Cara Menyimpan VN WA 2022

Cara Menyimpan VN WA
Cara menyimpan VN WA
ini sangat membantu karena banyak sekali dokumen yang bisa dikirim lewat WhatsApp seperti dokumen, video, gambar dan lain-lain, termasuk voice note tentunya.

Pesan suara ini banyak dipakai oleh para pengguna WhatsApp entah itu hanya sekedar iseng, hingga untuk menyimpan pembicaraan yang kiranya sulit jika diketik secara manual.

Terkadang, pesan suara ini pun menjadi alternatif di saat keyboard HP anda sedang mengalami gangguan atau HP yang digunakan tidak bisa di tekan seperti halnya error.

Nah, berbeda dengan file lainnya, pesan suara di Whatsapp tidak bisa anda buka secara langsung melalui galeri atau pemutar audio, karena memang umumnya tidak terdeteksi dan memerlukan alat bnatu untuk bisa membukanya.

Mengapa demikian? Sebenarnya, pesan suara ini sudah tersimpa, tetapi format audionya belum bisa dideteksi oleh sebagian HP Android anda memerlukan aplikasi tambahan.

Di folder anda akan menemukan kumpulan voice note yang pernah diterima dan diterima ke Whatsapp,
selain itu, anda juga akan melihat format Audio OPUS, yang merupakan jenis Audio yang banyak ditemukan di internet.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang beberapa cara menyimpan VN WA dengan sangat mudah, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Menyimpan VN WA dengan Recorder Whatsapp

Cara Menyimpan VN WA
Cara Menyimpan VN WA dengan Recorder Whatsapp
Cara yang cocok untuk menjalankan berbagai jenis Audio yaitu Recorder WhatsApp, merupakan salah satu aplikasi yang bisa merakam suara panggilan Whatsapp maupun VN pada Whatsapp.

Simak langkah langkah cara menyimpan VN WA dengan Recorder Whatsapp yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertaman buka aplikasi WhatsApp anda.
  • Lalu, klik icon titik tiga di pojok kanan atas, lalu pilih setelan.
  • Masuk ke menu Penggunaan Data Dan Penyimpanan, dan cek kolom Unduh Otomatis Media.
  • Pastikan Audio telah tercentang pada pengaturan Data Seluler dan WiFi anda.
  • Dengan demikian, voice note WhatsApp akan langsung tersimpan secara otomatis saat anda menerimanya.


2. Cara Menyimpan VN WA Menggunakan MXPlayer

Cara Menyimpan VN WA
Cara Menyimpan VN WA Menggunakan MXPlayer
Walaupun sudah di jelaskan bahwa sebagian HP masih ada yang belum mendukung format Audio suara WhatsApp, bukan berarti file tersebut tidak bisa dibuka di HP anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membukanya, dan semuanya relatif mudah dengan menggunakan aplikasi bantuan untuk menyelesaikan permasalahan ini yaitu aplikasi MXPlayer.

MXPlayer merupakan aplikasi pemutar video yang punya banyak fitur, tidak heran kalau aplikasi ini termasuk salah satu yang terpopuler di Playstore dan telah banyak orang menggunakannya.

MXPlayer tidak hanya mendukung pemutaran video, melainkan juga Audio juga, simak langkah langkah cara menyimpan VN WA menggunakan MXPlayer ini yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Buka Playstore pada HP anda.
  • Cari dan install aplikasi MXPlayer dan download melalui link berikut ini (Download Aplikasi MXPlayer untuk Android).
  • Jika sudah, buka File Manager pada HP anda.
  • Masuk ke direktori Audio WhatsApp, seperti yang saya jelaskan sebelumnya di atas.
  • Ketuk file audio yang diinginkan untuk dibuka.
  • Lalu pada menu Buka Dengan, silahkan pilih MXPlayer untuk membuka VN tersebut.
  • Setelah itu, audio akan langsung diputar dan di dengar secara jelas.


2. Cara Menyimpan VN WA dengan Ubah Format Voice Note

Cara Menyimpan VN WA
Cara Menyimpan VN WA dengan Ubah Format Voice Note
Ada sebagian format file yang tidak bisa rusak ketika diubah ke HP, salah satu yang kami ketahui adalah format Audio, karena dengan mengubah format voice note tersebut maka akan terbuka.

Simak langkah langkah cara menyimpan VN WA dengan unduh format voice note yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:
  • Anda bisa lakukan langsung melalui File Manager dan buka File Manager.
  • Kemudian masuk ke direktori voice note WhatsApp anda.
  • Ketuk dan tahan File Audio yang anda inginkan, dan pilih Ubah Nama.
  • Setelah itu, ubah format yang ada di bagian belakang nama file audio tersebut agar audio bisa terbuka.
Anda bebas bisa mengubahnya menjadi format apapun yang diinginkan, coba ubah menjadi MP3 dengan demikian semua pemutar musik pasti bisa menjalankan ketika anda ingin membukanya.

Format Voice Note bawaan yang direkomendasikan oleh Whatsapp sendiri yaitu OPUS MP3, karena dengan format ini anda bisa dengan mudah bisa mendengar langung audio tersebut di HP.

Untuk cara membukanya sangat mudah, cukup ketuk File Audionya atau menggunakan pemutar musik yang ada di HP sendiri dan harusnya akan otomatis tampil di pemutar musik tersebut.

Untuk mempermudah anda, jangan lupa untuk memindahkan file pesan suara yang telah anda ubah tersebut dari direktori WhatsApp ke folder lain dan rename sesuai keinginan yang misalnya ke folder musik, video atau buat folder khusus yang diinginkan.


3. Cara Menyimpan VN WA Memakai Aplikasi Converter

Cara Menyimpan VN WA
Cara Menyimpan VN WA Memakai Aplikasi Converter
Cara selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu aplikasi Converter, aplikasi ini sangat memudahkan pengguna dalam melalukan download file video ataupun audio secara gratis.

Aplikasi ini akan langsung mengubah format melalui File Manager, karena bukan tidak mungkin membuat file tersebut menjadi error misalnya, hasil suara setelah format file diubah malah jadi tidak bersuara atau bisa dikatakan bahwa file tersebut error.

Simak langkah langkah cara menyimpan VN WA memakai convert file OPUS (voice note) ke MP3 agar bisa diputar yaitu sebagai berikut:
  • Install terlebih dahulu Aplikasi OPUS to MP3 Converter melalui link berikut ini (Download Aplikasi OPUS to MP3 Converter untuk Android).
  • Setelah itu, buka aplikasinya, lalu pilih Select OPUS File.
  • Nanti akan muncul File Manager dan silahkan masuk ke direktori voice note WhatsApp.
  • Pilih file audio yang diinginkan yang akan diubah, lalu ketuk Oke.
  • Kalau sudah, ketuk Convert To MP3 pada smartphone anda.
  • Atur nama file, masukkan direktori, lalu convert untuk memulai proses penyalinan.
  • Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selesai.
  • Jika sudah, anda bisa langsung membuka audio tersebut melalui aplikasi pemutar musik, atau melalui File Manager di tempat audio tersimpan tadi.


Manfaat Menyimpan Pesan Suara (Voice Note) Ini

Cara Menyimpan VN WA
Manfaat Menyimpan Pesan Suara (Voice Note) Ini
Selain cara menyimpan VN WA yang telah kami ulaskan di atas, perlu diketaui juga bahwa menyimpan voice note juga memiliki manfaat yang banyak ketika anda disudutkan oleh hal yang penting.

Manfaat yang bisa anda dapat dengan menyimpan pesan suara dari WhatsApp di antanya yaitu sebagai berikut:


1. Data Lebih Aman

Dengan pesan suara disimpan ke folder penyimpanan HP anda, tentu saja tidak perlu khawatir lagi jika voice note tersebut akan hilang sewaktu-waktu dan teharus ketika anda menghapus beberapa chat di Whatsapp.


2. Bermanfaat Untuk Pekerjaan

Sesuatu yang penting dalam pekerjaan akan sangat bermanfaat, baiknya anada catat dalam memo pada saat sebuah materi yang berikan akan gampang diingat, begitu pun dengan voice note sangat penting dan akan aman tersimpan HP.


3. Bisa Diputar Di Semua Media

Dengan format yang telah diubah seperti yang telah kami jelaskan di atas, voice note akan secara otomatis mampu diputar melalui media apapun dan perangkat apapun misalyna pemutar musik.


4. Bisa Dipindah ke Komputer

Pesan suara bisa anda pindah ke perangkat lain dan kemanapun yang diinginkan, misalnya HP lain hingga komputer karena audio yeng telah di ubah sangat bisa di putar dimana saja.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa cara menyimpan VN WA 2022 dan manfaat menyimpan voice note terhadap kehidupan pribadi anda, sosial dan kehidupan lainnya.

Menyimpan voice note ini juga sangat berguna pada saat anda membutuhkan untuk suatu keperluan yang mendadak dan sangat penting yang mengharus anda untuk menjukan audio voice note tersebut.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosila media dan ke teman atau kerabat dekat anda, yang belum mengetahui cara ini, yang mungkin saja mereka sedang mencarinya.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, tentang cara menyimpan voice note Whatsapp yang bisa anda gunkan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel