Drop Point J&T 2022

Drop Point J&T
Drop Point J&T pastinya sudah tidak asing bagi orang-orang yang suka belanja online atau pengusaha online.

Jika Anda salah satunya orang yang sering berbelanja online atau pengusaha online pastinya sudah mengenal berbagai perusahaan jasa pengiriman barang yang tersedia di Indonesia.

Jasa pengiriman barang di Indonesia saat ini sedang banyak dan sangat dibutuhkan seiring meningkatnya transaksi belanja online.

J&T Express adalah salah satu jasa pengiriman barang di Indonesia dan popularitasnya terus meningkat seiring perkembangan bisnis online di Indonesia.

Dalam bisnis J&T Express dikenal istilah drop point dan istilah ini cukup unik di antara bisnis pengiriman barang di Indonesia lainnya.

Dengan mengedepankan kualitas layanan, J&T Express mampu meraih sukses di industri pengiriman barang dan bersaing dengan perusaahaan jasa pengiriman sejenis lainnya.

Saat ini, J&T Express diketahui mempunyai lebih dari 4.000 titik operasi di seluruh Indonesia dan ke depannya akan memperluas jangkauan bisnisnya, karena melihat potensi perkembangan bisnis jasa pengiriman barang terbilang cukup menjanjikan di Indonesia.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, J&T mempunyai kantor pusat, kantor cabang, dan drop point.

Lalu, apa perbedaan dari setiap kantor tersebut khususnya drop point J&T ? Untuk ulasan lengkapnya silahkan simak ulasan berikut ini.


Drop Point J&T Express

Drop Point J&T
Drop Point J&T Express
Drop point J&T adalah kantor cabang yang mempunyai layanan drop off paket untuk dikirimkan ke penerima.

Layanan drop point ini berfungsi sebagai penghubung antara pihak kurir dengan penerima paket, karena J&T Express mengelola drop point menggunakan sistem sentralisasi atau terpusat.

Hal ini bertujuannya untuk mengurangi risiko kemungkinan barang tercecer yang justru akan menyulitkan para kurir dalam mengantarkan barang tersebut ke alamat penerima.

Dalam pendirian drop point di suatu wilayah, pihak J&T Express biasanya akan menganalisis wilayah tersebut.

Jika analisa menunjukan bahwa permintaan dan penawaran di wilayah tersebut ramai, maka pihak J&T Express akan membuat drop point di wilayah tersebut.

J&T Express juga bisa menambah drop point di wilayah tersebut jika dibutuhkan dan penambahan drop point di suatu wilayah, telah dipertimbangkan sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan oleh kantor pusat J&T Express.


Aturan Penyerahan Barang dari pengirim ke Drop Point J&T Express

Drop Point J&T
Aturan Penyerahan Barang dari pengirim ke Drop Point J&T Express
Pada awalnya, para pengguna diharuskan untuk mengirim paket ke drop point.

Namun J&T Express selalu berupaya mempermudah pelanggan dalam mengirim barang dan seiring kemajuan teknologi dan informasi, J&T Express menyediakan layanan penjemputan paket di rumah pengirim.

Tentu hal ini sangat membantu bagi pengirim yang tidak mempunyai waktu untuk pergi ke drop point kantor J&T Express terdekat.

Kelebihan lainnya yakni layanan penjemputan paket ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

Sedangkan siklus pengiriman barang dengan layanan antar ke drop point terdekat dan penjemputan paket ke rumah pengirim tidak jauh berbeda.

Aturan penyerahan barang dari pengirim ke drop point J&T Express yaitu sebagai berikut:
  • Untuk tahap pertama proses pengiriman barang dimulai dari saat pengirim menyerahkan paket ke pihak J&T Express.
  • Paket juga wajib dikemas dengan rapi dan aman agar tetap dalam kondisi baik ketika sampai di rumah penerima.
  • Contohnya, barang pecah belah dan elektronik harus dikemas menggunakan bubble wrap dan dimasukan ke dalam box kemudian diberi plastik agar tidak rusak atau pecah.
  • Setelah itu, pengirim juga harus memeriksa nama, alamat, dan nomor telepon atau handphone penerima secara lengkap. Hal ini bertujuan untuk mempermudah kurir dalam mengirim paket ke rumah penerima.
  • Barang yang telah dikemas dan diberi label penerima paket, bisa pengirim antarkan ke drop point kantor J&T Express.
  • Pengirim barang juga harus menginformasikan isi paketnya dengan jujur agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.
  • Jika paket yang dikirim mudah rusak atau pecah, pengirim disarankan untuk menambahkan asuransi agar mendapat jaminan keamanan.
  • Setelah petugas drop point memasukan kelengkapan informasi paket, maka pengirim harus membayar biaya kirim dan petugas akan memberikan resi pengiriman.
  • Resi pengiriman tersebut adalah bukti pengiriman paket dimana pengirim dan penerima nantinya bisa melacak posisi paket secara berkala.

J&T Express juga memiliki kunggulan yang sulit ditemukan pada perusahaan jasa pengiriman lainnya yaitu proses pengecekan resinya.

Dimana resi J&T Express akan langsung aktif dalam waktu setengah jam setelah paket tiba di drop point, sedangkan ekspredisi lain biasanya menggunggah nomor resi pada jam tertentu saja.

Pengirim juga bisa melakukan permintaan jemput paket di rumah dengan mengakses website resmi di J&T Express Indonesia (jet.co.id) agar bisa login.

Setelah login, Anda bisa klik menu Deliver Now kemudian mengisi detail paket pengiriman seperti: informasi pengirim, penerima, isi paket, dan berat paket.

Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu petugas drop point terdekat menghubungi Anda untuk penjemputan paket.

Layanan penjemputan paket juga bisa dilakukan melalui aplikasi J&T yang tersedia di ponsel berbasis Android and iOS. Sedangkan proses permintaan penjemputan paket tidak ada melalui aplikasi di ponsel dan website resmi.

J&T Express juga melayani antar jemput paket langsung dari rumah pengirim, namun pengirim harus mencari drop point terdekat dan menelpon petugasnya untuk menjemput paketnya.

Jika petugas drop point sedang tidak sibuk, maka mereka akan menjemput paket di rumah.

Tips lainnya adalah Anda bisa meminta nomor telepon kurir drop point dari J&T Express terdekat untuk mempersingkat waktu.


Pengiriman dari Drop Point J&T ke Warehouse Kota Penerima

Drop Point J&T
Pengiriman dari Drop Point J&T ke Warehouse Kota Penerima
Paket yang diterima langsung di drop point J&T Express atau paket yang diambil oleh kurir di rumah pengirim nantinya akan memasuki proses pengiriman ke warehouse kota penerima.

Untuk penjemputan paket akan dilakukan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, karena proses pengiriman paket membutuhkan waktu, khususnya untuk paket yang berlokasi di luar provinsi atau pulau kota tujuan.

Sehingga kemungkinan paket akan transit ke kota transit terlebih dahulu sebelum sampai di warehouse kota penerima.

Proses transit antar kota atau antar provinsi tidak membutuhkan waktu lama karena adanya kurir ekspedisi.

Kurir ekspedisi tersebut nantinya bertugas untuk mengirim paket dari drop point ke warehouse dan jam kerja kurir ekspedisi J&T Express 24 jam non-stop dan paket dibawa menggunakan mobil boks.

Proses transit akan melalui standar prosedur yang ketat sehingga paket yang dikirim tidak tercecer atau masuk ke storage drop point kota yang berbeda.

Pada umumnya, durasi transit antar kota membutuhkan waktu kurang lebih satu hari dan drasi transit akan mengalami keterlambatan jika ada kejadian di luar kendali atau peak season.

Hal ini tidak hanya terjadi pada J&T Express, namun terjadi juga pada perusahaan ekspedisi pengiriman lainnya.

Kejadian di luar kendali yang dimaksud seperti bencana alam, banjir, gempa bumi dan lainnya.

Sementara itu, peak season J&T Express biasanya terjadi menjelang hari raya idul fitri, natal, dan hari belanja online nasional (Harbolnas).

Tetapi Anda tidak perlu khawatir kalau paket tersebut tidak akan sampai, karena pihak J&T Express ataupun e-commerce akan menginformasikan hal tersebut melalu website resmi mereka.

Bila Anda dalam kondisi mendesak untuk mengirim paket dalam kota, maka bisa menggunakan layanan J&T Super.


Pengiriman dari Warehouse ke Drop Point J&T Terdekat dengan Alamat Penerima

Drop Point J&T
Pengiriman dari Warehouse ke Drop Point J&T Terdekat dengan Alamat Penerima
Paket yang mempunyai kota pengirim berbeda dengan kota penerima akan melalui proses transit dan penyortiran.

Jika sudah sampai di drop point terdekat dengan alamat penerima, maka pihak J&T Express akan dikirim ke alamat penerima.

Proses pengiriman ini biasnya membutuhkan waktu sekitar satu hari dan sistem pengiriman barang di J&T Express mewajibkan paket untuk segera diproses setelah tiba di drop point terdekat dengan alamat penerima.

Selain menghindari risiko paket tercecer, J&T Express juga menginginkan agar paket tidak menumpuk drop point sehingga distribusi paket yang akan datang bisa lancar.

Jika paket sudah sampai di drop point J&T terdekat pada pagi hari, maka kemungkinan besar paket akan dikirim di hari yang sama.


Pengiriman dari Drop Point J&T ke Alamat Penerima

Drop Point J&T
Pengiriman dari Drop Point J&T ke Alamat Penerima
Saat paket telah sampai ke lokasi drop point, maka pihak J&T Express yang ditugaskan di lokasi akan segera meminta kurir untuk mengirim barangnya ke alamat penerima.

Karena sistem yang digunakan di warehouse dan drop point sama saja, yaitu barang akan dikirim langsung ke alamat penerima agar tidak ada paket yang tertumpuk di drop point.

Kurir J&T Express bekerja menggunakan sistem shift, sehingga pengiriman barang bisa dilakukan setiap hari selama 12 jam.

Karena jam kerja kurir pengiriman J&T Express mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. 

Jika penerima paket sedang tidak berada di tempat, maka kurir akan menghubungi penerima melalui telepon atau chat WhatsApp untuk meminta konfirmasi jadwal pengiriman.

Paket tersebut nantinya akan dikembalikan ke drop point J&T terdekat untuk selanjutnya dikirim ke alamat penerima keesokan harinya.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk terus memantau lokasi barang secara berkala menggunakan resi yang telah diberikan agar terhindar keterlambatan dalam menerima paket.


Fungsi Drop Point J&T

Drop Point J&T
Fungsi Drop Point J&T
Fungsi drop point J&T tidak hanya berfungsi sebagai tempat drop off paket untuk dikirimkan ke penerima, namun bisa juga digunakan menyampaikan keluhan seperti paket hilang, paket belum diterima, paket rusak, dan lainnya.

Karena drop point dari J&T Express ini mempunyai sistem untuk mengatasi masalah Anda dan pada umumnya, pihak J&T Express akan meminta Anda memberikan nomor resi ketika pengiriman barang. 

Setelah itu pihak J&T Express akan mengecek pada sistem dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah yang Anda alami sesuai dengan layanan yang dipilih.

Oleh karena itu, pastikan jika Anda selalu memeriksa paket diterima dengan kondisi baik dan simpanlah nomor resi karena akan digunakan sebagai bukti jika ingin mengajukan komplain.


Pertanyaan Seputar Drop Point J&T Express

Drop Point J&T
Pertanyaan Seputar Drop Point J&T Express
Terkadang konsumen ingin mengetahui jam kerja atau lokasi dari drop point dari J&T Express terdekat secara langsung dari pihak J&T Express.

Banyak dari mereka memilih untuk langsung menghubungi melalui telopon, chat WhatsApp, atau email untuk menanyakan berbagai informasi terkait layanan dari jasa kirim tersebut.

Sebenarnya ada cara yang lebih efektif dari menghubungi pihak J&T Express secara langsung, yaitu dengan mencari tahu pertanyaan-pertanyaan umum yang sering ditanyakan melalui internet.

Hal ini pastinya bisa mengurangi waktu tunggu atau balasan email dari pihak J&T Express.

Bberapa pertanyaan umum yang sering ditanyakan konsumen seputar drop point J&T Express, yaitu sebagai berikut:


Kapan jam kerja drop point J&T Express?

Jam kerja drop point dari J&T Express setiap hari, pukul 08.00 WIB – 20.00 WIB.


Bagaimana mencari drop point J&T Express terdekat?

Cara untuk mencari drop point J&T Express terdekat dari lokasi Anda bisa dilakukan melalui 3 cara, yaitu menggunakan aplikasi Google Maps, Browser, dan aplikasi J&T Express.


Bagaimana proses setelah barang sampai di drop point?

Setelah barang sampai di drop point, maka pihak J&T Express akan mengirimnya ke warehouse kota tujuan


Bagaimana melacak kiriman paket dengan resi J&T Express?

Anda bisa secara mengecek posisi paket secara berkala dengan memasukan nomor resi melalui situs resmi J&T atau melalui aplikasi e-commerce yang digunakan untuk berbelanja online.


Akhir Kata

Demikian penjelasan tentang drop point J&T yang telah dirangkum yang perlu diketahui.

J&T Express menawarkan banyak kelebihan yang bisa mempermudah Anda, seperti proses pengecekan resi yang cepat, layanan penjemputan paket di lokasi pengirim, dan sistem sentralisasi untuk memperlancar pengiriman paket ke rumah penerima.

Dengan kemudahan yang diberikan, maka Anda tidak perlu lagi meragukan kualitas layanan J&T Express.

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, silahkan simpan artikel ini dengan menekan menu Bookmark di pojok kanan atas browser.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel