Cara Upgrade RAM Laptop 2022

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara upgrade RAM laptop
sangatlah mudah dilakukan, namun paling menyebalkan yang terdapat dilaptop ialah menjadi lemot atau lambat.

Hal ini seperti bisa saja terjadi ketika sedang membuka software atau ketika sedang mengerjakan sesuatu dan ada banyak masalah yang menyebabkannya.

Dimulai dari virus, VGA yang tidak memadai, software yang terlalu berat sampai permasalahan-permasalahan yang lainnya akan tetapi satu hal yang paling umum.

Menjadikan penyebaba kelemotan ini adalah masalah memori random access memory (RAM), problem RAM tersebut seringnya disebabkan jumlahnya yang terlalu kecil.

Ketika RAM suatu laptop kecil itu yang akan membuat anda hanya dapat membuka beberapa aplikasi secara serentak maka solusinya yang bisa anda lakukan disini adalah menambah RAM.

Berikut ini ada beberapa cara upgrade RAM laptop supaya performa laptop yang anda miliki makin cepat untuk itu simak ulasan sebagai berikut.


1. Syarat Menambah RAM Laptop

Cara Upgrade RAM Laptop
Syarat Menambah RAM Laptop
Walaupun mempunyai berbagai macam manfaat, akan tetapi ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan cara upgrade RAM Laptop.

Namun sayang banget jika sudah beli RAM baru akan tetapi laptop yang dimiliki tidak kompatibel atau tidak ada slot kosongkan.

Ada beberapa syarat yang wajib dipenuhi yaitu sebagai berikut:


1. Terdapat Slot Kosong

Biasanya sebelum melakukan cara upgrade RAM laptop, produsen laptop seringkali memakai RAM onboard alias RAM yang sudah disolder sampai menempel secara permanen di motherboard.

Alasannya sih, agar calon pembeli tergiur untuk mengganti laptopnya dengan laptop baru jika laptop lamanya diarasa sudah lemot dikarenakan RAM yang kecil.

Hal seperti ini buat anda tidak dapat mengganti RAM tersebut dengan RAM yang baru dan mempunyai kapasitas lebih besar namun terkadang ada juga laptop yang menyediakan slot RAM tambahan.


2. Cek Kompatibilitas

Ketika membeli sebuah laptop anda harus terlebih dahulu slot RAM apakah yang dimiliki baik itu DDR2, DDR3 atau DDR4 masing-masing mempunyai pin yang berbeda sampai harus sesuai.

Tidak itu saja, disetiap slot mempunyai jumlah maksimun kapasitas RAM yang dapat ditampung namun jangan sampai anda membeli 1 keping RAM 8GB untuk dipasang pada slot yang menampung 4GB.


3. Tipe RAM yang Sama

Disetiap keping RAM mempunyai tipe yang berbeda, namun tergantung dari kapasitas, transfer rate dan merk jika laptop mempunyai 2 slot RAM atau lebih.

Akan tetapi pastikan anda mengisi setiap slot dengan keping RAM bertipe identik, hal seperti ini berkaitan dengan kinerja RAM ini ketika dipakai dilaptop.

Sedangkan 2 keping RAM dengan ukuran, transfer rate dan merk berbeda buat laptop anda tidak berkerja secara optimal nah selanjutnya kita ke cara upgrade RAM laptop.


2. Cara Upgrade RAM Laptop dengan Memastikan Ada Slot Untuk Menambahkan RAM

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan Memastikan Ada Slot Untuk Menambahkan RAM
Namun sebelum anda membeli RAM fisik sebaiknya anda cek terlebih dahulu slot RAM-nya cara upgrade RAM Laptop ini yaitu dengan membuka bagian bawah laptop.

Sebab sering sekali akan ada satu slot kosong RAM yang dapat digunakan untuk menambahkan RAM, namun tidak jarang juga slotnya hanya satu dan sudah diisi RAM.

Bila sudah seperti itu pilihannya yakni mengganti RAM tersebut dengan kapasitas lebih besar, bukan menambahkannya.


3. Cara Upgrade RAM Laptop dengan Memastikan Slot RAM Tidak Disolder Permanen

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan Memastikan Slot RAM Tidak Disolder Permanen
Skenario terburuk yang dapat diperoleh dari laptop anda yakni anda hanya memiliki satu slot RAM dan itupun disolder, mengapa disolder?.

Pasalnya perusahaan laptop tidak ingin anda melakukan penggantian RAM miliknya dan itu bisa dikatakan salah satu strategi marketing milik mereka.

Jadi satu-satunya cara upgrade RAM laptop yakni anda hanya bisa berpasrah diri dan mengganti laptopnya dengan yang baru.


4. Cara Upgrade RAM Laptop dengan Mengecek Kompatibiltas Laptop

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan Mengecek Kompatibiltas Laptop
Tidak semua spare part cocok untuk laptop yang anda pergunakan dan belum tentu juga laptopnya mampu melakukan cara upgrade RAM laptop.

Harus memastikan hal seperti itu terlebih dahulu, walaupun cara terbilang mudah untuk mengecek ini yakni melalui link berikut ini (https://wwwcrucial.com/store/advisor) dan menentukan jenis laptopnya.


5. Cara Upgrade RAM Laptop dengan Menentukan Ukuran dan Jenis RAM

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan Menentukan Ukuran dan Jenis RAM
Pasalnya ada berbagai macam RAM, namun jangan sampai salah dalam membelinya mengingat bisa-bisa saja anda membeli RAM untuk PC.

Itu sebabnya pastikan RAM jenis apa yang dapat dipasang dilaptop dan berapa ukurannya, namun kami sarankan bila menambah RAM maka ukurannya pun harus sama didalam cara upgrade RAM laptop.

Sehingga nanti RAM-nya menjadi dua kali lipat misalnya saja RAM laptop anda saat ini 4GB maka tambahkan RAM yang berukuran 4GB pula sebaiknya bermerek dan transfer ratenya juga sama.


6. Cara Upgrade RAM Laptop dengan Menambahkan Via Virtual

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan Menambahkan Via Virtual
Tidak hanya itu saja ada cara alternatif sewaktu-waktu anda ingin menambah RAM namun belum ada dana untuk melakukan pembelian.

Akan tetapi hanya saja ada hal yang harus anda korbankan untuk melakukannya yakni hard disknya kurang lebih seperti itu untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara upgrade RAM laptop dengan menambahkan via virtual yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama menuju ke layar My Computermu dan paling mudah yakni layar yang menunjukkan partisi C.
  • Setelah itu disana anda tinggal klik kanan dan pilih properties, kemudian anda pilih opsi Advanced system setting.
  • Kemudian anda masuk ke opsi setting yang terdapat di tabel performance, nanti anda akan diarahkan ke dalam layar performance opstions dan pilih Advanced.
  • Disana akan ada tabel virtual memory, silahkan klik opsi change dan hilangkan centang di tulisan automatically managing paging size for all drivers.
  • Dilanjutkan pilih partisi yang akan dipakai untuk virtual memory dan tentukan sendiri jumlah yang ingin dipakai misalnya 4000 MB untuk initial size dan 8000 MB buat Amximun size.
  • Pada tahap ini tinggal klik OK dan restart laptopnya.


7. Cara Upgrade RAM Laptop dengan ReadyBoost

Cara Upgrade RAM Laptop
Cara Upgrade RAM Laptop dengan ReadyBoost
Untuk cara selanjutnya untuk bisa meningkatkan kinerja dari RAM yakni dengan fitur ReadyBoost, jika sebelumnya virtual memory diambil dari kapasitas hard disk.

Pasalnya ReadyBoost ini akan meminjam kapasitas dari flashdisk, SD Card dan memori eksternal lainnya untuk lebih jelasnya simak dibawah ini.

Cara upgrade RAM laptop dengan ReadyBoost yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama colokan USB Flashdisk ke dalam laptop sampai munculnya AutoPlay dan pilih Speed up my system.
  • Bila AutoPlay tidak muncul, silahkan pencet Windows + E sampai jendela Windows Explorer muncul lalu klik kanan flashdisk > Properties.
  • Jika ingin hanya sebagian dari kapasitas yang digunakan, tinggal pilih opsi Use This Device > masukkan kapasitas yang digunakan > OK.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara upgrade RAM Laptop yang sudah kami sampaikan untuk anda gunakan dan terapkan.

Ada beberapa cara melakukan upgrade RAM di laptop yang dmiliki tinggal pilih salah satu yang menurutnya mudah untuk diterapkan.

Jika menurut anda informasi begitu berguna dan bermanfaat, langsung saja bagikan link artikel dan anda juga bisa mendapatkan update terbaru dari artikel.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel