Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh 2022

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh
Cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh sangat banyak dicari orang karena beresiko rusaknya komponen lain.

Kami telah menghabiskan beberapa waktu untuk menguji dan menganalisis beberapa cara mengatasi layar hp hitam karena jatuh, dan dalam posting ini anda akan melihat hasil dari tes-tes tersebut dan apakah cara mengatasi layar hp hitam karena jatuh benar-benar bisa dilakukan dan yang paling penting apakah aman untuk diterapkan.

Pasalnya, masalah serius di HP ini tidak jarang terjadi dan pengguna masih sayang untuk mengganti HP mereka karena banyak moment di dalamnya.

LCD Smartphone yang rusak bisa saja di sebabkan saat HP terjatuh atau tertimpa benda keras.

Salah satu tanda rusaknya LCD adalah layar Smartphone anda tidak lagi maksimal, terdapat retakan, libang hitam, layar tidak terlihat sama sekali.

Walaupun kini sudah banyak tempat servis HP yang bisa mengembalikan LCD HP anda yang rusak, namun kalau memperbaiki diri sendiri dan mempunyai akses untuk mendapatkan suku cadang HP tentu akan lebih murah.

Bagaimana, apakah anda tertarik untuk memperbaiki LCD HP yang rusak? Silahkan simak selengkapnya tentang cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh dalam ulasan dibawah ini.


Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh
Sebelum mulai membongkar dan mengganti LCD dari sebuah Smartphone, anda harus mempersiapkan beberapa piranti penting.

Seperti obeng mini, driver mini torx, pinset plastik, plastic wedges, dan plektrum atau pick gitar.

Tidak hanya itu, anda juga membutuhkan pinset melengkung yang ujungnya lancip, pisau bedah dan pengering rambut.

Beberapa alat tersebut sudah anda dapatkan, kini saatnya memperbaiki LCD yang rusak dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh di bawah ini yaitu sebagai berikut:


1. Lepaskan Bagian yang Menutup Layar dan LCD

Cara memperbaiki LCD Hp yang rusak karena jatuh adalah dengan melepaskan bagian yang menutup layar dan LCD, gunakan pick gitar untuk melepaskannya dan jangan sampai terputus.

Misalnya seperti penutup casing atau casing belakang, baterai, dan bagian lainnya.

Anda juga harus mengetahui lokasi-lokasi skrup mulai dari pelepasan awal sampai nanti ketika anda merakitnya kembali.

GUnakan pick gitar untuk membantu anda melepaskannya dan berhati-hatilah pada kabel pita agar tidak sampai putus.


2. Gunakan Alat untuk Melepas Bagian yang di Lem

Setelah cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh pertama selesai, kini anda bisa melanjutkannya dengan melepaskan bagian LCD yang ingin di ganti.

Gunakan alat Hairdrayer untuk melepaskan bagian di Lem agar bisa dipisahkan dengan mudah.

Lalu ganti LCD tersebut dengan yang baru secara hati-hati dan jangan sampai merusak bagian lainnya.


3. Rakit Kembali Bagian Ponselnya

Kalau sudah selesai, sekarang anda bisa meraki kembali bagian-bagian ponsel dan jangan memasang skrupnya terlebih dulu,

Cobalah apakah ponsel sudah bisa berjalan dengan baik atau belum, kalau sudah anda bisa lanjutkan perakitan HP dengan sangat hati-hati.

Nah, sekarang anda sudah mengetahui bagaimana cara memperbaiki LCD pada HP yang rusak karena jatuh.

Penting di perhatikan bahwa LCD HP yang baru anda beli harus asli dari merek resmi HP anda, kalau tidak itu bisa menyebabkan masalah yang lebih serius.

Seperti yang diketahui bahwa mengganti layar LCD yang rusak bukanlah hal yang mudah, terutama bagi anda yang tidak cukup percaya diri.

Alangkah baiknya jika anda membawa Smartphone tersebut ke tempat Service terkemuka demi menghindari kesalahan perbaikan.

Namun kalau anda yakin, anda bisa lanjut melakukannya dengan sangat hati-hati.


Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Rusak

Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Jatuh
Cara Mengatasi Layar HP Hitam Karena Rusak
Siapa sih yang tidak akan Sport jantung jika layar HP anda hanya bisa menunjukkan layar hitam total? Untungnya ada beberapa cara yang bisa anda coba untuk memperbaiki kerusakan seperti ini.

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak dan ikuti tahapan dari cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh dibawah ini, yaitu sebagai berikut:

Pertama Soft Reset HP. Cara melakukannya sangat mudah yaitu dengan membuka Case HP dan mengeluarkan baterainya lalu masukkan kembali, kemudian nyalakan HP lagi.

Kedua Mengeluarkan SD Card HP. Silahkan buka Case HP anda dan keluarkan SD Card-nya lalu masukkan kembali dan nyalakan HP.

Ketiga Boot HP anda dengan Recovery Mode dan Factory Reset. Yang harus anda lakukan adalah mematikan HP anda dan klik tombol power serta volume UP bersamaan.

Setelah HP anda bergetar, silahkan klik tombol volume Up dan Home lalu anda akan melihat recovery menu, pilih opsi Wipe Cache Partition dan HP anda kan Reboot secara otomatis.

Keempat Hard Reset HP. Opsi ini akan menghapus semua file di HP dengan cara menekan dan tahan tombol volume > Home dan power sampai Logo Android muncul.

Disana silahkan pilih opsi data/factory reset menggunakan tombol volume dan tekan power untuk menghapus semua data untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Lalu anda akan di minta untuk Reboot HP, silahkan klik tombol power untuk konfirmasi dan HP anda akan Reboot otomatis. Selamat mencoba!


Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mengatasi layar HP hitam karena jatuh, rusak, tertindah benda berat atau keras yang perlu anda ketahui.

Jika mengalami hal seperti ini anda tidak perlu panik dan membawanya langsung ke tempat service kalau bermasalah dengan LCD-nya.

Kini sudah ada banyak cara memperbaiki LCD yang rusak dan itu tergantung dari Tipe HP dan tingkat kerusakan.

Agar HP anda bisa lebih awet, kami sarankan agar anda menggunakan anti gores casing sehingga saat jatuh HP anda tidak akan langsung rusak.

Untuk mendapatkan artikel dan informasi terkait lainnya, anda bisa membagikan artikel ini atau langsung kunjungi website kami di cara1001. Sekian dan semoga bermanfaat.
Dody S. Praktisi teknologi, editor dan jurnalis di 1001Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel