Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis 2022

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Cara agar baterai HP tidak cepat habis
tentunya menjadi idaman setiap pengguna smartphone, banyak cara yang bisa dilakukan demi menjaga baterai smartphone mencapai umur yang panjang.

Diketahui, pastinya hampir setiap waktu tidak bisa lepas dari smartphone anda, mulai dari urusan pekerjaan, bermain media sosial, streaming, bermain game, hingga untuk berkomunikasi.

Sebagai pengguna smartphone, pastinya pernah mengalami ponsel anda menjadi boros dan cepat habis, padahal sebelumnya kondisi baterai smartphone tersebut sangat irit, hal ini berlaku untuk semua merk smartphone seperti Xiaomi, Samsung, hingga iPhone.

Melihat mobilitas penggunaan smartphone yang semakin meningkat, sebaiknya anda mengetahui cara agar baterai smartphone awet dan tahan lama, karena saat ini tidak sedikit orang yang sering mengeluhkan baterai smartphonenya boros.

Apalagi saat ini banyak smartphone yang mampu menyimpan beragam aplikasi dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, keberadaan aplikasi inilah yang dapat memengaruhi penggunaan baterai harian.

Oleh karena itu, anda perlu mengetahui cara agar baterai smartphone tetap awet, dengan mengetahui beberapa cara ini memungkinkan samrtphone yang digunakan akan bertahan lama.

Untuk lebih jelasnya pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan informasi tentang beberapa cara agar baterai HP tidak cepat habis dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Power Saving Mode

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Cara Agar Baterai
Jika anda masih menggunakan sistem operasi Android Lollipop, anda bisa menghemat daya tahan baterai Android dengan masuk ke fitur Power Saving Mode pada settingan HP tersebut.

Mode ini membuat semua fungsi smartphone anda yang mengkonsumsi baterai terlalu banyak dibatasi, mulai dari kecerahan layar, WiFi, koneksi mobile, sampai GPS akan secara otomatis dibatasi.

Cara agar baterai HP tidak cepat habis ini angat bremanfaat dan mampu membuat baterai HP akan tetap awet walaupun di pakai seharian penuh untuk melakukan aktifitas pekerjaan atau aktifitas lainnya.


2. Nonaktifkan Aplikasi Bawaan

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Nonaktifkan Aplikasi Bawaan
Hampir semua perusahaan smartphone menyelipkan bloatware atau aplikasi bawaan yang telah anda di smartphone sebelum di beli dna masih segel merek, sebenarnya, hal ini bisa merugikan konsumen.

Karena dengan adanya aplikasi bawaan ini konsumen mendapatkan aplikasi paksaan pada smartphone dan banyak orang tidak tahu cara menghapusnya, bisa memberatkan smartphone setelah menambahkan beberapa aplikasi lain.

Nah, cara agar baterai HP tidak cepat habis yang bisa anda lakukan untuk melakukan disable bloatware yaitu dengan masuk ke menu "Settings", lalu pilih "Apps", dan pilih "Disable".

Dengan begitu smartphone yang digunakan tidak akan kehabisan baterai dengan cepat, baterai smartphone akan awet tanpa harus menghapus aplikasi yang telah di download.


3. Matikan Fitur Smart Stay

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Matikan Fitur Smart Stay
Cara agar baterai HP tidak cepat habis dan tetap awet yang pertama yaitu dengan mematikan fitur Smart Stay, fitur Smart Stay ini ada di kebanyakan smartphone Samsung atau smartphone lainnya.

Fitur ini membuat smartphone anda tetap menyala selama menatap layarnya, dan fitur ini berimbas besar pada baterai smartphone, jika layar smartphone terus menerus menyala tentunya akan menguras baterai sedikit demi sedikit.

Oleh karena itu, anda perlu mematikan fitur Smart Stay agar layar smartphone tidak terus menerus menyala, yang bisa membut baterai HP akan cepat panas dan habis.


4. Tidak Sembarangan Instal Aplikasi

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Tidak Sembarangan Instal Aplikasi
Saat ingin menginstal aplikasi terbaru anda harus tetap berhati hati, ada segudang aplikasi menarik di PlayStore atau AppStore, tetapi jangan sampai menginstal banyak aplikasi tanpa anda menggunaknnya.

Banyak aplikasi yang membuat baterai smartphone anda menjadi mudah drop, karena melakukan ping lokasi Android terus menerus, yang akan mengakibatkan smartphone mudah panas.

Salah satu cara agar baterai HP tidak cepat habis yang dapat anda lakukan yaitu sebaiknya hapus aplikasi pada aplikasi yang banyak memakan RAM dan daya pada pada smartphone.

Dengan menghapus beberapa aplikasi yang memakan penyimpanan smartphone anda, bisa membuat smartphone menjadi lebih ringan dan tidak mudah panas dengan begitu baterai pun tidak akan cepat habis.


5. Membatasi Penggunaan Aplikasi

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Membatasi Penggunaan Aplikasi
Jika smartphone anda mempunyai banyak aplikasi yang aktif secara bersamaan tanpa mnghapusnya di background layar smartphone anda, itu akan menjadi salah satu penyebab baterai smartphone cepat boros.

Anda bisa melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan pada background tersebut, karena dengan membatasi penggunaan aplikasi pada layar samrtphone akan membuat baterai akan tetap awet.

Cara agar baterai HP tidak cepat habis dengan mengecek penggunaan baterai smartpnone seperti masuk ke menu "Settings", lalu pilih "Battery", dan pilih "Battery Usage" dan kemudin aplikasi yang aktif di belakang layar akan otomatis mati.


6. Mematikan Fitur Motions dan Gestures

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Mematikan Fitur Motions dan Gestures
Fitur Motions dan Gestures yang ada di smartphone ini, memang memudahkan anda untuk melakukan perintah hanya dengan gerakan khusus pada layar yang misalnya seperti saat mengambil tangkapan layar atau screenshot di smartphone Android atau mengabaikan panggilan telepon.

Karena dengan mengaktifkan fitur ini smartphone yang anda gunakan akan dengan mudah habis baterai, dengan layar yang menyala tanpa di matikan akan menguras bantak pemakaian baterai.

Oleh sebab itu, cara agar baterai HP tidak cepat habis mungkin sebaiknya anda harus mematikan fitur ini agar menghemat baterai smartphone dan bisa bertahan lama pada saat menggunakannya.


7. Jangan Menggunakan Live Wallpaper

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
 Jangan Menggunakan Live Wallpaper
Jika anda masih menggunakan live wallpaper pada smartphone, mungkin sebaiknya anda harus hindari dari sekarang, walaupun live wallpaper membuat tampilan menjadi lebih menarik, tetapi akan berimbas pada daya tahan baterai.

Karena dengan menggunakan live wallpaper ini bisa berkerja pada saat anda mematikan layar, akan tetapi wallpaper akan tetap berjalan sehingga mengakibatkan smartphone tiba tiba panas tanpa pernah menggunakannya.

Cara agar baterai HP tidak cepat habis yang bisa anda lakukan adalah dengan berhenti menggunakan live wallpaper tersebut, untuk menghindari dampak pada baterai samrtphone.


8. Menghindari Auto Brightness

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Menghindari Auto Brightness
Fitur Auto Brightness sebenarnya banyak menguras baterai smartphone anda, walaupun memudahkan untuk melihat layar secara nyaman di berbagai kondisi cahaya tetapi akan berdampak pada kondisi kesehatan baterai.

Tampilan layar yang terlalu terang memang menjadi salah satu penyebab baterai smartphone cepat habis, yang secara tidak disadari karena semakin terang layar maka akan semakin besar daya baterai yang dikuras.

Oleh karena itu, cara agar baterai HP tidak cepat habis yang bisa anda lakukan di sini yaitu menghindari Auto Brightness yang akan membuat smartphone cepat panas dengan demikian baterai akan cepat berkurang dan habis.


9. Menggunakan Dark Mode

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Menggunakan Dark Mode
Hampir semua tampilan smartphone pada zaman sekarang sudah dilengkapi dengan tampilan grayscale atau dark mode, selain berguna untuk mengurangi kecerahan saat membaca di smartphone, fitur ini juga mampu menghemat daya tahan baterai pada saat menggunkannya.

Fitur dark mode akan membuat tampilan layar Android menjadi lebih gelap dan tentunya akan mengurangi konsumsi baterai yang telalu berlebih, sehingga dayatahan baterai anda akan lebih awet.

Bisa dikatan bahwa acara agar baterai HP tidak cepat habis dengan menggunakan dark mode, dimana dark mode ini sangat berperan dalam hat baterai pada smartphone anda.


10. Mematikan Internet dan Set Airplane Mode

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Mematikan Internet dan Set Airplane Mode
Jika anda sedang sibuk dan tidak menggunakan internet, sebaiknya memtikan internet tersebut atau anda bisa mempertimbangkan untuk mematikan koneksi internet dan WiFi untuk menghemat penggunaan baterai.

Saat ini, smartphone sudah banyak yang dilengkapi fitur airplane mode yang bisa anda menggunakannya jika sedang tidak ingin diganggu atau sedang tidur.

Cara agar baterai HP tidak cepat habis yang kami sarankan yaitu matikan penggunan internet pada saat anda tidak membutuhkan atau menggunakannya ketika sedang tidur atau hal lainnya.


11. Jangan Instal Aplikasi Penghemat Baterai

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Jangan Instal Aplikasi Penghemat Baterai
Cara agar baterai HP tidak cepat habis terakhir yaitu dengan jangan pernah menggunakan aplikasi penghemat baterai karena akan memperberat kinerja smartphone anda.

Pasalnya, aplikasi tersebut hanya akan menambah aktivitas di layar belakang serta memori penyimpanan pada smartphone anda, berbanding terbalik dengan tujuannya yaitu menghemat baterai.

Menambah aplikasi sebenarnya secara tidak langsung akan memperberat kinerja smartphone anda dan berpengaruh pada konsumsi baterai yang dikuras pada saat aplikasi digunakan.


12. Menggunakan Background Gelap

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Menggunakan Background Gelap
Banyak orang menyukai background gelap karena tidak membuat mata mudah lelah dan silau pada saat sedang menggunakan smartphone tersebut, karena latar berwarna hitam berguna untuk smartphone dengan panel AMOLED.

Pasalnya, layar AMOLED amat lemah terhadap warna cerah seperti putih, dan baterai bisa jadi terkena dampaknya pada smartphone, yang bisa membuat baterai tetap awet pada saat menggunaknnya.

Bisa dikatakan bahwa cara agar baterai HP tidak cepat habis dengan menggunaka background yang gelap, karena layar smartphone lemak akan warna-warna yang gelap seperti hitam.


Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Cara Agar Baterai HP Tidak Cepat Habis
Penyebab Baterai HP Cepat Habis
Nah, jika tadi anda sudah mengetahui cara agar baterai HP tidak cepat habis walaupun jarang digunakan, sekarang saatnya anda harus tahu penyebab yang mengakibatkan smartphone anda tidak awet.

Untuk lebih jelasnya, simak penyebab baterai HP cepat habis padahal tidak pernah digunakan yang bisa anda ikuti yaitu sebagai berikut:


1. Sinyal Buruk

Penyebab baterai cepat habis pertama yaitu karena sinyal buruk, dimana kondisi ini membuat smartphone terus bekerja keras mencari pemancar sinyal terdekat, bila memang anda berada di daerah yang susah sinyal, sebaiknya mematikan mobile data untuk menghemat penggunaan baterai.


2. Akses GPS di Aplikasi

Ada beberapa aplikasi yang meminta izin untuk mengaktifkan lokasi saat mulai menggunakannya sperti pada saat membuka Google Map hingga aplikasi gojek online, yang membuat baterai smartphone anda bekerja keras untuk memancarkan sinyal lokasi anda berada.


3. Fitur Sinkronisasi Menyala

Fitur ini sebenarnya boros baterai dan kuota pada saat fitur ini berjalan di layar samrtphone anda, walaupun sebenarnya fitur ini penting karena data secara otomatis terbackup dengan menguploadnya ke Google Drive.


4. Banyak Notifikasi

Banyak yang tidak sadar bahwa sebenarnya notifikasi yang menumpuk dalam smartphone bisa menjadi alasan kenapa baterai HP anda mudah habis, oleh karena itu anda perlu menghapus notifikasi tersebut.


5. Baterai Rusak

Alasan terakhir tentunya dikarenakan kondisi baterai itu sendiri yang telah mengalami kerusakan yang memang baterai tersebut perlu diganti, baterai smartphone modern pada saat ini banyak yang memakai baterai tanam.


Akhir Kata

Itu tadi 12 cara agar baterai HP tidak cepat habis 2022 dan penyebab yang membuat baterai smartphone tidak awet, oleh karena itu anda perlu mengetahui hal ini guna untuk berhati-hati agar baterai HP anda tetap awet.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke teman atau kerabat dekat anda yang belum mengetahui beberapa cara dan penyebab baterai HP cepat habis dan tidak awet pada saat menggunakannya.

Itulah seluruh pembahasan kami pada arikel kali ini, tentang beberapa cara agar baterai HP tetap awet yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel