Cara Translate Video Youtube 2022

Cara Translate Video Youtube
Cara Translate Video Youtube saat ini sedang banyak dicari oleh para pengguna ponsel pintar atau laptop juga lho.

Pastinya anda tahu kan, bahwa kendala bahasa terkadang membuat kita tidak mengerti tentang sesuatu yang tengah menjadi pembahasan.

Sama halnya seperti saat anda menonton sebuah tayangan berbahasa asing yang tidak mudah untuk dipahami.

Beberapa tayangan tersebut memiliki terjemahan yang dikenal dengan subtitle untuk mempermudah audiens memahami tayangan tersebut.

Namun, tidak jarang terdapat tayangan-tayangan yang tidak menyediakan subtitle sehingga anda harus menerjemahkan tayangan tersebut sendiri.

Yang mana, di era digital seperti sekarang ini semua akses informasi sangat mudah didapatkan dari berbagai macam sumber yang ada di internet.

Berbagai jenis informasi dari mulai sekolah, ilmu pengetahuan, mesin, tutorial dan masih banyak lagi lainnya yang bisa anda akses hanya dengan jari-jari anda.

Dan salah satu sumber informasi yang banyak di akses oleh pengguna Android atau PC saat ini adalah video dari YouTube, dimana YouTube begitu populer akhir-akhir ini.

Hal ini dikarenakan dengan YouTube, anda tidak perlu repot-repot membaca namun tinggal mendengarkan dan melihat visual yang disajikan oleh si kreatornya.

Tetapi, beberapa informasi dan tutorial yang ada di YouTube sering kali belum tersedia dalam bahasa Indonesia. Alias masih dibuat oleh kreator luar negeri yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris.

Eitss anda tak perlu khawatir, jika anda merasa kesulitan memahami video dengan bahasa Inggris. Maka anda bisa menerjemahkan video tersebut sehingga muncul subtitle bahasa Indonesianya.

Perlu diketahui, bahwa cara menerjemahkan video yang tidak ada subtitle di YouTube sebenarnya sangat mudah, karena YouTube sendiri sudah menyediakan fitur itu.

Namun fitur tersebut tidak bisa digunakan apabila si pembuat video atau kreator tidak mengaktifkan fitur terjemahkan otomatis di channelnya.

Mungkin bagi anda yang bertanya-tanya, apa itu subtitle? Subtitle adalah teks yang disematkan pada sebuah tayangan seperti pada video, film dan tayangan lainnya.

Umumnya subtitle merupakan terjemahan dari bahasa yang digunakan dalam tayangan tersebut. Misalnya pada film asing terdapat sebuah subtitle bahasa yang dimengerti pada audiensnya.

Nah, bagi anda yang penasaran bagaimana cara melakukanya? Yuk langsung saja simak ulasan cara translate video Youtube berikut ini sampai selesai yaa.


1. Cara Translate Video Youtube Melalui PC

Cara Translate Video Youtube
Cara Translate Video Youtube Melalui PC
Bagi anda yang mengakses video YouTube dari laptop atau PC, maka anda bisa menerjemahkannya dengan mudah.

Penasaran? Yuk langsung saja ikuti cara translate video YouTube melalui PC yang bisa anda lakukan yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama, silahkan buka YouTube dan carilah video yang ingin anda terjemahkan.
  • Kemudian klik ikon gerigi roda (⚙️) yang ada dibagian bawah video, lalu langsung saja klik "Subtitle / CC".
  • Setelah itu pilihlah English (auto-generated).
  • Lalu silahkan anda tekan lagi ikon gerigi roda, kemudian pilih Subtitle atau CC dan langsung saja pilih Auto Translate.
  • Maka dengan begitu, silahkan carilah Indonesian dan Terjemahkan untuk subtitle bahasa Indonesia berhasil di aktifkan.

Perlu diketahui, bahwa dengan cara diatas anda sekarang bisa menikmati konten video YouTube berbahasa Inggris dengan subtitle bahasa Indonesia.


2. Cara Translate Video Youtube Melalui HP

Cara Translate Video Youtube
Cara Translate Video Youtube Melalui HP
Bagi anda yang menggunakan Smartphone, Apps YouTube yang terinstall di HP anda belum mendukung fitur auto translate. Tetapi, anda masih bisa mengakalinya yaa.

Untuk itu, anda bisa mengikuti langkah-langkah cara translate video Youtube melalui HP yang bisa anda lakukan dengan mudah yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah buka YouTube melalui browser Smartphone anda (disarankan menggunakan Google Chrome yaa).
  • Lalu silahkan anda buka atau kunjungi alamat youtube.com.
  • Kemudian silahkan cari video yang ingin anda terjemahkan.
  • Setelah itu, anda langsung saja klik tombol titik tiga yang ada dipojok kanan atas browser anda.
  • Selanjutnya pilih Dekstop Site.
  • Terakhir aktifkan Subtitle bahasa Indonesia, caranya sama dengan tutorial mengaktifkan subtitle Indonesia pada PC yang ada di atas.


3. Cara Translate Video Youtube Menggunakan Aplikasi Video Translator

Cara Translate Video Youtube
Cara Translate Video Youtube Menggunakan Aplikasi Video Translator
Selain menggunakan cara diatas, bagi anda pengguna Android terdapat aplikasi yang bisa anda gunakan untuk menerjemahkan video yang tidak ada subtitle nya.

Aplikasi tersebut bernama Video Translator, berikut adalah cara translate video Youtube menggunakan aplikasi Video Translator yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, unduh dan install aplikasi Video Translator di Google Play Store atau lebih cepatnya bisa melalui link berikut (Download Aplikasi Video Translator apkpure).
  • Lalu anda akan diminta untuk login.
  • Nah setelah login, tulislah nama lalu pilih video yang anda ingin terjemahkan.
  • Selanjutnya klik Translation Started untuk memulai penerjemahan dan jika anda ingin menerjemahkan audio dari video, maka pilih saja opsi In-Audio Video.
  • Kemudian pilih salah satu bahasa yang ingin anda gunakan dalam video yang di unggah tadi, lalu klik Done.
  • Dan tunggulah proses pengunggahan video sampai selesai, jika sudah maka langsung saja klik See Translation untuk melihatnya.


Akhir Kata

Nah itu dia beberapa cara translate video Youtube yang sudah kami bagikan diatas untuk anda semua, maka dengan begitu anda tak kebingungan lagi.

Perlu diketahui, itulah cara mudah menerjemahkan video Youtube ke bahasa Indonesia menggunakan PC atau Smartphone.

Mungkin bagi anda yang ingin melakukannya, maka anda bisa langsung memilih salah satu cara diatas yang menurut anda mudah untuk dilakukan dan mengikuti tahapan dengan benar dan tepat agar prosesnya berhasil.

Dan apabila menurut anda informasi ini cukup penting, silahkan bagikan saja kepada teman-teman atau ke akun media sosial yang anda punya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel