Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel 2022

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel
Cara menggunakan kuota lokal Telkomsel
ini banyak yang belum mengetahuinya, bagi anda yang penasaran cara menggunakannya, anda simak artikel ini sampai akhir.

Perlu anda ketahui bahwa kuota lokal Telkomsel ini bisa anda manfaatkan untuk menghemat kuota utama.

Dengan kuota lokal Telkomsel ini anda akan sering diberikan dalam bentuk bonus saat membeli paket internet Telkomsel.

Besaran kuotanya juga biasanya cukup banyak, dengan begitu anda akan sangat rugi apabila tidak mengetahui cara untuk menggunakan kuota lokal Telkomsel beda daerah.

Namun, anda tidak perlu khawatir lagi bagi yang belum mengetahui cara untuk menggunakan kuota lokal ini, karena di artikel ini kami akan memberikan anda gambaran untuk cara menggunakannya.

Jika anda sudah membaca atau menyimak artikel ini, kami yakin anda akan tercerahkan dan tidak bingung lagi tentang cara menggunakan kuota lokal Telkomsel ini.


1. Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel dengan Fake GPS

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel
Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel dengan Fake GPS
Yang pertama anda bisa dengan menggunakan aplikasi Fake GPS agar anda bisa menggunakan kuota lokal Telkomsel di luar daerah.

Langsung saja, anda bisa menyimak langkah-langkah di bawah ini untuk cara menggunakan kuota lokal Telkomsel dengan aplikasi Fake GPS yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama silahkan anda mendownload dan menginstall aplikasi Fake GPS, aplikasi Fake GPS ini ada banyak pilihannya (Download Aplikasi Fake GPS untuk Android).
  • Silahkan anda pilih saja salah satunya di Google Playstore.
  • Langkah berikutnya silahkan anda melakukan pengaturan APN Telkomsel di Hp anda dengan pengaturan seperti berikut ini:
  • Lalu silahkan anda jalankan aplikasi Fake GPS kemudian aktifkan mock location bagi anda yang Hpnya belum diroot.
  • Selanjutnya silahkan anda membuka pengaturan aplikasi Fake GPS dan aktifkan opsi "Tiru lokasi".
  • Kemudian silahkan anda pilih "Fake GPS" dan lakukan pencarian lokasi atau daerah tempat anda mengaktifkan paket internet Telkomsel.
  • Setelah lokasi ditemukan, anda cukup mengetuk panah warna hijau agar aplikasi Fake GPS berjalan di latar belakang.
  • Selesai.

Setelah itu, sekarang anda sudah bisa mengakses internet dengan kuota lokal Telkomsel walaupun anda sedang berada di kota lain.

Jika anda ingin membuktikannya, maka silahkan anda melakukan browsing atau kegiatan apapun di internet, lalu anda cek apakah kuota lokal anda berkurang atau tidak.


2. Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel dengan Aplikasi VPN

Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel
Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel dengan Aplikasi VPN
Yang kedua anda bisa dengan menggunakan aplikasi VPN agar kuota lokal Telkomsel anda sapat digunakan di daerah lain

Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk cara menggunakan kuota lokal Telkomsel dengan aplikasi VPN yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mendownload dan menginstall aplikasi VPN, aplikasi ini banyak tersedia di Playstore (Download Aplikasi VPN untuk Android).
  • Anda bisa pilih salah satu dan pasang di ponsel anda.
  • Langkah berikutnya silahkan anda setting APN Telkomsel di Hp anda dengan pengaturan seperti berikut ini:
  • Setelah itu silahkan anda simpan pengaturan APN di atas dan anda jadikan sebagai APN default.
  • Kemudian silahkan anda jalankan aplikasi VPN yang sudah diinstall tadi.
  • Selanjutnya di dalam menu handler silahkan centang opsi "Remove port".
  • Lalu anda jalankan pencarian bug paket Telkomsel.
  • Setelah itu silahkan anda centang lagi opsi "Remove port".
  • Silahkan anda mengganti port ke port 80 di bagian real proxy type.
  • Selesai.

Dengan demikian anda sudah bisa menggunakan kuota lokal Telkomsel walaupun sedang berada di luar daerah pengaktifan paket.


Apa Itu Kuota Lokal Telkomsel?

Layanan provider Telkomsel memiliki jenis kuota yang berbagai macam, salah satunya yaitu kuota lokal yang akan selalu tersedia disetiap pelanggan Telkomsel

Kuota lokal Telkomsel merupakan sebuah paket data internet yang hanya dapat digunakan di zona tempat mengaktifkan paket internet tersebut.

Dengan kata lain, apabila anda mengaktifkan paket internet Telkomsel ini di kota Jakarta maka secara otomatis kuota lokal anda tidak dapat digunakan di kota Bogor.

Jika anda menginginkan kuota internet dengan cakupan area yang lebih luas, anda bisa membeli kuota nasional sesuai pada zona Telkomsel yang dapat digunakan di seluruh wilayah Indonesia.

Akan tetapi biasanya harga yang ditawarkan lebih mahal dibandingkan kuota internet lokal, hal ini karena cakupan areanya sempit.

Oleh karena itu harga dari kuota internet lokal dapat dikatakan murah dan memiliki kapasitas kuota yang besar, namun bagi anda yang ingin menggunakan kuota lokal Telkomsel ini di daerah lain.

Anda bisa dengan mengikuti panduan yang sudah dijelaskan di atas mengenai cara menggunakan kuota lokal Telkomsel, baik dengan menggunakan aplikasi Fake GPS maupun aplikasi VPN.


Cara Mengecek Jangkauan Kuota Lokal Telkomsel

Dalam pemabahasan sebelumnya telah dijelaskan cara menggunakan kuota lokal Telkomsel agar bisa digunakan di daerah lain.

Karena pada umumnya kuota internet lokal Telkomsel ditentukan berdasarkan wilayah jangkauan, maka sebelum anda menggunakannya, anda dapat mengecek jangkauan wilayah kuota internet lokal tersebut.

Anda bisa mengeceknya dengan melalui aplikasi MyTelkomsel, berikut ini langkah-langkahnya cara mengecek jangkauan kuota lokal Telkomsel yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan anda mendownload dan menginstall aplikasi MyTelkomsel (Download Aplikasi MyTelkomsel untuk Android).
  • Jika anda sudah selesai menginstallnya silahkan anda membuka MyTelkosmel.
  • Setelah itu silahkan anda pilih paket internet dengan internet lokal.
  • Langkah berikutnya silahkan anda mengklik "Syarat dan Ketentuan".
  • Selanjutnya silahkan anda pilih nomor 8 untuk mengecek jangkauan wilayah penggunaan kuota internet.
  • Lalu anda akan diarahkan pada link tertentu untuk mengecek jangkauan wilayah internet lokal.
  • Selesai.

Perlu anda ketahui, apabila kuota lokal Telkomsel digunakan di luar wilayah jangkauan, maka konsumsi penggunaan internet akan dialihkan kejenis kuota lain.

Yaitu seperti kuota internet reguler atau apabila tidak memiliki kuota lain, maka pulsa anda akan terpotong secara otomatis sesuai tarif yang berlaku.


Akhir Kata

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan pada artikel ini mengenai cara menggunakan kuota lokal Telkomsel jika menggunakannya di daerah lain.

Semoga dengan adanya ulasan tentang cara menggunakan kuota internet lokal Telkomsel ini anda tidak bingung lagi cara menggunakannya saat bepergian ke daerah lain dan kehabisan kuota utama.

Anda bisa membagikan informasi yang anda dapatkan pada artikel ini kepada teman-teman anda atau bisa juga dengan mengsharenya di media sosial.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel