Cara Aktivasi Internet Banking BNI 2022

Cara Aktivasi Internet Banking BNI
Cara aktivasi internet banking BNI
adalah yang paling mudah dilakukan, nasabah dapat mendaftar melalui ATM ataupun secara online di website resmi BNI internet banking atau ke kantor cabang BNI.

Dilansir dari laman bni.co.id, BNI internet banking hadir dengan berbagai macam fitur dan itu dilakukan untuk meningkatkan layanan kepada para nasabah beserta memenuhi kebutuhan nasabah.

Didalam melakukan transaksi hanya dengan mengaktifkan BNI internet banking maka nasabah bisa melakukan transfer terjadwal dan berulang kali, mutasi transaksi sampai 6 bulan terakhir.

Membuka rekening Deposito/Taplus/Tapenas, personalisasi beranda, m-secure atau aplikasi token yang ada di Smartphone bahkan akses versi mobile serta berbagai macam layanan lainnya.

Tidak itu saja, fitur pengelolaan finansial pribadi di BNI Internet Banking memungkinkan para nasabah untuk membuat perencanaan keuangan disesuaikan dengan kebutuhan.

Secara lengkap dengan penjadwalan setoran secara otomatis, hingga nasabah juga bisa memantau cash flow dan trend pengeluaran/pemasukan dana dalam bentuk grafik melalui BNI Internet Banking.

Langsung saja yuk, diartikel kali ini kami akan menjelaskan cara aktivasi internet banking BNI dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Syarat Aktivasi Internet Banking BNI

Cara Aktivasi Internet Banking BNI
Syarat Aktivasi Internet Banking BNI
Sebelum ke cara aktivasi internet Banking BNI, anda harus tahu syarat-syarat apa saja yang harus disiapkan terlebih dahulu supaya proses aktivasinya berjalan dengan lancar.

Ada beberapa syarat aktivasi internet banking BNI yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama siapkan Kartu Identitas Diri seperti KTP.
  • Memiliki buku rekening dan juga tabungan.
  • Setelah itu persiapkan terlebih dahulu kartu ATM anda.
  • Nomor Handphone yang sudah didaftarkan di sisten BNI.
  • Akun email yang masih berlaku.
  • Jangan lupa pastikan koneksi internet stabil.
  • Download Aplikasi BNI Mobile Banking di Google Play Store atau App Store bisa juga melalui link berikut ini (Download Aplikasi BNI Mobile Banking versi Android dan Download Aplikasi BNI Mobile versi iPhone).


2. Cara Aktivasi Internet Banking BNI Melalui ATM

Cara Aktivasi Internet Banking BNI
Cara Aktivasi Internet Banking BNI Melalui ATM
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan termasuk salah satunya yaitu melalui ATM BNI, untuk lebih jelasnya langsung saja simak dibawah ini.

Cara aktivasi internet banking BNI melalui ATM yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama datang ke ATM BNI terdekat.
  • Jika sudah lalu anda masukkan saja kartu debit dan PIN ATM.
  • Nantinya dilayar menu utama silahkan pilih opsi menu Registrasi e-Channel dan langsung pilih opsi BNI Internet Banking.
  • Setelah itu anda masukkan 6 (enam) digit PIN pendaftaran BNI Internet Banking.
  • Lalu anda ulangi PIN pendaftaran BNI Internet Banking akan ditanyakan oleh sistem di saat para nasabah melakukan aktivasi pada website BNI Internet Banking.
  • Dimana distruk yang sama nantinya akan tercantum kode aplikasi BNI Internet Banking sepanjang 6 (enam) - 8 (delapan) karakter yang akan ditanyakan oleh sistem disaat para nasabah melakukan aktivasi diwebsite BNI Internet Banking.
  • Pada tahap ini proses regsitrasi di BNI ATM selesai dilakukan, maka para nasabah bisa melanjutkan dengan proses aktivasi diwebsite BNI Internet Banking.
  • Selanjutnya untuk melakukan aktivasi BNI Internet Banking ini, silahkan kunjungi melalui link berikut ini (www.bni.co.id) jika sudah klik tombol login Internet Banking personal.
  • Nantinya dilayar login BNI Internet Banking, silahkan klik link " Silahkan klik disini untuk melakukan aktivasi pendaftaran BNI Internet Banking).
  • Kemudian anda masukkan 6 (enam) - 8 (delapan) karakter kode aplikasi BNI Internet Banking yang tercantum di struk ATM, kode captcha dan 6 (enam) digit PIN pendaftaran BNI Internet Banking yang diinput dilayar ATM sebelumnya.
  • Jika sudah nantinya anda akan diminta untuk melakukan verifikasi atas nomor Handphone yang tercatat di BNI.
  • Sehingga sistem akan mengirimkan One Time Password (OTP) melalui SMS ke Handphone anda untuk dimasukkan ke dalam kolom yang sudah disediakan dilayar BNI Internet Banking.
  • Kalau anda menemukan kode OTP yang diinput tidak sesuai dengan yang dikirimkan oleh sistem, sehingga proses aktivasi akan dihentikan dan anda harus menlanjutkan proses aktivasi. Setelah melakukan pengisian data nomor Handphone melalui petugas customer service di kantor cabang.
  • Akan tetapi, jika ada kode OTP yang diinput disesuaikan dengan yang dikirimkan oleh sistem sehingga proses aktivasi akan dilanjutkan.
  • Maka anda akan diminta untuk memasukkan password, silahkan input password dilakukan sebanyak-banyak 2 (dua) kali sebagai konfirmasi atas password yang dipilih.
  • Format password ialah minimal 8 (delapan) karakter dan itu maksimal 12 (dua belas) karakter yang berupa kombinasi antara angka dan huruf.
  • Jika sudah input password maka anda akan ditunjukkan User-id yang dihasilkan oleh sistem, data rekening, nomor Handphone dan alamat e-mail yang tersimpan di BNI.
  • Kalau data tersebut ada yang tidak sesuai, langsung saja minta untuk segera melakukan pengisian data baik itu melalui petugas customer service di kantor cabang. User-id yang tampil harus diingat oleh anda, supaya bisa digunakan disaat login.
  • Kemudian akan ditampilkan pilihan untuk mengaktifkan akses BNI internet Banking melalui browser (sebagai salah alternatif akses melalui desktop). Namun jika anda tidak setuju, tinggal menghilangkan tanda centang di pilihan akses mobile browser.
  • Lalu klik tombol "Proses" sehoingga anda sudah teraktivitasi di BNI internet banking dan anda sudah bisa melakukan transaksi non finansial bahkan transaksi finansial di BNI Internet Banking.
Disaat pertama kali melakukan aktivasi secara otomatis maka anda akan dihubungkan dengan BNI m-Secure untuk melakukan otorisasi transaksi finansial.

Bila ingin memakai metode otorisasi yang lain, sehingga anda bisa datang ke kantor cabang terdekat untuk mengajukan permintaan supaya bisa dihubungkan ke BNI e-secure.


3. Cara Aktivasi Internet Banking BNI dengan Mendatangi Kantor Cabang

Cara Aktivasi Internet Banking BNI
Cara Aktivasi Internet Banking BNI dengan Mendatangi Kantor Cabang
Untuk bisa mengaktivasi Internet Banking BNI dengan mendatangi kantor cabang silahkan bawa KTP/SIM/Passport/KITAS, buku rekening BNI dan kartu debit BNI.

Cara aktivasi internet banking BNI dengan mendatangi kantor cabang yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan anda ke kantor cabang BNI terdekat.
  • Jika sudah melakukan proses verifikasi dan pengkinian data nomor Handphone beserta alamat email nasabah, sehingga petugas akan menanyakan metode otoritas transaksi finansial apa yang dipilih oleh anda. Kalau tidak mempunyai preferensi khusus maka anda akan langsung dihubungkan dengan BNI m-Secure.
  • Selanjutnya anda akan mendapatkan struk sebagai bukti sudah melakukan registrasi BNI internet Banking dan distruk yang sama akan langsung tercantumkan User-id BNI Internet Banking yang nantinya juga akan ditanyakan oleh sistem disaat melakukan aktivasi diwebsite BNI Internet Banking.
  • Apa bila proses registrasi di customer service sudah selesai, nantinya anda bisa melanjutkan dengan proses aktivasi di website BNI Internet Banking.
  • Lalu masukkan 8 (delapan) karakter User-id BNI Internet Banking yang sudah tercantumkan di struk customer service ke kolom yang sudah tersedia dilayar BNI Internet Banking serta kode captcha.
  • Nantinya akan diminta memasukkan password, input password akan dilakukan sebanyak 2 (dua) kali sebagai konfirmasi atas password yang dipilih. Sehingga format password yaitu minimal 8 (delapan) karakter dan itu maksimal 12 (dua belas) karakter yang berupa kombinasi antara angka dan huruf.
  • Kemudian anda tinggal klik tombol "Proses" dengan begitu anda sudah teraktivasi di BNI Internet Banking dan anda juga bisa melakukan transaksi non finansial bahkan transaksi finansial.
Metode otorisasi transaksi finansial yaitu sebagaimana yang dipilih oleh para nasabah pada saat berhadapan langsung dengan customer service kantor cabang.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara aktivasi Internet Banking BNI yang sudah kami sampaikan diatas untuk digunakan.

Ada beberapa cara yang sudah kami jelaskan, tinggal pilih yang mudah dilakukan untuk melakukan aktivasi Internet Banking BNI anda.

Namun sebelum melakukannya anda harus tahu dan siapkan syarat-syarat dalam mengaktivasi Internet Banking BNI tersebut, jika informasi ini berguna langsung bagikan link artikel ini ke media sosialnya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel