Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update 2024

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update
Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update saat ini sedang banyak dicari oleh pengguna laptop atau ponsel pintar.

Dimana, kegiatan update aplikasi untuk pengguna Android merupakan hal yang teramat penting.

Mengapa demikian? Yang dimana, setiap update yang digelontorkan pengembang akan memperbaiki bug, error serta peningkatan keamanan dari aplikasi tersebut.

Meskipun diklaim sebagai browser yang paling sempurna, nyatanya Google Chrome tidak jarang mengalami masalah error.

Salah satu masalah error yang sering dialami pengguna Google Chrome khususnya di Android adalah Google Chrome gagal update atau bahkan tidak bisa diupdate sama sekali.

Masalah error seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yang pasti dampak yang ditimbulkan oleh Google Chrome tidak bisa diperbarui ke versi baru tersebut cukup banyak dan mengganggu kenyamanan pengguna.

Namun anda tidak perlu bingung, karena pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail cara untuk mengatasi Google Chrome tidak bisa di update.

Yang dimana, cara yang akan kami bagikan ini dipraktekkan pada HP Samsung yang sudah mengadopsi OS Android 11. Karena memang beberapa waktu lalu bisa update Online UI terbaru.

Perlu diketahui, bahwa masalah Google Chrome tidak bisa di update ini banyak yang mengalaminya. Namun, beruntungnnya kami sudah menemukan solusi paling ampuh yang akan dibagikan pada artikel ini.

Pastikan anda membaca artikel ini sampai selesai agar bisa mengatasi Google Chrome error tidak bisaupdate ke versi baru bisa teratasi.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak saja ulasan cara mengatasi Chrome tidak bisa di update yang ada dibawah ini sampai akhir yaa!


Penyebab Google Chrome Gagal di Update

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update
Penyebab Google Chrome Gagal di Update
Sebelum lanjut ke cara mengatasi Chrome tidak bisa di update, alangkah baiknya anda ketahui dulu apa saja yang menjadi penyebab aplikasi Google Chrome tidak bisa di update di HP Android, khususnya HP Samsung.

Dengan demikian, nantinya anda bisa melakukan minimalisir resiko Google Chrome tidak bisa di update lagi yaa guyss.

Adapun beberapa faktor yang menyebabkan aplikasi Google Chrome tidak bisa di update ke versi baru yaitu sebagai berikut:

1. Jaringan Tidak Stabil


Penyebab utama tidak bisa di update Google Chrome ke versi terbaru adalah karena jaringan internet yang tidak normal.

Yang dimana, sinyal HP melemah sehingga sangat susah untuk menjangkau server dari Google dan itulah penyebab Google Chrome tidak bisa di update.

Hal ini biasanya sering dialami ketika anda melakukan update aplikasi menggunakan jaringan data seluler yaa guyss.

Dan terkadang jaringan dari operator yang anda gunakan sedang gangguan, sehingga kurang maksimal saat digunakan mengakses internet.


2. Terlau Banyak File Cache yang Tersimpan


Faktor kedua yang menjadi penyebab aplikasi Chrome tidak bisa diperbarui adalah karena terlalu banyak file cache yang tersimpan di aplikasi. Baik itu file cache di Google Chrome itu sendiri ataupun di Google Play Store nya yaa guyss.


3. File Data yang Corrupt


Selain file cache, terdapat penyebab lain tidak bisa mengupdate Google Chrome di Play Store adalah karena terjadi file Corrupt.

Yang dimana, file corrupt ini bisa dikarenakan serangan virus ataupun bug yang terjadi pada aplikasi tersebut ya guyss.

Dan masalah gagal update yang disebabkan file corrupt tersebut bisa terjadi pada Google Chrome ataupun Google Play Store yang menjadi tempat untuk update aplikasi yaa guyss.


4. Sistem Android Mengalami Error


Dan penyebab yang terakhir adalah karena terjadinya masalah error pada sistem Android yang anda gunakan.

Error pada sistem Android ini sendiri kadang terjadi secara alamiah, diserang oleh virus atau malware ataupun karena aktivitas oprek Android dari pengguna.


Cara Mengatasi Chrome Tidak bisa di Update di HP Android

Cara Mengatasi Chrome Tidak Bisa di Update
Cara Mengatasi Chrome Tidak bisa di Update di HP Android
Setelah mengetahui alasan kenapa Google Chrome tidak bisa di update di HP Android, sekarang lanjut ke cara mengatasinya yaa guyss.

Masalah tidak bisa mengupdate Google Chrome di Play Store ini sebenarnya bisa diperbaiki dengan sangat mudah lho.

Yang dimana, masalah tidak bisa atau gagal update seperti ini tidak hanya terjadi pada Google Chrome. Banyak para pengguna yang juga mengeluhkan masalah tidak bisa update WebView Sistem Android.

Adapun dibawah ini adalah cara mengatasi Chrome tidak bisa di update di Android yang bisa anda lakukan dan terapkan yaitu sebagai berikut:

1. Lakukan Restart HP


Pertama untuk cara mengatasi Chrome tidak bisa di update di HP adalah dengan anda melakukan proses restart HP.

Yang dimana, cara ini diklaim sangat ampuh untuk mengatasi masalah error ringan di Android. Termasuk masalah gagal update Google Chrome di Play Store.

Cukup anda tekan tombol Power beberapa detik hingga muncul tiga pilihan atau tombol dilayar, kemudian anda pilih saja tombol Restart atau Mulai Lagi.

Setelah HP selesai melakukan restart, sekarang anda bisa coba lakukan update Google Chrome melalui Google Play Store seperti biasa ya guyss.


2. Sambungkan HP ke Jaringan WiFi


Mungkin saja masalah utama kenapa Google Chrome tidak bisa di update disebabkan oleh jaringan internet yang tidak normal.

Dan untuk masalah yang satu ini, biasanya ditandai dengan munculnya sebuah tulisan "Tertunda" dalam waktu sangat lama ketika update Google Chrome Play Store.

Silahkan anda lakukan "Batal" update Google Chrome terlebih dahulu, kemudian silahkan ubah jaringan di HP ke jaringan WiFi.

Nah, apabila sudah terhubung ke jaringan WiFi tersebut maka sekarang anda coba lakukan update Google Chrome lagi.

Catatan: Umumnya jaringan WiFi lebih cepat dan stabil dibandingkan menggunakan jaringan data seluler lho guyss.

Hal inilah kenapa cara ini sangat direkomendasikan untuk mengatasi masalah gagal update Google Chrome yang terus tertunda.


3. Menghapus Cache dan Data Aplikasi


Jika kedua cara mengatasi Chrome tidak bisa di update diatas belum berhasil melalui Google Play Store, maka anda bisa coba cara ketiga ini.

Cara ini diklaim yang paling ampuh untuk mengatasi masalah tersebut dan langkah-langkahnya pun sangat mudah serta praktis.

Perlu diketahui, bahwa setidaknya ada 2 aplikasi yang harus anda hapus file cache atau datanya agar masalah tidak bisa update segera teratasi.

Dan kedua aplikasi yang dimaksud yaitu Google Chrome dan Google Play Store, sebenarnya anda bisa melakukan ini pada Google Play Store.

Akan tetapi agar lebih maksimal, sebaiknya silahkan anda hapus cache dan data dilakukan pada kedua-duanya ya guyss.


Akhir Kata

Nah demikianlah itu dia beberapa cara mengatasi Chrome tidak bisa di update di HP yang sudah kami bagikan diatas untuk anda, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Bagaimana sangat mudah bukan untuk dilakukan? dan tentunya beberapa cara diatas tidak menghabiskan begitu banyak waktu anda lho guyss.

Jika anda mengalami hal serupa, maka anda bisa langsung mengikuti salah satu cara diatas dan mengikuti tahapannya dengan benar dan tepat agar prosesnya berhasil.

Dan apabila menurut anda informasi ini cukup penting, langsung saja anda bisa membagikannya kepada teman-teman atau ke akun media sosial yang anda punya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Technology article editor, IT consultant. has been involved in the website and technology sector since 2017.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel