Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir 2024

Daftar Isi
Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir
Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir
ini bisa anda lakukan dengan mudah, sebab ada berbagai macam kasus yang terjadi dan terdapat beberapa alasan kenapa kartu SIM hingga diblokir.

Pertama-tama dikarenakan anda tidak melakukan registrasi kartu, lupa PIN atau disebabkan melewati masa tenggang kartu jadi jika sudah terblokir.

Sehingga anda tidak bisa menggunakan kartu SIM tersebut seperti sediakala, jika nomornya tidak terlalu aktif digunakan sih tidak masalah akan tetapi kalau nomor utama pasti pusing sekali dong.

Oleh sebab itu dikesempatan kali ini kami akan membagikan cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir dan simak ulasan sebagai berikut.


1. Ciri - Ciri Kartu SIM Diblokir

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir
Ciri - Ciri Kartu SIM Diblokir
Sebelum kita masuk ke pembahasan mengenai cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir ini, mungkin ada sebagain dari anda yang masih kebingungan mengenai ciri-ciri kartu SIM terblokir?.

Ada beberapa ciri-ciri kartu SIM diblokir yaitu sebagai berikut:
  • Tidak dapat melakukan atau menerima panggilan telepon.
  • Tidak dapat mengirim dan menerima SMS.
  • Sinyal hilang, biasanya ditandai dengan munculnya gambar silang di ikon sinyal operator.
  • Mungkin kartu SIM tidak terbaca oleh perangkat Smartphone, biasanya akan ditandai dengan tidak munculnya ikon sinyal operator apapun (seperti tidak sedang menggunakan kartu SIM).
Gimana, apakah kartu Smartfren anda sedang mengalami semua masalah yang ada di ciri-ciri diatas? Jika iya, anda dapat mengatasinya melalui beberapa cara yang kami sampaikan dibawah.


2. Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Tidak Registrasi

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir
Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Tidak Registrasi
Semenjak pemerintah memberlakukan peraturan perihal diwajibkan melakukan registrasi untuk setiap kartu SIM termasuk kartu Smartfren.

Ada banyak pengguna yang lupa dan pada akhirnya nomor mereka terblokir total di Aprli 2018 lalu, jika anda ingin mengaktifkan kartu SIM yang terblokir dikarenakan tidak registasi simak dibawah.

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir karena tidak registrasi yaitu sebagai berikut:


1. Kunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir ini ialah dengan mengunjungi pusat layanan operator telepon yang digunakan untuk mengaktifkan kembali kartu Smartfren anda.

Untuk pengguna Telkomsel harus mengunjungi GraPari, buat pengguna XL silahkan kunjungi XL Center, Pengguna Smartfren bisa langsung ke gerai Smartfren dan pengguna dari Indosat.

Bisa langsung mengunjungi Galeri Indosat terdekat, disana anda akan memperoleh bantuan dan akan diarahkan untuk langsung mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.

Jika memang betul-betul tidak lagi bisa diaktifkan, secara otomatis anda harus beli nomor baru dan jangan lupa untuk melakukan resgistrasi terlebih dahulu.


2. Hubungi Call Center Layanan Operator Seluler

Mau tahu cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir atau operator lainnya, namun malas ke luar rumah? Anda bisa juga kok, menghubungi langsung Call Center layanan operator seluler yang dipakai.

Supaya lebih mudah dan praktis, namun jika ingin menggunakan cara ini sebaiknya cek pulsa terlebih dahulu dan pastikan kalau saldo pulsa sudah mencukupi untuk melakukan panggilan tersebut.

Biasanya panggilan Call Center semacam ini akan dikenakan biaya tarif yang berbeda-beda, untuk lebih jelasnya simak yaitu sebagai berikut:
  • Telkomsel : 188 (Rp300,-/call)
  • Indosat : 185
  • XL : 817
  • Tri : 132 (Rp300,-/call)
  • Axis : 838
  • Smartfren : 888


3. Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Salah Memasukkan PIN

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir
Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Salah Memasukkan PIN
Menggunakan PIN di kartu SIM mungkin akan jauh lebih aman jika dibandingkan dengan tidak memakainya sama sekali, namun bagi anda yang pelupa hal ini justru bakalan jadi bumerang.

Pasalnya jika anda salah memasukkan PIN kartu SIM sebanyak tigal kali, sehingga kartu akan terblokir secara otomatis untuk menjaga keamanannya dari tangan-tangan jahil.

Jika hal itu sampai terjadi, maka anda tidak bisa lagi menggunakan kartu SIM baik itu untuk sekedar menelpon, SMS atau menggunakan data internet.

Untuk mengatasi masalah seperti itu, anda membutuhkan kode PUK sebagai gantinya namun bagaimana cara mendapatkan kode PUK.

Ada beberapa cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir karena salah memasukkan PIN yaitu sebagai berikut:


1. Mengunjungi Pusat Layanan Operator Seluler

Sama seperti cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir karena tidak melakukan registrasi tersebut, anda juga dapat mengunjungi pusat layanan operator seluler.

Untuk bisa memperoleh kode PUK, sebab disana anda akan dilayani petugas yang siap memberikan bantuan dengan profesional.

Dikarenakan anda hanya perlu mengingat nomor Handphone yang sudah terblokir dan memberitahu 16 angka nomor yang terdapat dibagian belakang SIM Card buat berjaga-jaga sebaiknya bawa KTP.


2. Hubungi Call Center

Cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir selanjutnya yaitu dengan menghubungi Call Center Operator seluler yang dipakai guys.

Sehingga anda dapat melihat daftar nomor Call Center dari berbagai macam layanan operator Indonesia dari tabel yang sudah kami berikan sebelumnya dibagian atas.

Namun sebelum menelpon, kami sarankan supaya anda terlebih dahulu menyiapkan kartu identitas diantaranya e-KTP sebagai salah satu persyaratannya.


3. Lihat Nomor PUK di Kerangka Pembungkus Kartu SIM

Jika masih cari alternatif lainnya mengenai cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir dikarenakan lupa PIN? Nah, cara satu ini sangatlah mudah lho guys.

Namun dengan catatan bahwa anda masih menyimpan kerangka pembungkus dimana kartu SIM berada pada saat pertama kali membeli.

Pasalnya dikerangka pembungkus itulah nomor PUK dari kartu SIM anda akan tercantum, oh ya bagi anda mencari cara mengetahui kode PUK silahkan ikuti artikel ini.


4. Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Masa Tenggang

Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir
Cara Mengaktifkan Kartu Smartfren yang Terblokir Karena Masa Tenggang
Kartu Smartfren terblokir gara-gara anda sudah lama tidak mengisi pulsa dan pada akhirnya melewati masa tenggang, hal ini seperti ini sering terjadi oleh para pengguna.

Berbeda dengan cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir sebelum-belumnya yang sebagian kecil dapat anda atasi sendiri.

Namun untuk kartu Smartfren yang terblokir dikarenakan tidak isi pulsa harus ditangani oleh ahlinya, sehingga satu-satunya cara yang harus anda lakukan yaitu dengan mengunjungi pusat layanan.

Operator seluler yang digunakan, hal ini termasuk buat anda yang mencari cara untuk mengaktifkan kartu terblokir Telkomsel juga ya.

Oh ya, bila anda melakukan cara ini biasanya akan dikenakan biaya administrasi yang nominalnya mungkin berbeda-beda oleh sebab itu agar kartu anda tidak terblokir alias hangus.

Dikarenakan sudah lama tidak diisi pulsa, sebaiknya anda ikuti artikel kami sebab kami menjelaskan kartu tidak terblokir alias hangus.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir dan bisa anda gunakan dengan mudah.

Ada beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk mengaktifkan kartu Smartfren yang terblokir dengan, tinggal pilih salah satu yang menurutnya mudah diterapkan.

Namun balik lagi ke ciri-ciri kartu diblokir, jika anda masuk ke salah satu ciri yang kami sampaikan maka anda gunakan salah satu cara diatas seperti mengisi pulsa dikarenakan masa tenggang.

Jika informasi ini menurutnya berguna dan membantu langsung saja anda bagikan link artikel ke media sosial yang dimiliki speerti Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya.