Cara Menggambar Anime

Daftar Isi
Cara Menggambar Anime
Cara menggambar anime
dan khusus untuk pemula terbilang cukup mudah dipraktikkan, selama mengikuti panduan pengatar dasar dan menggambar secara fokus dari gaya anime tersebut.

Jika berbicara mengenai negara dengan julukan matahari terbit pasti tidak bisa lepas dengan anime yang berarti animasi yang digambar menggunakan tangan ataupun melalui komputer.

Penyebutan anime merujuk pada kata animation, sedangkan seseorang yang menyukai anime atau segala hal yang berbau Jepang disebut dengan Otaku.

Ketika menonton anime biasanya menghadirkan berbagai macam jalan cerita dari yang klise hingga yang tidak biasa, anime juga terkenal dengan ceritanya yang kompleks.

Menonton anime tidak akan terasa membosankan karena gambarnya yang penuh warna dan cerah, satu judul anime saja bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun hingga cerita tamat.

Hal lainnya yang membuat anime unik adalah gaya menggambarnya yang berbeda dari kartun biasa, tidak seperti kartun yang banyak menggunakan bentuk 3D atau CGV.

Menggambar karakter anime bisa tampak sulit, terutama jika melihat anime favorit anda yang dibuat secara profesional.

Untungnya, siapa saja bisa belajar menggambar karakter anime dan prosesnya cukup sederhana jika anda membaginya menjadi beberapa langkah kecil.

Berikut akan kami jelaskan cara menggambar anime yang mudah dan praktis melalui beberapa langkah di bawah ini.


Menggambar Kepala dan Wajah Karakter Anime


1. Gambarkan Oval dan Bagi Menjadi 4 Bagian

Gambarkan Oval dan Bagi Menjadi 4 Bagian
Gambarkan Oval dan Bagi Menjadi 4 Bagian
Ini merupakan garis bentuk dasar dari kepala karakter anime, proporsinya tidak harus persis tetapi buatlah oval yang menyempit di bagian bawahnya untuk menjadi dagu.

Setelah menggambar oval, buatlah garis horizontal melalui tengahnya, kemudian gambarkan garis vertikal melalui tengah yang berpotongan dengan horizontal.

Nantinya anda akan menggunakan garis-garis tersebut sebagai panduan untuk menggambar fitur wajah karakter.

Jika anda ingin membuat karakter yang memilikiwajah lebar, agar melebar pada bagian bawah oval sehingga hanya sedikit lebh sempit dibandingkan bagian atasnya.

Namun, jika anda ingin karakter memiliki wajah ramping, maka buat bagian oval lebih sempit dibandingkan bagian atasnya.

Cara menggambar anime tidak hanya menggunakan satu bentuk kepala sehingga anda bisa bereksprimen sesuai dengan yang diinginkan.


2. Gambarkan Mata Dibawah Garis Horizontal

Cara Menggambar Anime
Gambarkan Mata Dibawah Garis Horizontal
Cara menggambar anime pada bagian mata biasanya menggunakan sekitar 1/4 sampai 1/5 tinggi wajah.

Untuk menggambar mata anime silahkan anda awali dengan menggambar bulu mata atas tebal persis di bawah garis horizontal dan pada satu sisi garis vertikal.

Kemudian silahkan anda gambar setengah lingkaran yang turun dari bulu mata atas dan buat pupil hitam di tengahnya.

Selanjutnya gambarkan garis horizontal di bawah setengah lingkaran sebagai bulu mata bawah dan bayangi di dalam lingkaran pada sekitar pupil.

Anda sisakan sedikit ruang sehingga tampak seperti memantulkan cahaya, lakukan hal serupa di sisi lain garis vertikal untuk membuat mata kedua.


3. Buat Alis Diatas Garis Horizontal

Cara Menggambar Anime
Buat Alis Diatas Garis Horizontal
Selanjutnya cara menggambar anime adalah dengan membuat garis lengkung panjang dan menurun untuk setiap alis.

Silahkan anda buat agak lebih panjang dibandingkan garis bulumata atas yang anda gambarkan untuk mata, dan pertebal ujung alis yang berada di tengah wajah.

Jika anda menggambar karakter anime yang feminim, maka buat alis yang lumayan tipis dan untuk karakter maskulin pertebal alis sehingga lebih mencolok dibagian wajah.


4. Tambahkan Hidung Diantara Garis Horizontal dan Dagu

Cara Menggambar Anime
Tambahkan Hidung Diantara Garis Horizontal dan Dagu
Cara menggambar anime untuk bagian hidung, buat garis vertikal pendek dan sederhana sepanjang tengah wajah pada titik tengah antara garis horizontal dan dagu.

Buatlah garis lebih panjang jika anda ingin hidung karakter tampak lebih besar, namun pastikan anda membuat hidung sebagai fitur terkecil di wajah karakter.

Karena hidung sebagai fitur terkecil di wajah karakter, maka hidung akan bertumpang-tindih dengan garis vertikal yang anda gambar.

Agar dapat melihatnya lebih jelas, buatlah lebih gelap daripada garis vertikal atau hapuskan garis vertikal di sekeliling hidung.

Karakter anime maskulin biasanya memiliki hidung yang lebih mencolok, jika anda ingin hidung karakter tampak lebih jelas gambarkan garis horizontal di bawah garis vertikal sebagai bagian bawah hidung karakter.

Selain itu, buat bayangan berbentuk segitiga disamping hidung sehingga tampaknya cahaya datang dari samping karakter.


5. Gambarkan Mulut Disekitar Separuh Antara Hidung dan Dagu

Cara Menggambar Anime
Gambarkan Mulut Disekitar Separuh Antara Hidung dan Dagu
Mulut karakter anime lazimnya sederhana dan samar, untuk menggambar mulut buat garis horizontal yang pangjangnya kurang lebih sama dengan mata.

Anda tidak perlu membuat bibir, cara menggambar anime untuk mulut yaitu dengan menjadikan mulut sebagai fitur kedua terkecil di wajah karakter anime setelah hidung.

Lengkungan garis mulut keatas jika anda ingin karakter tersenyum atau bawah jika ingin tampaknya kecewa.

Jika anda ingin karakter tersenyum dan menampakkan gigi, gambarkan garis lengkung keatas di bawah garis horizontal yang di buat sebagai mulut.

Ruang putih di antara garis lengkung dan garis horizontal sebaiknya setinggi separuh panjang mulut karena ruang tersebut akan menjadi gigi karakter.


6. Tambahkan Telinga Disamping Kepala

Cara Menggambar Anime
Tambahkan Telinga Disamping Kepala
Jika anda ingin karakter memiliki rambut yang menutupi telinga tidak perlu menambahkan telinga pada karakter anime tersebut.

Namun, jika karakter akan berambut pendek, cara menggambar anime untuk telinga adalah gambarkan oval sempit di setiap sisi kepala.

Buatlah bagian atas telinga sejajar dengan garis horizontal yang melalui bagian tengah wajah dan bagian wajahnya sejajar dengan garis horizontal.

Setelah itu buat lubang telinga didalam setiap oval, anda bisa bereksperimen dengan ukuran telinga karakter jika ingin membuatnya lebih besar atau kecil.


7. Gambarkan Rambut Dikepala Karakter

Cara Menggambar Anime
 Gambarkan Rambut Dikepala Karakter
Cara menggambar anime untuk gaya rambut yang dipilih bergantung kepada anda, namun biasanya rambut anime memiliki ujung runcing dan bagian-bagian jelas.

Anda bisa menggambar berbagai gaya rambut yang diinginkan baik pendek, cepak, menengah atau rambut panjang bergelombang.

Jika karakter anime memiliki rambut panjang, gambarkan 2 ekor kuda, masing-masing di setiap sisi kepala dengan ujung runcing.

Anda juga bisa menggambar rambutnya ditarik menjadi cepol di atas serta anda juga dapat menggambarkan poni dengan membuat 3-4 bagian rambut yang turun dari dahi.

Untuk gaya rambut yang pendek, anda bisa menggambarkan 3-4 bagian rambut jelas yang menyamping di dahi karakter.

Selain itu, anda juga bisa membuat gaya rambut tanpa poni dan menggambar beberapa garis dari garis rambutnya ke belakang sehingga tampak seperti disisir ke belakang.


8. Hapuskan Garis Bantu Horizontal dan Vertikal yang Digambar

Cara Menggambar Anime
Hapuskan Garis Bantu Horizontal dan Vertikal yang Digambar
Langkah terakhir cara menggambar anime menggambar untuk bagian kepala dan wajah adalah menghapuskan secara hati-hati sehingga anda tidak melakukan kesalahan.

Setelah anda menghapus kedua garis secara merata maka kepala dan wajah karakter sudah selesai di gambar.


Menggambar Tubuh Karakter Anime


1. Gambarkan Orang-orangan Stik Sebagai Kerangka Tubuh Karaker

Cara Menggambar Anime
Gambarkan Orang-orangan Stik Sebagai Kerangka Tubuh Karaker
Cara menggambar anime untuk bagian tubuh yang pertama adalah dengan menggambarkan orang-orangan stik sebagai kerangka tubuh karakter.

Anda bisa membuat garis lurus sebagai lengan, torso dan kaki karakter, untuk panjang lengan dan torso karakter kurang lebih sama serta kakinya sekitar ⅓ kali lebih panjang.

Kemudian gambarkan segitiga atau oval sebagai telapak tangan dan kaki, silahkan anda buat tangan sekitar ⅕ panjang lengan dan buat telapak kaki sekitar ⅙ panjang kaki.
  • Agar proporsinya tepat, buat orang-orangan stik sekitar 7 kali panjang kepala karakter.
  • Buat orang-orangan stik karakter melakukan postur yang diinginkan, misalnya jika karakter anda duduk, gambarkan kakinya ditekuk.
  • Jika anda ingin karakter anime melambaikan tangan, maka buatlah lengannya seperti ditekuk.


2. Buat Garis Bentuk Tubuh Karakter

Cara Menggambar Anime
Buat Garis Bentuk Tubuh Karakter
Selanjutnya cara menggambar anime untuk bagian tubuh karakter adalah dengan membuat garis berbentuk tubuh karakter.

Buatlah bentuk mengelilingi orang-orangan stik sebelumnya menghasilkan sketsa kasar torso, lengan, panggul dan kaki karakter.

Garis bentuk ini tidak harus akurat untuk, jadi pada titik ini anda hanya perlu membuat bentuk dasar dari semua anggota-anggota tubuh karakter.
  • Gambar oval untuk lengan atas dan bawah serta kaki, lalu gambar lingkaran pada setiap sendi lutut dan siku.
  • Buatlah kaki atas lebih tebal dibandingkan kaki bawah.
  • Untuk torso, gambarkan segi empat yang lebih lebar di bagian atasnya dan sempit di bagian bawah.
  • Untuk membuat garis bentuk panggul, silahkan anda buat oval di titik pertemuan torso dan kaki atasnya.
  • Karakter anime biasanya tinggi dan kurus, namun anda bisa bereksperimen dengan berbagai tinggi dan bentuk tubuh sesuai yang diinginkan.


3. Sambungkan dan Perjelas Garis yang Dibuat

Cara Menggambar Anime
Sambungkan dan Perjelas Garis yang Dibuat
Kemudian cara menggambar anime dengan menelusuri pinggiran luar tubuh karakter sehingga menghasilkan garis bentuk yang mulus dan bagus.

Pada bagian tersebut, mulai rapikan berbagai bagian tubuh karakter sehingga lebih realistis misalnya tangan karakter, bahu, panggul, dan leher.

Maka anda akan memiliki garis bentuk dari tubuh karakter yang penuh dan mendetail di sekeliling garis bentuk sebelumnya yang lebih abstrak.

Untuk menyambungkan dan merapikan kaki karakter (oval untuk kaki atas dan bawah, lingkaran untuk lutut, dan bentuk yang digambar sebagai telapak kaki) sehingga anda akan memperoleh garis bentuk rapi untuk setiap kaki.
  • Buat garis bentuk sehalus mungkin agar tampak realistis.
  • Tumpulkan sudut-sudut torso agar menjadi bahu dan gambarkan 2 garis lengkung naik di pertengahan torso untuk leher.


4. Hapuskan Orang-orangan Stik dan Bentuk yang Digambar Sebelumnya

Cara Menggambar Anime
Hapuskan Orang-orangan Stik dan Bentuk yang Digambar Sebelumnya
Setelah itu anda tinggal mengapus orang-orangan stik dan bentuk yang digambar sebelumnya pada karakter anime.

Anda perlu berhati-hati saat menghapus agar tidak merusak garis bentuk akhir yang sudah rapi dibuat.

Setelah itu maka yang tersisa hanya garis bentuk rapi dari tubuh karakter anda tanpa garis-garis bantu di dalamnya.

Anda tinggal menerapkan trik terakhir cara menggambar anime yaitu tinggal menambahkan pakaian saja.


5. Tambahkan Pakaian Karakter Anime

Cara Menggambar Anime
Tambahkan Pakaian Karakter Anime
Cara menggambar anime untuk seperti pakaian di luar garis bentuk tubuh karakter, misalnya untuk kemeja gambar lengan pakaian di lengan karakter dan tubuh kemeja di torso.

Kemudian hapus garis pada bentuk tubuh dalam pakaian karena bagian tubuh tersebut harus tertutupi pakaian.

Contohnya, jika karakter mengenakan celana pendek hapuskan garis bentuk tubuh di dalam celana tersebut karena bagian kaki tersebut tidak terlihat.
  • Jika menggambar pakaian, buat pada bagian pakaian yang mengerut dan terlipat secara alami sehingga tampak lebih realistis.
  • Anda bisa melihat gambar pakaian melalui internet dan memperhatikan bagian-bagian dan caranya berkerut.
  • Anda bisa memilih jenis pakaian untuk karakter anime, ada beberapa pakaian yang umum dikenakan karakter anime adalah seragam sekolah, pakaian formal dan baju tradisional Jepang.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi pembahasan yang dapat kami jabarkan kepada anda seputar cara menggambar anime dengan mudah dan cepat.

Anda bisa mengikuti panduan cara membuat gambar anime di atas dengan untuk menghasilkan karakter anime yang keren.

Meskipun terlihat sangat rumit, namun jika anda terus berlatih akan menghasilkan gambar anime yang bagus.

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kepada anda mengenai cara menggambar karakter anime pada artikel kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.