Cara Menggunakan Jangka Sorong 2022

Cara Menggunakan Jangka Sorong
Cara menggunakan jangka sorong
sangatlah mudah dilakukan, mungkin anda sudah tidak asing dengan penggaris, jam dan timbangan berat badan yang merupakan alat ukur.

Begitupula dengan jangka sorong yang dipakai untuk mengukur diameter luar ataupun dalam suatu benda, sedangkan penggaris untuk mengukur permukaan yang datar.

Maka jangka sorong dapat dimanfaatkan untuk bisa mengukur panjang benda yang tidak hanya berbidang datar saja, akan tetapi manusia pastinya akan membutuhkan alat ukur panjang.

Tentunya lebih detail untuk bisa mengukur panjang sebuah bentuk benda, sehingga untuk memecahkan kebutuhan tersebut membutuhkan alat ukur jangka sorong yang mempunyai karakteristik tersendiri.

Didalam penggunaannya dan dalam mengukur sebuah benda, apa lagi dikajian ilmu fisika alat ukur tersebut bahkan sudah dikenalkan sejak duduk dibangku SMP.

Namun anda tidak perlu cemas soal cara menggunakan jangka sorong tersebut, sebab kami akan menjelaskannya untuk anda sebagai berikut.


1. Fungsi Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong
Fungsi Jangka Sorong
Sebelum ke cara menggunakan jangka sorong, anda harus tahu apa saja fungsi dari jangka sorong tersebut? Dalam praktiknya jangka sorong mempunyai fungsi yang cukup membantu manusia.

Untuk dapat mengukur panjang sebuah bentuk benda, alat ukur tersebut diciptakan memang untuk menjawab persoalan-persoalan yang masih belum terpecahkan.

Seperti bisa mengukur bentuk benda tidak itu saja dari permukaan datar layaknya alat ukur panjang memakai penggaris dikarenakan pada faktanya kita juga membutuhkan alat ukur yang tepat dan akurat.

Ada beberapa fungsi jangka sorong yaitu sebagai berikut:
  • Berfungsi untuk bisa mengukur suatu benda dari sisi luar dengan cara diapit.
  • Berfungsi mengukur dari sisi dalam bentuk benda yang biasanya berupa lubang seperti pada pipa dengan cara mengulurnya.
  • Berfungsi mengukur kedalaman celah atau lubang suatu bentuk benda dengan cara menancapkan atau menusuk ke bagian alat ukur.
  • Berfungsi mengukur ketebalan suatu bentuk benda.
  • Berfungsi mengukur diameter dalam bentuk benda memakai rahap tetap dan rahang geser atas.
  • Berfungsi mengukur ke dalaman suatu bentuk benda memakai tangkai ukuran bagian bawah, contohnya saja kedalaman tabung, lubang kecil atau perbedaan tinggi yang relatif kecil.
  • Mempunyai dua skala yakni skala utama dan nonius.


2. Jenis - Jenis Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong
Jenis - Jenis Jangka Sorong
Sebelum anda paham cara menggunakan jangka sorong, anda harus tahu jenis-jenis jangka sorong sehingga anda bisa memakai beberapa jenis jangka sorong disesuaikan dengan kebutuhan.

Jenis - jenis jangka sorong yaitu sebagai berikut:


1. Jangka Sorong Analog atau Manual

Jangka sorong jenis ini biasanya dipakai untuk praktikum disekolah ataupun laboratorium sekolah, dikarenakan hanya untuk keperluan praktik saja.

Cara menggunakan jangka sorong satu ini lumayan sulit yaitu secara manual maka membutuhkan ketelitian yang lebih pada saat memakainya.

Sedangkan untuk dapat mengetahui hasil pengukurannya, anda perlu mengitungnya terlebih dahulu secara manual.


2. Jangka Sorong Digital

Jangka sorong satu ini sudah dikembangkan dari jenis sebelumnya yang masih analog atau manual, mungkin anda akan sangat kesulitan dalam menemukan jangka sorong digital disekolah atau.

Laboratorium sekolah, namun jangka sorong satu ini mempunyai layar yang bisa menampilkan nilai dati ukuran benda yang sudah diukur tersebut tanpa harus menghitungnya lebih dahulu secara manual.

Namun jangka sorong digital satu ini akan sangat memudahkan dan mempercepat pada saat mengukur bentuk benda misalnya saja dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi dari segi harga, jangka sorong digital satu ini lebih mahal harganya jika dibandingkan dengan jenis analognya.


3. Jangka Sorong Arloji

Cara menggunakan jangka sorong satu ini yakni membacanya memakai jarum ukuran analog yang dibagian mukanya tertempel atau menggunakan stopper.

Jangka sorong ini memakai jam ukur sebagai pengganti skala nonius pada saat menginterpolasikan garis indeks terhadap skala batang ukur.


4. Jangka Sorong Ketinggian

Jangka sorong ketinggian ini merupakan jenis mistar ingsut yang berfungsi untuk dapat mengukur ketinggian namun jangka sorong tersebut mempunyai rahang ukur yang bergerak secara vertikal.

Dibatang yang berskala tegak lurus dengan landasannya, rahang ukur dijangka sorong tersebut sejajar dengan alasannya supaya garis ukur tegak lurus.

Dengan permukaan dimana landasannya diletakan, itulah sebabnya pengguna dari jangka sorong tersebut membutuhkan permukaan acuan yang rata-rata seperti permukaan meja rata.


3. Bagian - Bagian Pada Alat Ukur Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong
Bagian - Bagian Pada Alat Ukur Jangka Sorong
Supaya anda tahu cara menggunakan jangka sorong, anda harus tahu bagian-bagian jangka sorong dan fungsi bila anda sudah paham bagian-bagian di jangka sorong.

Pastinya akan mudah memakai jangka sorong untuk mengukur diameter atau ke dalam bentuk benda tertentu, untuk lebih jelasnya langsung saja simak dibawah.

Ada beberapa bagian pada alat ukur jangka sorong yaitu sebagai berikut:
  • Rahang Dalam : Terdiri dari rahang geser dan rahang tetap yang bisa berfungsi untuk dapat mengukur bagian dalam seperti diameter atau celah suatu bentuk benda.
  • Rahang Luar : Terdiri dari dua rahang, rahang geser dan tetap yang berfungsi untuk dapat mengukur bagian luar misalnya saja diameter, lebar atau panjang bentuk benda tertentu.
  • Tangkai Ukuran Kedalaman : Bagian ini berfungsi untuk bisa mengukur kedalaman lubang suatu benda tertentu.
  • Skala Utama : Bagian ini berfungsi untuk menyatakan hasil ukuran utama yang biasanya dinyatakan dengan satuan cm atau inci biasanya panjang skala utama yakni 15 hingga 17 sm.
  • Skala Nonius : Bagian ini berfungsi untuk menambahkan tingkat akurasi ekstra di pengukuran yang biasanya dinyatakan dalam satuan inchi atau mm.
  • Baut Pengunci : baut pengunci di jangka sorong berfungsi untuk menahan supaya tetap ditempatnya maka objek benda yang sedang diukur dapat tertahan atau tidak terlepas dan skalanya pun tidak bergeser pada saat sedang diukur.


4. Cara Menggunakan Jangka Sorong

Cara Menggunakan Jangka Sorong
Cara Menggunakan Jangka Sorong
Setelah mengetahui fungsi, jenis-jenis dan bagian pada jangka sorong selanjutnya anda harus tahu cara menggunakan dan membaca hasil ukuran di alat ukur jangka sorong tersebut.

Bila anda berhasil mengukur diameter atau kedalaman benda, akan tetapi tidak dapat membaca atau menafsirkan hasilnya maka percuma saja.

Cara menggunakan jangka sorong yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama siapkan objek atau benda yang akan diukur misalnya saja kelereng, koin atau lain sebagainya.
  • Jika sudah buka rahang geser ke jangka sorong bagian samping kiri sampai benar-benar rapat supaya dapat menghasilkan ukuran yang akurat.
  • Namun pastikan lagi bahwa kedua rahang tertutup dan skala menunjukkan angka nol, hal seperti ini perlu anda perhatikan supaya tidak terjadi kesalahan pengukuran atau biasa disebut zero error.
  • Setelah itu kendurkan dibagian baut pengunci dan tarik rahang geser ke samping kanan hingga benda yang ingin diukur dapat sesuai ditempatkan diantara dua rahang tersebut.
  • Lalu letakkan benda antara kedua rahang dan pastikan kembali bahwa posisi sudah sesuai dan tepat.
  • Kemudian tarik ke bagian rahang geser ke samping kiri hingga mengapit benda yang akan diukur lalu putar baut pengunci sampai terdengar suara klik.
  • Selanjutnya anda perhatikan garis yang terhimpit antara skala atas dan bawah atau skala nonius-nya, lalu temukan angka yang menyambungkanlurus dengan garis dari skala nonius tersebut.
  • Pada tahap ini hitunglah hasil pengukuran yang didapatkan dengan cara menjumlahkan kedua angkanya, maka hitunglah diameter benda yang dicari.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara menggunakan jangka sorong dengan benar dan bentul untuk anda yang belum tahu memakainya.

Bukan hanya cara menggunakannya saja, akan tetapi anda harus paham bagian-bagian dan juga jenis pada alat ukur jangka sorong tersebut.

Jika informasi menurutnya berguna dan bermanfaat langsung saja bagikan link artikel ke media sosial yang anda miliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel