Cara Membuat Bot Telegram Sendiri 2022

Cara Membuat Bot Telegram Sendiri
Cara membuat bot Telegram
sendiri terbilang sangat mudah, kali ini kami akan membahas tentang cara membuat Telegram Bot yang perlu anda ketahui, jadi pastikan anda tidak melewatkan untuk menambah pengetahuan tentang Telegram ini.

Telegram Bot merupakan sebuah fitur atau akun yang ada di Telegram, fitur ini dioperasikan dengan sebuah perangkat lunak yang memiliki fitur AI, anda bisa menggunakan fitur ini tanpa perlu nomor telepon dan tanpa perlu instal aplikasi terlebih dahulu.

Aplikasi ini telah berjalan pada semua platform yang mendukung Telegram tersebut, sehingga penggunaannya tidak perlu diinstal lagi, anda bisa menggunakan fitur Telegram ini untuk melakukan pencarian, pengingat, dan sebagai penghubung.

Istimewanya dari fitur ini yaitu Anda dapat gunakan untuk membuat berbagai macam konten, yang misalnya anda bisa menggunakan fitur ini untuk membuat game, hal ini bisa dilakukan apabila sudah mengetahui cara membuat Telegram Bot.

Ada dua cara yang bisa anda ikuti untuk bisa membuat bot di aplikasi Telegram, cara yang pertama adalah dengan menggunakan channel BotFather di aplikasi Telegram dan cara yang kedua yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan Manybot.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang 2 cara membuat bot Telegram sendiri dengan mudah, dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Menggunakan Fitur Channel BotFather

Cara Membuat Bot Telegram Sendiri
Menggunakan Fitur Channel BotFather
Jika anda pengguna aplikasi Telegram dan penasaran ingin menggunakan fitur Bot ini, anda perlu belajar cara membuatnya dengan menggunakan berbagai fitur yang ada di Telegram dengan sangat mudah.

Fitur Channel ini dapat anda gunakan untuk membagikan segala sesuatu dengan mudah pada banyak orang sekaligus, dan selain itu channel ini juga dapat digunakan untuk membuat Bot dengan meilihat cara di bawah ini.

Simak selanjutnya, langkah langkah cara membuat bot Telegram sendiri dengan menggunakan fitur Channel BotFather yaitu sebagai berikut:
  • Silakan buka aplikasi Telegram dan ketikkan BotFather pada kolom pencarian tersebut.
  • Kemudian, pilihlah channel BotFather yang sudah terverifikasi yang ditandai dengan centang biru.
  • Jika sudah, maka anda tekan tombol Start untuk memilih bot yang tersedia dan silakan, tekan pada pilihan new bot untuk membuat bot baru.
  • Anda bisa melanjutkan dengan membuat akun bot baru dengan memberikan nama yang terdiri dari 5 sampai 32 karakter saja.
  • Jika sudah, anda siapkan username yang diakhiri dengan -bot.
  • Selanjutnya, anda akan diberikan Token berwarna biru yang biasanya diketik dengan font Telegram Bot yang berbeda agar token anda bisa berhasil dibuat.
  • Setelah itu, anda sudah bisa menggunakan bot tersebut dan jangan lupa untuk mengamankan token bot anda, agar tidak diakses dan dikendalikan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.


2. Menggunakan Manybot

Cara Membuat Bot Telegram Sendiri
Menggunakan Manybot
Jika anda ingin menciptakan dan mengedit Bot sendiri di Telegram, maka anda bisa menggunakan Manybot, tetapi anda perlu menyalin token dari fitur channel BotFather terlebih dahulu agar bisa membuat Bot di Manybot itu sendiri.

Simak langkah langkah cara membuat bot Telegram sendiri menggunakan Manybot yang bisa anda ikuti sebagai berikut:
  • Silakan buka Telegram anda di ponsel dan ketikkan Manybot di kolom pencarian tersebut.
  • Selanjutnya, pilih bahasa terlebih dahulu menggunakan bahasa Inggris karena bahasa Indonesia belum tersedia pada aplikaso Telegram pada saat ini.
  • Pilih Create a New Bot untuk mendapatkan pesan secara otomatis yang akan mengarahkan anda untuk membuat Bot baru pada Telegram.
  • Jika sudah, silakan untuk menyalin token yang diperoleh dari BotFather sebelumnya.
  • Kemudian, kirimkan token tersebut ke Manybot dengan menggunakan chat Telegram Bot tersebut.
  • Jika sudah, silakan untuk menyalin token yang telah di kirim di BotFather.
  • Lalu, kirimkan token tersebut ke Manybot dengan menggunakan chat Telegram Bot tersebut.
  • Telegram Bot anda sudah selesai dan bisa digunakan untuk keperluan pribadi. Bagaimana, cukup mudah bukan? Yuk, segera coba membuat Telegram Bot sendiri di HP anda.


Cara Menggunakan Telegram Bot

Cara Membuat Bot Telegram Sendiri
Cara Menggunakan Telegram Bot
Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk sebuah bot ini, kami akan menjelaskan beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menggunakan sebuah Telegram bot ini.

Selain cara membuat bot Telegram sendiri, anda harus mengetahui cara menggunakan Telegram bot ini, agar anda bisa memanfaatkan berbagai macam fitur di dalam bot tersebut.

Simak selanjutnya beberapa cara menggunakan Telegram bot yang sangat mudah, yang bisa anda gunakan untuk bot ini yaitu sebagai berikut:


Cara Pertama

  • Anda bisa mengirimkan sebuah pesan di Telegram bot ini, berupa perintah ke fitur Bot dengan cara membuka sebuah obrolan dengan salah satu bot yang ingin anda tuju.
  • Lanjutkan dengan mencari sebuah Bot di kotak pencarian yang ada di aplikasi Telegramanda, jika sudah ketemu anda hanya tinggal memasukkan tulisan sebuah bot yang ingin dicari.
  • Jika sudah melakukan hal diatas tersebut, anda hanya tinggal melakukan sebuah chat dengan mengetikkan sebuah perintah sesuai dengan yang anda inginkan.
  • Sebuah perintah yang telah anda kirimkan tadi, akan dilanjutkan dengan diteruskan kesebuah perangkat lunak yang berjalan dalam suatu server Telegram.
  • Langkah terakhir yaitu, anda hanya menunggu selama perjalanannya dalam server yangn berjalan, perintah yang telah anda kirimkan akan di enkripsi sekaligus dengan melakukan sebuah komunitas dengan aplikasi Telegram ini.


Cara Kedua

  • Anda dapat berinteraksi dengan bot yang anda inginkan di Telegram bot ini.
  • Untuk berinteraksi menggunakan bot ini, anda harus mengirimkan permintaan atau perintah dengan cara mengetikkan langsung nama pengguna bot yangn akan anda kirimkan dan perintahnya didalam sebuah bidang input.
  • Hal tersebut biasa anda sebut sebagai bot online.


Berbagai Manfaat Bot Telegram

Cara Membuat Bot Telegram Sendiri
Berbagai Manfaat Bot Telegram
Jika anda mempunyai bot Telegram, bisa mengatur bot tersebut untuk melakukan berbagai pekerjaan secara otomatis, berdasarkan interaksi yang sering terjadi dengan pengguna bot Telegram lainnya misal, membalas pesan secara otomatis untuk urusan bisnis.

Mempelajari cara membuat bot Telegram sendiri ini sebenarnya belum cukup, anda juga sebaiknya memahami berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh bot Telegram.

Bot mampu mengirimkan pemberitahuan khusus dan berita terbaru dari semua informasi, bot Telegram juga bisa bekerja sebagai sebuah koran pintar, karena bot akan memilih topik artikel atau berita yang paling sesuai dengan minat para pengguna Telegram-nya.

Bot ini juga menyediakan konten dari berbagai layanan lainnya dengan sekaligus, sehingga pemirsa serta pembuat konten bisa lebih mudah mencari berita dan menyajikannya pada pengguna Telegram.

Bot Telegram bahkan bisa bertindak sebagai suatu kasir virtual yang akan menangani metode maupun proses pembayaran yang ingin anda lakukan. kalau anda punya bisnis yang sudah mulai ramai, pastikan untuk mempelajari dan memahami cara membuat bot Telegram dengan benar dan tepat.

Bot Telegram bisa anda gunakan untuk menciptakan game online yang bisa dimainkan di aplikasi Telegram bersama dengan teman-teman satu game arcade sederhana hingga game puzzle.


Keunggulan Aplikasi Telegram

Fitur chat ditelegram ini ternyata sangat aman, bagi anda para pengguna Telegram yang tidak ingin sama sekali sebuah obrolan Telegram kalian di intip, sangat bisa memanfaatkan fitur chat Telegram ini.

Tetapi disemua aplikasi maupun Telegram sekalipun, memiliki sebuah kerawanan masing-masing dari sebuah celah keamanan yang tidak disengaja dalam fitur chat tersebut, karena hal akan terjadi di berbagai aplikasi dan tidak bisa dihindari.

Di aplikasi Telegram juga mempunyai sebuah fitur yang sangat berguna bagi anda, seperti fitur Bot ini fitur Bot ini telah diluncurkan di aplikasi Telegram pada tahun 2015 lalu, dan fitur ini terbilang telah lama ada di Telegram.

Cara membuat bot Telegram sendiri ini sangat penting untuk para pengguna Instagram ketahui, karena bot Telegram ini sangat bermanfaat dan memiliki berbagai fitur menarik yang bisa anda gunakan.


Akhir Kata

Itu tadi 2 cara membuat bot Telegram sendiri 2022 dan tedapat berbagai penjelasan tentang penggunan bot Telegram tersebut, untuk memberikan anda pengetahuan tinggi di aplikasi Telegram.

Di bot Telegram ini anda bisa mengirim chat kepada pengguna bot telegram juga, anda juga bisa memanfaatkan dari berbagai fitur yang telah tersedia di bot Telegram itu.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu kegunaan bot Telegram itu sendiri da manfaat menggunakan bot Telegram.

Itulah seluruh pembahasan kami pada arikel kali ini, tetang bagaimana cara mmbuat Telegram bot yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi atau dengan misi tertentu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel