Cara Membagikan Grup WA 2022

Cara Membagikan Grup WA
Cara membagikan grup WA
sangatlah mudah dilakukan, walaupun ada banyak pengguna yang masih belum mengetahui cara membagikan link grup WhatsApp untuk mengundang anggota baru.

Hal seperti ini tidak begitu mengherankan, mengingat menu bagi link tersebut cukup tersembunyi dan tidak semua pengguna WhatsApp bisa menemukannya.

Padahal ada fitur membagikan link grup tersebut sangatlah berguna pada saat anda ingin menambah anggota grup dengan mudah dan praktis.

Sebab anda tidak perlu lagi menambahkan anggota grup satu per satu yang tentunya cukup menguras banyak waktu, lantas bagaimana cara membagikan grup WA? Oleh sebab itu, simak sebagai berikut.


1. Cara Membuat Link Undangan Grup WhatsApp

Cara Membagikan Grup WA
Cara Membuat Link Undangan Grup WhatsApp
Sebelum cara membagikan grup WA, sebaiknya anda buat terlebih dahulu link undangan grup WhatsApp dikutip buku Inovasi Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Keperawatan.

Oleh Antariksawan, dkk (2021) WhatsApp sendiri banyak dipilih oleh pengguna Smartphone dikarenakan tidak hanya berguna sebagai media pesan instan saja.

Namun melainkan juga sangatlah berguna layaknya media sosial, mengirimkan link grup chat WhatsApp berfungsi supaya seseorang bisa masuk ke dalam grup secara otomatis.

Hanya dengan mengklik undangan yang dibagikan tersebut, anda perlu diketahui bahwa terdapat sejumlah opsi yang dapat dipilih untuk membagikan link grup WhatsApp.

Misalnya saja seperti tautan melalui aplikasi secara langsung, silahkan bagikan link ke platform lain, bagikan QR Code dan copy link sebagai teks.

Akan tetapi apa bila link sudah rusak, sehingga anda dapat membuat link grup lagi dengan menggunakan fitur reset link untuk lebih jelasnya simak dibawah.

Cara membuat link undangan grup WhatsApp yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama silahkan anda buka aplikasi WhatsApp yang terdapat di ponsel anda.
  • Jika sudah lalu pilih opsi ikon "Pesan" yang terdapat pada pojok bawah aplikasi.
  • Setelah itu klik opsi "Grup Baru" untuk dapat membuat grup baru terlebih dahulu.
  • Lalu pilih beberapa anggota grup yang ingin dimasukkan.
  • Kemudian anda tinggal masukkan saja objek grup atau nama grup.
  • Selamat, grup WhatsApp anda sudah siap dipergunakan.


2. Cara Membagikan Grup WA Melalui Link

Cara Membagikan Grup WA
Cara Membagikan Grup WA Melalui Link
Jika anda adalah admin grup di WhatsApp, sehingga anda dapat mengundang anggota baru untuk langsung bergabung ke dalam grup melalui link.

Anda dapat menerapkan fitur "Atur Ulang Tautan Kapan Saja" itu berguna membuat link baru, untuk lebih jelasnya langsung simak dibawah ini.

Cara membagikan grup WA melalui link yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu bukalah grup WhatsApp jika sudah langsung saja tap Subjek Grup.
  • Tidak itu saja anda bisa langsung tap dan tahan nama grup yang terdapat di opsi Chat.
  • Lalu anda klik opsi Lainnya dan masuk ke dalam Info Grup.
  • Jika sudah langsung saja pilih opsi Undang Via Tautan.
  • Kemudian anda klik opsi Kirim tautan via WhatsApp, kode QR, Salin tautan atau bagikan tautan via aplikasi yang lain.
  • Bila anda ingin mengirimkan tautan melalui WhatsApp silahkan anda pilih kontak dan klik Kirim.
  • Pada tahap ini bila anda ingin menyetel ulang link silahkan klik Setel Ulang Tautan.
Biasanya cara membagikan link WhatsApp sangatlah mudah dilakukan apa bila kita memahami prosedurnya, namun sekarang ini saatnya anda membuat grup baru dan undang banyak orang.

Untuk langsung bergabung didalam media sosial tersebut, nah sekarang kita akan masuk ke pembahasan selanjutnya yaitu kelebihan membuat link grup WhatsApp.


3. Kelebihan Membuat Link Grup WA

Cara Membagikan Grup WA
Kelebihan Membuat Link Grup WA
Itulah langkah-langkah cara membagikan grup WA, seperti penjelasan diatas kami akan membahas kelebihan dalam membuat link grup WhatsApp.

Akan tetapi pastikan saja dengan kemudahan yang akan diberikan, untuk lebih jelasnya lagi simak ulasan dibawah ini.

Ada beberapa kelebihan membuat link grup WA yaitu sebagai berikut:
  • Siapapun bisa masuk secara otomatis : User WhatsApp yang ingin menjadikan anggota grup tidak perlu meminta admin grup untuk memasukkannya, maka untuk admin pun tidak perlu memasukkan orang satu per satu secara manual.
  • Admin tidak perlu melakukan penyimpanan kontak baru.
  • Calon peserta bebas untuk memasukkan ataupun tidak dari pada memasukkan anggota secara manual namun ternyata sik anggota belum pastinya setuju dipaksa masuk grup tersebut. Akan tetapi lebih baik kirimkan undangan berisikan link grup, sehingga dengan link undangan calon peserta dapat memilih untuk masukan kapanpun yang mereka inginkan.


4. Kelemahan Membuat Link Grup WA

Cara Membagikan Grup WA
Kelemahan Membuat Link Grup WA
Bukan hanya cara membagikan grup WA dan kelebihannya, selanjutnya anda harus tahu kelemahan apa saja dalam membuat link grup WA.

Ada beberapa kelemahan membuat link grup WA yaitu sebagai berikut:
  • Tidak bisa mengontrol siapa yang masuk grup, dikarenakan tidak semua orang bisa masuk ke dalam grup sehingga admin kesusahaan untuk mengontrol siapa saja yang memang membutuhkan dan mempunyai kepentingan dalam grup. Selain menyebarkan iklan atau promosi bahkan membuat onar didalam grup.
  • Jumlah anggota terbatas, namun adanya jumlah maksimal dalam setiap grup pastinya akan menyebabkan orang yang ingin masuk ke dalam grup akan tetapi kenyataannya kuotanya sudah penuh maka akan sangat kecewa.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara membagikan grup WA yang sudah kami sampaikan diatas digunakan dan diterapkan.

Ada beberapa langkah-langkah yang sudah kami sampaikan diatas untuk anda ikuti, namun sebelum itu anda buat terlebih dahulu link grup WhatsApp.

Jika sudah barulah anda bagikan link grup WhatsApp, pastikan anda mengikuti langkah-langkah yang kami berikan dengan cermat dan benar.

Bila informasi cukup bermanfaat dan berguna silahkan bagikan link artikel ke media sosial yang dimiliki seperti Facebook, Instagram dan lain sebagainya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel