Cara Bermain Skater 2022

Cara Bermain Skater
Cara bermain skater banyak dicari oleh mereka yang mulai bosan sepedaan atau mengikuti kelas di Gym.

Mempelajari cara bermain skateboard dapat menjadi hobi baru yang seru untuk dicoba, tidak hanya tentang Fun saja namun jenis olahraga ekstrem ini juga dapat membuat anda ketagihan.

Memainkan Skateboard dapat membuat anda terlihat keren dan swag dimata-mata cewek karena level kegantengan lho akan meningkat saat itu! wkwkwk

Sebelum memantapkan diri untuk belajar Skateboard, anda harus memahami dahulu bahwa jenis olahraga ini beresiko tinggi.

Jika anda tidak berhati-hati ketika memainkannya, itu bisa membuat pergelangan kaki anda cidera karena jatuh dan bahkan bisa patah tulang lho!

Agar badan anda cepat luwes dan jago bermanuver anda bisa melakukan beragam trik skate like a pro, latihan rutin dan jam terbang yang tinggi.

Anda juga bisa dibimbing oleh teman bermain skater yang lebih senior agar ilmunya bisa anda dapatkan.

Proses belajar tersebut akan lebih seru jika anda bergabung dalam komunitas Skateboard. Apakah di lokasi anda terdapat tempat lahitan skateboard?

Di Jakarta ada cukup banyak tempat yang bisa anda explore untuk bermain skateboard, ada Skatepark Pasar Rebo di Jakarta Timur, Skatepark Kalijodo di Jakarta Utara, Skatepark FO Slipi di Jakarta Barat dan Skatepark Taman Budaya 2 Dukuh Atas di Jakarta Pusat.

Menariknya, hampir semua skatepark tersebut memilih fasilitas yang super lengkap seperti ada rintangan Mini Ramp, Bow & Poop, Half Pipe, Quarter Ramp, Bank, Down Rail Pyramid dan lainnya.

Khusus bagi para pemula yang ingin belajar cara bermain skater, kami akan membagikan anda beberapa trik and tips agar anda menjadi anak gaul Skateboard kekinian.


1. Cara Bermain Skater untuk Pemula

Cara Bermain Skater
Cara Bermain Skater untuk Pemula
Sebelum mengetahui trik dasar bermain skater, anda harus ketahui dahulu cara bermain skater yang benar, mudah dan cepat untuk pemula yaitu sebagai berikut:

Belajar Jaga Keseimbangan

Bermain Skateboard tidak hanya tentang bermain papan beroda saja, namun di dalamnya ada beberapa aspek yang harus anda kuasai mulai dari belajar jaga keseimbangan sebagai tekhnik dasar.

Latihan pertama adalah latihan berdiri diatas papan dengan stabil, ada dua cara tekhnik berdiri yang bisa anda pilih sesuai kekuatan kaki.
  • Reguler: Kaki kiri di depan.
  • Goofy: Kaki kanan di depan.
Walaupun terlihat simpel namun nyatanya menjaga keseimbangan diatas papan beroda cukup licin dan tidak semudah yang dibayangkan.


Pilih Papan Skate yang Pas dengan Ukuran Kaki dan Badan

Di dunia Skateboard, terdapat dua ukuran papan skate atau skateboard deck yang fungsinya berbeda-beda.

Terdapat Longboard yang asyik digunakan untuk meluncur di jalankan dan ada juga Shorter Board yang nyaman digunakan Bermanuver di arena skatepark yang ada Bowl atau Pool-nya.

Untuk kisaran harganya cukup variatif, ada yang 200 ribu sampai jutaan.

Khusus untuk anda yang masih pemula, rasanya cukup jika menggunakan papan yang harganya ratusan ribu.

Jika sudah mempunyai skill yang mumpuni dan berniat serius di hobi ini, maka anda bisa menggunakan papan Skater yang berkualitas dan bernilai mahal.


Kenakan Outfit Lengkap

Poin ini cukup penting untuk diperhatikan, khususnya untuk para pemula yang skill-nya masih cetek.

Ketika awal belajar Skateboard, kenakan outfit yang nyaman dan jika mungkin gunakan Shirt dan Celana Panjang agar lutut anda tidak terluka saat jatuh.

Akan lebih bagus lagi jika anda bisa menggunakan Helm dan pelindung lutut.


2. Tekhnik Dasar dari Cara Bermain Skater

Cara Bermain Skater
Tekhnik Dasar dari Cara Bermain Skater
Agar anda percaya diri mengaku sebagai anak skateboard di depan gebetan, setidaknya anda harus mengusasi dahulu beberapa tekhnik dasar dari cara bermain Skater dibawah ini diantaranya yaitu:


Melaju

Tekhnik atau cara bermain skateboard yang paling gampang adalah dengan melaju. Yes, you read it right!

Belajar maju ke depan! Walaupun terdengar konyol namun faktanya anda harus belajar maju kedepan karena itu tidak semudah anda dilihat.

Anda harus mempunyai keseimbangan yang baik dan pede untuk mendorong papan Skateboard dengan satu kaki.

Jika anda sudah merasa jago melaju dengan mulus, barulah anda bisa naik level untuk belajar Ollie.


Tekhnik Melompat atau Ollie

Ollie termasuk cara bermain skater yang perlu dikuasai oleh pemula, jika anda belum bisa Ollie maka jangan harap bisa melakukan Kickflip, pop-shove, heelflip dan trik skateboard keren lainnya.

Bagaimana cara bermainnya? Anda harus mengangkat papan dengan menghentakkan kaki ke ujung papan sampai terangkat tinggi.

Semakin halus atau Effortless gerakan anda, artinya akan semakin jago juga skill skateboard yang anda punya.


Kickflip

Sudah merasa bisa Ollie? Artinya anda sudah siap untuk berlatih cara bermain skateboard yang baru ini yaitu Kickflip.

Secara simpel, cara melakukan tekhnik ini tidak jauh berbeda dari namanya, tugas anda adalah membuat papan Skateboard berputar dan kembali ke posisi semua melalui hentakan kaki.

Cukup berdiri diatas papan dengan meletakkan kaki kanan anda di depan (45 derajat) dan kaki belakang di ujung papan.

Lalu tekuk lutut kanan dan injak ujung belakang papan sampai terangkat tinggi, gesekkan ujung sepatu kanan anda di atas papan dan lompat ketika papan anda mulai terbalik.

Tekhnik ini mungkin terdengar sulit, namun dengan mentor atau guru yang tepat, kesabaran dan gigih latihan setiap hari anda pasti bisa melakukannya.


Heelflip

Tekhnik ini mirip dengan tekhnik Kickflip, hanya saja putaran papan anda dikontrol oleh tumit dan bukan kaki depan.

Bagi sebagian orang, cara bermain skater ini dianggap sedikit lebih mudah jika dibandingkan dengan Kickflip.

Cara ini juga ampuh sekali untuk membuat anda kelihat keren di mata gebetan.


Airwalk Grab

Ini adalah gaya andalan untuk memikat hati wanita di laparangan skateboard, yaitu AirWalk Grab!

Untuk melakukan trik ini anda harus meraih ujung papan dengan satu tangan ketika melayang di udara, jika anda bisa mendarat atau landing dengan sempurna di atas tanah maka skill anda jago untuk ukuran pemula.


Akhir Kata

Itulah Trik and Tips atau cara bermain skater yang dapat kami bagikan dan bisa di coba praktikkan oleh para pemula.

Dengan melakukan beberapa tips diatas secara rutin dan dibantu bimbingan mentor, tentu saja anda bisa menjadi pemain yang profesional.

Karena ini adalah jenis olahraga yang beresiko dan membutuhkan banyak proses, maka anda harus sabar dan benar-benar menekuni-nya.

Anda bisa membagikan artikel ini di media sosial agar orang lain yang belum mengetahui dan membutuhkannya bisa mengaksesnya dengan mudah.

Bagi anda yang tertarik belajar bermain Skateboard untuk pemula, maka diatas tadi bisa anda jadikan panduan atau acuan.

Jika anda adalah pemula, disarankan agar menggunakan Outfit atau alat pelindung agar anda terhindari dari luka ketika proses belajar. Sekian dan selamat mencoba!
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel