Cara Mengubah Jam di HP Android & iOS, Gampang Banget!

Daftar Isi
Cara mengubah jam di HP Android dan iOS mungkin jika dilihat sekilas terlihat mirip, namun pada kenyatannya berbeda guys, karena sistem dari kedua perangkat tersebut juga berbeda.

Bagi pengguna smartphone dengan mobilitas tinggi, terkadang tidak bermukim lama di satu tempat dan harus berpindah ke tempat lain, sehingga masalah penyesuaian waktu menjadi hal yang penting.

Terlebih kalau sudah berpindah lokasi di luar negeri, tentu Anda juga harus menyesuaikan zona waktu di tempat tersebut.

Karena Anda harus mengikuti zona waktu ditempat tersebut, maka waktu yang sudah di ataur sebelumnya harus diubah.

Terkadang banyak orang yang tidak menggunakan jam tangan untuk mengecek waktu walaupun mereka mempunyai mobilitas yang tinggi, sehingga cenderung mengandalkan smartphone milik mereka.

Bahkan banyak pengguna smartphone suka mengecek tanggal dan jam secara detail karena tidak terlalu memerhatikan hal tersebut ketika disibukkan dengan pekerjaan.

Memang ada beberapa tipe smartphone yang akan mengatur waktu atau jam dari smartphone pengguna secara otomatis, seperti iOS.

Namun, bukan berarti pengaturan otomatis itu tepat, sehingga kadang Anda harus mengatur waktu tersebut secara sendirian.

Cara Mengubah Jam di HP Android & iOS

Cara Mengubah Jam di HP
Nah, berikut ini kami bagikan cara mengubah jam di HP android dan iOS yang bisa dipelajari dan diterapkan.

1. Cara Mengubah Jam di HP Android

Cara pertama ini dilakukan untuk para pengguna HP Android dan sebagai informasi, setiap versi sistem operasi Android ataupun tipe HP mempunyai cara yang berbeda untuk mengubah jam.

Walaupun dari segi menu dan langkah hampir mirip, namun pastikan terlebih dahulu versi sistem operasi Android dan merek dari tipe HP yang akan diubah jamnya.

Pada langkah atau cara untuk mengubah jam di HP Android ini, kami menggunakan HP Xiaomi, sehingga buat Anda yang menggunakan merek atau tipe HP lain bisa menyesuaikan, ya.

Untuk cara mengubah jam di HP Android yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Pengaturan atau Settings yang ada di smartphone Android milik Anda.
  • Kemudian buka menu Setelan Tambahan atau General Settings di bawah menu Setelan atau Settings.
  • Setelah membuka opsi Setelan Tambahan atau General Settings, silahkan pilih opsi Tanggal & Waktu di bawah Setelan Tambahan.
  • Kemudian pilih Atur Tanggal Waktu
  • Jika pengaturan tanggal dan waktu di HP milik Anda masih otomatis, maka ubah terlebih dahulu ke manual dengan mematikan tombol otomatis.
  • Barulah Anda bisa mengatur tanggal pada kotak pilihan dengan memasukkan tanggal, bulan, dan tahun kemudian ubah jam di HP dengan cara memasukkan jam dan menit.
  • Pada langkah keempat ini, Anda boleh menggunakan format 12 jam atau 24 jam. Jika Anda memilih format 12 jam maka waktu akan menunjukkan dengan tipe waktu AM dan PM.
  • Lalu atur zona waktu di negara atau bagian negara tempat Anda berada, jika masih dalam keadaan otomatis maka matikan tombol otomatis dan atur secara manual.
  • Tentukan juga di zona waktu mana Anda berada, misalnya saat ini Anda berada di Jakarta maka aturlah zona waktu dengan GMT+07.00.
  • Sehingga cek dulu informasi lokasi zona waktu Anda.

2. Cara Mengubah Jam di HP iOS

Cara kedua ini bisa dilakukan oleh para pengguna HP iOS, seperti iPhone ataupun iPad dan mungkin Anda masih ingat iklan iPhone yang selalu menunjuk jam 09.41?

Pertama Anda mendapat iPhone dan juga menemui jam yang menunjuk angka itu sebelum dirubah.

Pada sistem iOS pengaturan jam dan waktu akan secara otomatis diatur oleh sistem yang disesuaikan dengan lokasi pengguna.

Tetapi, integrasi waktu ini terkadang tidak bisa berjalan apabila Anda tidak mempunyai jaringan dan koneksi internet yang stabil.

Maka Anda harus mengatur tanggal dan waktu secara manual dan pada langkah atau cara untuk mengubah jam di HP iOS ini, kami menggunakan HP iPhone 6S, sehingga buat Anda yang menggunakan merek atau tipe HP berbeda bisa menyesuaikan.

Untuk cara mengubah jam di HP iOS yaitu sebagai berikut:
  • Buka aplikasi Settings pada iPhone atau iPad milik Anda.
  • Di bawah aplikasi Settings kemudian pilih opsi General
  • Setelah itu pilih Date & Time di bawah opsi General
  • Atur Date & Time dan pada langkah ini Anda boleh menggunakan format 12 jam atau 24 jam. Jika Anda memilih format 12 jam maka waktu akan menunjukkan dengan tipe waktu AM dan PM.
  • Bila pengaturan tanggal dan waktu di HP milik Anda masih otomatis, maka ubahlah terlebih dulu ke mode manual dengan mematikan tombol otomatis.
  • Ketuk pada kolom lokasi, jam, dan tanggal.
  • Atur Tanggal dan Waktu dan kotak dialog akan keluar, sehingga Anda tinggal mengatur waktu dan tanggal sesuai dengan kondisi saat ini.

Tentang Mengubah Jam di HP

Setelah membahas cara mengubah jam di HP diketahui, lebih lanjut kami juga akan membahas seberapa pentingnya fitur tersebut.

Jika dulu pada HP harus disetting secara manual, maka beberapa tahun belakangan ini, waktu di HP sudah bisa otomatis menyesuaikan.

Akan tetapi ada saja alasan pengguna Android mengubah waktu atau di HP mereka, baik itu karena jam error atau sekedar ingin mengedit waktu hingga koneksi terputus.

Namun pada dasarnya sangat mudah bagi Anda untuk mengatur waktu di HP, baik itu ponsel baru ataupun HP lama sekalipun.

Salah satu caranya adalah dengan mengakses menu Pengaturan, dan hal ini sama mudahnya ketika Anda akan mengecek bagaimana kondisi baterai.

Namun jika Anda belum mengetahui tentang bagaimana cara mengubahnya, maka tidak perlu khawatir dan bingung.

Karena kami sudah membagikan cara mudah yang bisa Anda terapkan untuk mengatur jam, baik itu secara manual ataupun secara otomatis.

Demikian cara mengubah jam di HP Android dan iOS yang bisa diterapkan dengan mudah dan cepat.

Cukup mudah bukan? Semudah screenshoot panjang di HP iPhone milik Anda tanpa aplikasi, guys.

Anda juga bisa coba fitur untuk melacak HP iPhone yang hilang yang sudah tersedia atau tersematkan dalam perangkat ini.

Jika ada hal lain yang ingin Anda tanyakan yang berkaitan perangkat smartphone? Tinggalkan pesan di kolom komentar saja guys.