Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap 2022

Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap
Cara mengunci Whatsapp agar tidak bisa disadap
karenanya banyak dari mereka menyimpan rahasia di Whatsapp, karena memang penting untuk mengetahui cara mengunci WA di handphone agar tidak mudah disadap.

Kami telah menghabiskan beberapa waktu untuk menguji dan menganalisis beberapa cara mengunci whatsapp agar tidak bisa disadap, dan dalam posting ini anda akan melihat hasil dari tes-tes tersebut dan apakah cara mengunci whatsapp agar tidak bisa disadap benar-benar bisa dilakukan dan yang paling penting apakah aman untuk diterapkan.

Kehadiran Whatsapp menjadi salah satu bukti kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi yang diciptakan untuk memudahkan manusia dalam berkomunikasi secara jarak jauh.

Banyak fitur yang disediakan oleh Whatsapp bagi keamanan dan kenyamanan penggunanya, tetapi aksi pembajakan atau peretasan melalui aplikasi pesan instan WA masih sering terjadi sampai saat ini.

Jika smartphone pada zaman dahulu belum dilengkapi dengan fitur pengunci aplikasi, tetapi kini semua smartphone telah menghadirkan fitur pengunci aplikasi, dan fitur ini juga bisa digunakan untuk mengunci WhatsApp.

Untuk lebih jelasnya, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi tentang cara mengunci Whatsapp agar tidak bisa disadap dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap Tanpa Aplikasi di Android

Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap
Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap Tanpa Aplikasi di Android
Cara mengunci WA ternyata tidak memerlukan bantuan aplikasi tambahan juga, bagi pengguna Android maupun IOS telah memiliki fitur keamaanan bawaan yang telah tersedia di dalam smartphone.

Ponsel ini memiliki kelengkapan fingerprint sebagai keamaanan ponsel pada umumnya, cara yang satu ini pun tidak membutuhkan waktu lama dan cukup mudah, sebab fitur fingerprint telah tersedia di aplikasi WA.

Pada saat ini banyak orang menggunakan aplikasi WA untuk keperluan pribadi maupun profesional, tidak heran jika saat ini banyak percakapan penting yang tersimpan dalam WA itu sendiri.

Simak langkah langkah cara mengunci Whatsapp agar tidak bisa disadap tanpa aplikasi yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Whatsapp anda.
  • Buka halaman dan pilih ikon tiga titik.
  • Setelah terbuka, pilih menu Account yang terdapat di bagian paling atas layar.
  • Kemudian pilih Privacy yang berada di kolom paling atas.
  • Setelah anda masuk ke dalam menu Privacy, maka anda dapat memilih Fingerprint Lock yang berada di bagian paling bawah.
  • Masukkan sidik jari anda dan ikuti langkah selanjutnya.
  • Biasanya akan ada verifikasi sidik jari untuk memberikan konfirmasi kepada ponsel anda tersebut.
  • Atur waktu otomatis untuk mengunci layar anda kembali, umumnya tersedia pilhan Immediately, 1 menit, dan setelah 30 menit yang harus anda pilih.
  • Selesai dan aplikasi WA telah berhasil terkunci dengan baik dan dijamin tingkat keamanannya.


2. Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap Tanpa Aplikasi di IOS

Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap
Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap Tanpa Aplikasi di IOS
Nah bagi para pengguna IOS jangan khawatir, fitur pengunci juga tersedia untuk pengguna iOS, jenis fitur pengunci akan menyesuaikan dengan sistem yang tersedia di perangkat anda seperti Touch ID atau Face ID.

Fitur keamanan dari Whatsapp ini berguna untuk membantu mencegah orang lain mengambil telepon dan membaca pesan pribadi secara diam-diam tanpa sepengetahuan anda.

Simak langkah langkah cara mengunci Whatsapp agar tidak bisa disadap tanpa aplikasi di IOS yaitu sebagai berikut:
  • Petrama buka aplikasi Whatsapp anda.
  • Kemudian, anda pilih Menu Settings > Account > Privacy.
  • Pada halaman Privacy, lalu pilih menu Screen Lock pada layar ponsel anda.
  • Setelah itu, pilih opsi untuk mengaktifkan fitur Face ID atau Touch ID.
  • Lalu, aktifkan Require Face ID atau Require Touch ID.
  • Atur jangka waktu untuk mengunci WhatsApp secara otomatis yang anda inginkan.
  • Selesai.

Setelah cara mengunci Whatsapp anda berhasil dan ingin membuka aplikasi whatsapp tersebut, maka anda harus melakukan pemindaian Face ID atau Touch ID terlebih dahulu.

Jika tidak berhasil melakukan pemindaian tersebut atau gagal membuka aplikasi dengan Face ID atau Touch ID, maka anda akan diarahkan untuk membukanya dengan passcode Iphone.

Walaupun dilindungi dengan teknologi biometrik ini pada aplikasi tersebut, anda tetap bisa membalas pesan dan menerima telepon hanya melalui notifikasi Lock Screen itu saja


Tips Mengunci Whatsapp Agar Tidak Disadap

Cara Mengunci Whatsapp Agar Tidak Bisa Disadap
Tips Mengunci Whatsapp Agar Tidak Disadap
Setelah mengetahui cara mengunci WA tanpa aplikasi tambahan, tidak ada salahnya mengetahui cara mengindari WA anda tidak mudah tersadap oleh orang lain.

Akhir-akhir ini penyadapan Whatsapp kerap kali terjadi, bisanya penyedap akan mengetahui informasi penting berupa pesan hingga foto yang terdapat di dalam Whatsapp handphone anda.

Namun tidak perlu khawatir, terdapat tips agar anda tidak mudah terkenaa sadap oleh orang lain dan cara mengunci Whatsapp agar tidak disadap yaitu sebagai berikut:


1. Keluarkan WhatsApp Web

Cara agar tidak mudah disadap yang pertama adalah keluarkan WA web anda, bisa mengecek perangkat apa saja yang menggunakan akun melalui WA Web ini yaitu sebagai berikut:
  • Klik opsi titik tiga di kanan atas layar anda.
  • Lalu, klik WhatsApp Web
  • Akan muncul daftar perangkat yang login dengan akun anda pada saat itu.
  • Pilih logout dari semua perangkat anda.


2. Aktifkan Verifikasi Dua Faktor

Cara agar Whatsapp anda tidak mudah disadap oleh orang lain yang selanjutnya adalah mengaktifkan verifikasi dua faktor yang ada pada aplikasi tersebut dan tebilang sangat ampuh.

Cara ini adalah pilihan untuk mengirimkan kode enam angka tiap pengguna masuk dengan nomor Whatsapp terdaftar ke perangkat baru anda terlebih dahulu.

Kode yang dimaksud berbeda dengan OTP karena cara ini digunakan agar seseorang tidak bisa masuk begitu saja ke akun Whatsapp pengguna dan membajak lewat kode QR.

Simak cara mengaktifkan verifikasi dua faktor pada Whatsapp yaitu sebagai berikut:
  • Klik titik tiga di kanan atas.
  • Setting > Account > Two Step Verification.
  • Lalu, klik Enable.
  • Masukkan enam kode rahasia yang dipilih sebelumnya.
  • Masukkan email anda untuk memulihkan kata kunci jika anda lupa.


3. Pasang Ulang WA

Instal ulang aplikasi WA merupakan salah satu tips agar tidak mudah tersadap, hal ini bisa diterapkan jika anda terlanjur mengeklik Oke saat ada peringatan untuk memindahkan akun seperti disebutkan tadi.


4. Nonaktifkan Akun

Jika akun Whatsapp terlancur disadap oleh orang lain yang tidak bertangang jawab, segera nonaktifkan akun untuk memastikan tidak ada yang menggunakan akun Whatsapp tersebut..

Caranya dengan mengirimkan email ke dukungan WhatsApp di support@whatsapp.com dengan frasa "Hilang atau Dicuri dan Silakan nonaktifkan akun saya" di badan email, seperti ditulis tadi.


Akhir Kata

Itulah beberapa cara mengunci Whatsapp agar tidak bisa disadap 2022 yang pada saat ini banyak dilakukan oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab dengan hal tersebut.

Anda perlu mengunci Whatsapp guna untuk menghindari penyadapan yang sering di temui pada saat ini, dan banyak orang yangn telah menjadi korban penyadapan ini.

Jangan lupa bagikan informasi artikel ini ke akun sosial media dan ke teman atau kerabat dekat anda yang belum tahu tips cara agar akun Whatsapp tidak mudah disadap oleh orang lain.

Itulah seluruh pembahasan kami pada artikel kali ini, yang bisa anda gunakan untuk keperluan pribadi atau dengan misi tertentu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel