Cara Cek Suhu Laptop 2022

Cara Cek Suhu Laptop
Cara Cek Suhu Laptop sangat wajib sekali untuk anda ketahui, apalagi jika anda menghunakan Laptop setiap hari untuk bekerja atau mengerjakan tugas.

Sekarang ini laptop adalah salah satu jenis benda yang paling banyak sekali dipakai untuk bisa beraktivitas, mulai itu dari sekolah, bekerja, sampai dengan menjalankan bisnis.

Dengan menggunakan laptop, anda dapat menjalankan pekerjaanmu menjadi jauh lebih mudah dan juga efisien.

Jika anda gunakan terlalu lama, maka Laptop dapat menjadi jauh lebih panas dan bahkan, untuk anda yang memakai laptop di luar dari kapasitasnya, maka laptop anda itu akan lebih sering cepat panas dari seharusnya.

Apabila telah terlalu panas, anda harus mengistirahatkan laptop mu itu agar tidak mudah rusak ya.

Disaat laptop anda itu terasa sangat panas sekali, pastinya anda akan sangat penasaran sekali berapa suhu laptop yang anda pakai, bukan?

Suhu laptop ini sangat penting sekali untuk anda pantau, terutama bagibanda yang sering sekali memakai laptop dalam waktu yang lama. Misalnya itu selama 8 jam sehari untuk mengerjakan tugas atau bekerja.

Dan apalagi jika tugas atau pekerjaannya itu termasuk ke dalam kategori yang cukup berat, seperi membuat sebuah rendering animasi 3D, melakukan desain grafis, atau bahkan untuk bermain game.

Apabila tidak dimonitor, maka perangkat laptop itu akan terlampau sangat panas yang dimana jika dibiarkan ke dalam jangka waktu yang lama, akan bisa merusak komponen dari laptop anda.

Akan tetapi yang jadi pertanyaannya itu, bagaimana sih cara paling terbaik untuk bisa memonitor suhu di laptop?

Dan jawabannya itu sangat mudah sekali, yakni dengan memakai aplikasi-aplikasi yang ada dibawah ini.

Mengecek suhu laptop ini sangat penting sekali untuk dipantau dan dilakukan, ya terutama bagi anda yang sering sekali memakai Laptop dalam waktu yang lama. Misalnya, 10 jam sehari.

Apalagi jika semua pekerjaannya itu termasuk ke dalam pekerjaan yang berat, seperi mengedit sebuah video film, melakukan, atau streamer gaming.

Kalau tidak dimonitor, maka perangakt laptop itu akan terlampau sangat panas yang jika anda biarkan di dalam jangka waktu yang lama, akan bisa dengan cepat merusak komponen dari Laptop seperti motherboard. Walaupun sudah menggunakan thermal paste terbaik.

Dan bahkan kemarin-kemarin ini ada terjadi Laptop atau perangakt PC yang meledak karena sudah terlalu panas. Lantas bagaimana cara untuk mengecek suhu laptop?

Dan berikut ini sudah kami rangkum dari berbagai macam sumber, inilah dia beberapa cara cek suhu Laptop dengan sangat mudah melalui aplikasi ataupun tanpa menggunakan aplikasi.


1. Cara Cek Suhu Laptop Melalui BIOS

Cara Cek Suhu Laptop
Cara Cek Suhu Laptop Melalui BIOS
Untuk bisa membuka BIOS, anda tidak usah memakai aplikasi pihak ketiga atau aplikasi tambahan. Akan tetapi, anda perlu tahu bagaimana cara untuk bisa membuka BIOS! Ya karena tiap perangkat Laptop mempunyai prosedur yang berbeda-beda.

Berikut ini langkah-langkah cara cek suhu Laptop dengan membuka BIOS di masing-masing perangkat Laptop:

Untuk Laptop Asus, anda dapat menyalakan ulang saja laptop, setelah itu tekan tombol FI, ESC, atau bisa juga tekan Del hingga beberapa kali sampai anda masuk ke dalam menu BIOS.

Untuk Laptop Lenovo, silahkan anda nyalakan Laptop, setelah itu tahan tombol enter disaat ada muncul logo Lenovo. Lalu anda akan langsung dialihkan ke dalam Startup Interrupt Menu! Sesudah itu, anda tekan tombol F1 untuk langsung masuk ke dalam BIOS.

Untuk Laptop HP, silahkan matikan laptop, setali itu tekan tombol power. Lalu anda tekan tombol Esc tersebut secara berulang kali sampai masuk ke dalam Menu Startup. Dan anda tekan tombol F10 untuk bisa masuk ke dalam BIOS Setup Utility

Untuk Laptop Acer, Silahkan nyalakan laptop dengan cara menekan tombol power tersebut. Setelah itu anda tekan tombol F2 dengan segera atau cepat disaat laptop sudah menyala dan anda pun akan langsung masuk ke dalam tampilan BIOS.

Sesudah berhasil masuk ke dalam halaman BIOS, anda dapat langsung mengetahui dengan segera informasi suhu laptop milik anda itu.


2. Cara Cek Suhu Laptop Melalui HWMonitor

Cara Cek Suhu Laptop
 Cara Cek Suhu Laptop Melalui HWMonitor
HWMonitor adalah salah satu jenis aplikasi gratis yang sangat simple sekali untuk anda gunakan.

Sebuah aplikasi pengukur suhu perangkay komputer yang buatan dari CPUID ini bisa memonitor suhu prosesor, motherboard, harddisk dan juga GPU.

Bukan hanya sekedar suhu, akan tapi HWMonitor ini juga akan menampilkan berapa macam voltase dan juga berapa macam watt yang sudah dipakai oleh prosesor.

Anda juga nantinya akan bisa mengekspor data yang sudah dimonitor tersebut kedalam text document

Jika Anda memerlukan aplikasi cara cek suhu Laptop dan juga pengukur suhu yang sama sekali tidak merepotkan, maka HWMonitor ini merupakan jawabannya. Anda juga bisa mengunduh HWMonitor ini secara gratis di dalam halaman website resminya.


3. Cara Cek Suhu Laptop Melalui AIDA64 Extreme

Cara Cek Suhu Laptop
Cara Cek Suhu Laptop Melalui AIDA64 Extreme
Aplikasi yang terakhir untuk cara cek suhu Laptop CPU dan juga hardware lain yang busa Anda coba yaitu aplikasi AIDA64 Extreme.

Aplikasi yang satu ini sangat cocok sekali untuk Anda yang saat ini memang senang sekali mengutak-atik Laptop atau Komputer anda, karena selain dapat mengukur suhu setiap hardware, aplikasi yabg satu ini juga bisa anda pakai untuk melalukan benchmark pada perangkat Anda.

Tidak usah heran, kalo ukuran aplikasi yang satu ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan beberapa aplikasi-aplikasi yang sebelumnya, yaitu hampir 50MB.

Dengan memggunakan aplikasi AIDA64 Extreme ini, Anda juga bisa melihat performa RAM serta GPU dan bisa mendeteksi apakah terdapat masalah di dalam perangkat tersebut.

Antar muka aplikasi AIDA64 Extreme ini hampir sama dengan aplikasi Microsoft Console Management.

Aplikasi AIDA64 Extreme ini bisa Anda downlaod secara gratis loh untuk trial selama 30 hari. Dan berikut ini link unduhannya: KLIK DISINI.

Memonitor sebuah suhu perangkat pada Laptop atau Komputer anda adalah salah satu hal yang sangat wajib untuk anda lakukan.

Dan untungnya banyak sekali developer yang sudah menghadirkan aplikasi tersebut untuk mengukur suhu GPU, CPU dan bahkan hardware yang lainnya.

Fungsi dari aplikasi pengukur suhu CPU dan juga hardware yang lainnya sebetulnya sangatlah penting sekali.

Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa mencegah komputer dan juga laptop dari dari overheating.


Akhir Kata

Itulah dia keseluruan isi pembahasan kami pada artikel yang kali ini tentang cara cek suhu Laptop. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya ya.

Perlu anda ketahui jika beberapa aplikasi untuk bisa mengecek dan juga memonitor suhu CPU dan juga hardware lainnya di dalam perangkat Laptop atau Komputer Anda diatas ini merupakan yang terbaik.

Maka akan ada baiknya jika Anda menginstall salah satu dari beberapa aplikasi yang ada di atas ini supaya tidak terjadi sebuah overheating di dalam perangkat Anda.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel