Cara Cek Daya Listrik Online 2022

Cara Cek Daya Listrik Online
Cara cek daya listrik online sebenarnya sangatlah mudah untuk dilakukan tanpa harus meminta bantuan dari orang lain.

Bahkan anda juga bisa mengetahuinya sambil duduk manis atau melakukan aktivitas yang lainnya tidak perlu menghubungi PLN.

Untuk para pengguna baru di suatu perumahan atau pemungkiman terkadang anda kesulitan untuk mengetahui daya listrik rumah.

Cara-cara konverensional seperti menghubungi kantor perusahaan listrik negara atau PLN pastinya akan memakan waktu dan tidak efesien.

Bahkan anggota keluarga yang sudah lama bermukim diseuatu rumah juga masuh belum tentu mengetahui berapa daya listrik yang menibulkan tanya.

Untuk melihat berapa daya listrik yang anda huni terdapat beberapa cara yang bisa dibilang sangatlah mudah dan tidak ribet untuk dilakukan.

Secara umum daya listrik rumah berkisar antara 450 VA, 900 VA, 1300 VA, 2200 VA, 3500 VA sampai dengan 6600 VA.

Sebenarnya daya tersebut bisa lebih tinggi jika rumah yang anda tinggali digunakan untuk usaha yang membutuhkan daya listrik berlebihan.

Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak cara cek daya listrik online yang sudah ada di bawah ini sampai selesai yaa gess yaa!!!


1. Cara Cek Kode CL pada Meteran Listrik

Cara Cek Daya Listrik Online
Cara Cek Kode CL pada Meteran Listrik
Cara untuk mengetahui daya listrik yang bisa anda lakukan adalah dengan meilihat kode CL pada meteran listrik.

Kode CL tersebut tidak selalu sama setiap rumah terutama untuk anda yang tinggal di permungkiman.

Bisa saja daya listrik tetangga anda jauh lebih tinggi atau justru lebih rendah, anda bisa menggunakan cara ini.

Di bawah ini sudah ada beberapa kode CL yang bisa menentukkan tinggi dan rendahnya daya listrik sebelum masuk ke dalam cara cek daya listrik online, yaitu sebagai berikut:
  • CL 2 = 450 VA
  • CL 4 = 900 VA
  • CL 6 = 1300 VA
  • CL 10 = 2200 VA
  • CL 16 = 3500 VA
Yang perlu anda ketahui, Vol Ampera atau VA menyatakan suatu daya nayat dan ditambahkan aktif power.

Anda bisa melakukannya secara manual dengan menghitung alirannya dan dikalikan saja dengan angka pada kode CL dengan besaran daya dasar 220 VA.

Sebagai contohnya, 450 VA yang didapatkan dari hasil kali angka 2 pada CL 2 dengan 220 VA, lalu hasil dari perhitungan tersebut akan dibulatkan pad angkat yang mendekati.

Untuk anda yang penasaran dengan 450 VA berapa watt atau 1300 VA berapa watt? Walaupun sama-sama digunakan untuk menyebut daya listrik namun terdapay perbedaan.

VA pada umunya digunakan untuk menyebutkan daya semu yang biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan indikator dan juga pengaman alat-alat listrik.

Sedangkan satuan watt digunakan untuk menyatakan daya aktif yang mempertimbangkan faktor daya ataupun powers factor atau PF.

Power factor atau Cos Phi tersebut merupakan perbandingan antara daya semu dengan daya tampak, nilai dari power factor sendiri berkiran antara 0.0-0..

Semakin besar nilainya maka semakin besar juga efesiensi dayanya, dan untuk hubungan VA dan juga Watt bisa anda lihat pada rumus di bawah ini.
  • P (W) = 1.000 x S (KVA) x PF
Apabila nilai dri PF sempurna atau 1 maka nilai dari daya dalam VA akan sama dengan watt.

Akan tetapi pada kenyataanya nilai daya dalam watt akan lebih kecil dari VA karena adanya faktor PF.


2. Cara Cek Daya Listrik Online Melalui E-Commerce

Cara Cek Daya Listrik Online
 Cara Cek Daya Listrik Online Melalui E-Commerce
Cara cek daya listrik online yang kedua bisa anda lakukan melalui aplikasi e-commerce yang biasanya digunakan untuk membeli token.

Sebagaian besar masyarakat sering kali membayar ataupun membeli token listrik melalui e-commerce misalnya melalui shopee ataupun tokopedia.

Mungkin anda adalah salah satu orangnya, maka untuk bisa mengetahui daya listrik rumah juga akan terlihat pada saat anda membeli token listrik pada aplikasi tersebut.

Dengan cara anda tinggal memasukkan kode pembayaran melalui aplikasi tersebut akan memuat rincian termasuk juga daya listrik rumah anda.

Nah, dengan begitu anda bisa dengan mudahnya megetahui daya listrik yang anda miliki bukan.

Cara yang satu ini sangatlah cocok untuk anda yang memiliki kesibukan dan tidak sempat untuk kelaur rumah mengecek daya listrik jika anda ingin menambah alat elektronik dalam rumah.

Terutama cara yang satu ini sangatlah berguna untuk apda kaum rebahan yang males untuk beranjak dari rumah.


3. Cara Cek Daya Listrik Online dengan Mengunjungi Laman Resmi dari PLN

Cara Cek Daya Listrik Online
Cara Cek Daya Listrik Online dengan Mengunjungi Laman Resmi dari PLN
Cara cek daya listrik online yang ketiga anda bisa melakukannya dengan mengunjungi laman resmi dari PLN.

Dan cara yang dilakukan sangatlah mudah, anda hanya tinggal masuk ke dalam layanan.pln.co.id melalui link berikut (Kunjungi Situs Layanan PLN).

Setelah itu anda tinggal mengsisi data yang diminta secara kengkap dan benar.

Nantinya akan keluar informasi yang anda butuhkan termasuk juga mengetahui daya listrik rumah anda.

Bagaimana, sangat mudah bukan cara untuk cek daya listrik rumah anda sendiri?

Jika anda sudah emnegtahui besarnya daya yang sudah terpasang di rumah kini anda jadi tahu apakah listrik rumah anda cukup jika ingin menambah perangkat baru.

Apabila sudah tidak kuat anda bisa mempertimbangkan untuk menambahkan daya listrik tersebut.


Akhir Kata

Itu dia beberapa cara cek daya listrik online yang bisa kami berikan untuk anda pada pembahasan kali ini.

Dengan adanya beberapa cara yang sudah kami berikan di atas pasti akan sangat berguna untuk anda yang memiliki kesibukan atau kaum rebahan yang males keluar rumah.

Silahkan anda gunakan salah satu cara yang sudah kami berikan di atas, gunakanlah cara yang menurut anda mudah untuk di terapkan dan tuidak menyita banyak waktu anda.

Semoga dengan adanya ulasan yang sudah kami berikan di atas bisa menambah wawasan anda mengenai cara untuk cek daya listrik secara online.

Apabila anda rasa pemaparan yang sudah kami berikan untuk anda penting, jangan lupa untuk membagikannya ke teman ataupun kerabat anda yang belum mengetahui informasinya.

Itulah seluruh pembahasan yang bisa kami berikan untuk anda pada artikel kali ini, sekian dan semoga bermanfaat untuk anda dan selamat mencoba yaa gess yaa.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel