Cara Menjaga Battery Health IPhone 2022

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Cara menjaga battery health iPhone
ini sangat bantak dicari oleh para pengguna HP iPhone, karena pemilik ponsel iPhone tidak jarang meributkan masalah ketahanan baterai merek.

Padahal setiap pemilik iPhone menggunakan ponselnya dengan cara yang berbeda-beda, ketahanan baterai ini berpengaruh pada kesehatan baterai yang dapat dilihat pada fitur battery healt.

Battery health itu sendiri merupakan salah satu fitur yang terdapat pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad, dan Apple Watch yang berfungsi untuk mengetahui kondisi dari baterai yang tertanam di dalam perangkatnya yang bentuk persenan angka.

Dengan adanya fitur battery health di iPhone ini membuat pemilik atau pengguna iPhone menjadi dilema, karena fitur tersebut berguna untuk mengetahui kesehatan baterai pada HP iPhone secara presisi.

Disisi lain, ditampilkannya fitur battery health ini bisa membuat pengguna iPhone akan khawatir, pasalnya persentasenya battery akan terus menurun dengan seringnya digunakan.

Oleh karenanya, kami merangkum beberapa cara menjaga battery health iPhone agar tetap optimal di angka 100 persen, dan anda perlu mengetahui apa penyebab battery health turun pada iPhone sebagai berikut.


1. Perbarui Perangkat

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Perbarui Perangkat
Memperbarui perangkat lunak dapat membuat kesehatan baterai iPhone anda bisa menjadi optimal atau bisa dikatankan akan menjadi 100% dalam persenannya, karena hal ini akan pembaruan yang dapat membawa fitur baru.

Contohnya pada versi iOS 13 yang sudah bisa memberhentikan pengisian daya iPhone secara otomatis ketika sudah 80 persen dan ini merupakan salah satu cara menjaga battery health iPhone anda.

Battery iPhone anda akan menjadi lebih sehat ketika fitur tersebut bisa digunakan pada semua HP iPhone, dengan fitur itu juga anda tidak perlu repeot-repot menganti battery.


2. Hindari Temperatur Tinggi

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Hindari Temperatur Tinggi
Cara menjaga battery health iPhone lainnya yang bisa anda lakukan adalah menghindari berada di suhu ruangan bertemperatur tinggi, karena iPhone dirancang untuk bekerja dalam kisaran suhu ruangan antara 16 hingga 22 derajat Celcius.

Jika iPhone ini berada di suhu 35 derajat ke atas, maka akan mudah merusak kapasitas baterai anda, jadi anda perlu berhati-hati dalam mengaktifkan atau menggunakan iPhone di ruangan yang berkapasitas suhu yang tinggi.

Iphone memiliki perangkat yang rentan akan suhu panas, yang akan mengakibatkan suhu pada iPhone itu menjadi panas sehingga kesehatan battery health-nya akan menjadi menurun secara perlahan.


3. Lepas Case Saat Charge iPhone

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Lepas Case Saat Charge iPhone
Saat iPhone sedang di-charge atau diisi daya, sebaiknya anda melepas case yang menutupi badan ponsel itu terlebih dahulu, hal ini bisa menghindari adanya penumpukan panas berlebih pada saat charge.

Tentu hal ini dapat mempengaruhi battery health anda, ketika anda sedang charge tanpa melepas case pada HP tersebut akan mengalami suhu yang tinggi dan akan mengakibatkan penurunan health battery apabila melakuknya setiap hari.

Dengan melepas case pada saat charge ini merupakan salah satu cara menjaga bettery health pada iPhone yang anda miliki, dan battery iPhone akan tetap sehat tidak mudah habis.


4. Pakai Charger Asli atau MFi

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Pakai Charger Asli atau MFi
Salah satu hal yang sangat penting dan menjadi cara menjaga battery health iPhone adalah dengan memakai charger asli atau original, baik power adapter atau kabel yang digunakan.

Jika dirasa sulit membeli yang asli, anda bisa memakai charger berlisensi MF, karena lisensi tersebut ditawarkan Apple kepada vendor yang menjual charger pihak ketiga.

Charger ini harus lulus uji coba dan memenuhi persyaratan Apple untuk keamanan dan kompatibilitas dalam penggunaan, sehingga bisa mendapatkan sertifikasi MFi dari Apple.


5. Isi daya hingga 80 persen saja

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Isi daya hingga 80 persen saja
Jika sedari dulu mengisi daya ponsel hingga 100 persen pada perangkat Android, lain halnya dengan mengisi daya pada iPhone, karena pada iPhone ketika pengisian daya hanya 80 persen saja.

Cara ini merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan battery iPhone tersebut, guna cara menjaga battery health iPhone, pasalnya mengisi daya iPhone hingga 80 persen saja merupakan keputusan yang paling baik untuk dilakukan.

Hal tersebut bisa anda terapkan bila iPhone sedang digunakan secara intens, hal ini dilakukan agar temperatur iPhone tidak semakin meningkat, dan health battery tidak terus menerus menurun.


Penyebab Baterai Health Turun Secara Cepat

Cara Menjaga Battery Health IPhone
Penyebab Baterai Health Turun Secara Cepat
Sebenarnya HP selalu memberikan daya tampung besar, namun kesehatan baterai tersebut sering mengalami penurunan drastis tanpa anda sadari, ketika anda asik menggunakannya.

HP yang sering digunakan tanpa istirahat akan mengakibatkan HP tersebut akan cepat panas, sehingga suhu yang panas ini akan menjadi penyebab battery health terus menurun.

Selain cara menjaga battery health iPhone, anda perlu mengetahui apa penyebab health battery sering menurun secara drastis, untuk mengantisipasi dan mengurangi kegiatan tersebut.

Simak beberapa penyebab utama battery health turun secara cepat yaitu sebagai berikut:

Siklus Pengisian Daya Sudah Banyak

Pihak pengembang dan produsen sendiri telah menjelaskan mengenai baterai HP pada iPhone tersebut, akan ada penurunan ke angka 80% setiap 500x siklus pengisian secara penuh pada saat pengisian daya.

Oleh karena itu, semakin sering digunakan maka pengisian daya juga akan lebih sering, sehingga terjadi penurunan kesehatan baterai HP iPhone anda, karena itu anda memakainya sangat wajar.


Menggunakan HP Sambil Charging

Salah satu kebiasaan atau penyebab baterai health turun adalah charging sambil menggunakan HP, hal ini akan membuat battery health semakin menurun, anda harus menghentikan kebiasaan ini.

Penggunaan baterai saat pengecasan akan membuat baterai tersebut cepat panas karena bekerja 2 kali lipat pada saat pengisian, akibat penggunaan tersebut membuat iPhone cepat rusak dan cepat menurun kesehatannya.


Membiarkan Baterai Kehabisan Daya

Begitu juga dengan HP yang baterainya selalu berada di titik terendah atau membuatnya kosong ataupun hingga HP tersebut mati, karena baterai yang selalu kehabisan daya dan tidak lekas dilakukan pengisian maka battery health nya akan menurun.

Sebaiknya anda melakukan pengisian daya ketika baterai tersebut berada pada posisi 20% sehingga performa baterai tersebut dapat terjaga kesehatannya, dan guna untuk menjaga akan penurunan.


Tips Cara Menjaga Battery Health iPhone Lainnya

Adapun beberapa cara menjaga battery health iPhone lainnya, yang bisa anda terapkan agar kondisi baterai tidak mudah turun dan tetap 100 persen yaitu sebagai berikut:
  • Gunakan low power mode di iPhone saat anda perlukan saja.
  • Turunkan kecerahan layar saat ingin menghemat baterai iPhone anda.
  • Matikan Bluetooth dan layanan lokasi, jika tidak diperlukan akan membuat battery cepat habis dan panas.
  • Nonaktifkan Background App Refresh, anda bisa mengaturnya melalui Setting>General>Background App Refresh>On atau Off.
  • Gunakan Dark Mode untuk iOS dan aplikasi yang mendukung penggunaan iPhone.
  • Manfaatkan opsi Optimized Battery Charging pada fitur iPhone.
  • Hindari buka dan tutup atau forced closed aplikasi yang telah anda buka agar tidak restart dari awal iPhone, karena ini cukup menarik daya baterai jika dilakukan berulang.
  • Charge iPhone anda pada saat kondisi baterai sudah mencapai 20 persen dan tidak selebihnya, kecuali jika dibutuhkan untuk bepergian jauh tanpa fasilitas charging ponsel anda.


Akhir Kata

Itu tadi beberapa penjelasan tentang cara menjaga battery health iPhone 2022 yang perlu anda ketahui, apabila anda adalah pengguna iPhone maka perlu menerapkan hal-hal ini.

Karena apabila kesehatan battery health ini terus menerus turun, akan mengakibatkan HP anda mengalami kerusakan parah sehingga anda perlu membelli HP lagi.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan keteman atau kerabat dekat anda yang belum mengetahui tentang informasi ini, guna menyelamatkan HP yang digunakan.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi ataupun dengan misi tertentu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
David Brendi Reviewer Smartphone, praktisi teknologi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel