Cara Setting Router Tenda Lewat HP 2022

Cara Setting Router Tenda Lewat HP
Cara setting Router Tenda lewat HP merupakan cara setting termudah dan simpel yang harus diketahui oleh para pengguna Wifi yang memakai router Tenda.

Router Tenda sendiri merupakan salah satu jenis router yang banyak dipilih oleh para pengguna Wifi karena harganya yang murah dan terjangkau.

Ketika anda akan memasang Wifi dengan menggunakan router Tenda, maka hal yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara untuk mensetting router tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang bagaimana cara setting router Tenda dengan mudah dan benar.

Karena saat anda menggunakan router Tenda ini, anda bisa mengkondisikannya dengan menggunakan berbagai cara atau bisa juga di setting dengan menggunakan beragam device.

Salah satu cara setting router Tenda yang paling mudah dan simpel dilakukan adalah dengan menggunakan HP yang anda miliki.

Cara setting router Tenda melalui HP ini tergolong cara yang mudah untuk anda ikuti dan dipraktekan pada router Tenda yang anda gunakan di rumah.

Berikut ini beberapa cara setting router Tenda lewat HP yang bisa anda coba praktekan di rumah pada router tenda yang anda miliki.


1. Cara Setting Router Tenda Lewat HP

Cara Setting Router Tenda Lewat HP
Cara Setting Router Tenda Lewat HP
Berikut ini adalah tutorial cara setting router Tenda lewat HP yang paling mudah untuk anda ikuti:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengaktifkan router Tenda yang akan anda gunakan tersebut.
  • Kemudian anda bisa langsung menyambungkan SSID atau sinyal Wifi ke perangkat HP yang anda gunakan.
  • Selanjutnya anda bisa membuka aplikasi browser yang ada di HP anda, lalu anda bisa ketikan alamat IP berikut, 192.168.0.1 pada kolom pencarian browser tersebut.
  • Setelah itu, anda akan diarahkan langsung ke halaman web aktivasi Router Tenda tersebut.
  • Disana anda bisa pilih opsi wireless repeating, lalu anda tinggal klik pada komponen WISP dan anda bisa cari SSID yang akan di tembak.
  • Kemudian anda bisa memasukkan kata sandi dan klik tombol "OK".
  • Terakhir anda tinggal tunggu beberapa menit saja hingga Router Tenda yang anda gunakan aktif kembali.


2. Cara Setting Router Tenda Lewat HP Biar Cepat

Cara Setting Router Tenda Lewat HP
Cara Setting Router Tenda Lewat HP Biar Cepat
Sedangkan kalau anda ingin jaringan Wifi yang anda gunakan agar menjadi lebih cepat, maka anda bisa melakukan setting pada router Tenda yang anda gunakan dengan mengikuti cara setting yang akan kami bagikan ini.

Untuk cara setting router Tenda yang kedua ini agar lebih cepat, bisa juga anda lakukan melalui HP yang anda miliki agar lebih mudah.

Berikut ini adalah tutorial cara setting router Tenda lewat HP biar cepat yang bisa anda peraktekan di rumah:
  • Langkah pertama, anda harus colokkan kabel LAN dari salah satu port modem internet ke port WAN (warna biru) pada Wifi router Tenda F3 yang anda gunakan.
  • Kemudian anda bisa colokkan juga kabel adaptor listriknya untuk menyalakan router tersebut dan tunggu beberapa saat.
  • Selanjutnya anda bisa hubungkan HP anda ke Wifi Router Tenda (SSID: Tenda_BE0050) melalui Wifi, tanpa menggunakan password dan pastikan HP anda telah tersambung atau terkoneksi dengan Wifi router tersebut.
  • Berikutnya anda bisa membuka aplikasi browser yang ada di HP anda, seperti Google Chrome untuk mengawali setting dan konfigurasi Wifi Router Tenda F3 tersebut.
  • Setelah berada di dalam laman utama browser tersebut, lalu anda ketikkan alamat IP berikut ini, 192.168.0.1 pada address bar browser tersebut.
  • Setelah itu, anda tenggal merubah Nama SSID Wifi (Wifi Name) dengan yang anda inginkan, lalu jangan lupa kasih Kata dan klik OK.
  • Selesai.


3. Cara Setting Router Tenda N301 Lewat HP

Cara Setting Router Tenda Lewat HP
Cara Setting Router Tenda N301 Lewat HP
Untuk tutorial yang terakhir ini adalah cara setting pada router Tenda tipe N301 dengan menggunakan Mode Router Dynamic.

Untuk mempersingkat waktu, berikut ini adalah tutorial cara setting router Tenda lewat HP (N301) yang bisa anda peraktikan di rumah:
  • Langkah pertama dalam menggunakan cara setting router Tenda yang satu ini perlu anda ketahui bahwa terlebih dahulu anda harus pastikan Sumber Internet yang akan diterapkan pada router Tenda tersebut menggunakan IP DHCP Server (IP tidak ditulis manual).
  • Kemudian anda juga harus pastikan Kabel Ethernet (LAN) yaitu sumber internetnya masuk pada port WAN (sepatutnya) pada router Tenda N301 tersebut.
  • Selanjutnya anda bisa menghubungkan HP yang anda miliki yang akan diterapkan untuk setting AP Tenda N301 dengan menggunakan kabel atau Wireless dari router Tenda N301 tersebut.
  • Berikutnya anda bisa membuka browser chrome atau aplikasi browser lain yang ada di HP anda dan tulis alamat IP Gateway dari router Tenda N301 tersebut.
  • Berikut ini adalah alamat IP dari router Tenda tersebut, 192.168.0.1 atau anda bisa melakukan reset terlebih dulu dan anda juga dapat melihatnya di bagian belakang router Tenda N301 akan ada SSID defaultnya.
  • Setelah itu, anda tinggal sambungkan dengan HP anda, maka anda akan langsung di arahkan ke halaman Konfigurasi (Webpig) dari router Tenda N301 tersebut.
  • Kemudian anda bisa melakukan Login secara khusus dulu jika router Tenda N301 tersrbut sebelumnya sudah di setting menggunakan Kata login Webpig.
  • Selanjutnya anda bisa masuk pada tab “Online Setting” kemudian pilih opsi mode “Router” dan anda bisa pilih sumber internetnya melewati trek “Dynamic IP Address”.
  • Lalu anda bisa klik OK, maka secara otomatis router Tenda N301 tersebut akan terhubung ke jaringan internet.
  • Sekarang anda tinggal setting SSID Wifi, anda bisa langsung masuk pada menu “Wireless Setting” dan anda harus mengisi semua data yang diperlukan seperti dibawah ini.
Wifi name = nama ssid wifi yang akan anda gunakan.
Security mode = jenis keamanan (kata kunci/tidak) dari Wifi tersebut.
Wifi kata kunci = kata kunci wifi yang akan anda gunakan.
Multi SSID = ssid dan password yang anda gunakan harus lebih dari 1.
Wifi schedule = penjadwalan atau timer router untuk hidup dan mati.
Network mode = anda bisa menggunakan yang terupdate yaitu b/gn.
Wireless Channel = chanel yang diterapkan pada Wifi tersebut.
Wireless bandwidth = bandwidth yang akan di berikan dari Wifi yang anda gunakan.
Anti interferensi = router akan melakukan update pada chanel yang kosong sehingga tidak akan terjadi interferensi pada jaringan padat pada Wifi tersebut.
  • Selesai, sekarang anda bisa coba cek apakah jaringan internet pada Wifi tersebut sudah bisa digunakan.


Akhir Kata

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang Cara Setting Router Tenda Lewat HP. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara setting router dengan menggunakan HP ini merupakan cara yang paling mudah dan simpel untuk anda lakukan jika dibandingkan dengan menggunakan perangkat lain, seperti Laptop atau PC.

Dengan mengikuti tutorial cara setting router tenda yang telah kami bagikan di atas, maka anda tidak akan kesulitan lagi ketika ingin melakukan setting pada router Tenda yang ada di rumah anda.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel