Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan 2022

Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan sedang banyak dicari saat ini, terutama bagi masyarakat yang sedang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Salah satu perusahaan BUMN yang menawarkan jasa peminjaman uang kepada masyarakat dengan jaminan benda milik masyarakat yang ingin melakukan pinjaman uang adalah pegadaian.

Seseorang yang akan meminjam uang di pegadaian biasanya akan dimintai jaminan yang nantinya akan disimpan hingga seseorang itu bisa melunasi pinjaman uangnya.

Namun kini para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa mengajukan pinjaman di PT Pegadaian (Persero) tanpa jaminan aset fisik.

Pegadaian pada Selasa (15/12/2020) telah merilis produk terbarunya yakni Pinjaman Modal Produktif dengan agunan surat penagihan utang atau invoice.

Melalui produk ini, maka pelaku UMKM tidak perlu menjaminkan aset fisik jika ingin mengajukan pinjaman dana di pegadaian mulai dari Rp10 juta hingga Rp2 miliar.

Nah, berikut ini kami akan bagikan informasi tentang cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan dan informasi penting lainnya.


1. Syarat Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan

Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Syarat Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Sebelum informasi tentang cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan kami bagikan, maka Anda juga perlu mengetahui tentang syarat yang harus dipenuhi oleh peminjam agar bisa menggunakan layanan tersebut.

Untuk syarat pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan yaitu sebagai berikut:
  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Mempunyai badan usaha yang berbentuk PT, CV, atau Perum yang terdaftar di Indonesia dan telah berdiri minimal dua tahun.
  • dapun, proses peminjaman dengan nilai di bawah Rp1 miliar membutuhkan waktu tiga hari kerja, sedangkan pinjaman lebih dari Rp1 miliar membutuhkan waktu tujuh hari kerja setelah semua dokumen dilengkapi.
  • Tarif sewa modal sebesar 0,04% per hari dengan jangka waktu pinjaman mulai dari 15 hari hingga 6 bulan.


2. Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan

Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Yang perlu diketahui, pinjaman modal usaha tanpa jaminan ini disalurkan sebagai dukungan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Selain menggadaikan barang yang bisa dijadikan jaminan untuk meminjam uang di Pegadaian, PT Pegadaian (Persero) juga telah meluncurkan produk Pinjaman Modal Produktif dengan agunan surat penagihan hutang atau invoice dan telah kami bahas di atas.

Artinya, nasabah yang ingin melakukan pinjaman dana atau uang di Pegadaian tidak perlu lagi menggunakan aset fisik sebagai jaminan.

Bagi Anda yang ingin menggunakan produk tersebut maka diwajibkan untuk melampirkan copy invoice sebagai agunan sehingga tidak perlu menjaminkan aset secara fisik.

Sedangkan untuk prosesnya dilakukan secara online melalui situs resmi pegadaian sehingga mudah dan cepat.

Proses peminjaman dengan nilai di bawah Rp1 miliar membutuhkan waktu tiga hari kerja dan pinjaman lebih dari Rp1 miliar membutuhkan waktu tujuh hari kerja setelah semua dokumen yang diperlukan dilengkapi.

Untuk cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, Anda sebagai nasabah harus melampirkan copy invoice sebagai agunan tanpa perlu menjaminkan aset secara fisik.
  • Prosesnya dilakukan secara online melalui situs pegadaian berikut ini (Kunjungi Situs Pegadaian).
  • Setelah situs terbuka, Anda bisa langsung melakukan registrasi, lalu menggugah dokumen yang diperlukan secara lengkap, seperti dokumen identitas, keterangan usaha, copy invoice, dokumen keuangan dan berbagai dokumen lainnya.
  • Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan jika Anda bisa melakukan simulasi dengan mengisi nilai invoice, jangka waktu peminjaman, dan memasukan tanggal jatuh tempo invoice yang dimiliki. - Setelah seluruh dokumen-dokumen diunggah, maka Anda sebagai calon nasabah akan langsung dihubungi oleh tim Pegadaian untuk menyelesaikan proses selanjutnya.


3. Barang Yang Bisa Dijadikan Jaminan di Pegadaian

Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Barang Yang Bisa Dijadikan Jaminan di Pegadaian
Tidak hanya cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan, namun Anda juga perlu mengetahui terkait informasi tentang barang apa saja yang bisa dijadikan jaminan untuk mendapatkan pinjaman uang di Pegadaian.

Untuk carang yang bisa dijadikan jaminan di pegadaian yaitu sebagai berikut:


1. Kendaraan

Untuk menjadikan kendaraan sebagai jaminan, makaada beberapa hal yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut:
  • Untuk kendaraan bermotor, Anda harus pahami bahwa motor yang bisa gadai adalah motor dengan masa produksi minimal 5 tahun terakhir. Selain itu, merek motor yang bisa digadaikan bisa semua merek yang telah beredar di pasaran, kecuali motor dengan pabrikan Tiongkok.
  • Sementara untuk kendaraan mobil, yang bisa digadaikan yaitu mobil dengan masa produksi minimal 10 tahun terakhir.


2. BPKB Kendaraan

BPKB kendaraan yang bisa digadaikan di pegadaian hanya bisa melalui produk Pegadaian yaitu Kreasi dan Arrum.

Artinya, pinjaman dengan jaminan berupa BPKB ini hanya akan diberikan kepada mereka yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.


3. Emas

Jika Anda mempunyai simpanan emas baik berupa logam mulia ataupun perhiasan, maka bisa menggadaikannya untuk sementara.

Uang pinjaman juga jauh lebih mudah didapatkan bila Anda menggunakan emas karena emas dikenal mempunyai nilai jual yang tinggi dibandingkan barang lainnya.


4. Barang Elektronik

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan bila ingin menggadaikan barang elektronik yaitu sebagai berikut:

Pastikan barang elektronik yang akan digadaikan dengan masa produksi 1 tahun terakhir.

Jika ingin menggadaikan Televisi, maka pastikan juga televisi yang Anda miliki bertipe LED, karena saat ini televisi tabung sudah tidak diminati pasar.


Apa Manfaat Pegadaian Bagi Masyarakat?

Cara Pinjam Uang di Pegadaian tanpa Jaminan
Apa Manfaat Pegadaian Bagi Masyarakat?
Setelah cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan diketahui, maka Anda juga perlu mengetahui apa saja manfaat lembaga tersebut bagi masyarakat.

Untuk meminjam uang kepada pihak lain memang pastinya mempunyai persyaratan karena biasanya setiap lembaga memberikan syarat berupa adanya jaminan ketika Anda ingin meminjam uang.

Anda mungkin pernah berada di satu titik di mana untuk meminjam uang saja tidak ada barang berharga yang bisa digadaikan.

Kalaupun tidak mengharuskan jaminan, Anda pasti dibebankan dengan bunga yang lebih besar, terutama jika meminjamnya kepada rentenir.

Pegadaian memang menjadi tempat yang dikenal sebagai layanan pembiayaannya dengan jaminan atau tanpa jaminan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Apalagi beberapa waktu lalu Pegadaian sebagai BUMN juga telah melayani pembiayaan tanpa jaminan.

Baik pinjaman dengan jaminan atau tanpa jaminan sama-sama memiliki persyaratan, namun syarat yang ditetapkan pastinya tidak serumit yang ada di bank atau lembaga lainnya.

Inilah manfaat utama yang sangat dirasakan oleh masyarakat, khususnya para nasabahnya.


Akhir Kata

Demikian cara pinjam uang di pegadaian tanpa jaminan yang perlu diketahui dan bisa diterapkan.

Bila Anda membutuhkan uang atau dana dengan cepat, maka bisa memanfaatkan produk atau layanan PMP dari pegadaian ini.

Sebelum mengajukan pinjaman uang, pastikan beberapa syarat dan dokumen yang diperlukan seperti yang telah kami sebutkan di atas sudah siap.

Program pinjaman tunai ini pada umumnya digunakan oleh masyarakat untuk memulai sebuah bisnis ataupun mengembangkan usaha.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel