Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi 2022

Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi
Cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi
ini bisa anda lakukan dengan mudah menggunakan beberapa situs kompresi video tanpa mengurangi kualitas dari video.

Apa yang membuat file video lebih besar atau kecil? Ada beberapa faktor seperti resolusi, bitrate dan encoding dikarenakan jumlah piksel yang ditampilkan dalam video dikenal sebagai resolusi.

Biasanya akan dinyatakan sebagai pengukuran horizontal x vertikal contohnya saja HD juga disebut 1080p ialah 1920 x1080 ini nantinya akan menghasilkan definisi tinggi gambar.

Sedangkan bitrate ini mengacu ke jumlah bit yang diproses per uni waktu dan mengacu di jumlah data yang di transfer selama periode waktu tertentu apa lagi makin tinggi bitrate.

Maka akan banyak informasi yang dibawanya, video encoding ialah proses pengompresi file video sehingga disimpan sebagai video fluid ketimbang video individual.

Hal ini menggunakan dua bagian yang berbeda yakni codec dan container, selain itu penting untuk diingat bahwa kompres video hampir selalu menghasilkan penurunan kualitas.

Untuk lebih jelasnya di artikel kali ini kami akan membagikan informasi mengenai cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi sebagai berikut.


1. Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Compressify.com

Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi
Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Compressify.com
Hampir setiap orang pastinya memiliki banyak kesulitan dalam mendownload dan menyimpan file video berukuran besar pasalnya video besar sering kali berkaitan dengan resolusi tinggi.

Sebab anda harus menghabiskan banyak waktu dan menggunakan bandwidth berkecepatan tinggi hanya untuk mendownloadnya saja.

Anda bisa sepenuhnya mengurangi ukuran file video secara online tanpa menggunakan software atau aplikasi perkecil ukuran video dari perangkat anda.

Jika anda sedang mencari cara untuk mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi sebaiknya gunakan situs Compressify.com ini buat mengurangi video secara gratis.

Situs ini sangatlah berguna dan praktis termasuk untuk anda yang sering kali bekerja di jejaring sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube atau web designer.

Pasalnya memperkecil video diwebsite ini memungkinkan untuk menggunggah video sampai ukuran 8Mb jika video dikompresi ukurannya berkurang lebih dari setengahnya menjadi 40% dari aslinya.

Cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi menggunakan Compressify.com yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://compressify.herokuapp.com).
  • Jika sudah lalu klik Choose File namun perhatikan bahwa ukuran file maksimun video yaitu 8MB.
  • Lalu anda tunggu sampai beberapa menit untuk menyelesaikan prosesnya.
  • Maka file terkompresi secara otomatis di download dari browser anda.


2. Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Videosmaller.com

Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi
Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Videosmaller.com
Untuk mengecilkan ukuran video tanpa aplikasi selanjutnya yaitu menggunakan sebuah situs videosmaller.com.

Situs ini bisa dibilang sebagai salah satu browser yang memungkinkan kompresi ukuran video terbaik sekarang ini baik itu dari segi pengurangan file dan kualitas file setelah kompresi.

Video yang lebih kecil memungkinkan untuk mendownload video sampai ukuran 500Mb, pasalnya proses kompresi video yang cepat biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

Cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi menggunakan Videosmaller.com yaitu sebagai berikut:
  • Terlebih dahulu silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.videosmaller.com/).
  • Jika sudah pilih browser untuk bisa mendownload video yang dibutuhkan buat mengurangi ukurannya.
  • Lalu klik upload video untuk bisa mulai mengompresi video.
  • Pada tahap ini klik Download File untuk memulai proses pengunduhan video setelah melakukan pengompresi ke perangkat.


3. Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Onlineconverter.com

Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi
Cara Mengkompres Video di HP Tanpa Aplikasi Menggunakan Onlineconverter.com
Pasalnya situs web ini mendukung berbagai macam format video seperti MP4, AVI, FLV, MOV, 3GP, MKV, WMV tentunya dengan kapasitas video maksimun 200MB.

Anda bisa mendownload video dari dalam komputer atau melalui URL video, lalu anda dapat mengatur video yang didownload setelah melakukan ekstrak dan tekan kompres.

Cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi menggunakan Onlineconverter.com yaitu sebagai berikut:
  • Silahkan kunjungi melalui link berikut ini (https://www.onlineconverter.com/compress-video).
  • Lalu anda klik Choose File untuk bisa mendownload video yang perlu di kompres.
  • Maka kualitas audio akan berubah dengan memilih kualitas video tersebut.
  • Kemudian anda tekan Compress untuk bisa memulai mengompresi kapasitas video.
  • Pada tahap ini klik Download Now untuk dapat mendownload video terkompresi ke dalam perangkat anda.


Apa itu Codec?

Ketika kita membahas soal kompresi video maka kita harus menyebutkan codec, mungkin anda bertanya-tanya apa itu Codec dan mengapa itu penting?.

Codec sendiri adalah perangkat atau program algoritme tertentu yang bisa melakukan kompresi data video dan audio atau biasa disebut dengan Compressor Decompressor.

Dikarenakan bisa digunakan untuk menyandikan atau mendekode aliran data atau sinyal, tidak itu saja Codec ini merupakan bagian penting dari kompresi video serta sebagian besar proses pengeditan.

Berbagi atau streaming video, namun jika anda tidak terlalu akrab dengan Codec ini mungkin anda sebetulnya tidak menyadari bahwa anda pernah menggunakan sepanjang waktu.

Apa lagi sebagian besar dari komputer dan sistem operasi sudah dimuat sebelumnya dengan sebagian besar codec yang diperlukan untuk bisa memutar dan mengelola berbagai macam file video.

Jadi anda sudah pahamkan arti Codec ini, oleh sebab itu langsung saja anda gunakan cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi tersebut.


Apakah Anda Harus Mengkompres Ukuran Video?

Mungkin bertanya-tanya kenapa harus menggunakan cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi ini? Jawabannya anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengkompres video sebelum dibagikan.

Terkecuali jika anda sedang bekerja dalam produksi video kelas atas, pasalnya bekerja dengan video yang tidak terkompresi akan secara drastis memperlambat alur kerja anda.

Sehingga membuat pengelolaan data hampir tidak mungkin dilakukan pada saat anda mulai menambahkan file tidak terkompresi yang lebih besar.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengkompres video di HP tanpa aplikasi yang sudah kami sampaikan diatas untuk bisa langsung terapkan.

Ada beberapa cara yang sudah kami bagikan diatas tentu saja anda bisa memilih salah satu yang mudah untuk digunakan dalam mengkompres video.

Dengan informasi ini anda bisa mengubah video yang tadinya besar menjadi kecil sesuai yang anda inginkan tanpa harus repot-repot menggunakan aplikasi tambahan.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel