Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima 2022

Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima
Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima kerap dicari oleh sebagian pengguna aplikasi Shopee.

Karena, pada suatu kondisi, produk yang diterima tidak sesuai dengan pesanan yang kita inginkan atau bahkan produk rusak.

Perlu anda ketahui bahwa pengembalian barang maupun dana bisa anda ajukan selama pesanan masih dalam Garansi pihak Shopee dan pengguna belum menekan opsi "Pesenan Diterima".

Melihat dari laman resmi Shopee, bahwa fitur garansi ini memungkinkan pembayaran ke penjual ditahan sementara waktu oleh pihak Shopee.

Itulah sebabnya, kenapa pengguna masih dapat mengajukan retur atau pengebmbalian barang selama masa garansi berlangsung dan belum opsi "Pesanan Diterima" pada aplikasi Shopee belum diklik.

Perlu anda ketahui juga bahwa pengembalian barang dapat diproses jika pembeli memenuhi beberapa persyaratan yang telah diberlakukan oleh pihak Shopee.

Lantas, apa saja persyaratan dan bagaimana cara pengembalian barang di Shopee yang sudah diterima? Untuk lebih jelasnya anda bisa simak ulasan kami dibawah ini.


1. Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima

Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima
Syarat dan Ketentuan Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima
Agar pengajuan pengembalian barang di Shopee dapat diproses secara lancar, berikut ini beberapa persyaratan cara pengembalian barang di Shopee yang sudah diterima yang harus dipahami oleh para pembeli:


A. Jika pemesanan barang dilakukan di semua toko selain Shopee Mall

  • Dana atau uang pembeli akan tertahan di Shopee ketika si pembeli mengajukan klaim menerima barang yang tidak sesuai atau dalam kondisi yang berbeda. Misalnya, barang yang dikirimkan kepada pengguna tidak berfungsi atau rusak, hingga tak sesuai dengan foto atau deskripsi pada etalase toko tersebut.
  • Pembeli juga harus menyertakan bukti foto atau video yang menunjukkan dengan jelas alasan pengembalian barang tersebut.
  • Jika anda menyertakan bukti berupa dan foto, maka permasalahan akan ditindak lanjuti apabila penjual tak setuju atau menolak dan anda bisa mengajukan bantuan ke pihak Shopee.
  • Pihak Shopee akan mengumpulkan semua bukti yang diperlukan dari pembeli berupa foto atau video yang menunjukkan kesalahan atau kerusakan barang, sekaligus pembeli juga harus foto kemasan barang dengan resi yang menempel di kemasan paket tersebut.


B. Jika pemesanan barang dilakukan di Shopee Mall

  • Dana atau uang akan tertahan di Shopee ketika pembeli mengajukan pengembalian atau return barang dengan alasan menerima barang dalam kondisi yang berbeda, rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.
  • Pembeli bisa mengembalikan barang dalam waktu paling lambat 5 hari setelah pengajuan pengembalian barang disetujui.
  • Pihak Shopee akan mengecek barang tersebut terlebih dahulu selama 3-5 hari kerja sejak barang dikembalikan oleh si pembeli ke gudang Shopee.
  • Pembeli juga harus menyertakan bukti foto dan video untuk memperkuat alasan pengembalian barang tersebut.


2. Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima

Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima
Cara Pengembalian Barang di Shopee Yang Sudah Diterima
Apabila anda mengetahui beberapa persyartan untuk pengembalian barang, maka selanjutnya anda bisa mengikuti langkah-langkah cara pengembalian barang di Shopee yang sudah diteriman sebagai berikut:
  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membuka aplikasi Shopee yang ada di HP kalian.
  • Jika sudah, maka anda bisa masuk ke halaman "Saya" dan pilih menu "Dikirim.
  • Lalu anda klik opsi "Rincian Pesanan, Kemudian anda pilih menu "Ajukan Pengembalian" pada barang yang akan dikembalikan.
  • Pada tahap ini, anda bisa pilih salah satu alasan pengajuan retur atau pengembalian barang. Sesuaikan dengan kondisi barang yang diterima, apakah barang atau produk mengalami kerusakan, tidak original, cacat atau tidak sesuai dengan pesanan.
  • Anda bisa lengkapi berbagai data yang diperlukan seperti bukti berupa foto dan video serta deskripsi barang yang akan dikembalikan.
  • Setelah itu anda pilih solusi yang sesuai pada opsi "Pilih Solusi", kemudian anda klik "Kirim".
  • Pengajuan retur atau pengembalian barang bisa di informasikan melalui notifikasi aplikasi Shopee atau melalui email.
  • Apabila proses pengembalian disetujui, pengguna akan diminta untuk mengembalikan barang sesuai dengan prosedur dari aplikasi Shopee.

Untuk langkah antisipasi, anda bisa siapkan dokumen pendukung seperti nomor resi dan foto paket barang yang akan dikembalikan dengan memperlihatkan alamat pengiriman secara lengkap.

Hal tersebut dilakukan apabila penjual menyetujui pengajuan retur atau pengembalian barang yang sudah diterima oleh si pembeli, tetapi barang tak kunjung dikembalikan atau diganti.

Selain itu apabila persyaratan retur pengembalian barang tidak disetujui oleh si penjual, maka anda bisa melaporkan ke pihak Shopee.

Perlu kami ingatkan juga, saat anda hendak akan membeli suatu produk di Shopee, pastikan apakan toko tersebut terpercaya dan memiliki ulasan yang bagus atau tidak dari pelanggan lainnya.

Jika toko terpercaya dan memiliki ulasan yang bagus, maka anda bisa membeli produk tersebut. Namun jika toko ulasan tidak bagus dan tidak terpercaya maka anda tidak boleh membeli barang tersebut agar hal-hal tidak dinginkan terjadi.


Akhir Kata

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda mengenai cara pengembalian barang di Shopee yang sudah diterima.

Semoga dengan penjelasan yang kami sampaikan diatas dapat membantu anda untuk retur atau mengembalikan barang si Shopee secara mudah.

Selain retur atau pengembalian barang di Shopee, terdapat juga cara retur atau pengembalian barang melalui Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya anda bisa terus menyimak situs web kami ini agar tidak ketinggalan informasi seru dan menarik lainnya.

Jika informasi yang kami sampaikan diatas bermanfaat, maka anda bisa share artikel kami ini ke akun media sosial kalian.Terimakasih.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel