Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses 2022

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses
Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses ini banyak dicari oleh para pengguna wifi yang sering memiliki masalah dengan koneksi wifi yang tidak dapat diakses.

Kami telah menghabiskan beberapa waktu untuk menguji dan menganalisis beberapa cara mengatasi wifi menolak akses, dan dalam posting ini anda akan melihat hasil dari tes-tes tersebut dan apakah cara mengatasi wifi menolak akses benar-benar bisa dilakukan dan yang paling penting apakah aman untuk diterapkan.

Apalagi pada saat ini sebagaian besar orang tidak dapat lepas dari penggunaan internet, karena dengan internet manusia dapat saling berkumunikasi dan berhubungan meskipun tidak bertemu.

Tidak hanya itu saja, tetapi masih ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari menggunakan internet.

Dari kebanyakan pengguna internet ada beberap yang menggunakan paket data dan ada juga yang menggunakan wifi saat menggunakan perangkatnya.

Namun, secara umum penggunaan internet dengan wifi dinilai lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan paket data bulanan.

Wifi menjadi pilihan yang sangat tepat untuk lebih menghemat pengeluaran penggunaan internet karena bisa anda gunakan secara bersama-sama dengan anggota keluarga anda.

Selain itu, wifi juga lebih banyak digunakan pada tempat kerja, cafe, rumah makan, institusi pemerintah dan tempat umum lainnya.

Walaupun penggunaan wifi dapat lebih menghemat pengeluaran, namun terkadang penggunaan wifi juga bisa mengalami masalah sewaktu-waktu dalam koneksinya.

Misalnya masalah yang sering kali di alami oleh para pengguna wifi adalah dimana perangkat yang digunakan tidak dapat tersambung dengan koneksi wifi, karena wifi menolak akses.

Bagi anda yang sedang mencari cara mengatasi wifi menolak akses, maka anda bisa simak isi artikel berikut ini.


Faktor Penyebab Wifi Menolak Akses

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses
Faktor Penyebab Wifi Menolak Akses
Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara mengatasi wifi menolak akses, ada baiknya anda mengetahui beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut terjadi.

Sebenarnya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan wifi menolak akes pada perangkat yang akan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa faktor dapat menyebabkan wifi menolak akses pada perangkat anda:
  • Penyebab pertama wifi menolak akses adalah mungkin saja id perangkat anda telah di blokir oleh si pemilik wifi, ketika pemilik router wifi memblokir perangkat anda maka anda tidak bisa lagi mendapatkan akses wifi tersebut. Jadi, sebelum si pemilik membuka akses wifi tersebut, maka perangkat yang anda gunakan tidak akan pernah bisa menggunakan wifi tersebut.
  • Penyebab kedua adalah bisa saja kapasitas perangkat yang dapat terhubung pada wifi tersebut telah dibatasi atau akses perangkat yang terhubung sudah mencapai batas makasimal pengguna. Pada umumnya kapasitas penggunaan wifi hanya dapat di akses hingga 20 perangkat saja, apabila jumlah perangkat yang terhubung telah mencapai 20, maka wifi tersebut tidak akan bisa diakses lagi oleh perangkat lain.
  • Penyebab ke tiga pada Wifi menolak akses juga dapat disebabkan karena terjadinya gangguan pada router atau jaringan internet provider wifi itu sendiri, sehingga wifi tersebut tidak bisa terkoneksi dengan perangkat yang anda gunakan.
  • Penyebab yang terakhir Wifi menolak akses juga dapat disebabkan karena terdapat masalah pada perangkat HP atau Laptop yang anda gunakan, ada beberapa masalah yang dapat menyebabkan perangkat anda tidak bisa mengakses koneksi Wifi.

Bisa jadi perangkat HP yang anda gunakan terdapat malware atau virus juga dapat menjadi penyebab Wifi menolak akses pada perangkat anda.


Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses

Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses
Cara Mengatasi Wifi Menolak Akses
Saat perangkat yang anda gunakan tidak dapat terhubung dengan jaringan wifi, karena wifi tersebut menolak akses.

Sebenarnya ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk dapat mengatasi hal tersebut agar perangkat yang anda gunakan bisa mendapatkan akses wifi tersebut kembali.

Berikut ini adalah cara mengatasi wifi menolak akses yang bisa anda lakukan untuk bisa mengakses wifi tersebut kembali:


1. Restart Perangkat Router

Anda bisa coba untuk lakukan restart perangkat router terlebih dahulu untuk mencoba mendapatkan akses wifi tersebut.

Caranya anda tinggal mematikan perangkat router wifi tersebut terlebih dahulu, kemudian anda bisa tunggu beberapa menit dan setelah itu anda bisa hidupkan kembali.

Cara ini bisa dikatakan wajib untuk dilakukan karena cukup ampuh dalam mengatasi wifi menolak akses pada perangkat android dan yang lainnya.

Anda bisa melakukan cara ini sendiri secara langsung tanpa perlu bantuan atau memanggil teknisi wifi.


2. Mengganti Alamat IP Wifi

Jika masih belum bisa mendapatkan akses wifi tersebut, maka anda bisa melakukan ganti alamat IP Wifi tersebut.

Cara mengganti alamat IP wifi adalah dengan mengakses menu pengaturan yang ada di perangkat android yang ada gunakan, pada bagian Wifi, lalu pilih Preferensi WI-FI dan klik Alamat IP.

Kemudian anda tinggal mengganti alamat IP tersebut seperti contoh ini, 192.168.1.23 lalu ganti dengan 192.168.1.13.

Setelah itu, anda bisa coba langsung mengakses wifi tersebut, biasanya wifi akan kembali normal dan dapat diakses.

Namun, jika masih belum bisa diakses, maka anda bisa melanjutkan langkah berikutnya.


3. Restart Android

Jika masalah tersebut belum bisa teratasi, mungkin saja penyebabnya ada di perangkat yang anda gunakan.

Jadi, anda bisa melakukan restart pada perangkat anda terlebih dahulu, karena mungkin saja hal tersebut di sebabkan oleh data yang ada dalam perangkat anda yang mengalai crash.

Sehingga anda harus segera melakukan restart perangkat agar sistem yang ada didalamnya menjadi lebih optimal.

Namun, jika wifi tersebut masih saja belum bisa diakses, anda bisa lanjut ke langkah berikutnya.


4. Aktifkan Mode Pesawat

Lankah cara mengatasi Wifi menolak akses selanjutnya yaitu Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan mode pesawat karena cara ini umumnya sering digunakan untuk mengatasi internet yang bermasalah.

Ketika mode pesawat tersebut aktif, tentu saja secara otomatis setiap koneksi data ataupun wifi yang tersambung pada perangkat tersebut akan diputuskan secara paksa.

Kemudian anda bisa tunggu selama beberapa menit, lalu anda bisa menonaktifkan kembali mode pesawat tersebut.

Jika langkah ini belum berhasil, maka anda bisa lanjutkan dengan mencoba langkah selanjutnya.


5. Masukan Ulang Password Wifi

Anda bisa mencoba untuk memasukkan ulang password wifi tersebut, mungkin saja terdapat kesalahan saat anda memasukan password wifi tersebut.

Saat memasukan password wifi tersebut anda harus lebih teliti kembali dan perhatikan kembali bahwa password yang ditulis tersebut telah sesuai dengan yang ada pada pengaturan router/modem wifi tersebut.

Jika hal tersebut masih belum berhasil, maka anda bisa mencoba langkah yang terakhir ini.


6.  Hubungi Customer Service

Setelah mencoba langkah-langkah diatas tersebut, namun tidak juga membuahkan hasil atau wifi tersebut masih belum bisa diakses.

Maka anda bisa langsung menghubungi Customer Service dari provider Wifi yang anda gunakan tersebut.

Namun, dengan catatan pastikan penyebabnya bukan pada perangkat smartphone yang anda gunakan tersebut dan anda juga sudah mencoba beberapa cara di atas.


Akhir Kata

Itulas seluruh bahasan kami pada artikel kali ini tentang cara mengatasi Wifi menolak akses. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Jika terjadi masalah seperti wifi tidak bisa diakses, kami sarankan anda untuk mengecek sumber masalahnya ada di mana?

Apabila masalahnya ada pada perangkat smartphone yang anda gunakan, maka anda mencoba cara yang telah kami bagikan diatas.

Namun, jika masalahnya ada pada router wifi tersebut, anda bisa mencoba cara diatas terlebih dahulu, jika tidak berhasil anda bisa memanggil petugas wifi untuk memperbaikinya.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel