Cara Membuat Virtual Background di Zoom 2022

Cara Membuat Virtual Background di Zoom
Cara Membuat Virtual Background di Zoom saat ini tengah banyak yang mencarinya. Karena di masa pandemi, webinar menjadi salah satu hal yang lebih sering dilakukan dibandingkan dengan acara seminar secara langsung.

Untuk membuat suasana webinar tampak lebih kompak dan kreatif, maka anda perlu mengubah background meeting dengan gambar dan tulisan yang indah dan senada.

Pada kali ini kami akan memberikan sedikit informasi dan tips yang bisa digunakan ketika anda bergabung dalam sebuah acara atau rapat online menggunakan Zoom.

Zoom sendiri adalah layanan video conference yang memungkinkan para pengguna untuk melakukan obrolan daring dengan memanfaatkan teknologi cloud komputer dan keamanan 256-bit TLS encryption.

Dimana Zoom dikembangkan oleh perusahaan Zoom video Commucations, Inc. yang terletak di San Jose, California, Amerika Serikat.

Perlu diketahui, Zoom ini didirikan oleh mantan eksekutif Cisco Webex, Eric Yuan pada tahun 2011 dan diluncurkan secara publik pada tahun 2013.

Dengan Zoom, para pengguna bisa saling terhubung, melakukan meeting, webinar, chatting, bahkan hingga melakukan diskusi dalam sebuah Channel.

Zoom tersebut menjadi alternatif untuk bekerja dan belajar jarak jauh dari banyak organisasi dan lembaga di seluruh dunia lho guyss.

Dukungan OS untuk layanan Zoom juga sangat beragam yakni mulai dari MacOS, Windows, Linux, iOS, Android, Web App, bahkan hingga ekstensi untuk Google Chrome dan Firefox.

Sebagaimana sudah diketahui oleh banyak orang, aplikasi Zoom menyediakan sebuah fitur virtual background.

Fitur ini sendiri nantinya bisa digunakan oleh para penggunanya untuk mengganti latar belakang video yang di bagikannya, sehingga tampak lebih menarik.

Dan yang menjadi permasalahannya adalah masih banyak yang bingung dalam membuat virtual background ketika akan mengadakan suatu acara daring.

Yang mana, padahal cara membuat virtual background Zoom itu cukup mudah dan tidak terlalu ribet ya guyss.

Daripada anda penasaran, yuk simak saja cara membuat virtual background di Zoom yang ada dibawah ini sampai selesai yaa!


1. Bahan dan Persiapan Membuat Virtual Backgound di Zoom

Cara Membuat Virtual Background di Zoom
Bahan dan Persiapan Membuat Virtual Backgound di Zoom
Sebelum ke cara membuat virtual backgorund di Zoom, ada beberapa hal yang harus anda siapkan terlebih dahulu.

Adapun ini beberapa bahan dan persiapan yang anda butuhkan dalam membuat virtual background Zoom yaitu sebagai berikut:

  • Tema dan konsep yang di inginkan


Hal pertama dan menurut kami cukup penting adalah tema serta konsep dari acara yang akan anda buatkan virtual background nya.

Jadi harus di sesuaikan, jangan sampai acara rapat resmi, konsepnya santai dan lucu-lucu kan jadi aneh ya guyss.

  • Media pendukung seperti Logo, gambar dan tulisan penunjang


Jadi ketika anda hendak mengadakan acara resmi atau webinar, maka sebaiknya virtual background yang nantinya anda buat memiliki media pendukung seperti logo institusi, gambar atau foto narasumber hingga tulisan yang biasanya berisikan tema dari acara.

  • Aplikasi untuk membuat virtual Background


Nah, setelah tema atau konsep dan juga media pendukungnya sudah di dapatkan. Maka langkah terakhir yang harus anda siapkan adalah mencari aplikasi yang akan digunakan untuk membuat virtual background nya.


2. Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Canva

Cara Membuat Virtual Background di Zoom
Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Canva
Perlu diketahui, bahwa banyak sekali aplikasi yang bisa anda gunakan untuk membuat virtual background Zoom lho guyss.

Jika anda seorang desain grafis, maka sudah pasti akan lebih suka membuat virtual background dengan menggunakan aplikasi Canva, Corel Draw dan aplikasi desain lainnya.

Bagi anda yang penasaran bagaimana cara membuat background nya, yuk simaklah langkah-langkah cara membuat virtual background di Zoom menggunakan Canva yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, silahkan download dan install aplikasi Canva di Google Play Store atau bisa juga melalui link berikut (Download Aplikasi Canva untuk Android).
  • Setelah itu install aplikasi tersebut, jika sudah maka login ke akun Canva yang sebelumnya sudah anda buat.
  • Pilih template latar belakang Zoom atau buat desain dari awal dengan cara memilih tombol Create a Design > Zoom Virtual Background.
  • Lalu ubah template yang sudah anda pilih sebelumnya dan tambahkan sentuhan pribadi anda, bisa dengan mengubah font, mengganti warna atau menambah element pendukung lainnya.
  • Kemudian silahkan lakukan Rename untuk desain virtual background Zoom yang sudah selesai dibuat. Lalu unduh desain yang sudah selesai dibuat dengan menekan tombol Download.
  • Setelah itu, pilihlah format file yang akan diunduh. Jika menginginkan ukuran file tidak terlalu besar, maka simpan dengan format JPG.
  • Selesai.


3. Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Modsy

Cara Membuat Virtual Background di Zoom
Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Modsy
Selain menggunakan template yang tersedia di aplikasi Zoom, cara membuat virtual background di Zoom juga bisa dilakukan dengan aplikasi Modsy.

Pada aplikasi ini, pengguna bisa membuat desain virtual background dengan tema desain interior seperti perumahan maupun apartemen mewah.

Yang dimana aplikasi Modsy menyediakan berbagai pilihan gambar perabot rumah yang bertema unik dan menarik.

Para pengguna bisa membuat desain dengan menggunakan fitur dan pilihan gambar yang tersedia, lalu melakukan pengunduhan gambar.

Dan untuk menerapkannya di Zoom meeting, pengguna bisa membuka aplikasi Zoom dan memilih tombol panah (+) pada opsi virtual background lalu pilih gambar.


4. Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Unsplash

Cara Membuat Virtual Background di Zoom
Cara Membuat Virtual Background di Zoom Menggunakan Aplikasi Unsplash
Aplikasi Unsplash merupakan sumber gambar gratis dari pengguna aplikasi yang bisa diunduh dan digunakan oleh orang lain secara gratis.

Dimana, aplikasi ini menyediakan berbagai gambar dengan beragam tema yang unik dan menarik lho guys.

Selain itu, gambar yang tersedia juga memiliki kualitas HD sehingga sangat cocok digunakan sebagai virtual background.

Adapun cara membuat virtual background di Zoom di aplikasi Unsplash bisa dilakukan dengan memilih tombol pencarian.

Para pengguna bisa mencari gambar yang di inginkan, lalu klik unduh untuk digunakan sebagai virtual background di aplikasi Zoom.


Akhir Kata

Nah itu dia beberapa cara membuat virtual background di Zoom beserta bahan dan persiapannya yang sudah kami bagikan diatas, maka dengan begitu anda tidak akan kebingungan lagi.

Dengan mengetahui cara membuat virtual background yang mudah, maka akan memberikan insight positif dan membuat suasana Zoom lebih kompak dan kreatif.

Perlu diketahui, bahwa ketika menggunakan virtual background ada kalanya wajah para pengguna menjadi tidak rata dan terpotong.

Untuk itu, sebaiknya gunakan saja green screen untuk mengatasinya. Dan jika menurut anda informasi ini cukup penting, silahkan langsung saja bagikan ke akun media sosial yang anda punya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel