الۡمُؤۡمِنُوۡنَ‌ؕ كُلٌّ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَمَلٰٓٮِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ ۚ لَا نُفَرِّقُ بَيۡنَ اَحَدٍ مِّنۡ رُّسُلِهٖ‌ ۚ وَقَالُوۡا سَمِعۡنَا وَاَطَعۡنَا‌ ۖ غُفۡرَانَكَ رَبَّنَا وَاِلَيۡكَ الۡمَصِيۡرُ
Aamanar-Rasuulu bimaaa unzila ilaihi mir-Rabbihii walmu'minuun; kullun aamana billaahi wa Malaaa'ikathihii wa Kutubhihii wa Rusulih laa nufarriqu baina ahadim-mir-Rusulihii wa qooluu sami'naa wa ata'naa ghufraanaka Rabbanaa wa ilaikal-masiir
Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata),
Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya dan mereka berkata. Kami dengar dan kami taat dan ampunilah kami Ya Tuhan kami dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.

  • Dilanjutkan dengan rukuk.
  • Kemudian I'tidal.
  • Setelah itu sujud
  • Lalu duduk diantara dua sujud
  • Jika sudah lalu sujud kedua.
  • Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua dan ketiga.
  • Sedangkan dirakaat kedua setelah membaca surat Al-Fatihah dianjurkan membaca surat Ali-imran ayat 18 sampai dengan 19 yaitu sebagai berikut:
Ali-‘Imran: 18
شَهِدَ ٱللَّهُ أَنَّهُۥ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ وَٱلۡمَلَٰٓئِكَةُ وَأُوْلُواْ ٱلۡعِلۡمِ قَآئِمًا بِٱلۡقِسۡطِ ۚ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡحَكِيمُ
Allah menyatakan bahwa tidak ada tuhan selain Dia (demikian pula) para malaikat dan orang berilmu yang menegakkan keadilan tidak ada tuhan selain Dia, Yang Mahaperkasa dan Maha-bijaksana.”
Ali-‘Imran: 19
إِنَّ ٱلدِّينَ عِندَ ٱللَّهِ ٱلۡإِسۡلَٰمُ ۗ وَمَا ٱخۡتَلَفَ ٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡكِتَٰبَ إِلَّا مِنۢ بَعۡدِ مَا جَآءَهُمُ ٱلۡعِلۡمُ بَغۡيًا بَيۡنَهُمۡ ۗ وَمَن يَكۡفُرۡ بِـَٔايَٰتِ ٱللَّهِ فَإِنَّ ٱللَّهَ سَرِيعُ ٱلۡحِسَابِ
Sesungguhnya agama di sisi Allah ialah Islam. Tidaklah berselisih orang-orang yang sudah diberikan Kitab kecuali setelah mereka memperoleh ilmu, karena kedengkian di antara mereka. Barangsiapa ingkar terhadap ayat-ayat Allah maka sungguhnya Allah sangat cepat perhitungan-Nya.

  • Dirakaat ketiga setelah surat Al-Fatihah dianjurkan membaca surat Al Ikhlas yaitu sebagai berikut:
قُلْ هُوَ اللّٰهُ اَحَدٌۚ
Qul huwallāhu aḥad(un).
Katakanlah (Nabi Muhammad), “Dialah Allah Yang Maha Esa.
اَللّٰهُ الصَّمَدُۚ
Allāhuṣ-ṣamad(u).
Allah tempat meminta segala sesuatu.
لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُوْلَدْۙ
Lam yalid wa lam yūlad.
Dia tidak beranak dan tidak pula diperanakkan
وَلَمْ يَكُنْ لَّهٗ كُفُوًا اَحَدٌ ࣖ
Wa lam yakul lahū kufuwan aḥad(un).
Serta tidak ada sesuatu pun yang setara dengannya.

  • Mengucapkan salam.


2. Keutamaan Sholat Tahajud

Tata Cara Sholat Tahajud Perempuan
Keutamaan Sholat Tahajud
Jika anda sudah tahu tata cara sholat tahajud perempuan, nah selanjutnya keutamaan sholat tahajud berdasarkan buku Sholat Tahajjud Cara Rasulullah SAW olhe Ust. Hamdi El-Natary.

Ada beberapa keutamaan sholat tahajud bagi setiap muslim yang rutin menunaikannya yaitu sebagai berikut:


1. Sholat Sunnah Paling Utama

Bila anda sudah tahu tata cara sholat tahajud perempuan, sholat tahajud adalah ibadah sunnah paling utama beserta sholat yang paling utama setelah sholat 5 waktu.

Itu disebutkan didalam sebuah hadist yang artinya yaitu sebagai berikut:
Sebaik-baiknya puasa setelah puasa Ramadhan yaitu puasa pada bulan Muharram dan sebaik-baik shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat tahajud (HR. Muslim).



2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Tidak hanya belanjar tata cara sholat tahajud perempuan, namun sholat tahajud juga dapat menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Itu disebutkan didalam hadist yang diriwayatkan oleh Salman Al-Farisi, Rasulullah SAW bersabda yaitu sebagai berikut:
Dirikanlan shalat malam dan ibadah tersebut merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian untuk mendekatan diri kepada Allah SWT, penebus dosa dan pengusir penyakit dari tubuh (HR. Tirmidzi dan Thabarani).



3. Termasuk Pintu Kebaikan

Sholat tahajud sendiri termasuk gerbang kebaikan tentunya Allah SWT akan melimpahkan pahala berlipat-lipat bagi mereka yang mengerjakannya disebutkan dalam hadits Rasulullah SAW berikut ini:
Maukah aku tunjukkan kepadamu pintu-pintu kebaikan? Yakni, puasa yang menjadikannya perisai, sedekah yang menghapuskan segala dosa seperti air memadamkan api dan shalat pada larut malam (HR. Muslim).



Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai tata cara sholat tahajud perempuan yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan.

Dengan informasi ini anda bisa lebih paham dan mengerti untuk anda yang belum tahu tata cara sholat tahajud bagi kaum perempuan.

Nah, bila informasi berguna dan juga bermanfaat langsung saja bagikan link artikel ini ke media sosial yang dimiliki dan anda juga bisa mendapatkan informasi terbaru dari artikel ini.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel