Cara Tag di WA 2022

Cara Tag di WA
Cara tag di WA biasanya dilakukan oleh anggota group lainnya yang hendak mengajukan pertanyaan atau pernyataan kepada anda langsung.

Tag atau Mantion ini tidak hanya ada pada Instagram saja, namun di WhatsApp juga bisa anda temukan karena termasuk salah satu fiturnya.

Dengan begitu anda bisa menge-tag nama orang yang anda maksud dalam sebuah obrolan di aplikasi pesan WhatsApp.

Mungkin beberapa dari anda sudah ada yang mengetahui bahwa Tag atau Mantion ini untuk menandai teman atau orang lain.

Dengan Tag tersebut, seseorang bisa dengan mudah menanyakan kepada orang yang di Tag langsung itu.

Tidak hanya itu, fitur WhatsApp satu ini hanya dapat ditemukan pada obrolan group WhatsApp saja dan anda tidak bisa menggunakannnya pada status WA atau pesan pribadi lainnya.

Jika ingin menerapkan fungsi tag ini di WhatsApp, anda bisa mencoba Tag diri sendiri atau semua anggota group sekaligus.

Lalu bagaimana jika cara tag di WA atau WhatsApp tersebut tidak berfungsi? Kurang lebih caranya mirip dengan cara Tag di IG dengan menambahkan (@) di depan nama kontak. Selengkapnya simak dibawah ini.


Cara Tag di WA atau WhatsApp

Cara Tag di WA
Cara Tag di WA atau WhatsApp
Kalau anda berada di group yang sama dengan seseorang, anda bisa menyebutnya dalam pesan tersebut dengan mengtik tombol (@) dan memilih nama kontak dari daftar.

Saat anda menyebut seseorang, pengguna itu bisa melihat notifikasi dengan simbol "@" dalam daftar chat-nya di samping chat atau pesan yang belum dibaca.

Perlu diketahui bahwa menyebut seseorang dalam group akan membatalkan setelan bisu yang sudah diatur kontak untuk group tersebut.

Kecuali kalau ia juga sudah membisukan anda pada chat individual.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak beberapa tahapan dari cara tag di WA atau WhatsApp dibawah ini yaitu sebagai berikut:
  • Pertama, pastikan anda sudah masuk ke sebuah group di WhatsApp.
  • Selanjutnya ketikkan saja tombol @ dan tunggu beberapa saat sampai muncul daftar nama kontak WhatsApp orang yang terhubung dalam group WA tersebut.
  • Beberapa nomor orang yang anda simpan dari anggota group juga akan muncul, untuk menandai atau tag nomor WA-nya cukup cari dan pilih kontak WA yang dimaksud.
  • Saat anda sudah memilih salah satu kontak WA-nya, akan tertulis di kontak pesan WA dan akan berwarna biru tulisannya.
  • Tulisannya hampir terlihat seperti ketika anda membagikan link di WhatsApp.
  • Setelah itu anda bisa langsung kirim sebagai pesan WhatsApp.
  • Jika di klik oleh orang lain di Group WhatsApp itu, maka akan langsung tertuju ke profil WA kontak itu.
  • Selesai! Selamat mencoba.

Seperti itulah cara tag orang di WhatsApp yang tidak perlu anda pusingkan lagi karena hanya perlu memanfaatkan simbol @ saja untuk melakukannya.



Tentang Fitur "Mention" Teman di WhatsApp

Cara Tag di WA
Tentang Fitur "Mention" Teman di WhatsApp
Lama dinanti, WhatsApp akhirnya merilis fitur Mention untuk percakapan di dalam group, fitur ini tersedia pada WhatsApp versi 2.16.272 untuk Android dan iOS.

Pengguna WhatsApp di iOS dan Android yang sudah memperbarui aplikasi ini bisa menjajal fitur tersebut mulai hari ini.

Walau begitu, rupanya masih banyak pengguna WhatsApp yang belum bisa menggunakan fitur mention ini.

Cara tag di WA dengan fitur ini bisa dilakukan dengan sangat mudah, hanya dengan membubuhkan atau menekan karakter atau simbol (@) tanpa tanda kurung.

Setelah menekan simbol tersebut pada kolom pecakapan, nanti akan muncul deretan nama kontak yang ada dalam group tersebut.

Pengguna bisa menuliskan nama kontak yang diinginkan atau memilih salah satu dari daftar kontak yang di munculkan oleh WA.

Perlu diketahui, untuk percakapan personal fitur ini belum tersedia karena sudah merupakan percakapan langsung.

Fitur Hastag ini juga belum tersedia di aplikasi WhatsApp yang versi Web.

Dengan menggunakan fitur ini, pengguna bisa menjadi lebih awas ketika di tandai dalam group percakapan.

Mengapa demikian? Karena walaupun group tersebut sudah di Mute atau mode senyap, namun bunyi notifikasi akan tetap muncul.

Hadirnya fitur Hastag dalam group percakapan WA sebelumnya sudah pernah bocor sejak juni 2016 lalu ketika masih dalam pengembangan oleh WhatsApp.

Hal tersebut bisa terjadi karena belum diketahui apakah nama kontak akan muncul secara Autocomplete dari daftar nama group sehingga pengguna harus memasukkan secara manual.

Selain fitur Mention, WhatsApp juga sudah merilis fitur panggilan telepon Video Call (VC) sebagai langkah untuk menyaingi Google yang sudah merilis Duo lebih dulu.



Akhir Kata

Nah, kira-kira seperti itulah cara tag di WA atau WhatsApp yang bisa anda coba praktikkan jika belum tahu cara melakukannya.

Jika ingin melakukan tag atau mention kepada sesama anggota group, anda bisa mengikuti tahapan diatas sebagai panduan.

Dengan perkembangan tekhnologi yang semakin pesat, tutorial seperti ini sudah bisa mereka temukan di internet.

Hanya dengan bermodalkan kuota internet atau jaringan WiFi yang stabil, maka pengguna WA bisa mengirim pesan, mencolek teman, video call, Voice Note dan lainnya dengan sangat mudah.

Bagi anda yang merupakan pengguna baru aplikasi WhatsApp, anda bisa membaca artikel ini dari awal sampai selesai agar mengetahui seputar fitur yang tersematkan dalam WhatsApp.

Semoga dengan adanya informasi yang kami bagikan tersebut dapat membantu anda untuk menandai teman di dalam group.

Apabila ingin menandai seseorang secara sekaligus anda bisa menuliskan simbol @ dan memilih kontak yang ingin di tag, begitu juga seterusnya. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel