6+ Aplikasi Belanja Online Terbaik 2022

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Aplikasi belanja online terbaik
memudahkan anda tanpa harus datang ke toko, ketika pandemi Covid-19 tersebut melanda, membuat banyak orang menjadi jarang keluar rumah dan memilih berbelanja online melalui aplikasi untuk berbagai kebutuhannya.

Ditambah lagi, dari berbagai aplikasi tersebut menawarkan banyak penawaran menarik seperti gratis ongkir, cashback, diskon, paylater, dan COD, tidak heran jika aplikasi belanja online menjadi begitu populer di Indonesia pada saat ini.

Berbagai aplikasi belanja online yang ada saat ini menyediakan hampir semua kebutuhan anda mulai dari produk fashion, elektronik, kebutuhan sehari-hari, bahkan produk digital dan bayar tagihan melalui aplikasi tersebut.

Teknologi semakin mempermudah kehidupan manusia pada umumnya, salah satunya aktivitas untuk membeli berbagai produk yang diinginkan, saat ini sudah banyak aplikasi belanja online yang bisa dipakai dan menyediakan semua kebutuhan.

Anda cukup unduh aplikasi di HP, dan silakan membeli barang apapun yang tersedia pada setaip toko yang anda kunjungi melalui salah satu aplikasi yang diunduh, sayangnya dengan banyaknya aplikasi belanja ini pasti banyak orang bingung untuk mengunduh yang mana.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi belanja online terbaik yang ada pada saat ini untuk anda gunakan dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Shopee

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Shopee
Salah satu hal yang paling terkenal dari aplikasi belanja online yang terbaik ini yaitu promo flash sale pada setiap tanggal cantik di setiap bulannya, misalnya 11.11 di bulan November dan 12.12 di bulan Desember.

Selain itu, Shopee juga menyediakan berbagai fitur free ongkir dengan minimal belanja hanya 30 ribu rupiah, atau bahkan 0 rupiah pada saat tertentu, Shopee juga kini sudah merambah ke ranah pembayaran melalui ShopeePay dan ride healing makanan di ShopeeFood.

Simak beberapa kelebihan dari aplikasi Shopee sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia yang mudah digunakan, bahkan pengguna baru sekalipun yaitu sebagai berikut:
  • Cara pembayaran pada Shopee sangat beragam, baik itu transfer bank manual atau otomatis, ShopeePay dan Shopee PayLater, COD atau bayar di tempat, kredit, debit, cicilan, dan bayar di kasir minimarket terdekat.
  • Shopee sering menghadirkan berbagai promo menarik, terutama diskon yang cukup menggiurkan untuk para penggunanya.
  • Memudahkan pembeli yang merangkap berbagai belanjaan.
  • Biaya admin isi ulang ShopeePay ini relatif lebih kecil dibandingkan dengan dompet digital lain.

Sedangkan kekurangannya dari aplikasi Shopee ini yaitu sebagai berikut:
  • Pada Shopee promo cashback tidak terlalu besar dan tidak bisa menggunakan 100% cashback untuk belanja.
  • Customer service Shopee relatif lambat membalas keluhan konsumen maupun penjual.
  • Promo gratis ongkir yang ribet karena biasanya hanya berlaku untuk metode pembayaran tertentu.
  • Cukup banyak ditemui barang kw dari berbagai merk branded pada Shopee.
  • Aplikasi Shopee ini cukup berat untuk digunakan pada ponsel yang punya RAM dan memori kecil.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Shopee untuk Android).


2. Lazada

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Lazada
Lazada merupakan anak perusahaan dari raksasa asal Tiongkok yaitu Alibaba, yang membidik pasar Asia Tenggara, jadi tidak heran jika sangat mudah menemukan barang impor di Lazada.

Begitupun sebaliknya, barang yang anda jual melalui Lazada ini sangat mungkin dibeli oleh pembeli dari luar negeri, seperti aplikasi belanja online terbaik lainnya Lazada juga ada kategori LazMall yang menyediakan produk original dari berbagai brand yang diinginkan.

Salah satu program populer dari aplikasi Lazada adalah Laz B’day Sale yang memberikan promo cukup besar pagi penggunanya terutama diskon, untuk anda yang ingin mencoba belanja di aplikasi ini dan coba simak kelebihan dan kekurangannya yaitu sebagai berikut:

Kelebihan

  • Lazada memberikan promo dan diskon cukup besar kepada pembeli, terutama saat melakukan event.
  • Beberapa produk dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan di aplikasi belanja online lain yang diketahui meski dari toko yang sama.
  • Lazada memudahkan penggunanya mencari barang impor dengan ongkos kirim yang relatif terjangkau.
  • Gratis ongkos kirim dengan minimal pembelian hanya 30 ribu rupiah bagi penggunanya.
  • Ongkos kirim yang lebih murah dibandingkan pada aplikasi belanja online lain hanya sekitar 6.900 rupiah.


Kekurangan

  • Sistem COD pada Lazada yang berlaku baru di kota-kota besar.
  • Banyak ditemukan penjualan barang palsu atau barang branded kw pada Lazada, sehingga rawan akan penipuan.
  • Konfirmasi pembayaran terbilang cukup lama pada saat berbelanja.
  • Aplikasi yang tampak ‘berantakan’ atau tidak teratur dan berjalan sangat lambat pada ponsel yang mempunyai RAM kecil.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Lazada untuk Android).


3. Tokopedia

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Tokopedia
Tokopedia menjadi aplikasi belanja online yang terbaik buatan dalam negeri yang paling populer di Indonesia, aplikasi Tokopedia dikenal mempunyai tampilan minimalis dan ringan dapat di pasang pada ponsel yang RAM dan memory yang kecil.

Pada tahun 2021, Tokopedia melakukan merger dengan Gojek menjadi perusahaan dengan valuasi cukup tinggi pada saat itu, kategorisasi toko di Tokopedia juga mudah dipahami oleh penggunanya, salah satunya seperti official store yang menyediakan barang-barang original.

Sebagai aplikasi belanja online yang terbaik, Tokopedia mempunyai beberapa fitur yang cukup lengkap seperti free ongkir, sistem pre-order, COD atau bayar di tempat, dan pengembalian barang.

Menariknya lagi, pada aplikasi Tokopedia ini ada promo setiap akhir bulan melalui program Waktu Indonesia Belanja, adapun kelebihan Tokopedia ini sebagai salah satu aplikasi belanja online terbaik di Indonesia yaitu sebagai berikut:
  • Penampilan dari website dan aplikasi Tokopedia yang simple dengan dominasi warna hijau yang terlihat fresh.
  • Promo gratis ongkir yang bisa langsung otomatis digunakan dalam berbagai jenis pembayaran pada saat belanja.
  • Gratis biaya pengembalian barang yang tidak sesuai dengan pesanan yang di beli.
  • Sering menyediakan promo cashback yang cukup besar dan bisa digunakan 100% untuk membayar barang yang di beli.
  • Tingkat keamanan akun Tokopedia ini cukup baik dengan adanya kode OTP.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Tokopedia yaitu sebagai berikut:
  • Tidak ada fitur blacklist untuk pembeli dan pelanggan yang melakukan pelanggaran tertentu pada saat berbelanja.
  • Pada sistem dropshipper cukup sulit untuk dilakukan.
  • Kurangnya petunjuk pembelian sehingga membingungkan pengguna baru untuk melakukan penjelajahan toko.
  • Fitur free ongkir pada Tokopedia, baru bisa dinikmati dengan minimum belanja 50 ribu rupiah.
  • Variasi barang, terutama terkait fashion dan kecantikan, masih belum sebanyak rivalnya pada aplikasi Tokopedia ini.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Tokopedia untuk Android).


4. Zalora

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Zalora
Seperti halnya pada aplikasi Shopee, kantor pusat Zalora juga berada di Singapura, namun Zalora sudah merambah ke berbagai negara seperti Hong Kong, Malaysia, Brunei Darussalam, Thailand, dan Indonesia.

Zalora menjadi salah satu pilihan aplikasi belanja online untuk membeli barang branded, terutama yang terkait fashion dan perawatan tubuh atau wajah yang membuat daya tarik dari aplikasi belanja online ini.

Selain terpercaya sebagai aplikasi belanja online terbaik yang menjual barang branded original,Zalora juga memiliki kelebihan yang harus anda ketahui yaitu sebagai berikut:
  • Tampilan aplikasi Zalora ini simple, berkelas, dan mudah digunakan, meski pengguna baru sekalipun.
  • Produk terbagi dalam kategori yang rapi dan menggunakan model gambar yang high quality yang membuat detail gambar produk tampak sangat jelas.
  • Tersedia layanan gratis selama 30 hari pengembalian atau penukaran barang apabila barang tidak sesuai dengan pesanan yang di beli, dan uang bisa kembali 100 persen jika stok barang habis.
  • Banyak voucher cashback maupun diskon yang menarik dengan minimal pembelian tertentu.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Zalora yaitu sebagai berikut:
  • Fitur free ongkir baru bisa dipakai dengan minimal pembelian 200 ribu rupiah setiap pembelian.
  • Konfirmasi pembayaran relatif lebih lama dibandingkan dengan aplikasi belanja online yang diketahui.
  • Voucher promo baru bisa digunakan ketika minimal pembelian yang cukup besar, biasanya di atas 200 ribu rupiah.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Zalora untuk Android).


5. Blibli

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Blibli
Selanjutnya ada aplikasi Blibli merupakan anak perusahaan Djarum yang berdiri sejak 2010, pada Blibli juga terdapat Official Store untuk memberikan barang yang terjamin original, serta ada BlibliMart untuk kategori Supermarket untuk membeli kebutuhan penggunanya.

Salah satu keunggulan aplikasi belanja online terbaik Blibli ini adalah dukungan metode pembayaran QRIS melalui website-nya dan kelebihan lain dari aplikasi Blibli yaitu sebagai berikut:
  • Tampilan UI dan UX-nya yang sangat minimalis, responsif, dan mudah dipahami oleh pengguna baru ketika akan bertransaksi melalui aplikasi ini.
  • Blibli menyediakan free ongkir untuk wilayah tertentu, bahkan tanpa minimal pembelian anda.
  • Customer service sangat berkomitmen memberikan pelayanan selama 24 jam.
  • Kategori barang yang cukup lengkap dan sistem pembayaran yang sangat mudah.
  • Menyediakan pembelian tiket untuk event hobi tertentu yang diinginkan.

Sedangkan kekurangan dari aplikasi Blibli ini yaitu sebagai berikut:
  • Harga produk yang dijual relatif lebih mahal dibandingkan dengan aplikasi belanja online yang lain.
  • Fitur free ongkir masih cukup terbatas pada saat penggunan.
  • Tidak ada konfirmasi untuk pembayaran manual pada aplikasi Blibli ini.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Blibli untuk Android).


6. Sociolla

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Sociolla
Aplikasi belanja online berikutnya adalah Sociolla yang khusus menjual berbagai produk kecantikan yang diinginkan, baik itu make up, perawatan kulit, parfum, dan alat kecantikan lainnya.

Produk yang dijual oleh Sociolla ini bisa dibeli melalui situs resmi atau melalui aplikasi Sociolla yang tersedia di Google Play Store, Sociolla sendiri berdiri sejak tahun 2015 dan sekarang sudah memiliki cukup banyak gerai pada beberapa mall di Indonesia.

Semua produk yang dijual melalui Sociolla merupakan produk asli atau original, tersertifikasi di BPOM dan tentunya sudah memperoleh izin edar yang bisa menjamin keamanan pemakaian anda.

Simak selengkapnya kelebihan aplikasi belanja online terbaik Sociolla yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut:
  • Menerima berbagai jenis metode pembayaran pada saat berbelanja.
  • Produk yang dijual oleh Sociolla terjamin original dan tersertifikasi BPOM.
  • Sociolla memiliki fitur gratis ongkir di wilayah tertentu, dengan syarat dan ketentuan khusus.
  • Ada cukup banyak promo dan voucher yang menarik pada Sociolla, terutama diskon yang cukup besar pada event besar.

Sociolla juga memiliki beberapa kekurangan yaitu sebagai sebagai berikut:
  • Customer service tidak melayani selama 24 jam dan terbilang sangat lama, namun hanya hari Senin-Jumat saja.
  • Nomor telepon CS yang disediakan cukup sulit dihubungi dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menghubungi CS tersebut.
  • Jasa ekspedisi masih relatif terbatas dibandingkan dengan e-comerce besar di Indonesia lain yang diketahui.
Apabila anda penasaran dengan aplikasi belanja online ini, anda bisa mendownload di Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi Sociolla untuk Android).


Cara Memilih Aplikasi Belanja Online yang Bagus

Aplikasi Belanja Online Terbaik
Cara Memilih Aplikasi Belanja Online yang Bagus
Sebelum anda mendownload salah satu aplikasi belanja online yang diketahui, sebagiknya anda harus lebih teliti lagi dalam memilih aplikasi belanja online dari segi fitur yang di sediakan.

Simak cara memilih aplikasi belanja online terbaik yang bagus dengan melihat beberapa fitur yang perlu diketahui terlebih dahulu yaitu sebagai berikut:


1. Mengenali Fitur yang Ada Pada Aplikasi

Pertama yang peru anda cek adalah kategori toko resmi yang memberi jaminan barang original, terlebih lagi jika yang akan dibeli barang-barang branded yang banyak tiruan.

Berikutnya yaitu fitur free ongkir yang sangat dibutuhkan oleh hampir semua orang yang berbelanja di aplikasi belanja online, dimana fitur ini tentunya akan sangat membantu untuk membeli barang dari toko yang tidak satu daerah dengan tempat anda berada.

Untuk anda yang belum memiliki rekening atau malas mengisi ulang e-wallet, bisa memakai fitur cash on delivery (COD) yang tersedia hampir di semua aplikasi belanja online pada saat ini.

Fitur lainnya yang ada pada aplikasi belanja online ini adalah pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan, sebelum uang ditransfer ke pembeli anda perlu melakukan konfirmasi terlebih dahulu dan bisa melakukan komplain jika barang yang diterima tidak sesuai.

Biasanya ada jangka waktu tertentu untuk konfirmasi pesanan yang dibeli, sekitar 2-3 hari setelah barang diselesaikan oleh kurir, apabila belum ada konfirmasi juga sampai tenggat waktu habis, maka uang otomatis 100% ditransfer ke pembeli.


2. Mengecek Metode Pembayaran yang Tersedia

Setelah menemukan fitur yang sesuai dari aplikasi belanja online yang menjadi pilihan, anda juga perlu mengecek metode pembayaran yang tersedia dari aplikasi belanja online tersebut.

Metode pembayaran yang pasti ada di aplikasi belanja online yaitu transfer bank, baik itu melalui mobile banking, internet banking, ATM, debit langsung, dan kartu kredit atau debit.

Saat ini, berbagai aplikasi belanja online sudah terintegrasi dengan e-wallet, seperti Gopay, OVO, Linkaja, dan Shopeepay, biasanya penawaran menarik jika membayar melalui dompet digital yang direkomendasikan pada aplikasi belanja online tersebut.

Pembayaran pada aplikasi belanja online ini juga bisa dilakukan secara tunai, baik itu melalui fitur COD atau bayar di kasir minimarket, misalnya Alfamart, Alfamidi, Indomaret, maupun minimarket lain.

Selain itu, beberapa aplikasi belanja online telah menyediakan fitur PayLater yang memungkinkan anda untuk belanja dulu dan baru bayar di tanggal tertentu, pembayaran menggunakan PayLater ini bisa dicicil, bisa 3 kali, 6 kali, atau bahkan 12 kali.


Akhir Kata

Itu tadi 5 aplikasi belanja online terbaik 2022 yang harus diketahui, bagi anda yang tidak ingin keluar rumah hanya dengan memanfaatkan aplikasi belanja online apapun kebutuhan bisa langsung di hantar kempat anda.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu kegunaan dari aplikasi ini dan bisa memduahkan anda dalam berbagai hal.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini tentang beberapa aplikasi belajan online yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel