Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram 2022

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram
Cara mengetahui orang yang screenshot Instagram
story atau merekam layar, dimana Instagram baru saja merilis fitur baru kembali, fitur ini hadir dalam Instagram stories, yakni anda dapat mengetahui siapa yang screenshot Instagram stories.

Sejak sejauh ini, pengguna Instagram di belakang layar mampu screenshot Instagram stories anda tanpa ketahuan, dengan fitur Pembaruan Instaram pada saat ini Instagram akan mulai memberi tahu ketika orang lain mengambil screenshot layar di Instagram stories anda.

Berarti ini juga akan memberi tahu pengguna lain ketika anda screenshot layar dari Instagram stories mereka, Instagram stories akan hilang dengan sendirinya setelah 24 jam, sebelum 24 jam anda masih bisa menikmati melihat stories tersebut.

Tetapi screenshot layar dan fungsi perekam layar pada Instagram memungkinkan anda membuat salinan permanen Instaram stories tersebut jika anda benar-benar menginginkannya untuk antisipasi atau berjaga dari tindakan kriminal.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mengetahui orang yang screenshot Instagram dengan mudah dan simak ulasan sebagai berikut.


Update Instagram ke Versi Terbaru

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram
Update Instagram ke Versi Terbaru
Dalam laporan terbaru melalui pengguna media sosial Twitter, Instagram memungkinkan anda untuk menampilkan pemberitahuan ketika seseorang melakukan screenshot layar pada Instagram stories.

Tidak hanya ketika merekam video pada Instagram, stories pun juga akan ada notifikasi untuk pemilik akun, fitur Instagram stories terbaru yang sangat menarik ini setidaknya pencurian konten stories seseorang dapat dikurangi.

Sampai saat ini, pengguna Instagram dapat menyimpan atau membuat screenchot layar goresan pena orang lain pada instagram stories secara rahasia dan tanpa mendeteksi oleh pemilik akun.

Tetapi itu semua akan berubah setelah pembaruan fitur Instagram Baru, dimana ketika seseorang mengambil screenchot layar atau merekam di layar salah satu Instagram stories anda, simbol berbentuk matahari akan muncul di sebelah nama mereka dalam potongan Story Views tersebut.

Menurut Wabetainfo, fitur ini tidak dapat diaktifkan oleh Instagram karena masih dalam pengembangan agar penggunaan fitur bisa secara sempurna, namun beberapa pengguna tampaknya sudah mulai mendapatkan pemberitahuan.

Pemberitahuan tersebut merupakan notifikasi ketika seseorang menggunakan screenchot layar pada Instagram stories, guna untuk pencegahan pengambilan stories orang lain perlu diterapkan cara mengetahui orang yang screenshot Instagram ini.


Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram Mode Vinish

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram
Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram Mode Vinish
Instagram akan memberi tahu anda sebelum mengaktifkan pemberitahuan screenshot melalui pesan konteks yang bertuliskan sebagai berikut “Next time you take a screenshot or screen recording, the person who posted the story will be able to see it.”

Kurang lebih artinya yaitu lain waktu jika anda melakukan screenshot atau perekaman layar maka seseorang yang telah menerbitkanIinstagram stories akan mengetahuinya.

Langkah ini akan menjadi kabar baik bagi pengguna Instagram yang menyadari privasi, membawa Instagram stories lebih tergantung pada Snapchat, aplikasi ini sangat terinspirasi olehnya.

Snapchat memberi tahu anda bahwa orang-orang mengambil Snaps yang anda buat, bahkan jika anda biasanya mampu mengubah sistem dengan menyalakan Air Plane Mode sebelum mengambil screenshot layar tersebut.

Snapchat telah berkembang dengan bijak dalam teknik notivikasi ini berdasarkan The Next Web, Snapchat juga dapat digunakan untuk menipu sistem Instagram itu sendiri.

Nah, ada fitur di Instagram yang bisa mengetahui siapa yang melakukan screenshot isi DM anda sehingga dijamin anti cepu, jika Vanish Mode aktif maka orang yang screenshoot isi DM bakal ketahuan.

Namun jika nonaktif aktifitas percepuan tersebut tidak bisa diketahui, maka cara mengetahui orang yang screenshot Instagram tidak bisa dilakukan karena orang tersebut menyalakan Air Plane Mode sebelum mereka screenshot.

Anda bisa mengaktifkan mode Vinish, ketika anda membuka aplikasi Instagram dan buka DM dengan mengklik icon chat, orang yang mengambil screenshot DM dalam mode vanish, maka anda akan langsung mendapat notifikasi.


Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram via Direct

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram
Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram via Direct
Notifikasinya hanya berlaku untuk pesan yang bersifat sementara, alias akan terhapus secara otomatis setelah sang penerima melihatnya, Instagram kembali meniru fitur dari salah satu aplikasi yang banyak digunakan pada saat ini yaitu Snapchat.

Tapi kali ini demi kebaikan penggunanya terutama dalam hal privasi, saat ini Instagram akan mengirimkan notifikasi ketika ada seseorang yang mengambil screenshot dari pesan anda yang bersifat sementara kemudian akan terhapus secara otomatis via fitur Direct.

Dari dalam aplikasi, sebenarnya anda sudah bisa melihat siapa saja user yang meng-capture foto atau video yang dikirim lewat Direct Instagram anda, tetapi notivikasi tersebut bersifat sementara.

Tetapi cara mengetahui orang yang screenshot Instagram ini perlu diterapkan, agar tidak ada hak cipta yang di ambil oleh orang tidak bertanggung jawab dengan mengambil story atau hal lainnya.

Perlu dicatat, bahwa fitur Derect ini hanya berlaku untuk pesan dalam format baru yang akan hilang dengan sendirinya, pesan standar di Direct tidak terpengaruh oleh Instagram now notifies if someone takes a screenshot.


Cara Mengetahui Yang Unfollow di Instagram Tanpa

Cara Mengetahui Orang yang Screenshot Instagram
Cara Mengetahui Yang Unfollow di Instagram Tanpa
Tidak heran, jika cukup banyak orang yang mencari cara mengetahui orang yang unfollow akun Instagram anda tanpa aplikasi, tidak hanya cara mengetahui orang yang screenshot Instagram saja yang wajib di ketahui.

Untuk mengecek akun instagram yang melakukan unfollow sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis tanpa harus mengeluarkan uang banyak dan cara ini cukup ampuh.

Cara Mengetahuinya yaitu anda bisa cek secara Manual (credit: unsplash), ini merupakan salah satu cara yang paling umum dan banyak orang yang telah melakukannya secara manual.


Akhir Kata

Itu tadi cara mengetahui orang yang screenshot Instagram 2022 yang wajib anda ketahui, tetapi anda perlu mencobanya sendiri untuk membuktikan apakah cara di atas benar-benar bisa atau tidak.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda untuk menambah wawasan mereka, yang sedang mencari tahu cara ini di mesin pencarian Google.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang cara mengetahui sesorang screenshot Instagram berupa story, DM atau lainnya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel