Cara Mengajukan Banding Instagram 2022

Cara Mengajukan Banding Instagram
Cara mengajukan banding Instagram
sangatlah mudah dilakukan, apa lagi diera seperti saat ini internet seakan menjadi kebutuhan sehari-hari.

Internet mampu menyediakan berbagai macam fasilitas seperti halnya informasi, hiburan sampai toko daring didalam internet juga ada media sosial yang dimana para penggunanya.

Bisa saling tersambung tanpa adanya batasan tempat dan waktu termasuk salah satu media sosial yang cukup populer dengan miliaran pengguna dari seluruh dunia yakni Instagram.

Instagram juga tempat menyenangkan buat penggunanya, akan tetapi dibeberapa kesempatan pengguna mendapat masalah maka harus mengajukan banding ke pihak Instagram.

Nah, bagaimana cara mengajukan banding Instagram? Untuk itu, dikesempatan kali ini kami akan membagikan informasi sebagai berikut.


1. Cara Mengajukan Banding Instagram

Cara Mengajukan Banding Instagram
Cara Mengajukan Banding Instagram
Dilansir dari buku Instagram : Visual Social Media Culture karya Tama Leaver, Tim Highfield dan Crystal Abidin (2020:64) Instagram sendiri menjadi sinonim dengan desain visual.

Bahkan pengalaman visual hal seperti ini menyebabkan banyaknya pengguna yang memakai Instagram di kehidupan sehari-hari didalam bermain Instagram.

Tidak jarang dari mereka mendapatkan masalah seperti akun Instagram di nonaktifkan maka harus melakukan pengajuan banding ke pihak Instagram supaya masalah kita bisa diselesaikan.

Sesuai dengan harapan kita, lantas bagaimana caranya supaya banding kita dapat cepat direspons? Untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara mengajukan banding Instagram yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama buka aplikasi Instagram di ponsel anda.
  • Jika sudah masukkan ID dan password anda dikolom yang sudah disediakan.
  • Nantinya anda akan melihat bahwa akun anda dinonaktifkan.
  • Jika sudah anda bisa mengajukan banding dengan cara menekan tombol appeal.
  • Silahkan ikuti langkah-langkah yang harus anda lakukan didalam mengajukan banding.


2. Cara Mengajukan Banding Instagram Menuju Pusat Bantuan Instagram

Cara Mengajukan Banding Instagram
Cara Mengajukan Banding Instagram Menuju Pusat Bantuan Instagram
Bukan hanya cara diatas saja, anda juga dapat melakukan pengajuan dengan menuju pusat bantuan pihak dari Instagram dan untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara mengajukan banding Instagram dengan menuju pusat bantuan Instagram yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu buka laman berikut ini diperamban anda help.instagram.com/contact/606967319425038.
  • Jika sudah isi kolom yang sudah disediakan seperti halnya nama, nama akun Instagrammu, alamat surelmu sampai nomor telepon.
  • Setelah itu jelaskan alasan mengapa seharusnya akunmu tidak dinonaktifkan di kolom terakhir dengan penjelasanya yang lebih detail.
  • Bila sudah terisi semuanya, lanjutkan dengan klik tombol Kirim.
  • Mungkin anda akan memerlukan beberapa waktu untuk pihak Instagram menindak lanjutkan ajuan bandingnya, akan tetapi sebaiknya bila anda sering membuka surelmu untuk mengecek balasan dari IG.


3. Cara Mengajukan Banding Akun Instagram yang Ditangguhkan

Cara Mengajukan Banding Instagram
Cara Mengajukan Banding Akun Instagram yang Ditangguhkan
Untuk bisa cara mengajukan banding Instagram anda yang di tangguhkan sangatlah mudah, sebab anda hanya perlu memastikan bila anda terkena suspend dan bukan terhapus.

Hal seperti dikarenakan akun yang sudah terhapus tidak dapat aktif kembali, namun untuk memastikannya anda bisa log in dengan akun Instagram-nya.

Jika terdapat tulisan "Your account has been disabled for violating our terms" itu adalah salah satu ciri akun Instagram yang dinonaktifkan supaya akun anda kembali seperti semula simak ulasan dibawah.

Cara mengajukan banding akun Instagram yang ditangguhkan yaitu sebagai berikut:
  • Akses link ajukan banding Instagram terlebih dahulu melalui link berikut ini (https://help.instagram.com/contact/606967319425038).
  • Jika sudah isi formulir yang sudah disediakan dimulai dari nama, nama akun Instagram, alamat email dan nomor telepon.
  • Lalu dikolom terakhir jelaskan kepada pihak Instagram bahwa akun anda tidak seharusnya kena suspend.
  • Namun anda harus pastikan memakai diksi atau kalimat yang baik dan sopan tentunya tidak menulis dengan penuh emosi negatif.
  • Pada tahap ini anda tinggal melakukan pengiriman formulir tersebut kepada pihak Instagram supaya mereka tidak lanjuti.
Lantas, berapa lama proses banding akun Instagram tersebut? Biasanya sih dari satu hari sampai tujuh hari, akan tetapi bisa juga lebih.


4. Cara Mengajukan Banding Konten Instagram yang Dihapus

Cara Mengajukan Banding Instagram
Cara Mengajukan Banding Konten Instagram yang Dihapus
Jika sudah cara mengajukan banding Instagram, nah selanjutnya mengajukan banding untuk konten Instagram yang dihapus tersebut.

Cara mengajukan banding konten Instagram yang dihapus yaitu sebagai berikut:
  • Hal pertama yang harus dilakukan yakni masuk ke dalam menu Profil didalam aplikasi Instagram.
  • Jika sudah lalu pilihlah opsi ikon gir untuk masuk ke dalam menu Pengaturan selanjutnya pilih opsi Bantuan.
  • Lalu anda perlu memilih opsi Permintaan Dukungan dan silahkan klik opsi Pelanggaran.
  • Silahkan tunggu beberapa saat sampai notifikasi muncul.
  • Setelah anda memenuhi persyaratan untuk mengajukan banding, nantinya akan menerima Nomor Referensi Dewan Pengawas.
  • Pada tahap ini anda bisa mengajukan banding dengan nomor referensi tersebut.


Alasan Mengapa Akun Instagram Dinonaktifkan?

Jika anda sudah tahu cara mengajukan banding Instagram, nah selanjutnya anda harus tahu alasan mengapa akun Instagram dinonaktifkan?.

Ada beberapa alasan pihak Instagram menonaktifkan akun pengguna, Instagram biasanya akan mendapatkan pesan pop-up yang muncul dilayar.

Bila akun sudah dinonaktifkan ketika pengguna mencoba untuk masuk ke dalam akun, Instagram tidak memberikan panduan yang tepat mengapa akun dinonaktifkan.

Namun layanan itu mengatakan penonaktifkan akun dikarenakan oleh pelanggaran pedoman komunitas atau persyaratan penggunaan tersebut.

Secara umumnya sih hal-hal seperti ini diantaranya kegiatan ilegal, perkataan yang berbau kebencian dan kekerasan adalah salah satu pemicunya.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengajukan banding Instagram yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda gunakan.

Ada beberapa cara yang sangatlah mudah dilakukan tinggal pilih salah satu cara yang sangatlah mudah diterapkan didalam melakukan pengajuan banding kepihak Instagram.

Jika informasi ini sangatlah bermanfaat dan berguna sekali langsung saja bagikan link artikel ke sosial media seperti Instagram, Facebook dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel