Cara Sound of Text 2022

Cara Sound of Text
Cara sound of text
ini untuk membuat nada dering WhatsApp yang lain dari biasanya, yups notifikasi WA yang biasanya membosankan dan menonton.

Beruntung anda dapat memakai notifikasi yang berasal dari kata-kata yang dibuat sendiri, kata-kata ini nantinya dapat dijadikan audio dengan format MP3.

Berikutnya audio dengan format MP3 tersebut dapat digunakan sebagai nada dering untuk notifikasi WhatsApp, lantas bagaimana cara sound of text? Oleh sebab itu, simak saja langsung sebagai berikut.


1. Fitur Text to Speech

Cara Sound of Text
Fitur Text to Speech
Walaupun sebetulnya fitur tersebut tidak hanya dibuat untuk membuat nada dering di WhatsApp saja, namun fitur ini sudah digunakan pada bidang lainnya misalnya saja untuk menarasikan sebuah video.

Dengan menggunakan fitur ini pembuat video akan dimudahkan didalam menarasikan video yang mereka ciptakan, bila anda sering scroll TikTok tentu saja sering menyaksikan penerapan.

Fitur Text to Speech tersebut, kebanyakan video TikTok memakai fitur tersebut untuk menarasikan keterangan-keterangan di video tersebut.

Jika anda menggunakan cara Sound of Text ini, maka pembuat video tidak perlu lagi menarasikan dengan suara sendiri secara manual.

Melainkan cukup menulis narasi video yang diinginkan, kemudian konversi teks tersebut menjadi suara dengan format MP3 berikutnya tinggal masukkan saja audio tersebut ke dalam video.

Namun pastikan saja untuk menyesuaikan audio dengan videonya, supaya pas antara narasi dengan scene di video tersebut.


2. Cara Sound of Text

Cara Sound of Text
Cara Sound of Text
Pertama terdapat Sound of Text, situs ini nantinya akan membantunya mengubah teks menjadi suara dengan mudah nantinya teks yang sudah menjadi audio ini dapat dijadikan nada dering WA dan lainnya.

Lantas, bagaimana cara memakai Sound of Text? Tentunya sangatlah mudah, pasalnya situs ini tidak akan membuat pengunjung bingung sebab sangatlah simpel dan gampang jika anda belum pernah.

Cara Sound of Text yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu buka browser bisa juga menggunakan Google Chrome, Opera Mini dan lain sebagainya.
  • Jika sudah silahkan kunjungi Sound of Text melalui link berikut ini (https://soundoftext.com/).
  • Setelah situs sudah terbuka, langsung saja masukkan teks yang diinginkan ke dalam kolom text.
  • Bila sudah langsung saja pilih bahasa yang ingin dipakai pada kolom Voice.
  • Lalu klik Submit dan tunggu teks tersebut dikonversi ke suara.
  • Pada tahap terakhir, silahkan klik Play untuk melakukan pemutaran audio yang telah jadi atau klik Download untuk bisa mengunduhnya.


3. Cara Voice of Text

Cara Sound of Text
Cara Voice of Text
Bukan hanya cara Sound of Text saja, anda juga dapat membuat Sound of Text di situs Voice of Text sebab situs tersebut tidak kalah jauh bedanya dengan Sound of Text.

Yang dimana juga berguna untuk mengonversi teks menjadi suara maka anda dapat gunakan sebagai nada dering WhatsApp menariknya dari situs tersebut yaitu kemampuannya dalam mengubah kata.

Ke bahasa Jawa atau Sunda, sedangkan disitus Sound of Text tidak ada dua opsi bahasa tersebut untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara Voice of Text yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka browser di Handphone atau PC.
  • Jika sudah silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.voiceoftext.com/p/sound-of-text-wa.html).
  • Lalu anda masukkan teks yang ingin dijadikan nada dering WhatsApp di kolom yang sudah disediakan.
  • Kemudian anda tinggal pilih jenis suara yang diinginkan apakah dalam Bahasa Jawa, Sunda, Indonesia, Inggris dan lain sebagainya.
  • Setelah itu langsung saja klik Convert to Voice untuk dapat mengubah teks tersebut menjadi suara.
  • Pada tahap ini lalu klik Download untuk melakukan pengunduhan suara yang sudah jadi.


4. Cara Memasang Nada Dering dari Sound of Text WA

Cara Sound of Text
Cara Memasang Nada Dering dari Sound of Text WA
Jika anda sudah tahu cara Sound of Text menjadi suara dan mendownload audio yang telah jadi, nah saat ini anda tinggal membuat audio tersebut sebagai nada dering WhatsApp.

Lantas bagaimana caranya? Sangatlah mudah, sama halnya ketika anda ingin mengubah nada dering WhatsApp dengan lagu dari penyimpanan perangkat.

Akan tetapi untuk anda yang belum pernah melakukan hal seperti, pastinya akan sangat kesulitan untuk itu simak saja dibawah ini.

Cara memasang nada dering dari Sound of Text WA yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu yang harus dilakukan yakni buka WhatsApp miliknya.
  • Jika sudah anda klik titik tiga dan buka settings.
  • Kemudian dilanjutkan dengan membuka menu Notification dan pilih opsi Notification Tone.
  • Lalu anda ganti dengan Sound of Text WhatsApp yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Setelah itu, sekarang notifikasi WhatsApp sudah berubah dengan Sound of Text.
Informasi tambahan, ingat yah membuat Sound of Text diatas akan membutuhkan koneksi internet sehingga anda harus memastikan mempunyai koneksi internet yang lancar.

Supaya dapat melakukan konversi teks ke suara, tidak itu saja koneksi yang lancar pun akan dibutuhkan ketika anda ingin mendownload audio yang sudah jadi.


Apa Itu Sound of Text WA?

Seiring dengan perkembangan zaman seperti sekarang ini, ada bermunculan berbagai macam fitur dan inovasi yang menarik termasuk salah satunya yakni Sound of Text WA.

Awalnya tren seperti ini ramai di TikTok maka mengundang banyak animo masyarakat untuk ikut memakainya, jadi maksud dari istilah tersebut yakni teks yang dibuat menjadi suara.

Teks yang dipakai bisa berasal dari bahasa mana saja dimulai dari Bahasa Jawa, Indonesia, Inggris dan lain sebagainya pengguna pun dapat memilih tipe suara disesuaikan selera.

Makanya unik dan berbeda dari yang lain, walaupun cukup populer akan tetapi masih banyak yang belum tahu cara Sound of Text WA Bahasa Indonesia di WhatsApp.

Hanya dengan fitur Text to Speech setiap orang dapat membuat teks menjadi suara, maka dapat dijadikan nada dering WhatsApp dan sejenisnya.

Memang fitur tersebut dapat diaplikasi dilayanan lain, akan tetapi yang paling banyak tentu saja di WhatsApp mungkin anda pernah mendengar mengenai nada dering semacam ini.

Yang biasanya berupa kata-kata dimana dapat dikustomisasi dan diucapkan oleh seorang laki-laki atau perempuan.


Kapan Tren Sound of Text WA Dimulai?

Sebetulnya, kapan sih tren ini dimulai? Kalau berbicara mengenai teks yang dijadikan suara lalu dibuat nada dering WhatsApp, pastikan sudah ada yang melakukan sejak lama.

Akan tetapi bila bicara mengenai tren yang masih, maka ada hubungannya dengan TikTok maksudnya yakni ada banyak video pendek di TikTok yang memakai fitur Text to Speech.

Memang terkesan unik dan berbeda dari yang lain, sehingga banyak orang yang membuat konsep yang sama dan pada akhirnya menerapkannya di WhatsApp itu juga.

Semenjak viralnya tren tersebut ada banyak pengguna WhatsApp yang kreatif juga ikut memakai fitur Text to Speech jadi jangan heran saat ini ada banyak bermunculan situs.

Yang dimana membuat teks menjadi suara dalam berbagai bahasa dan beraneka ragam, bila anda belum melakukan cara Sound of Text dan sekarang ingin melakukannya.

Maka sudah banyak situs Sound of Text WA yang dapat dipakai, jadi tidak seperti dulu yang masih jarang ketika tren teks dijadikan suara belum seramai sekarang ini.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara Sound of Text yang sudah kami sampaikan diatas untuk digunakan dan terapkan.

Sound of Text ini dapat dijadikan nada dering di WhatsApp anda dan itu akan menjadi sesuatu yang berbeda dari biasanya jadi tidak menonton seperti sebelum-belumnya.

Yuk tunggu apa lagi supaya anda tidak penasaran, segera gunakan cara diatas sebab tren seperti ini sudah banyak digunakan lho.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel