Cara Menyalakan AC Tanpa Remote 2022

Cara Menyalakan AC Tanpa Remote
Cara menyalakan AC tanpa remote
bukan sebuah perkara yang rumit, namun tidak sedikit dari para pengguna AC yang tahu caranya sehingga bingung saat remote AC mendadak tidak berfungsi.

Masalah AC tidak bisa dihidupkan menggunakan remote juga belum tentu disebabkan oleh remote tersebut yang rusak, namun ada beberapa faktor lain yang menjadi penyebabnya.

Dalam hal ini, anda harus melakukan pengecekan secara langsung pada AC untuk mengetahui lebih detail penyebab tidak berfungsi.

Biasanya, faktor utama yang menyebabkan AC tidak dapat dinyalakan dengan remote karena tidak adanya respon antara sensor remote dengan sensor yang ada pada PCB Modul.

Penyebabnya bisa jadi karena socket yang kendor atau ada jaringan kabel yang putus serta pemasangan sensor pada indoor yang kurang pas sehingga mata sensor tersebut tertutup casing tutup indoor.

Berbeda jika tiba-tiba AC tidak bisa di remote setelah AC di service atau cuci, kemungkinan karena mata sensor AC terkena air sewaktu AC tersebut di cuci.

Jika anda sudah tahu penyebabnya kenapa AC tidak bisa dihidupkan memakai remote, lalu bagaiamana cara menyiasati masalah tersebut jika terjadi secara tiba-tiba.

Biasanya setiap AC dibekali tombol manual untuk menghidupkan atau mematikan AC tersebut, anda bisa memanfaatkan tombol manual tersebut untuk menyalakan AC tanpa harus menggunakan remote.

Selain cara tersebut ada juga beberapa metode yang dapat anda gunakan, untuk lebih lengkapnya silahkan simak ulasan ini hingga akhir mengenai cara menyalakan AC tanpa remote.


Cara Menyalakan AC Tanpa Remote Sharp dan Merek Lain


Kecanggihan di era digital saat ini membuat cara menyalakan AC tanpa remote bisa dilakukan dengan mudah, seperti yang kita ketahui salah satu hal penting berfungsi untuk menyalakan AC adalah remote.

Selain itu, remote AC berguna untuk memberikan instruksi seperti mengatur suhu dan beragam fitur lainnya yang ada pada Air Conditioning (AC).

Namun, ternyata tidak jarang jika remote AC rusak atau hilang. Jika terjadi hal demikian anda dapat menyiasatinya dengan beberapa cara menyalakan AC tanpa menggunakan remote.

Mengutip beberapa laman, berikut adalah tata cara yang bisa anda lakukan jika remote hilang atau sedang rusak agar bisa menyalakan AC tanpa remot.


1. Tekan Tombol Power AC

Cara Menyalakan AC Tanpa Remote
Tekan Tombol Power AC
Salah satu cara menyalakan AC tanpa remote secara manual yang bisa anda lakukan dengan menekan tombol "Power" yang tersembunyi.

Pada sebagian besar merek AC saat ini memiliki beragam desain dengan tampilan yang menarik, produsen AC sendiri tidak meletakkan tombol di luar AC karena membuat tampilan AC tidak menarik.

Oleh karena itulah anda bisa menekan tombol "Power" yang berada pada tempat yang tersembunyi, anda bisa membuka casing indoor bagian atas AC dan cari tombol kecil atau tombol manual.

Jika sudah menemukannya, anda bisa tekan tombol tersebut sehingga AC dapat menyala atau mati tanpa perlu menggunakan remot AC.


2. Manfaatkan Fitur di Smartphone

Cara Menyalakan AC Tanpa Remote
Manfaatkan Fitur di Smartphone
Jika anda memiliki pusat kendali Smartphone maka dapat dimanfaatkan untuk cara menyalakan AC tanpa remote dengan mudah.

Saat ini Smartphone juga dilengkapi fitur untuk menyalakan dan berfungsi sebagai pengontrol pusat alat elektronik, salah satunya untuk menyalakan atau mematikan AC.

Mengutip dari laman resmi Samsung, berikut adalah tutorial cara menyalakan AC Toshiba tanpa remote yaitu sebagai berikut:

a. Unduh Aplikasi Smart A/C di HP


Anda tidak tidak perlu khawatir apabila remote bawaan perangkat elektronik seperti AC tiba-tiba hilang atau tidak berfungsi.

Sayangnya, penggunaan fitur rumah pintar biasanya bukan terkoneksi melalui infra merah melainkan jaringan WiFi.

Oleh karena itu, solusi cara menyalakan AC tanpa remote hanya berguna jika perangkat elektronik anda juga sudah menerapkan smart system.
  • Langkah pertama, silahkan anda download aplikasi Smart A/C, AC, Air, Conditioner melalui Google Play Store.
  • Jika sudah maka akan muncul 13AP di panel tampilan depas AC.
  • Silahkan anda tunggu beberapa saat untuk menghubungkan.
  • Setelah itu anda bisa pilih router nirkabel yang digunakan sekarang.

b. Pilih AC yang Ingin Diakses


Berikut cara menyalakan AC tanpa remote dengan pilih AC yang ingin di akses dengan cara yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan anda pilih AC yang ingin diakses,
  • Sebelum mengakses AC anda harus mendapatkan otentikasi dan tekan tombol "OK".
  • Saat pop-up otentikasi muncul, silahkan anda nyalakan AC dalam waktu 20 detik.
  • Jika sudah berhasil melakukan otentikasi saat pertama kali masuk anda dapat menggunakan fungsi in-home dengan menekan tombol "In-home".


3. Memutus Sirkuit Listrik Dari AC

Cara Menyalakan AC Tanpa Remote
Memutus Sirkuit Listrik Dari AC
Cara terakhir yang bisa anda lakukan untuk cara menyalakan AC tanpa remote adalah dengan memutus sirkuit aliran listrik pada AC.

Meskipun demikian, memutuskan sirkuit listrik dari AC merupakan solusi paling terakhir jika memang tidak ada cara lain yang akan digunakan.

Caranya anda bisa mencabut colokan dan soket di dekat indoor unit AC milik anda, kemudian pasang kembali colokan tersebut untuk menyalakan AC tanpa remote.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara menyalakan AC tanpa remote dengan mudah.

Jadi, jika anda mengalami kendala pada remot AC baik itu remot AC hilang, rusak dan lainnya maka anda anda bisa mencoba metode diatas.

Silahkan anda lakukan metode diatas untuk menyalakan AC tanpa menggunakan remote secara mudah dan praktis.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara menyalakan AC tanpa menggunakan remot pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel