Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA

Daftar Isi
Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA
Cara mendapatkan centang hijau di WA
bisnis adalah program terbaru dari aplikasi WhatsApp untuk menyatakan bahwa akun WhatsApp anda sudah menjadi akun resmi dan telah terverifikasi.

Badge WhatsApp berbentuk sebuah kencana hijau yang terdapat di profil, dengan begitu disaat pesan masuk nama bisnis tersebut akan ditampilkan di layar WhatsApp sik penerima.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan centang hijau di WA?Apa saja keuntungannya? Oleh sebab itu, langsung saja simak ulasan sebagai berikut.


1. Keuntungan Menggunakan WhatsApp Centang Hijau

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA
Keuntungan Menggunakan WhatsApp Centang Hijau
Sebelum kita ketopik cara mendapatkan centang hijau di WA, nah pertama-tama anda harus tahu apa saja keuntungan yang akan didapatkan jika menggunakan WhatsApp centang hijau.

Ada beberapa keuntungan menggunakan WhatsApp centang hijau yaitu sebagai berikut:
  • Membangun kredibilitas anda dengan biaya murah, dikarenakan akun WhatsApp resmi bisnis (Official Bussiness Account) yang telah terverifikasi dan mempunyai centang hijau akan lebih dipercaya oleh pelanggan ataupun rekan bisnis.
  • Bisa meningkatkan penjualan dengan WhatsApp centang hijau yang dapat mengurangi keraguan pelanggan atau rekan bisnis untuk bertransaksi online.
  • Pengenalan nama usaha atau branding secara gratis, dikarenakan pada saat berkirim pesan atau berkomunikasi sehingga nama bisnilah yang secara otomatis akan muncul di layar obrolan penerima pesan.
  • Mempunyai WhatsApp verified badge atau akun resmi bisnis WhatsApp akan memudahkan anda didalam mengatur CRM dikarenakan WA centang hijau anda dapat tersambung dengan aplikasi CRM.


2. Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA

Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA
Cara Mendapatkan Centang Hijau di WA
Ada beberapa cara mendapatkan centang hijau di WA dengan mudah yaitu sebagai berikut:


1. Mendaftar dengan Penyedia Solusi Bisnis

Cara mendapatkan centang hijau di WA pertama yaitu BSP, BSP sendiri adalah platform resmi yang akan ditunjuk dan diakui oleh WhatsApp untuk menghubungkan data bisnis anda.

Dengan WA business API yang akan memberikan anda semua keuntungan dari WhatsApp API, pasalnya platform ini mempunyai sumber daya dan diotorisasi oleh WA buat melegitimasi bisnisnya.

BSP mempunyai kuasa khusus yaitu sebagai berikut:
  • Membuat, mengaktifkan dan kelola akun WhatsApp bisnis resmi anda nantinya.
  • Silahkan sambungkan akun WhatsApp bisnis anda dengan WhatsApp business API.
  • Mengelola pesan pelanggan anda pada kotak masuk terpadu.
  • Memberikan tempat untuk melakukan kolaborasi anggota tim anda.
  • Menganalisis dan memberikan wawasan berharga berbasiskan data.


2. Buat Akun Facebook Business Manager

Selanjutnya cara mendapatkan centang hijau di WA yaitu buat akun Facebook Business Manager, namun untuk memverifikasi akun bisnis WhatsApp atas nama anda.

Anda harus mengurus terlebih dahulu beberapa hal secara khusus terutama membuat akun Facebook bisnis manager pasalnya Facebook sebagai alat yang akan membantu anda.

Didalam mengatur dan mengelola bisnis, business manager sendiri mengharuskan anda untuk mempunyai profil Facebook dan anda bisa menggunakan nama pengguna.

Tidak ketinggal kata sandi Facebook anda untuk mendaftar dengan cara melakukan proses login akan dibuat dibuat lebih aman ketimbang hanya memakai email dan data dansi.


3. Lakukan Verifikasi Facebook Business

Langkah selanjutnya cara mendapatkan centang hijau di WA yaitu melakukan verifikasi akun Facebook Business Manager anda tinggal login menggunakan akun Facebook Messenger yang dimiliki.

Ada beberapa langkah-langkah verifikasi dari pengelola bisnis Facebook yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda login ke dalam akun Facebook Business Menager anda dan klik "Business Settings".
  • Lalu dibawah akun anda pilih "WhatsApp Accountes" bila anda mempunyai beberapa akun yang sudah terdaftar pilih salah satu yang ingin diminta verifikasinya.
  • Kemudian anda pilih Settings dan klik Contact Support.
  • Setelah itu klik Ask a question dikanan atas dan pilih WABiz Request official business account status.
  • Selanjutnya isi informasi yang akan diperlukan, catatan dan pastikan anda sudah menyiapkan 2-step authentication atau autentikasi dua faktor sebelum melanjutkan proses verifikasi bisnis anda.
  • Maka status permintaan akan tersedia dibawah opsi "Direct Support" pada Business Manager anda.


4. Menyetujui Pengiriman Pesan

Jika sudah selesai, sekarang anda sudah mendaftarkan akun WhatsApp anda menjadi official WhatsApp Business dengan begitu anda bisa mengakses dan menggunakan berbagai macam fitur canggih.

Yang terdapat didalam WhatsApp Official Business terutama tanda centang hijau yang bisa meningkatkan kredibilitas bisnis anda.


5. Mendapatkan Tanda Centang Hijau Pada Akun WhatsApp Bisnisnya

Tahap terakhir cara mendapatkan centang hijau di WA ini, jika permintaan verifikasi anda sudah disetujui sehingga akun WhatsApp Business-nya secara otomatis berubah.

Menjadi akun WhatsApp Official Business, sehingga perubahan tersebut ditandai dengan munculnya tanda centang hijau terverifikasi yang tepat berada disebelah gambar profil di akun anda.


Apa Perbedaan Centang biru dengan Centang Hijau WhatsApp?

Jika anda sudah tahu cara mendapatkan centang hijau di WA, selanjutnya anda harus mengetahui apa perbedaan centang biru dengan centang centang hijau di WhatsApp?.

Centang biru WhatsApp termasuk setelan dasar yang secara otomatis didapatkan oleh seluruh pengguna WhatsApp, akan tetapi berbeda dengan centang hijau WhatsApp hanya bisa diperoleh oleh akun bisnis.

Yang sudah resmi memenuhi beberapa persyaratan dari WhatsApp terlebih dahulu, pasalnya centang hijau diakun bisnis WhatsApp (WhatsApp API) itu menandakan bahwa akun tersebut sudah.

Terverifikasi sebagai akun bisnis perusahaan yang bersangkutan, untuk mendapatkan centang hijau perlu pengajuan terlebih dahulu ke WhatsApp lewat official partner WhatsApp di negara bersangkutan.


Berapa Lama Waktu Verifikasi WhatsApp Centang Hijau?

Jika anda sudah tahu cara mendapatkan centang hijau di WA, namun anda masih bingung soal berapa lama waktu verifikasi WhatsApp centang hijau?

Jawabannya yaitu rentan waktu disetiap bisnis mendapatkan centang hijau berbeda-beda, dikarenakan pihak WhatsApp akan memerlukan waktu untuk melakukan proses verifikasi.

Akan tetapi pada umumnya proses ini memakan waktu 1-2 hari kerja, namun tidak menutup kemungkinan centang hijau WhatsApp API barukan akan diberikan sampai satu minggu lebih.

Sangat disayangkan tidak semua bisnis yang mengajukan centang hijau disetujui oleh pihak WhatsApp dikarenakan alasan tertentu oleh sebab itu anda perlu mengecek status akun WA Business API.

Tidak itu saja, anda bisa meminta bantuan BSP untuk melakukan pengecekkan atau mengajukan ulang permohonan verifikasi yang ditolak.


Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai cara mendapatkan centang hijau di WA yang sudah kami sampaikan untuk anda yang ingin mendapatkan centang hijau.

Untuk bisa mendapatkan centang hijau ini anda harus melakukan proses yah lumayan ribet namun jika dijalani mudah kok memperoleh centang hijau tersebut.

Namun anda harus mengikuti setiap tahapan-tahapan yang sudah ditentukan oleh pihak WhatsApp, dengan begitu anda bisa mendapatkan centang hijau di WhatsApp anda miliki.