Cara WA Gratis Smartfren 2022

Cara WA gratis Smartfren
Cara WA gratis Smartfren sedang banyak dicari oleh para pengguna WhatsApp khususnya yang menggunakan kartu Smartfren untuk internetan.

Smartfren adalah provider layanan internet yang sudah terkenal di Indonesia karena selalu memberikan paket kuota murah dibandingkan provider lainnya.

Tetapi hal itu rasanya masih belum cukup bagi Smartfren untuk memikat para pelanggan nya agar selalu betah menggunakan produknya.

Mengingat provider lain juga bersaing secara ketat dan selama wabah Covid-19 yang hingga saat ini belum juga mereda, sebagian besar masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mengakses internet

Ini artinya kebutuhan paket internet semakin meningkat dibandingkan biasanya dan bagi orang yang mempunyai budget cukup untuk membeli paket kuota tentu bukan masalah besar.

Namun berbeda halnya bagi orang yang mempunyai budget minim maka akan menjadi masalah.

Kebutuhan akses internet saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat modern.

Nah, berikut ini kami akan membagikan beberapa cara WA gratis Smartfren yang bisa diterapkan bila ingin mendapatkan kuota gratis sehingga bisa internetan sepuasnya.


1. Cara WA Gratis Smartfren melalui Dapodik Kemendikbud

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA Gratis Smartfren melalui Dapodik Kemendikbud
Cara WA gratis Smartfren pertama yang bisa diterapkan adalah memanfaatkan kuota gratis dari Dapodik Kemendikbud.

Karena beberapa waktu lalu, pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud) meluncurkan program subsidi kuota gratis untuk peserta didik yang didalamnya termasuk siswa, guru, mahasiswa dan juga Dosen.

Kuota internet gratis dari pemerintah ini diluncurkan untuk meringankan beban para orang tua karena adanya pandemi corona yang masih berlangsung hingga hari ini.

Dengan pemberian kuota gratis ini, diharapkan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan lancar walaupun dilakukan secara online.

Apalagi harga paket data internet tidaklah murah, terutama untuk melakukan belajar online berupa zoom atau Google meet antara siswa dan guru, atau mahasiswa dan dosen itu membutuhkan kuota internet yang lumayan besar.

Hal inilah yang memberatkan para orang tua, dan pemerintah memahaminya oleh karena itu program kuota gratis ini diluncurkan.

Kuota dari pemerintah ini rencananya akan dibagikan setiap bulan untuk 4 bulan kedepan dan telah berjalan sejak tahun 2020 lalu dan akan berakhir pada Desember Tahun 2022 ini.

Untuk mendapatkan kuota ini, para siswa, mahasiswa, guru dan dosen harus mendaftarkan nomor handphone mereka melalui sekolah atau kampus mereka ke Data Poko Pendidikan (Dapodik) pemerintah.

Sedangkan proses pendaftaran ini diberi batas waktu hingga dengan 11-September-2022 ini dan barulah kuotanya akan mulai dibagikan berupa pulsa internet langsung ke nomor HP yang terdaftar dalam Dapodik.


2. Cara WA Gratis Smartfren untuk Kuota Ruang Guru 30 GB

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA Gratis Smartfren untuk Kuota Ruang Guru 30 GB
Smartfren sebagai salah satu provider internet yang cukup populer di Indonesia juga ikut berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah agar masyarakat bisa tinggal di rumah selama pandemi berlangsung.

Dukungan tersebut diwujudkan dalam bentuk promo kuota gratis 30GB yang bisa membantu para pelanggan terutama Guru dan Siswa.

Nama paket ini bernama “Ruang Guru 30 GB” yang artinya kuota ini tidak bisa digunakan sembarangan dan berbeda dari kuota reguler.

Karena kuota sebesar 30 GB ini hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Ruang Guru yang berlaku selama 30 hari.

Tetapi ada pembatasan kuota dalam satu harinya dan setiap siswa yang menggunakan produk Smartfren ini akan mendapatkan limit kuota 1 GB per harinya selama 30 hari berturut-turut.

Untuk cara WA gratis Smartfren untuk kuota Ruang Guru 30GB yaitu sebagai berikut:
  • Langkah pertama, download dan install aplikasi MySmartfren melalui link berikut ini (Download Aplikasi MySmartfren).
  • Kemudian buka aplikasi MySmartfren yang telah terinstall di smartphone Anda.
  • Login ke Aplikasi My Smartfren dengan Nomor Smartfen Anda.
  • Pada aplikasi, silahkan pilih menu Beli lalu klik Entertainment.
  • Selanjutnya carilah paket kuota Ruang Guru 30 GB seharga 0 rupiah dengan cara menscroll nya kebawah.
  • Jika sudah ketemu tinggal di klik saja.
  • Lanjutkan proses pembelian seperti biasa tetapi paket spesial ini pastinya tidak mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis.


3. Cara WA gratis Smartfren untuk Kuota 5GB

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA gratis Smartfren untuk Kuota 5GB
Nah, jika paket jumbo 30 GB di atas hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Ruang Guru untuk menunjang kebutuhan guru dan murid.

Namun paket yang satu ini bisa digunakan lebih leluasa seperti untuk akses Youtube ataupun aplikasi sosial media lainnya.

Walaupun jumlah kuotanya tidak terlalu besar 30 GB seperti paket Ruang Guru, namun dengan kuota gratis 5GB dari Smartfren ini, Anda bebas menggunakannya untuk akses web atau aplikasi apapun.

Untuk cara WA gratis Smartfren untuk kuota 5GB yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasi MySmarftren melalui link yang telah kami sediakan di atas.
  • Kemudian daftarkan nomor Smartfren Anda di aplikasi tersebut dan ikuti langkah demi langkah sesuai ketentuannya hingga selesai.
  • Jika berhasil, maka secara otomatis Smartfren akan memberikan kuota gratis secara cuma-cuma untuk Anda gunakan sebesar 5 GB. Anda bisa mengecek langsung status nya di akun Smartfren sebagai bukti bahwa kuota 5 GB telah ditambahkan ke nomor Smartfren Anda. Penggunaan kuota gratis ini secara bebas tanpa ada syarat sama sekali, sehingga jangan sampai sia-siakan kesempatan yang bagus ini guys.


4. Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan APN dan Aplikasi KPN Tunnel

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan APN dan Aplikasi KPN Tunnel
Jika kedua cara diatas masih dirasa belum cukup untuk, maka Anda bisa menggunakan APN untuk menikmati akses internet dengan kuota gratisan.

Bedanya dengan cara-cara yang telah dibahas sebelumnya dengan cara kali ini yaitu Anda akan sedikit mengakali provider Smartfren agar bisa mendapatkan kuota gratis.

Selain APN, Anda juga membutuhkan aplikasi KPN Tunnel untuk menjalankan proses ini.

KPN Tunnel adalah aplikasi yang bisa didapatkan melalui Play Store yang berfungsi untuk mengakali provider agar bisa mendapatkan kuota gratis secara unlimited.

Dengan kata lain, cara ini sebenarnya bisa merugikan pihak provider Smartfren karena sebenarnya mereka tidak sedang benar-benar memberikan promo kuota gratis.

Jadi cara ini lebih disarankan untuk pengguna yang sedang membutuhkan kuota internet karena dalam kondisi terdesak.

Untuk cara WA gratis Smartfren menggunakan APN yaitu sebagai berikut:


1. Mengaktifkan APN Smartfren

Dengan berbekal HP Android, Anda akan masuk ke Pengaturan terlebih dahulu untuk mengubah APN yang dari Smartfren.

Kemudian pilih Jaringan Lain lalu pilih Jaringan Seluler. Pada APN Smartfren, silahkan isikan namanya dengan “Smartfren4G” dan APN juga “Smartfren4G” (tanpa tanda kutip).

Sedangkan bagian port dan proxy tidak perlu di isi apapun, biarkan saja kosong.


2. Menjalankan Aplikasi KPN Tunnel

  • Langkah selanjutnya yaitu Anda membutuhkan aplikasi KPN Tunnel untuk bisa menikmati kuota internet smartfren gratis tanpa batas.
  • Download dan install Aplikasi KPN Tunnel secara gratis melalui Play Store atau melalui link berikut ini (Download Aplikasi KPN Tunnel).
  • Setelah berhasil di install ke ponsel Android, Anda bisa langsung buka aplikasinya kemudian masuk ke pilihan konfigurasi yang tertera di aplikasi tersebut.
  • Pilih SSH Tunnel kemudian ubah port menjadi 443 lalu masukkan kata sandi dengan 200 dan pilih SSL TSL kemudian instal.
  • Proses instalasi membutuhkan waktu beberapa saat dan setelah berhasil di instal maka tinggal dijalankan saja.

Penggunaan aplikasi KPN Tunnel untuk mendapatkan kuota gratis secara unlimited ini tidak terbatas pada provider Smartfren saja, tetapi bisa juga untuk provider lainnya.

Namun beda provider beda cara konfigurasinya dan untuk pengguna provider lain cara nya bisa dicari sendiri di Google dan tidak dibahas disini mengingat pembahasan kali ini lebih spesifik pada Smartfren saja.

Setelah berhasil di konfigurasi dengan benar, maka Anda tinggal menekan tombol Start yang ada di aplikasi untuk mulai menikmati kuota gratis unlimited.

Hal yang penting harus diperhatikan adalah pastikan sebelum klik Start, data provider Anda sudah diaktifkan sebelum akhirnya tersambung dengan aplikasi ini.


5. Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan Aplikasi Psiphon

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan Aplikasi Psiphon
Aplikasi ketiga yang bisa digunakan bila ingin mendapatkan kuota gratis dari Smartfren dan bisa digunakan untuk mengakses WhatsApp adalah aplikasi Psiphon.

Untuk cara WA gratis Smartfren menggunakan aplikasi Psipon yaitu sebagai berikut:
  • Download dan install aplikasinya melalui link berikut ini (Download Aplikasi Psiphon).
  • Setelah proses install aplikasi berhasil, silahkan buka dan jalankan aplikasi tersebut. Ketika Anda menemukan notifikasi, silahkan aktifkan saja Tunnel Whole Device.
  • Kemudian beri tanda centang pada I Trust This Application, lalu pilih OK.
  • Setelah melakukan pengaturan tersebut, Anda bisa masuk ke menu Option kemudian pilih Connect Throught an HTTP Proxy dan Use System Network Setting.
  • Selanjutnya Anda harus memilih server kemudian pilih Start. Jika sudah terkoneksi, maka Anda tinggal menikmati layanan WhatsApp secara gratis.


6. Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan Aplikasi Simple Server

Cara WA Gratis Smartfren
Cara WA Gratis Smartfren Menggunakan Aplikasi Simple Server
Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan agar bisa WA gratis menggunakan kuota dari Smartfren adalah aplikasi Simple Server.

Untuk bisa menggunakan aplikasi ini, Anda harus memastikan bahwa ponsel yang digunakan sudah diroot.

Jika ponsel sudah diroot, maka Anda dapat memasangkan aplikasi yang bernama Simple Server pada ponsel tersebut.

Aplikasinya bisa didownload melalui link yang kami sediakan berikut ini (Download Aplikasi Simple Server).

Untuk cara WA gratis Smartfren menggunakan aplikasi Simple Server yaitu sebagai berikut:
  • Pastikan jika sebelumnya Anda sudah melakukan pengaturan pada Setting ponsel, barulah Anda bisa memilih Pengaturan Jaringan.
  • Untuk VPN, silahkan isi dengan internet kemudian isi Proxy dengan 127.0.0.1 dengan Port 1.0.8.0.
  • Jika sudah, maka buka dan jalankan aplikasi Simple Server dan langsung klik Connect untuk dapat menikmati layanan WhatsApp secara gratis.


Akhir Kata

Demikian beberapa cara WA gratis Smartfren yang perlu diketahui dan bisa diterapkan.

Dan perlu di ingat bahwa cara mendapatkan kuota Amartfren gratis ini tidak selama nya bisa berjalan dengan baik, karena cara kerja dari aplikasi yang kami bagikan sebenarnya hanya memanfaatkan bug yang ada di provider internet.

Bila provider seperti Amartfren memperbarui sistem keamanannya nanti, maka kemungkinan cara yang kami bagikan ini tidak efektif lagi untuk digunakan.

Sehingga Anda harus mencari dan menggunakan cara lain yang lebih efektif guys.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel